Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah 2022/2023, Syarat dan Cara Daftar

Jadwal pendaftaran KIP kuliah 2022/2023, syarat dan cara daftar – Bantuan biaya studi bisa diperoleh calon mahasiswa baru yang berniat untuk meneruskan studi di tahun 2022. Namun, untuk mendapatkan bantuan tersebut kamu harus melakukan pendaftaran sesuai jadwal dan memenuhi persyaratannya.

Pendaftaran KIP Kuliah Tahun 2022

https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/

Bagi mahasiswa yang ingin mendaftarkan diri studi di tahun 2022, baik di Perguruan Tinggi Negeri, Politeknik, maupun Perguruan Tinggi Swasta, terdapat bantuan studi yang diberikan. Hal tersebut dikarenakan tidak semua pendaftar memiliki kemampuan membayar biaya studi dan berasal dari kalangan menengah ke atas.

Bantuan studi di Perguruan Tinggi biasanya diberikan dalam bentuk bantuan uang sumbangan pendidikan, uang semester, uang saku, uang pembelian buku, dan uang lain-lain. Proses pemberian bantuan studi tersebut dapat dilakukan dengan mentransfer ke rekening mahasiswa atau secara langsung diberikan pada pihak kampus. Cara mendapatkan bantuan biaya kuliah juga bisa dilakukan dengan mendaftarkan diri pada program KIP Kuliah.

Informasi KIP Kuliah 2022

Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) adalah bantuan yang diberikan Pemerintah Indonesia kepada siswa-siswi lulusan Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan atau sederajat, yang berasal dari keluarga kondisi kurang mampu. Tujuannya agar lulusan tersebut bisa meneruskan studi ke jenjang pendidikan tinggi, sehingga bisa memberikan kontribusi pada pembangunan bangsa serta meningkatkan kondisi ekonomi keluarganya. KIP Kuliah turut mendukung pemerataan akses pendidikan dan mendukung program Merdeka Belajar. Faktanya, pada tahun 2020 terdapat 200 ribu mahasiswa penerima KIP Kuliah, begitu pula tahun 2021.

Upaya Program Indonesia Pintar atau PIP dicanangkan oleh pemerintah dengan memberikan bantuan-bantuan uang tunai serta perluasan kesempatan belajar bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin maupun rentan mengalami kemiskinan. Salah satu bentuk penerapan program tersebut adalah dengan adanya Kartu Pintar Kuliah (KIP Kuliah). Dengan demikian, mahasiswa yang memenuhi syarat ekonomi dan akademik akan memperoleh pembebasan biaya kuliah serta bantuan biaya hidup bulanan.

Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah 2022

Informasi resmi terkait pembukaan pendaftaran KIP Kuliah bagi mahasiswa di berbagai jenjang belum dirilis. Namun, kamu bisa menjadikan acuan waktu pembukaan pendaftaran dan penutupan pendaftaran KIP Kuliah dari informasi tahun 2021 berikut agar bisa mempersiapkan berkas dan persyaratannya. Waktu pendaftaran akun siswa KIP Kuliah akan dimulai bulan Februari dan selesai pada bulan Oktober.

• Februari – Maret: Pendaftaran KIP Kuliah SNMPN
• Februari: Pendaftaran KIP Kuliah SNMPTN
• Maret: Pendaftaran KIP Kuliah UTBK – SBMPTN
• Mei – Juni: Pendaftaran KIP Kuliah SBMPN
• Juni – Oktober: Pendaftaran KIP Kuliah Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri (PTN)
• Juni – Oktober: Pendaftaran KIP Kuliah Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Swasta (PTS)

Jadwal di atas dapat mengalami perubahan sesuai kondisi terkini. Namun, kamu bisa tetap memantau perkembangan informasinya melalui laman resmi KIP Kuliah di website https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

Syarat Penerima KIP Kuliah 2022

Calon mahasiswa yang bisa menerima KIP Kuliah tahun perlu memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan. Berikut ini referensi syarat penerima KIP Kuliah tahun 2021.

  1. Kartu Indonesia Pintar Kuliah dapat diterima oleh siswa yang berasal dari Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Madrasah Aliyah (MA), atau sederajat. Calon penerima KIP Kuliah yang akan lulus tahun berjalan ataupun lulus dua tahun sebelumnya juga diperkenankan untuk mendaftar.
  2. Pendaftar KIP Kuliah mempunyai potensi akademik yang baik namun secara ekonomi dalam kondisi terbatas. Bukti kondisi ekonomi tersebut ditunjukkan dengan dokumen-dokumen penunjang yang sah.
  3. Pendaftar Kartu Indonesia Pintar Kuliah sudah dinyatakan lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru dari jalur SNMPN, SNMPTN, UTBK – SBMPTN, SBMPN, atau seleksi mandiri di PTN dan PTS di program studi terakreditas.

Melihat syarat di atas, kesempatan untuk mendapatkan KIP Kuliah juga terbuka untuk siswa yang lulus dua tahun sebelumnya. Bagi kamu yang menjalani gap year atau sudah lulus tahun lalu tetapi ingin mendapatkan keringanan biaya studi, kamu tetap bisa mendaftar KIP Kuliah selagi memenuhi persyaratan lainnya. Persiapkan dokumen pelengkap yang akan diperlukan sebagai syarat penerima KIP Kuliah.

  1. Kartu Indonesia Pintar (KIP) sebagai bukti kepemilikan program bantuan pendidikan nasional;atau
  2. Bukti bahwa pendaftar berasal dari keluarga yang mengikuti Program Keluarga Harapan (PKH); atau
  3. Bukti sebagai pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS); atau
  4. Bukti bahwa pendaftar mahasiswa berasal dari panti sosial atau panti asuhan; atau
  5. Bukti bahwa pendaftar KIP Kuliah adalah mahasiswa yang berasal dari keluarga kategori desil kurang atau sama dengan kategori 4 dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)

Penuhi kelima syarat di atas agar peluang mendapatkan KIP Kuliah terbuka lebar. Selain itu, perlu kamu ketahui bahwa pendaftar juga perlu membuktikan bahwa gabungan pendapatan kotor orang tua atau wali maksimal adalah 4 juta rupiah per bulan. Selain itu , ada cara lain yang bisa dijadikan acuan yaitu pendapatan kotor kedua orang tua atau wali yang dibagi jumlah anggota keluarga maksimal adalah 750 ribu rupiah.

Cara Mendaftar KIP Kuliah 2022

Referensi cara pendaftaran KIP Kuliah tahun 2021 berikut bisa kamu jadikan acuan ketika mendaftar KIP Kuliah di tahun 2022 nanti. Cara ini berlaku untuk pendaftaran KIP Kuliah pada jalur masuk SNMPN, SNMPTN, UTBK – SBMPTN, SBMPN, serta jalur mandiri. Seluruh proses pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online dengan mengunjungi website kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

Pendaftaran KIP Kuliah semakin praktis dapat dilakukan melalui aplikasi KIP Kuliah yang bisa kamu dapatkan dari Playstore. Jadi, melalui ponsel pun kamu sudah bisa mendaftarkan diri sebagai penerima KIP Kuliah. Pendaftaran KIP Kuliah bisa dilakukan siswa sendiri atau dengan bantuan Perguruan Tinggi apabila mahasiswa sudah diterima di kampus dan melakukan registrasi.

  1. Buka laman website kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau buka aplikasi KIP Kuliah di ponsel
  2. Masukkan data Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan alamat email pendaftar yang aktif
  3. Tunggu sistem KIP Kuliah memvalidasi data NIK, NISN, dan NPS yang sudah diinput pendaftar untuk menentukan kelayakan
  4. Buka email yang sudah kamu daftarkan pada KIP Kuliah. Nantinya pihak penyelenggaran KIP Kuliah akan mengirimkan nomor pendaftaran dan kode akses yang akan kamu gunakan untuk tahap selanjutnya melalui email tersebut. Bagi pendaftar yang proses validasinya tidak berhasil, email tidak akan dikirimkan.
  5. Login kembali pada laman SIM KIP Kuliah
  6. Masukkan data nomor pendaftaran dan kode akses yang sudah diperoleh melalui email
  7. Pilih proses seleksi masuk Perguruan Tinggi yang akan diikuti: Jalur SNMPN, Jalur SBMPN, Jalur SBMPTN, Jalur SNMPTN, atau Jalur mandiri
  8. Selesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah sesuai jalur seleksi masuk Perguruan Tinggi yang kamu ikuti

Proses pendaftaran KIP Kuliah bagi calon penerima yang sudah lolos masuk Perguruan Tinggi sedikit berbeda. Pendaftar akan diverifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diajukan menjadi penerima KIP Kuliah.

Keuntungan Menjadi Penerima KIP Kuliah 2022

Menurut informasi Pedoman KIP Kuliah tahun 2021, ada banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh apabila menjadi penerima KIP Kuliah, di antaranya:

  1. Bebas biaya pendaftaran seleksi masuk Perguruan Tinggi dan seleksi lainnya yang diselenggarakan Perguruan Tinggi asalkan sudah terdaftar pada DTKS Kementerian Sosial
  2. Bebas biaya studi atau biaya kuliah (dibayarkan langsung ke Perguruan Tinggi)
  3. Bantuan biaya hidup bagi penerima KIP Kuliah dengan besar yang sudah ditentukan Puslapdik. Bantuan didasarkan perhitungan besar indeks harga lokal masing-masing wilayah Perguruan Tinggi

Bantuan tersebut akan tetap diterima selama mahasiswa menempuh studi. Namun, ada aturan terkait jangka waktu maksimal pemberian KIP Kuliah.

• Program Sarjana (S1): 8 semester
• Program Diploma empat (D4): 8 semester
• Program Diploma tiga (D3): 6 semester
• Program Diploma dua (D2): 4 semester
• Program Profesi Dokter: 4 semester
• Program Dokter Gigi: 4 semester
• Program Dokter Hewan: 4 semester
• Program Ners: 2 semester
• Program Apoteker: 2 semester
• Program Guru: 2 semester

Demikian informasi jadwal pendaftaran KIP kuliah 2022/2023, syarat dan cara daftar yang perlu kamu ketahui. Penerima KIP Kuliah akan ditetapkan oleh Puslapdik berdasarkan usulan Perguruan Tinggi apabila mahasiswa sudah menyelesaikan proses pendaftaran. Setelah membaca persyaratan di atas, segera siapkan dokumen yang diperlukan. Sebisa mungkin berusahalah agar diterima menjadi salah satu penerima KIP Kuliah untuk meringankan biaya studi. Jangan lupa untuk memaksimalkan bantuan KIP Kuliah dengan menjalani studi sebaik mungkin, ya. Semangat!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta