Informasi Pokok yang Terdapat pada Teks Berita Adalah? Berikut Jawabannya

Posted in: Questions & Answers
Tagged: Teks Berita

Informasi pokok yang terdapat pada teks berita adalah unsur-unsur yang menyusun teks berita itu sendiri. Unsur-unsur ini terdiri dari beberapa informasi yang sifatnya fakta. Seperti yang terangkum dalam 5W + 1H.



Nah, apa saja unsur-unsur dari teks berita tersebut, agar bisa menjawab setiap pertanyaan, “Teks berita yang paling sesuai dengan informasi tersebut adalah?”.

1.What

Pertama, informasi pokok yang terdapat pada teks berita adalah unsur berita yang berkaitan dengan pertanyaan “What” atau “Apa”. Unsur ini akan menjelaskan informasi tentang apa dari suatu berita.

2. Who

Unsur berikutnya menjelaskan tentang “Siapa” yang terdapat dalam berita. Unsur ini menjelaskan siapa saja yang ada dalam berita. Orang-orang tersebut merupakan subyek atau pelaku di dalam teks berita.

3. Where

Unsur ketiga berupa tempat kejadian suatu berita. Unsur ini akan menjelaskan lokasi dari suatu berita yang ditulis.

4. When

Unsur selanjutnya menerangkan tentang waktu terjadinya berita tersebut. Keterangan mengenai waktu haruslah jelas, sehingga berita tersebut tidak membingungkan pembacanya.

Biasanya dari setiap teks berita unsur waktu ini dituliskan secara mendetail. Dari mulai tanggal, bulan, tahun, hingga jam. Bahkan jika berita berkaitan dengan kondisi alam, akan disebutkan pula dengan cuaca pada saat itu.

5. Why

Seperti artinya kata “Why” di dalam bahasa Indonesia, unsur yang satu ini menjelaskan alasan mengapa suatu kejadian terjadi. Alasan-alasan ini juga disebutkan dari fakta-fakta yang ada di dalam berita.

Keterangan dari suatu kejadian terjadi sangat diperlukan. Seringkali alasan-alasan ini menjadi bagian penting dari suatu berita. Jadi, kamu pasti bisa menjawab tentang pertanyaan, “Unsur why dalam teks berita tersebut terdapat pada pernyataan?”.

6. How

Unsur terakhir dalam teks berita adalah bagaimana suatu kejadian itu terjadi. Unsur ini akan menjelaskan terkait dengan proses dari suatu kejadian.

How akan menjelaskan sesuai dengan yang dilihat dan dirasakan oleh penulis tentang suatu kejadian. Sehingga kamu bisa menjawab setiap pertanyaan, “Tentukan informasi pokok teks berita tersebut!”.

Informasi pokok yang terdapat pada teks berita adalah unsur-unsur dalam 5W+1H. Enam unsur berupa fakta-fakta yang disusun dalam teks berita, sehingga menjadi satu kesatuan berita yang utuh.



Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:


Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah