Jadwal Pendaftaran UM Universitas Negeri di Medan TA 2019/2020!

Posted on Posted in Pendaftaran, PTN

Jadwal Pendaftaran UM Universitas Negeri di Medan – Makin tinggi pendidikan dipercaya juga akan memperluas kesempatan karir kamu. Apabila kamu Cuma lulusan SMA saja, peluangnya karirmu juga tentu terbatas. Ingat, saat ini, syarat minimum sebuah pekerjaan bukan sudah SMA/SMK lagi tapi minimal sudah DIII atau S1. Apapun pekerjaan yang kamu idamkan, kini kuliah adalah jalan untuk mendapatkan bekal di dunia kerja nantinya. Hal ini dilakukan karena gelar tersebut menjadi bukti pendidikan seseorang dan diyakini memiliki kompetensi yang lebih baik dibandingkan lulusan SMA saja.

Meski seringkali ditemukan orang yang tidak bekerja sesuai dengan bidang kuliahnya, gelar sarjana dan diploma tetap menjadi standar acuan dari kompetensi seseorang. Jadi, selama kamu masih memiliki kesempatan untuk berkuliah, pergilah berkuliah agar lebih mudah mencari pekerjaan. Karena pada kenyataannya jenjang perguruan tinggi merupakan satu langkah lebih mendekatkan kamu kepada cita-citamu. Tak heran jika banyak para remaja tingkat akhir SMA banyak yang sudah mencari tahu seputar kota tujuan di mana mereka akan melanjutkan pendidikan.

Selain kota-kota di Pulau Jawa ternyata ada satu kota di luar Pulau Jawa yang juga cukup menarik perhatian sederetan kalangan remaja di tanah air, apalagi kalau bukan kota Medan. Secara administratif, kota Medan tercatat sebagai Ibu Kota Sumatera Utara. Kota ini memiliki luas wilayah 26.510 hektare atau 265,10 kilometer persegi. Bila diukur, kira-kira 3,6 persen dari wilayah Sumatera Utara diduduki oleh kota tersebut. Istimewanya, Medan merupakan daerah yang komplit. Segala hal ada di sana seperti hiburan, pendidikan, kuliner, perkumpulan berbagai etnis dan lain-lain.

Bagi kamu yang juga berminat untuk meneruskan pendidikan perkuliahanmu di kota Medan, berikut akan Mamikos berikan info terkait universitas yang sudah membuka pendaftaran 2019/2020 khususnya pendaftaran perguruan tinggi negeri yang masih dibuka. Untuk lebih jelasnya lagi langsung saja simak infonya dibawah ini ya!

Jadwal Pendaftaran UM Universitas Negeri di Medan
Jadwal Pendaftaran UM Universitas Negeri di Medan

Jadwal Pendaftaran UM Universitas Negeri di Medan

1. Universitas Sumatera Utara (USU)

Universitas Sumatera Utara adalah universitas ternama di Kota Medan. Berdirinya Universitas Sumatera Utara tidak lepas dari hadirnya Yayasan Universitas Sumatera Utara yang pertama kali mengelola kampus ini pada awal berdiri. Universitas Sumatera Utara kini menjadi kampus favorit di Kota Medan. Tak heran jika banyak pemuda dan pemudi yang ada di Pulau Sumatera ingin berkuliah di Universitas Sumatera Utara ini.

Tidak hanya itu, kampus ini juga diperhitungkan secara nasional maupun internasional. Banyak alumninya yang telah menjadi orang sukses. Beberapa di antaranya adalah Henry Saragih dan Gatot Pujo Nugroho. Hal tersebut menambah daya tarik USU di mata calon mahasiswa. Kampus ini juga memiliki reputasi baik di masyarakat. Hingga sekarang, Universitas Sumatera Utara menduduki peringkat ke-36 di Indonesia dan 3475 di dunia.

Kini kabarnya Universitas Sumatera Utara juga telah membuka penerimaan mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2019/2020. Penerimaan mahasiswa baru Tahun Akademik (TA) 2019/20 di Universitas Sumatera Utara (USU) memiliki kuota sebanyak 7.759 orang yang terbagi dalam tiga jalur. Ketiga jalur penerimaan tersebut adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Mandiri. Adapun jumlah daya tampung untuk ketiga jalur tersebut sebanyak 7.759 orang dengan perincian 2.288 untuk jalur SNMPTN, 3.275 untuk jalur SBMPTN dan 2.196 untuk jalur Mandiri.

• Jalur SNMPTN

SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/MA dan SMK dengan masa belajar 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK dengan masa belajar 4 (empat) tahun, serta Portofolio Akademik. Informasi lebih lanjut mengenai SNMPTN dapat diakses di http://www.snmptn.ac.id/.

1) Ketentuan Umum dan Persyaratannya
– Ketentuan Umum

  • SNMPTN dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik. Rapor yang digunakan adalah semester satu sampai dengan semester lima bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun atau semester satu sampai dengan semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.
  • Sekolah yang siswanya mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS dengan lengkap dan benar.
  • Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul, dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS.
  • Siswa yang akan mendaftar SNMPTN wajib membaca informasi pada laman PTN pilihan tentang ketentuan terkait dengan penerimaan mahasiswa baru di PTN tersebut.

– Ketentuan Khusus

  • Persyaratan Sekolah
    Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN adalah:
     SMA/MA/SMK yang mempunyai NPSN.
     Mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).
  • Persyaratan Siswa Pendaftar
    Siswa pendaftar yang berhak mengikuti SNMPTN adalah:
     Siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2019 yang memiliki prestasi unggul.
     Memiliki NISN yang terdaftar di PDSS
     Memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 5 yang telah diisikan oleh sekolah di PDSS atau memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 7 bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.
     Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN.
  • Penerimaan di PTN
    Siswa pendaftar diterima di PTN, jika:
     Lulus satuan pendidikan SMA/SMK/MA;
     Lulus SNMPTN 2019; dan
     Lolos verifikasi data dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

2) Tahapan Mengikuti SNMPTN
Tahapan mengikuti SNMPTN dilakukan sebagai berikut.

i. Pengisian dan Verifikasi PDSS

  • Kepala Sekolah atau yang ditugasi Kepala Sekolah mengisikan data sekolah dan siswa di PDSS harus melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id.
  • Kepala Sekolah atau yang ditugasi Kepala Sekolah mendapatkan password yang akan digunakan oleh siswa untuk melakukan verifikasi.
  • Siswa melakukan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugasi Kepala Sekolah dengan menggunakan NISN dan password..
  • Apabila siswa tidak melaksanakan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugasi Kepala Sekolah, data yang diisikan dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir.

ii. Pemeringkatan

  • Pemeringkatan siswa dilakukan oleh sistem Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) berdasarkan nilai mata pelajaran sebagai berikut.
     Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.
     Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.
     Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.
     SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan).
  • Berdasarkan pemeringkatan prestasi akademik yang dilakukan LTMPT, siswa yang memenuhi syarat diizinkan untuk mendaftar SNMPTN 2019 dengan ketentuan Akreditasi Sekolah:
     Akreditasi A : 40 % terbaik di sekolahnya;
     Akreditasi B : 25 % terbaik di sekolahnya;
     Akreditasi C dan lainnya 5 % terbaik di sekolahnya

iii. Pendaftaran SNMPTN

  • Siswa Pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh LTMPT, menggunakan NISN dan password login ke laman SNMPTN 2019 http://web.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
  • Siswa pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Siswa Pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan.
  • Siswa Pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman http://www.snmptn.ac.id.
  • Siswa Pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

3) Jadwal SNMPTN

Jadwal pelaksanaan SNMPTN adalah sebagai berikut:

  • Pengisian dan Verifikasi PDSS: 04 Januari – 25 Januari 2019
  • Pendaftaran SNMPTN: 04 Februari – 14 Februari 2019
  • Pengumuman Hasil Seleksi: 23 Maret 2019

Jadwal pelaksanaan proses verifikasi dokumen peserta dan/atau pendaftaran ulang di PTN dapat dilihat di laman masing-masing PTN.

4) Jumlah Pilihan PTN dan Program Studi

  • Siswa pendaftar dapat memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN.
  • Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  • Siswa SMK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan sesuai ketentuan oleh masing-masing PTN.
  • Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2019 dapat dilihat pada laman http://www.snmptn.ac.id selama periode pendaftaran.

5) Biaya
Siswa pendaftar tidak dipungut biaya apa pun. Biaya penyelenggaraan SNMPTN sepenuhnya ditanggung Pemerintah.

6) Prinsip dan Tahapan Seleksi

– Prinsip Seleksi
Seleksi dilakukan berdasarkan prinsip:

  • mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya yang relevan dengan program studi yang dipilih;
  • memperhitungkan rekam jejak kinerja sekolah; dan
  • menggunakan kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN secara adil, akuntabel, dan transparan.

– Tahapan Seleksi
Seleksi dilakukan dengan tahapan sebagai berikut.

  • Siswa pendaftar diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi.
  • Siswa pendaftar yang memilih program studi di dua PTN, jika tidak lulus di PTN pilihan pertama, siswa pendaftar akan diikutkan seleksi di PTN pilihan kedua berdasarkan ketersediaan daya tampung.

7) Peserta Pelamar Bidikmisi dan ADik

  • Siswa pendaftar dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan Bidikmisi.
  • Calon peserta Bidikmisi atau ADik terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran program Bidikmisi atau ADik melalui laman:
     http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
     http://adik.ristekdikti.go.id

• Jalur SBMPTN

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) melalui ujian tertulis telah menunjukkan berbagai keunggulan dan manfaat, baik bagi kepentingan nasional, PTN, maupun peserta. Bagi peserta, manfaat seleksi bersama adalah lebih efisien, murah, dan fleksibel dengan adanya mekanisme lintas wilayah. SBMPTN ini dari tahun ke tahun selalu diperbaiki dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi. Pada tahun 2016 mulai diperkenalkan juga SBMPTN dengan menggunakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

SBMPTN 2019 merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan menggunakan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN. UTBK dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2017, 2018, dan 2019 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2017, 2018, dan 2019. Pengelolaan dan pengolahan data untuk kepentingan seleksi jalur SBMPTN dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). LTMPT adalah satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia.

1) Persyaratan dan Tahapan Pendaftaran
Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN dilakukan dalam dua tahap, yaitu mengikuti UTBK dan mendaftar SBMPTN. Persyaratan pendaftaran SBMPTN adalah sebagai berikut.
a) Persyaratan Peserta

  1. Siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2017, 2018 harus sudah memiliki ijazah.
  2. Bagi siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2019 memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan pasfoto berwarna terbaru yang bersangkutan dengan ditandatangani oleh kepala sekolah dan dibubuhi cap stempel yang sah.
    • Memiliki Nilai UTBK.
    • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
    • Memiliki NISN.
    • Bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah PORTOFOLIO.
    • Biaya UTBK ditanggung oleh peserta dan subsidi pemerintah.
    • Tidak lulus jalur SNMPTN 2019.

b) Tahapan Pendaftaran

  • Tahapan pendaftaran SBMPTN 2019 dilakukan melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id dengan cara sebagai berikut.
  • Mengisi Biodata (kecuali peserta yang sudah terdaftar di SNMPTN 2019).
  • Memilih PTN dan program studi dengan ketentuan bahwa pendaftar dapat memilih paling banyak dua PTN dan memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN
  • Mengunggah borang portofolio*) bagi pendaftar yang memilih program studi bidang seni dan olahraga. Tata cara pengisian borang portofolio dapat diunduh dari laman http://download.sbmptn.ac.id
  • Mengunggah dokumen lain sesuai dengan persyaratan pendaftaran SBMPTN 2019.

c) Kelompok Program Studi dan Jumlah Pilihan

Kelompok program studi dan jumlah pilihan pada SBMPTN 2019 adalah sebagai berikut.

  • Program studi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek dan kelompok Soshum.
  • Peserta dapat memilih program studi paling banyak dua program studi dengan ketentuan sebagai berikut:
     Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Saintek, peserta mengikuti kelompok ujian Saintek.
     Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Soshum.
     Jika program studi yang dipilih dari kelompok Saintek dan kelompok Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Saintek dan juga kelompok ujian Soshum
  • Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  • Peserta SBMPTN 2019 dapat memilih program studi di PTN mana pun.
  • Program studi, daya tampung per PTN tahun 2019, dan jumlah peminat program studi per PTN tahun 2018 dapat dilihat di laman https://sbmptn.ltmpt.ac.id

d) Peserta Pelamar Program Bidikmisi
Berikut adalah persyaratan pendaftar Bidikmisi:

  • Siswa pendaftar dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan Bidikmisi.
  • Calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran program Bidikmisi yang ada di laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/
  • Calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu mendaftar ke laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
  • Calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan memenuhi persyaratan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti mendaftar UTBK di laman https://pendaftaran-utbk.ltmpt.ac.id dan tidak dikenakan biaya ujian.
  • Calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan tidak lulus SNMPTN 2019, menggunakan NISN dan NPSN untuk mendaftar UTBK dan tidak dikenakan biaya ujian.
  • Calon peserta penerima Bidikmisi yang telah dinyatakan lulus SNMPTN 2019, tidak diperbolehkan mendaftar SBMPTN 2019.

e) Lain-lain

  • Peserta yang diterima melalui jalur SNMPTN 2019 tidak diperbolehkan mendaftar SBMPTN 2019.
  • Perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan SBMPTN 2019 akan diinformasikan melalui laman http://www.sbmptn.ac.id.

• Jalur Seleksi Mandiri

Seleksi Mandiri ITB memberi kesempatan ke-3 bagi siswa WNI (baik yang menempuh pendidikan menengahnya di dalam maupun luar negeri) untuk mengikuti pendidikan program sarjana di Universitas Sumatera Utara. Dengan adanya kesempatan ke-3 bagi calon mahasiswa yang berminat mengikuti pendidikan program sarjana di Universitas Sumatera Utara, Seleksi Mandiri USU juga mempertimbangkan kesempatan yang berimbang dan adil bagi siswa/I yang berasal dari sekolah menengah baik di pulau Jawa maupun di luar pulau Jawa sebagai bagian peran USU untuk mendorong kemajuan pendidikan nasional.
Dalam penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Mandiri, pihak penerimaan mahasiswa baru USU menunggu petunjuk teknis dari ‎Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang nantinya baru akan menentukan jadwal pelaksaannya.

2. Universitas Negeri Medan (UNIMED)

Universitas Negeri Medan dahulu bernama IKIP Kota Medan, namun seiring dengan perkembangan yang ada di kampus tersebut namanya berubah menjadi Universitas Negeri Medan. Universitas Negeri Medan juga merupakan salah satu kampus negeri yang bisa ditemukan di Kota Medan. Universitas Negeri Medan kini menjadi salah satu yang terfavorit di Kota Medan. Bagaimana tidak, nama besar Universitas Negeri Medan telah terdengar hingga ke mana-mana.

Sejak berdiri pada tahun 1963, universitas ini telah mencetak banyak lulusan berkualitas. Banyak alumninya yang menjadi guru, dosen, atau tenaga pendidik yang lain. Prospek kerja para lulusan dinilai cukup tinggi. Mereka kerap diperhitungkan di lingkungan kerja. Tertarik untuk menjadi bagian dari UNIMED? Terlebih dahulu, pilihlah salah satu dari berbagai fakultas yang disediakan. Ada Fakultas Bisnis, Teknik, Ilmu Sosial, Bahasa dan Seni, Ilmu Pendidikan, Matematika dan Pengetahuan Alam, hingga Keolahragaan. Bahkan, jenjang pendidikan di UNIMED mencapai Pascasarjana.

Universitas Negeri Medan (UNIMED) juga telah membuka penerimaan mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2019/2020. Penerimaan mahasiswa baru Universitas Negeri Medan jenjang S1 terdiri dari beberapa jalur masuk. Universitas Negeri Medan membuka kesempatan bagi calon mahasiswa baru jalur seleksi SNMPTN,SBMPTN dan SELEKSI MANDIRI, Selain dari pelaksanaan PMB Melalui jalur tersebut, UNIMED tidak menerima mahasiswa baru program sarjana melalui jalur seleksi lain. Setiap jalur masuk merupakan kegiatan seleksi yang akan menyaring peserta terbaik untuk menjadi mahasiswa UNIMED. Berikut akan Mamikos berikan info terkait jadwal pendaftaran UNIMED 2019, pendaftaran jalur mandiri UNIMED 2019, dan sebagainya.

• Jalur SNMPTN

SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/MA dan SMK dengan masa belajar 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK dengan masa belajar 4 (empat) tahun, serta Portofolio Akademik. Informasi lebih lanjut mengenai SNMPTN dapat diakses di http://www.snmptn.ac.id/.

1) Ketentuan Umum dan Persyaratannya
– Ketentuan Umum

  • SNMPTN dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik. Rapor yang digunakan adalah semester satu sampai dengan semester lima bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun atau semester satu sampai dengan semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.
  • Sekolah yang siswanya mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS dengan lengkap dan benar.
  • Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul, dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS.
  • Siswa yang akan mendaftar SNMPTN wajib membaca informasi pada laman PTN pilihan tentang ketentuan terkait dengan penerimaan mahasiswa baru di PTN tersebut.

– Ketentuan Khusus

  • Persyaratan Sekolah
    Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN adalah:
     SMA/MA/SMK yang mempunyai NPSN.
     Mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).
  • Persyaratan Siswa Pendaftar
    Siswa pendaftar yang berhak mengikuti SNMPTN adalah:
     Siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2019 yang memiliki prestasi unggul.
     Memiliki NISN yang terdaftar di PDSS
     Memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 5 yang telah diisikan oleh sekolah di PDSS atau memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 7 bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.
     Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN.
  • Penerimaan di PTN
    Siswa pendaftar diterima di PTN, jika:
     Lulus satuan pendidikan SMA/SMK/MA;
     Lulus SNMPTN 2019; dan
     Lolos verifikasi data dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

2) Tahapan Mengikuti SNMPTN
Tahapan mengikuti SNMPTN dilakukan sebagai berikut.

i. Pengisian dan Verifikasi PDSS

  • Kepala Sekolah atau yang ditugasi Kepala Sekolah mengisikan data sekolah dan siswa di PDSS harus melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id.
  • Kepala Sekolah atau yang ditugasi Kepala Sekolah mendapatkan password yang akan digunakan oleh siswa untuk melakukan verifikasi.
  • Siswa melakukan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugasi Kepala Sekolah dengan menggunakan NISN dan password..
  • Apabila siswa tidak melaksanakan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugasi Kepala Sekolah, data yang diisikan dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir.

ii. Pemeringkatan

  • Pemeringkatan siswa dilakukan oleh sistem Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) berdasarkan nilai mata pelajaran sebagai berikut.
     Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.
     Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.
     Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.
     SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan).
  • Berdasarkan pemeringkatan prestasi akademik yang dilakukan LTMPT, siswa yang memenuhi syarat diizinkan untuk mendaftar SNMPTN 2019 dengan ketentuan Akreditasi Sekolah:
     Akreditasi A : 40 % terbaik di sekolahnya;
     Akreditasi B : 25 % terbaik di sekolahnya;
     Akreditasi C dan lainnya 5 % terbaik di sekolahnya

iii. Pendaftaran SNMPTN

  • Siswa Pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh LTMPT, menggunakan NISN dan password login ke laman SNMPTN 2019 http://web.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
  • Siswa pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Siswa Pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan.
  • Siswa Pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman http://www.snmptn.ac.id.
  • Siswa Pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

3) Jadwal SNMPTN

Jadwal pelaksanaan SNMPTN adalah sebagai berikut:

  • Pengisian dan Verifikasi PDSS: 04 Januari – 25 Januari 2019
  • Pendaftaran SNMPTN: 04 Februari – 14 Februari 2019
  • Pengumuman Hasil Seleksi: 23 Maret 2019

Jadwal pelaksanaan proses verifikasi dokumen peserta dan/atau pendaftaran ulang di PTN dapat dilihat di laman masing-masing PTN.

4) Jumlah Pilihan PTN dan Program Studi

  • Siswa pendaftar dapat memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN.
  • Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  • Siswa SMK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan sesuai ketentuan oleh masing-masing PTN.
  • Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2019 dapat dilihat pada laman http://www.snmptn.ac.id selama periode pendaftaran.

5) Biaya
Siswa pendaftar tidak dipungut biaya apa pun. Biaya penyelenggaraan SNMPTN sepenuhnya ditanggung Pemerintah.

6) Prinsip dan Tahapan Seleksi

– Prinsip Seleksi
Seleksi dilakukan berdasarkan prinsip:

  • mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya yang relevan dengan program studi yang dipilih;
  • memperhitungkan rekam jejak kinerja sekolah; dan
  • menggunakan kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN secara adil, akuntabel, dan transparan.

– Tahapan Seleksi
Seleksi dilakukan dengan tahapan sebagai berikut.

  • Siswa pendaftar diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi.
  • Siswa pendaftar yang memilih program studi di dua PTN, jika tidak lulus di PTN pilihan pertama, siswa pendaftar akan diikutkan seleksi di PTN pilihan kedua berdasarkan ketersediaan daya tampung.

7) Peserta Pelamar Bidikmisi dan ADik

  • Siswa pendaftar dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan Bidikmisi.
  • Calon peserta Bidikmisi atau ADik terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran program Bidikmisi atau ADik melalui laman:
     http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
     http://adik.ristekdikti.go.id

• Jalur SBMPTN

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) melalui ujian tertulis telah menunjukkan berbagai keunggulan dan manfaat, baik bagi kepentingan nasional, PTN, maupun peserta. Bagi peserta, manfaat seleksi bersama adalah lebih efisien, murah, dan fleksibel dengan adanya mekanisme lintas wilayah. SBMPTN ini dari tahun ke tahun selalu diperbaiki dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi. Pada tahun 2016 mulai diperkenalkan juga SBMPTN dengan menggunakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

SBMPTN 2019 merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan menggunakan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN. UTBK dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2017, 2018, dan 2019 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2017, 2018, dan 2019. Pengelolaan dan pengolahan data untuk kepentingan seleksi jalur SBMPTN dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). LTMPT adalah satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia.

1) Persyaratan dan Tahapan Pendaftaran
Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN dilakukan dalam dua tahap, yaitu mengikuti UTBK dan mendaftar SBMPTN. Persyaratan pendaftaran SBMPTN adalah sebagai berikut.
a) Persyaratan Peserta

  1. Siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2017, 2018 harus sudah memiliki ijazah.
  2. Bagi siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2019 memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan pasfoto berwarna terbaru yang bersangkutan dengan ditandatangani oleh kepala sekolah dan dibubuhi cap stempel yang sah.
    • Memiliki Nilai UTBK.
    • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
    • Memiliki NISN.
    • Bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah PORTOFOLIO.
    • Biaya UTBK ditanggung oleh peserta dan subsidi pemerintah.
    • Tidak lulus jalur SNMPTN 2019.

b) Tahapan Pendaftaran

  • Tahapan pendaftaran SBMPTN 2019 dilakukan melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id dengan cara sebagai berikut.
  • Mengisi Biodata (kecuali peserta yang sudah terdaftar di SNMPTN 2019).
  • Memilih PTN dan program studi dengan ketentuan bahwa pendaftar dapat memilih paling banyak dua PTN dan memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN
  • Mengunggah borang portofolio*) bagi pendaftar yang memilih program studi bidang seni dan olahraga. Tata cara pengisian borang portofolio dapat diunduh dari laman http://download.sbmptn.ac.id
  • Mengunggah dokumen lain sesuai dengan persyaratan pendaftaran SBMPTN 2019.

c) Kelompok Program Studi dan Jumlah Pilihan

Kelompok program studi dan jumlah pilihan pada SBMPTN 2019 adalah sebagai berikut.

  • Program studi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek dan kelompok Soshum.
  • Peserta dapat memilih program studi paling banyak dua program studi dengan ketentuan sebagai berikut:
     Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Saintek, peserta mengikuti kelompok ujian Saintek.
     Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Soshum.
     Jika program studi yang dipilih dari kelompok Saintek dan kelompok Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Saintek dan juga kelompok ujian Soshum
  • Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  • Peserta SBMPTN 2019 dapat memilih program studi di PTN mana pun.
  • Program studi, daya tampung per PTN tahun 2019, dan jumlah peminat program studi per PTN tahun 2018 dapat dilihat di laman https://sbmptn.ltmpt.ac.id

d) Peserta Pelamar Program Bidikmisi
Berikut adalah persyaratan pendaftar Bidikmisi:

  • Siswa pendaftar dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan Bidikmisi.
  • Calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran program Bidikmisi yang ada di laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/
  • Calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu mendaftar ke laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
  • Calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan memenuhi persyaratan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti mendaftar UTBK di laman https://pendaftaran-utbk.ltmpt.ac.id dan tidak dikenakan biaya ujian.
  • Calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan tidak lulus SNMPTN 2019, menggunakan NISN dan NPSN untuk mendaftar UTBK dan tidak dikenakan biaya ujian.
  • Calon peserta penerima Bidikmisi yang telah dinyatakan lulus SNMPTN 2019, tidak diperbolehkan mendaftar SBMPTN 2019.

e) Lain-lain

  • Peserta yang diterima melalui jalur SNMPTN 2019 tidak diperbolehkan mendaftar SBMPTN 2019.
  • Perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan SBMPTN 2019 akan diinformasikan melalui laman http://www.sbmptn.ac.id.

• Jalur Seleksi Mandiri UNIMED

Seleksi Mandiri UNIMED Tahun 2019 bertujuan untuk memperoleh calon mahasiswa unggul dengan memberi kesempatan kepada masyarakat secara lebih luas untuk menjadi mahasiswa UNIMED, dan berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Seleksi Mandiri UNIMED dilakukan untuk memfasilitasi karena masih banyaknya calon mahasiswa yang berpotensi tinggi namun belum dapat lulus pada seleksi SBMPTN dikarenakan mengikuti pilihan program studi yang sangat ketat persaingannya. Dengan diberikannya kesempatan mengikuti seleksi mandiri di UNIMED diharapkan calon mahasiswa yang berpotensi tinggi tersebut dapat mengapai cita- citanya dan berkontribusi dalam pembangunan nasional. Seleksi Mandiri UNIMED tahun 2019 diselenggarakan dengan menggunakan data nilai UTBK SBMPTN tahun 2019.

3. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU)

Terletak di Jalan Pasar V Medan Estate (Sebrang Unimed). Awalnya bernama Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara (IAIN SU) yang diresmikan 17 November 1973. Ditetapkan perubahan IAIN menjadi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara sejak 18 Oktober 2014 melalui Peraturan Presiden Nomor 131 tahun 2014. UIN SU adalah Perguruan Tinggi Milik Pemerintah di bawah naungan Kementerian Agama. Sesuai namanya, Universitas Islam Sumatra Utara melandaskan pendidikan pada agama Islam.

Para mahasiswa tidak hanya diajari teori dan praktik, tetapi juga nilai-nilai keagamaan. Tidak heran apabila para lulusannya memiliki akhlak yang baik dan keahlian di bidang masing-masing. Universitas Islam Sumatra Utara membuka sejumlah fakultas di berbagai bidang. Di bidang sosial, ada Fakultas Ekonomi, Sastra, Hukum, Agama Islam, juga Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Bagaimana dengan bidang sains? Ada Fakultas Teknik, Kedokteran, dan Pertanian. Masing-masing dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai.

UIN SU juga kabarnya telah membuka penerimaan mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2019/2020. Penerimaan mahasiswa baru UIN SU jenjang S1 terdiri dari beberapa jalur masuk. Setiap jalur masuk merupakan kegiatan seleksi yang akan menyaring peserta terbaik untuk menjadi mahasiswa UIN SU. Jalur masuk jenjang S1 tahun 2019, yakni.

• Jalur SNMPTN

SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/MA dan SMK dengan masa belajar 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK dengan masa belajar 4 (empat) tahun, serta Portofolio Akademik. Informasi lebih lanjut mengenai SNMPTN dapat diakses di http://www.snmptn.ac.id/.

1) Ketentuan Umum dan Persyaratannya

– Ketentuan Umum

  • SNMPTN dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik. Rapor yang digunakan adalah semester satu sampai dengan semester lima bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun atau semester satu sampai dengan semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.
  • Sekolah yang siswanya mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS dengan lengkap dan benar.
  • Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul, dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS.
  • Siswa yang akan mendaftar SNMPTN wajib membaca informasi pada laman PTN pilihan tentang ketentuan terkait dengan penerimaan mahasiswa baru di PTN tersebut.

– Ketentuan Khusus

i. Persyaratan Sekolah
Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN adalah:

  • SMA/MA/SMK yang mempunyai NPSN.
  • Mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

ii. Persyaratan Siswa Pendaftar
Siswa pendaftar yang berhak mengikuti SNMPTN adalah:

  • Siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2019 yang memiliki prestasi unggul.
  • Memiliki NISN yang terdaftar di PDSS
  • Memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 5 yang telah diisikan oleh sekolah di PDSS atau memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 7 bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.
  • Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN.
    iii. Penerimaan di PTN
  • Siswa pendaftar diterima di PTN, jika:
     Lulus satuan pendidikan SMA/SMK/MA;
     Lulus SNMPTN 2019; dan
     Lolos verifikasi data dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

2) Tahapan Mengikuti SNMPTN

Tahapan mengikuti SNMPTN dilakukan sebagai berikut.

i. Pengisian dan Verifikasi PDSS

  • Kepala Sekolah atau yang ditugasi Kepala Sekolah mengisikan data sekolah dan siswa di PDSS harus melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id.
  • Kepala Sekolah atau yang ditugasi Kepala Sekolah mendapatkan password yang akan digunakan oleh siswa untuk melakukan verifikasi.
  • Siswa melakukan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugasi Kepala Sekolah dengan menggunakan NISN dan password.
  • Apabila siswa tidak melaksanakan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugasi Kepala Sekolah, data yang diisikan dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir.

ii. Pemeringkatan

a) Pemeringkatan siswa dilakukan oleh sistem Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) berdasarkan nilai mata pelajaran sebagai berikut.

  • Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.
  • Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.
  • Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.
  • SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan).

b) Berdasarkan pemeringkatan prestasi akademik yang dilakukan LTMPT, siswa yang memenuhi syarat diizinkan untuk mendaftar SNMPTN 2019 dengan ketentuan Akreditasi Sekolah:

  • Akreditasi A : 40 % terbaik di sekolahnya;
  • Akreditasi B : 25 % terbaik di sekolahnya;
  • Akreditasi C dan lainnya 5 % terbaik di sekolahnya

iii. Pendaftaran SNMPTN

a) Siswa Pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh LTMPT, menggunakan NISN dan password login ke laman SNMPTN 2019 http://web.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
b) Siswa pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Siswa Pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan.
c) Siswa Pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman http://www.snmptn.ac.id.
d) Siswa Pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

3) Jadwal SNMPTN

Jadwal pelaksanaan SNMPTN adalah sebagai berikut:

  • Pengisian dan Verifikasi PDSS: 04 Januari – 25 Januari 2019
  • Pendaftaran SNMPTN: 04 Februari – 14 Februari 2019
  • Pengumuman Hasil Seleksi: 23 Maret 2019

Jadwal pelaksanaan proses verifikasi dokumen peserta dan/atau pendaftaran ulang di PTN dapat dilihat di laman masing-masing PTN.

4) Jumlah Pilihan PTN dan Program Studi

  • Siswa pendaftar dapat memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN.
  • Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  • Siswa SMK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan sesuai ketentuan oleh masing-masing PTN.
  • Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2019 dapat dilihat pada laman http://www.snmptn.ac.id selama periode pendaftaran.

5) Biaya

Siswa pendaftar tidak dipungut biaya apa pun. Biaya penyelenggaraan SNMPTN sepenuhnya ditanggung Pemerintah.

6) Prinsip dan Tahapan Seleksi

– Prinsip Seleksi

Seleksi dilakukan berdasarkan prinsip:

  • mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya yang relevan dengan program studi yang dipilih;
  • memperhitungkan rekam jejak kinerja sekolah; dan
  • menggunakan kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN secara adil, akuntabel, dan transparan.

– Tahapan Seleksi

Seleksi dilakukan dengan tahapan sebagai berikut.

  • Siswa pendaftar diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi.
  • Siswa pendaftar yang memilih program studi di dua PTN, jika tidak lulus di PTN pilihan pertama, siswa pendaftar akan diikutkan seleksi di PTN pilihan kedua berdasarkan ketersediaan daya tampung.

7) Peserta Pelamar Bidikmisi dan ADik

a) Siswa pendaftar dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan Bidikmisi.

b) Calon peserta Bidikmisi atau ADik terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran program Bidikmisi atau ADik melalui laman:

  • http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
  • http://adik.ristekdikti.go.id

• Jalur SBMPTN
Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) melalui ujian tertulis telah menunjukkan berbagai keunggulan dan manfaat, baik bagi kepentingan nasional, PTN, maupun peserta. Bagi peserta, manfaat seleksi bersama adalah lebih efisien, murah, dan fleksibel dengan adanya mekanisme lintas wilayah. SBMPTN ini dari tahun ke tahun selalu diperbaiki dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi. Pada tahun 2016 mulai diperkenalkan juga SBMPTN dengan menggunakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

SBMPTN 2019 merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan menggunakan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN. UTBK dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2017, 2018, dan 2019 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2017, 2018, dan 2019. Pengelolaan dan pengolahan data untuk kepentingan seleksi jalur SBMPTN dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). LTMPT adalah satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia.

1) Persyaratan dan Tahapan Pendaftaran
Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN dilakukan dalam dua tahap, yaitu mengikuti UTBK dan mendaftar SBMPTN. Persyaratan pendaftaran SBMPTN adalah sebagai berikut.

a) Persyaratan Peserta

  1. Siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2017, 2018 harus sudah memiliki ijazah.
  2. Bagi siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2019 memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan pasfoto berwarna terbaru yang bersangkutan dengan ditandatangani oleh kepala sekolah dan dibubuhi cap stempel yang sah.
    • Memiliki Nilai UTBK.
    • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
    • Memiliki NISN.
    • Bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah PORTOFOLIO.
    • Biaya UTBK ditanggung oleh peserta dan subsidi pemerintah.
    • Tidak lulus jalur SNMPTN 2019.

b) Tahapan Pendaftaran

  • Tahapan pendaftaran SBMPTN 2019 dilakukan melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id dengan cara sebagai berikut.
     Mengisi Biodata (kecuali peserta yang sudah terdaftar di SNMPTN 2019).
     Memilih PTN dan program studi dengan ketentuan bahwa pendaftar dapat memilih paling banyak dua PTN dan memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN
     Mengunggah borang portofolio*) bagi pendaftar yang memilih program studi bidang seni dan olahraga. Tata cara pengisian borang portofolio dapat diunduh dari laman http://download.sbmptn.ac.id
     Mengunggah dokumen lain sesuai dengan persyaratan pendaftaran SBMPTN 2019.

2) Kelompok Program Studi dan Jumlah Pilihan

Kelompok program studi dan jumlah pilihan pada SBMPTN 2019 adalah sebagai berikut.

  • Program studi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek dan kelompok Soshum.
  • Peserta dapat memilih program studi paling banyak dua program studi dengan ketentuan sebagai berikut:
     Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Saintek, peserta mengikuti kelompok ujian Saintek.
     Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Soshum.
     Jika program studi yang dipilih dari kelompok Saintek dan kelompok Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Saintek dan juga kelompok ujian Soshum
  • Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  • Peserta SBMPTN 2019 dapat memilih program studi di PTN mana pun.
  • Program studi, daya tampung per PTN tahun 2019, dan jumlah peminat program studi per PTN tahun 2018 dapat dilihat di laman https://sbmptn.ltmpt.ac.id

3) Peserta Pelamar Program Bidikmisi

Berikut adalah persyaratan pendaftar Bidikmisi:

  • Siswa pendaftar dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan Bidikmisi.
  • Calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran program Bidikmisi yang ada di laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/
  • Calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu mendaftar ke laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
  • Calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan memenuhi persyaratan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti mendaftar UTBK di laman https://pendaftaran-utbk.ltmpt.ac.id dan tidak dikenakan biaya ujian.
  • Calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan tidak lulus SNMPTN 2019, menggunakan NISN dan NPSN untuk mendaftar UTBK dan tidak dikenakan biaya ujian.
  • Calon peserta penerima Bidikmisi yang telah dinyatakan lulus SNMPTN 2019, tidak diperbolehkan mendaftar SBMPTN 2019.

3) Lain-lain

  • Peserta yang diterima melalui jalur SNMPTN 2019 tidak diperbolehkan mendaftar SBMPTN 2019.
  • Perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan SBMPTN 2019 akan diinformasikan melalui laman http://www.sbmptn.ac.id.

• Jalur SPAN–PTKIN

SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. SPAN-PTKIN dijadwalkan akan mulai dibuka pada tanggal 23 Januari 2019.

• UM – PTKIN

UMPTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) dalam sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Pembiayaan penyelenggaraan UMPTKIN dibebankan kepada peserta seleksi dan Kementerian Agama Republik Indonesia. UMPTKIN dijadwalkan akan mulai dibuka pada tanggal 23 Januari 2019.

• Jalur Mandiri
Seleksi masuk melalui ujian tertulis atau melalui seleksi prestasi akademik / non-akademik siswa yang diselenggarakan secara mandiri Universitas. Pendaftaran terbuka untuk siswa SMA / MA / SMK bagi lulusan tahun 2017-2019 untuk pendaftar Jalur Mandiri Tulis dan lulusan tahun 2018-2019 untuk pendaftar Jalur Mandiri Prestasi.

 

Dari sekian banyak perguruan tinggi di tanah air, beberapa yang terbaik datang dari kota Medan. Kota yang juga terkenal sebagai kota metropolitan ini memang menjadi salah satu tujuan utama pelajar mahasiswa menimba ilmu.Istimewanya, Medan merupakan daerah yang komplit. Segala hal ada di sana seperti hiburan, pendidikan, kuliner, perkumpulan berbagai etnis dan lain-lain. Karena pada kenyataannya melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi di kota Medan merupakan satu langkah lebih mendekatkan kamu kepada cita-citamu. Nah, berikut tadi merupakan ulasan singkat terkait jadwal pendaftaran UM Universitas Negeri di Medan tahun ajaran 2019/2020 yang bisa Mamikos sampaikan kepada kamu. Jika kamu tertarik untuk melanjutkan kuliah di kota kembang yang satu ini, kamu bisa memanfaatkan daftar diatas sebagai rujukan tepat dalam mencari kampus terbaik. Untuk mendapatkan informasi mengenai universitas terbaik di kota lainnya di Indonesia serta informasi kost-kostan dan sewa apartemen di seluruh Indonesia, Anda bisa berkunjung ke situs Mamikos, dan jangan lupa pula download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih praktis lagi.

Baca juga :  Jadwal Pendaftaran UM Universitas Negeri di Bandung TA 2019/2020!
Baca juga :  Jadwal Pendaftaran UM Universitas Negeri di Malang TA 2019/2020!

Klik dan dapatkan kost idamanmu: [sg_popup id=”14679″ event=”onLoad”][/sg_popup]

Jadwal Pendaftaran UM Universitas Negeri di Medan TA 2019/2020!

Jadwal Pendaftaran UM Universitas Negeri di Medan TA 2019/2020!