Penting!! 8 Hal yang Wajib Diketahui Tentang Lowongan CPNS 2017 Gelombang II

Posted on Posted in Lowongan Kerja Terbaru

Lowongan CPNS 2017 – Informasi resmi dari pemerintah saat ini yaitu tengah membuka Lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk mengisi 61 instansi pemerintah dan diperuntukan bagi 17.928 orang dengan rincian, 17.428 di 60 kementrian/lembaga dan 500 lowongan untuk 1 Pemerintah Provinsi, yakni Kalimantan Utara. Pendaftaran lowongan ini dibuka pada 11 hingga 25 September 2017 dan wajib memperhatikan hal berikut sebelum mengikuti proses penerimaan CPNS 2017 Gelombang II.

1. Cek Jadwal Melalui Portal Resmi Pemerintah

Anda bisa mengakses informasi dari portal resmi yang sudah disiapkan untuk mengakses informasi Lowongan CPNS 2017 Gelombang II yaitu:

  • https://ssc.bkn.go.id
  • www.menpan.go.id, atau
  • https://cpns.menpan.go.id/index.php/home/cpns/2

2. Proses Penerimaan CPNS Dilakukan Secara Online

Seluruh proses penerimaan CPNS ini dilakukan dengan cara online malalui laman https://sccn.bkn.co.id/ dengan ketentuan:

a. Pelamar harus mendaftar online melalui situs http://sscn.bkn.go.id mulai hari Senin, 11 September 2017 hingga Senin 25 September 2017 (ditutup pukul 23.59 WIB), kemudian mengisi form yang tersedia menggunakan data kependudukan yang valid (dibutuhkan nomor induk kependudukan dan nomor kartu keluarga) dan jangan sampai lupa untuk menyimpan dengan baik user name serta password saat pendaftaran.
b. Pelamar melakukan pendaftaran online melalui portal Kementrian dan Lembaga terkait dengan waktu yang sama (seperti point a).
c. Siapkan pas foto berlatar belakang warna merah dengan ukuran 3×4 unguk diunggah saat pendaftaran

Baca juga :  Hasil Akhir Pengumuman CPNS Kemenkumham 2017 Bisa Diakses dari sini

3. Kuota Khusus untuk Lulusan Cumlaude dan Putra Papua

Lulusan kuliah yang menyandang predikat cumlaude akan mendapatkan kesempatan dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS 2017) dan patut berbangga karena memiliki jatah khusus sebanyak 1.850 kuota. Bahkan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur mengatakan, lowongan penerimaan CPNS gelombang kedua ini cukup menarik. Sebab, ada jatah khusus yang disediakan bagi lulusan terbaik hingga penyandang disabilitas.

4. Lowongan CPNS Khusus Kalimantan Utara

Pemerintah membuka lowongan CPNS dengan alokasi mencapai 500 untuk Provinsi Kalimantan Utara. Menteri Penyalahgunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur menuturkan, kebijakan penerimaan CPNS ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pegawai pada jabatan-jabatan strategis yang mendukung Nawacita sebagai pengganti PNS yang pensiun. Selain itu karena ada peningkatan beban kerja pada Kementerian/Lembaga dimaksud.

Baca Juga:

Info Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementrian Luar Negeri Tahun 2017
Pengumuman Seleksi Administrasi CPNS Kemenkumham 2017

5. Tidak Dipungut Biaya

Catatan penting untuk Anda yang akan mengikuti seleksi CPNS 2017 bahwa pemerinaan CPNS ini dilakukan berdasarkan prinsip transparan, kompetitif, adil, objektif, bersih dari praktik KKN serta tidak dipungut biaya. Jadi berhati-hatilah jika ada pihak yang memanfaatkan pungli, jangan sampai terpengaruh.

6. Hanya Bisa Mendaftar Satu Instansi dan Jabatan

Seperti halnya pendaftaran CPNS Gelombang I, calon pelamar gelombang kedua ini pun hanya bisa mendaftar untuk satu instansi dan satu jabatan saja.

7. Pelamar CPNS Gelombang I yang Gagal Bisa Mendaftar Kembali di Gelombang II

Pelamar yang belum memiliki kesempatan lolos seleksi administrasi di CPNS gelombang I (Kemenkumham dan MA) diberikan kesempatan untuk melamar kembali CPNS di 61 Kementerian/Lembaga pada lowongan CPNS gelombang II. Bagi yang sudah melakukan pendaftaran pada seleksi gelombang I, tidak perlu membuat akun lagi saat melamar, Anda hanya perlu log-in pada situs sscn.bkn.go.id dengan memasukkan NIK dan password yang digunakan pada pelamaran lowongan CPNS 2017 sebelumnya

Baca juga :  Lowongan Kerja Hotel Jakarta Terbaru 2018

8. Hati-hati Penipuan

Anda harus lebih berhati-hati agar tidak mudah tertipu saat mendaftar penerimaan CPNS 2017. Dengan banyaknya formasi untuk Penerimaan CPNS Gelombang II ini, tidak menutup kemungkinan akan ada oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan momen tersebut. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur meminta agar masyarakat/calon pelamar termasuk orangtua pelamar jangan mempercayai jika ada pihak-pihak tertentu (calo) yang menjanjikan bisa membantu kelulusan dalam setiap tahapan seleksi dengan keharusan menyediakan sejumlah uang atau imbalan lainnya.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kunjungi mamikos.com untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di IndonesiaCari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost

[sg_popup id=”8″ event=”onload”][/sg_popup]

Baca juga :  Pendaftar Lowongan CPNS Jutaan! Ternyata Ini yang Membuat Semua Orang Ingin Jadi PNS