Jadwal Pendaftaran CPNS 2018 Terbaru!

 Mamikos | Sel, 20 Mar 2018

Jadwal Pendaftaran CPNS 2018 Terbaru! – Bagi yang belum tahu, CPNS atau yang juga kepanjangan dari Calon Pegawai Negeri Sipil merupakan pegawai yang baru lulus tes seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahap pertama atau juga mereka yang tengah berjuang untuk mendapatkan kursi menjadi PNS atau Pegawai Negeri Sipil.

Tahun 2018 ini pemerintah kembali membuka peluang untuk masyarakat Indonesia yang ingin menjadi PNS dengan membuka seleksi CPNS 2018. Sebentar lagi pemerintah dikabarkan akan mengumumkan tanggal pendaftaran CPNS 2018 bersamaan dengan Pengumuman Lowongan Formasi Lengkap yang berjumlah 100 ribu formasi lebih.

Berikut Jadwal Pendaftaran CPNS 2018 Terbaru!

sumber foto: indowarta com

Berikut adalah 5 hal terupdate mengenai pendaftaran CPNS yang wajib diketahui oleh para peserta dan yang berminat ikut seleksi CPNS tahun ini:

1. Pendaftaran diperkirakan paling telat Maret-April ini.

Meskipun belum pasti, Asman Abnur, Menpan RB, memberikan keterangan bahwa penerimaan CPNS 2018 masih dalam proses validasi data usulan formasi dari setiap daerah. Pembukaan CPNS sendiri akan dilaksanakan pada bulan Maret-April 2018.

2. Tanggal pendaftaran CPNS lebih khususnya berbeda di setiap daerah.

Kepala BKD Jawa Timur memberikan keterangannya pada media pada Februari lalu bila Pemprov Jawa Timur akan membuka pendaftaran CPNS justru pada bulan Mei 2018.

Pendaftaran diperuntukkan untuk sejumlah Pemprov dan Pemkot, yang kemudian pelaksanaan tes CPNS 2018 sendiri akan digelar serentak pada Juli 2018.

3. Jumlah Formasi CPNS 2018 yang akan diterima.

Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) pada tahun 2017 telah mengumumkan bahwa seleksi CPNS 2018 akan dibuka secara nasional pada tahun 2018. Ada 220.000 posisi yang pensiun di tahun 2017. Sebanyak 38.000 berasal dari pemerintah pisat dan sisanya dari pemerintah daerah.

Menpan RB, Asman Abnur, juga menyebutkan jika kementeriannya kini tengah menyusun formasi yang tepat untuk CPNS 2018. Seperti halnya terkait kompetensi yang harus dicocokkan dengan tugas yang ditawarkan. Termasuk, menentukan unit-unit kerja yang dibutuhkan. Dengan demikian, sebelum pemerintah memutuskan pembukaan CPNS, pihaknya sudah mengetahui seseorang itu ditempatkan di mana saja dan di unit kerja mana. Sehingga, tidak ada alasan lagi untuk minta pindah.

4. Ragam kompetensi di CPNS 2018.

Bila nanti jadwak telah ditetapkan dan diresmikan, maka akan ada banyak kompetensi yang dibutuhkan untuk setiap lowongan CPNS yang ada. Bila di era dahulu masih banyak dan masih bisa ditemui Sarjana Ekonomi yang menjadi guru, maka tahun ini posisi yang dilamar harus sama dan seusai dengan disiplin ilmunya.

Bidang kompetensi yang ada dalam bukaan CPNS 2018 ini nanti jumlah yang memenuhi porsi terbesar dalam penerimaan cpns adalah guru dan tenaga kesehatan.

5. Jadwal penerimaan CPNS 2018.

Jika jadwal seleksi penerimaan CPNS 2018 dimulai, inilah saatnya untuk melakukan pendaftaran CPNS 2018 secara online. Pendaftarannya sendiri kemungkinan masih sama seperti tahun lalu yakni dengan membuka alamat www.sscn.bkn.go.id, kemudian mengakses bagian formulis pendaftaran CPNS 2018, mengisi formulir registrasi sesuai prosedur yang telah ditetapkan, print out hasil pendaftaran, menggabungkan hasil print out hasil pendaftaran online dengan berkas – berkas persyaratan CPNS 2018 lainnya kemudian mengirim berkas tersebut ke BKD atau BKPP daerah tempat dilaksanakannya seleksi tes CPNS 2018 via kantor pos.

[sg_popup id=”8″ event=”onload”][/sg_popup]

Dapatkan info lowongan kerja dibawah ini.

Kunjungi mamikos.com  untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di Indonesia

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost