Jadwal Pendaftaran Ujian Tulis UGM (UTUL) T.A. 2021/2022

Jadwal Pendaftaran Ujian Tulis UGM (UTUL) – Siapa sih yang tidak berkeinginan mengenyam pendidikan di kampus yang satu ini? Ya, UGM atau Universitas Gadjah Mada memang merupakan salah satu kampus favorit yang ada di tanah air. Menduduki peringkat pertama sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) terfavorit dan terbaik di Indonesia, Universitas Gadjah Mada (UGM) juga terbukti telah menuai banyak prestasi dan telah banyak mencetak orang-orang yang bisa diandalkan dan diprioritaskan oleh sebuah perusahaan. Tak heran jika para lulusan kampus yang satu ini selalu menjadi incaran sederetan perusahaan yang sedang membuka lowongan kerja Jakarta Selatan.

Berada di wilayah Bulaksumur, Depok, Yogyakarta, kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) memiliki banyak fasilitas yang mendukung kegiatan belajar mengajar agar lebih kreatif dan inovatif. Menjadi salah satu perguruan tinggi andalan masyarakat Yogyakarta, kawasan gedung kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) juga terdapat  kost dekat UGM Jogja murah.

Daftar Jadwal Pendaftaran Ujian Tulis UGM (UTUL)

Sehingga akan cukup mudah bagi perantau untuk menemukan hunian dekat dengan kampus mereka. Semakin tertarik untuk mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM)? Jika iya, tentu kamu harus melalui beberapa jalur terlebih dahulu yang dapat kamu pilih sesuai kemampuan dan prestasi kamu.

Umumnya untuk bisa masuk dan mengenyam pendidikan di Universitas Gadjah Mada (UGM), kamu harus mengikuti salah satu jalur pendaftaran yang disediakan yakni jalur SNMPTN, jalur SBMPTN, serta jalur mandiri.

Jika kalian gagal dalam SNMPTN dan SBMPTN, kalian masih memiliki satu kesempatan lagi untuk bisa menjadi mahasiswa di kampus ini yakni dengan mengikuti jalur mandiri yang diselenggarakan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM). Biasanya jalur mandiri ini akan identik dengan ujian tulis atau utul UGM, dimana kamu nantinya harus mengikuti ujian yang diadakan oleh pihak Universitas Gadjah Mada (UGM).

Ujian tulis atau yang biasa disingkat UTUL UGM sendiri merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan seleksi yang dilakukan melalui ujian tertulis. Nantinya jalur ujian tulis (UTUL UGM) ini akan dibuka untuk memberikan para siswa-siswi yang baru saja menyelesaikan pendidikan mereka di bangku SMA/SMK/MAK untuk memilih tiga program studi pada jenjang Program Sarjana (S1) dan/atau Program Diploma (D3).

Kelompok ujian tulis (UTUL UGM) sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yakni Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek), Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum), dan Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum). Setiap peserta nantinya dapat mengikuti kelompok ujian Saintek, atau Soshum, atau pun Campuran.

Ujian Tulis (UTUL) UGM 2021/2022

Jalur seleksi ini merupakan seleksi masuk UGM yang menggunakan kombinasi hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan nilai Ujian Tulis (UTUL) yang diselenggarakan oleh UGM. Jalur ini memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2021, 2020, dan 2019 untuk mengikuti seleksi dengan memilih 3 (tiga) program studi pada Program Diploma IV/Sarjana Terapan dan/atau Program Sarjana sesuai dengan kelompok UTBK yang diikuti.

Kelompok ujian terbagi menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu:

  1. Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek).
  2. Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum).
  3. Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum).

Setiap peserta dapat mengikuti kelompok ujian Saintek, atau Soshum, atau Campuran.

Persyaratan

  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2021, 2020, dan 2019:
    1. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2021 harus memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) atau Surat Keterangan Lulus (SKL) yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi cap/stempel dari sekolah/lembaga penyelenggara paket C yang sah atau ijazah (apabila sudah ada);
    2. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2020 dan 2019 harus memiliki ijazah;
    3. Ijazah/SKHUN/SKL wajib dibawa pada saat mengikuti ujian tulis.
  3. Mempunyai sertifikat hasil UTBK tahun 2021;
  4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih.

Prosedur Pendaftaran

  1. Membuat akun pendaftaran melalui laman http://um.ugm.ac.id/admisi dan login ke laman tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran secara online. Bagi pendaftar jalur ujian tulis berhak untuk memilih 3 (tiga) program studi pada Program Diploma IV/Sarjana Terapan dan/atau Program Sarjana, urutan pilihan menunjukkan skala prioritas;
  2. Mengisi biodata dan mengunggah semua dokumen yang menjadi syarat, kemudian mengunci data untuk memperoleh kode pembayaran;
  3. Membayar biaya pendaftaran melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, Bank Syariah Mandiri (BSM), BNI Syariah, BPD DIY, dan CIMB NIAGA (lihat petunjuk pembayaran);
  4. Mencetak Bukti Pendaftaran online, melalui akun pendaftaran masing-masing;
  5. Mencetak Kartu Peserta Ujian yang memuat informasi lokasi dan jadwal ujian, sesuai waktu yang ditentukan, melalui akun pendaftaran masing-masing.

Lokasi Ujian Tulis (UTUL) UGM

Lokasi Ujian Tulis (UTUL) UGM dilaksanakan di kota-kota berikut:

  1. Jakarta
  2. Pekanbaru
  3. Medan
  4. Surabaya
  5. Yogyakarta

Semoga kamu beruntung dan bisa mewujudkan cita-citamu untuk melanjutkan pendidikan di kampus populer yang satu ini! Jangan lewatkan beragam informasi lainnya terkait Universitas Gadjah Mada (UGM) hanya di situs Mamikos.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta