Jadwal Pelaksanaan dan Lokasi SKD PKN STAN 2021/2022

Posted in: Pendaftaran Politeknik
Tagged: PKN STAN STAN

Jadwal pelaksanaan dan lokasi SKD PKN STAN 2021/2022 – Seleksi masuk Perguruan Tinggi Kedinasan, seperti PKN STAN sudah dibuka. Pahami jadwal pelaksanaan beserta lokasi yang akan digunakan untuk Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) masuk PKN STAN.

Jadwal dan Lokasi SKD PKN STAN

http://pknstan.ac.id/

Pertanyaan apakah PKN STAN buka pendaftaran 2021 akan terjawab di tahun ini. Seleksi untuk masuk Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) bisa diakses siswa-siswi lulusan sekolah menengah tahun 2021. Namun, mekanisme seleksi masuk PKN STAN tahun ini akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika kamu ingin mengikuti seleksi PKN STAN, ketahui jadwal pelaksanaan PKN STAN beserta mekanisme seleksi dan lokasi SKD yang akan digunakan.

Jadwal Pelaksanaan Seleksi PKN STAN

Pelaksanaan seleksi PKN STAN mengikuti jadwal berikut ini:
• 9 – 30 April 2021: Pendaftaran secara online melalui website https://sscasn.bkn.go.id
• 12 April – 4 Mei 2021: Pendaftaran secara online melalui website https://spmb.pknstan.ac.id
• 16 Juni 2021: Pengumuman hasil seleksi administrasi
• 16 – 17 Juni 2021: Pembayaran biaya pendaftaran SPMB Rp 350.000 (sudah termasuk biaya pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar)
• 21 Juni 2021: Pengumuman jadwal dan lokasi SKD
• 25 – 30 Juni 2021: Pelaksanaan SKD
• 8 Juli 2021: Pengumuman Hasil SKD dan pengumuman jadwal dan lokasi seleksi lanjutan (tes kesehatan dan kebugaran serta tes psikologi)
• 19 – 26 Juli 2021: Tes kesehatan dan kebugaran, tes psikologi
• 5 Agustus 2021: Pengumuman hasil seleksi lanjutan I(tes kesehatan dan kebugaran serta tes psikologi ) serta jadwal dan lokasi seleksi lanjutan II (tes wawancara)
• 16 – 23 Agustus 2021: Tes wawancara
• 30 Agustus 2021: Pengumuman kelulusan SPMB PKN STAN
• 6 – 10 September 2021: Pendaftaran ulang PKN STAN
• Akhir September 2021: Mulai pendidikan

Jadwal seleksi PKN STAN yang diberikan di atas masih mungkin mengalami perubahan dan bersifat tentatif. Pihak panitia akan menyesuaikan jadwal dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Pendaftar tidak perlu khawatir dengan perubahan yang terjadi karena akan diumumkan secara resmi oleh PKN STAN.

Mekanisme Seleksi PKN STAN

Terdapat tiga tahap seleksi yang diselenggarakan untuk SPMB PKN STAN tahun 2021, yaitu seleksi administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), dan seleksi lanjutan. Penjabaran setiap jenis seleksi tersebut antara lain:

1. Seleksi Administrasi

Pada proses seleksi pertama, yaitu seleksi administrasi, pendaftar akan diseleksi berdasarkan kelengkapan berkas dan syarat-syarat administrasi berikut:

  1. Persyaratan Lulusan Program Reguler: lulusan (tahun 2020 dan sebelumnya) atau calon lulusan (tahun 2021) semua Sekolah Menengah Atas atau sederajat.
    Persyaratan Lulusan Program Afirmasi: calon lulusan tahun 2021 semua Sekolah Menengah Atas atau sederajat.
  2. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) bagi peserta
    a.Lulusan tahun 2020 dan sebelumnya: rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 (skala 100,00)
    b.Calon lulusan tahun 2021: rata-rata nilai rapor komponen pengetahuan pada 5 tidak kurang dari 70,00 (skala 100,00). Pada saat pendaftaran ulang, pendaftar sudah dinyatakan lulus dan mempunyai rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 (skala 100,00).
  3. Usia maksimal 21 tahun dan minimal 15 tahun (per 1 September 2021)
  4. Sudah terdaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diselenggarakan oleh LTMPT Tahun 2021.
  5. Mempunyai nilai Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK minimal 600 (peserta program reguler) atau 400 (peserta program afirmasi).
  6. Dinyatakan sehat jasmani dan rohani
  7. Bebas dari ketergantungan napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya).
  8. Bagi pendaftar pria: tidak bertato/ mempunyai bekas tato, tidak bertindik, tidak memiliki bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya (kecuali karena ketentuan agama/ adat).
    Bagi pendaftar wanita: tidak bertato/ mempunyai bekas tato, tidak ditindik, tidak memiliki bekas tindik anggota badan lainnya selain telinga dan tidak bertindik/ mempunyai bekas tindik di telinga lebih dari 1 (satu) pasang (telinga kiri dan kanan).
  9. Belum pernah menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama menempuh studi
  10. Pendaftar tidak pernah dinyatakan lulus PKN STAN tahun sebelumnya
  11. Syarat khusus bagi pendaftar Program Afirmasi:
    a. Tamat Sekolah Dasar (SD) atau sederajat, Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat, dan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat di Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur
    b.Mempunyai garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur
    c.Memperoleh rekomendasi dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat yang menyatakan bahwa peserta merupakan 2 (dua) usulan terbaik.

Apabila sudah memenuhi syarat-syarat di atas, pendaftar dapat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar.

2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berhak diikuti peserta yang sudah lulus Seleksi Administrasi dan telah melakukan pembayaran. Pelaksanaan SKD menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Nantinya, materi yang diujikan pada SKD adalah:
• Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
• Tes Intelegensi Umum (TIU)
• Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
Pendaftar dinyatakan lulus SKD jika memenuhi nilai ambang batas SKD sesuai ketentuan dan berada pada peringkat yang sesuai dengan jumlah kebutuhan untuk Seleksi Lanjutan I yang jumlahnya akan ditentukan panitia pusat.

3. Seleksi Lanjutan I

Seleksi lanjutan I dapat diikuti peserta yang sudah dinyatakan lulus SKD. Seleksi tersebut meliputi tes kesehatan dan kebugaran dan tes psikologi dengan materi sebagai berikut:

  1. Tes Kesehatan: pemeriksaan tinggi badan, berat badan, tekanan darah, visus mata, dan/atau pemeriksaan kesehatan lainnya sesuai ketentuan panitia pusat.
  2. Tes Kebugaran: lari mengelilingi lintasan dan shuttle run, pull up/chinning, push up, sit up dan/atau aktivitas lainnya sesuai ketentuan panitia pusat.
  3. Tes Psikologi: sistem Computer Based Test.
    Pendaftar akan dinyatakan lulus Seleksi Lanjutan I jika memenuhi kriteria kesehatan, kebugaran, psikologi, dan berada di peringkat sesuai jumlah kebutuhan seleksi lanjutan II yang jumlahnya akan ditentukan panitia pusat.

4. Seleksi Lanjutan II

Seleksi lanjutan II berbentuk Tes Wawancara yang diikuti oleh peserta seleksi sebelumnya. Proses seleksi lanjutan II dilakukan semi online. Panitia akan melakukan wawancara di lokasi yang sudah ditentukan dengan metode online menggunakan media video conference. Pendaftar akan dinyatakan lulus seleksi lanjutan II jika memenuhi standar minimal kriteria wawancara dan berada di peringkat sesuai jumlah kebutuhan (jumlah ditentukan panitia pusat).

Lokasi SKD PKN STAN 2021

Seleksi Kompetensi Dasar untuk masuk PKN STAN akan dilakukan di berbagai wilayah. Namun, untuk tahun 2021 belum ada rilis resmi terkait lokasi tes SKD. Berdasarkan jadwal, pendaftar bisa mengakses informasi jadwal dan lokasi SKD pada 21 Juni 2021. Sebagai referensi, berikut ini lokasi SKD PKN STAN tahun 2019:

  1. Ambon
  2. Balikpapan
  3. Banda Aceh
  4. Bandar Lampung
  5. Banjarmasin
  6. Batam
  7. Bengkulu
  8. Cimahi
  9. Denpasar
  10. Jakarta
  11. Jambi
  12. Jayapura
  13. Kupang
  14. Makassar
  15. Malang
  16. Manado
  17. Mataram
  18. Medan
  19. Merauke
  20. Padang
  21. Palembang
  22. Palu
  23. Pekanbaru
  24. Pontianak
  25. Semarang
  26. Sorong
  27. Surabaya
  28. Ternate
  29. Tual
  30. Yogyakarta

Demikian informasi jadwal pelaksanaan dan lokasi SKD PKN STAN 2021/2022. Catat lokasi tempat ujian yang akan kamu ikuti untuk menghindari keterlambatan. Sebagai bentuk antisipasi, tidak ada salahnya menyewa tempat tinggal dekat lokasi SKD. Dengan budget terbatas, kamu bisa mendapatkan tempat tinggal nyaman selama semalam dengan bantuan aplikasi pencari kost Mamikos. Terdapat kost harian berfasilitas lengkap yang tidak jauh dari lokasi tes, sehingga kamu tidak akan terlambat. Selamat berjuang!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta