Ini Dia 10 Makanan Lezat yang Bakal Tersaji di Pernikahan Kahiyang Ayu. Ada Makanan Favoritmu?

 Mamikos | Sen, 06 Nov 2017

Sekarang ini, banyak yang lagi penasaran apa aja kira-kira makanan lezat yang bakal tersaji di pernikahan Kahiyang Ayu. Yap, seperti yang udah banyak diketahui publik, putri Presidan Joko Widodo, Kahiyang Ayu, besok pagi tanggal 8 November 2017 akan melangsungkan pernikahan dan mengikat janji suci dengan Bobby Nasution. Serangkaian acara pernikahan mulai dari siraman hingga resepsi sudah dirancang oleh keluarga pengantin. Untuk acara resepsi, kabar-kabarnya resepsi akan dilangsungkan dengan adat Jawa di Solo, daerah asal keluarga Presiden Joko Widodo.

Ngomong-ngomong soal resepsi, nih, pasti gak jauh sama yang namanya makanan. Yap, banyak yang pada penasaran kira-kira makanan apa aja yang bakal disediakan khusus untuk para tamu undangan di pernikahan Kahiyang Ayu esok hari. Katanya sih, makanan yang disajikan gak jauh-jauh kok dari makanan tradisional Indonesia, khususnya Solo. Mau tau makanan lezat yang bakal tersaji di Pernikahan Kahiyang Ayu? Ini dia bocorannya.

1. Kambing Guling

Salah satu makanan utama yang akan tersaji di pernikahan putri Presiden esok hari adalah kambing guling. Makanan ini memang terkenal sangat lezat dan cocok untuk menjamu para tamu VIP sekelas para menteri dan pejabat-pejabat negara. Kambing guling merupakan masakan bercitarasa lezat, khas Timur Tengah, dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah yang dibalur pada daging kambing sebelum dibakar. Mantap banget rasanya!

 

2. Gudeg

Makanan khas Yogyakarta ini menjadi salah satu sajian utama di pernikahan Kahiyang Ayu besok. Gudeg emang makanan yang mengenyangkan banget dan bercitarasa unik. Makanan yang terbuat dari nangka muda dan aneka lauk pauk ini cocok buat yang suka makanan bercitarasa manis dan legit.

 

3. Tengkleng

Keluarga Presiden Joko Widodo tentunya gak mau dong menggelar pernikahan dengan adat yang Solo banget tanpa menyertakan makanan khas Solo di meja prasmanan. Salah satu makanana khas Solo yang besok bakal ada di pernikahan Kahiyang Ayu adalah tengkleng. Tengkleng merupakan sup khas Solo yang bahan dasarnya adalah daging, jeroan, dan tulang kambing. Tengkleng ini memiliki kuah kental dengan rasa rempah dan santan yang nikmat.

 

4. Timlo

Solo memiliki beberapa sup khas, salah satunya adalah Timlo. Timlo merupakan sup dengan isian ati ampela ayam, gulungan sosis solo, telur, bihun, suwiran ayam, dan keripik kentang. Kuahnya bening dan segar, cocok untuk makan siang.

 

5. Nasi Liwet

Kalian belum ke Solo pokoknya kalau belum ngicipin nasi liwet. Yap, nasi liwet merupakan salah satu makanan khas Solo yang tentu besok bakal ada di pernikahan Kahiyang Ayu. Nasi liwet khas Solo terdiri dari nasi gurih yang dimasak dengan santan kelapa kemudian disajikan dengan aneka lauk pauk seperti sayur labu siam, sayuran ayam, dan areh santan. Nikmat banget pokoknya!

 

6. Sate Kere

Buat yang tau Bahasa Jawa, kalian pasti tau dong kalau “kere” memiliki arti “miskin”. Yap, sate kere kalau diartikan secara harfiah dari Bahasa Jawa ke Bahasa Indonesia artinya memang “sate miskin”. Apanya coba yang miskin? Konon, sate ini dulunya dibuat oleh orang-orang miskin yang sangat kekurangan jadi gak bisa tuh beli daging buat disate. Alhasil, bahan yang digunakan untuk membuat sate ini adalah bahan-bahan murah seperti ampas tahu dan jeroan sapi. Meski demikian, jangan salah… sate kere ini lezatnya luar biasa karena dibuat dengan bumbu-bumbu rempah. Sekarang ini, justru penikmat sate kere biasanya dari kalangan atas karena sate ini udah susah ditemui, kadang harus pergi ke resto untuk menemuinya. Nah, di pernikahan Kahiyang besok nih, sate kere jadi salah satu menu makanannya.

 

7. Serabi Solo

Untuk sajian makanan yang lebih ringan, konon besok akan tersaji serabi Solo di pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Serabi Solo dibuat dari tepung beras, santan, dan potongan nangka. Makanan ringan ini biasanya dibuat sebagai camilan pendamping minum teh di sore atau pagi hari.

 

8. Cabuk Rambak

Cabuk Rambak adalah makanan khas Solo yang mungkin susah ditemui di daerah lainnya. Bahkan, di Solo pun makanan ini kini udah cukup langka. Makanan ini dibuat dari ketupat yang diiris-iris kemudian disiram dengan saus wijen dan diberi kerupuk rambak di atasnya. Rambak adalah kerupuk yang terbuat dari kulit sapi yang masih muda. Biasanya, cabuk rambak disajikan dengan wadah “pincuk” atau piring dari daun pisang dan dimakan menggunakan lidi, bukan dengan sendok atau garpu. Tapi, di pernikahan Kahiyang besok, pasti penampilan cabuk rambak di sana jadi lebih elegan.

 

9. Ledre

Ledre adalah snack khas Solo yang sampai saat ini masih bisa kalian temui di berbagai sudut kota Solo. Ledre terbuat dari tepung beras, pisang raja, santan, gula pasir, telur dan minyak kacang. Teksturnya renyah, seperti makanan crepes anak-anak kekinian saat ini. Isinya pun bisa divariasi seperti isi coklat atau nangka.

 

10. Markobar

Untuk dessert, makanan manis yang bakal tersaji di pernikahan Kahiyang Ayu besok pagi adalah Markobar. Udah gak asing lagi kan sama makanan ini? Yap, Markobar adalah menu martabak yang selama ini dipopulerkan oleh kakak Kahiyang, Gibran Rakabuming Raka, dan katering yang dimilikinya yaitu Chili Pari. Di pernikahan adiknya besok, Gibran akan menyediakan seribu loyang martabak manis delapan rasa dan martabak telur. Wah… mau dong!

Itu dia tadi beberapa makanan lezat yang bakal tersaji di pernikahan Kahiyang Ayu. Enak-enak semua, ya? Betapa beruntungnya mereka yang diundang ke resepsi besok dan bisa mencicipi semua makanan di atas. Ada gak di antara makanan-makanan tadi yang jadi favorit kamu?

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kunjungi mamikos.com  untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di IndonesiaCari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost