Jadwal Pendaftaran UM Universitas Swasta di Bandung TA 2019/2020!

 Mamikos | Rab, 16 Jan 2019

Jadwal Pendaftaran UM Universitas Swasta di Bandung – Saat ini, kita mendengar banyak orang yang berdebat apakah kuliah itu penting atau tidak. Hal ini lantaran banyak orang-orang sukses yang justru tidak berkuliah, sulitnya mencari pekerjaan sesuai dengan bidang perkuliahan, dan tingginya biaya yang harus dikeluarkan. Hal ini spontan menimbulkan pemikiran, “Apakah kuliah itu penting?” Jawabannya jelas sangat penting.

Jika dulunya orang-orang hanya berpikiran bahwa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana harus menuju Perguruan Tinggi Negeri (PTN) saja, kini pemikiran seperti itu sudah perlu dihapuskan. Mengapa demikian? Karena sekarang sudah banyak deretan Perguruan Tinggi Swasta yang menawarkan kualitas pendidikan sangat baik seperti PTN favorit khususnya untuk di Kota Bandung. Kabarnya, kurang lebih terdapat 22 kampus swasta di kota ini. Beberapa di antaranya mendapatkan peringkat terbaik di Indonesia.

Kini tidak lolos seleksi PTN bukanlah akhir dari dunia. Masuk universitas swasta pun bukan aib, malah membanggakan juga asalkan kita punya tekad untuk belajar. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan ke salah satu universitas swasta di Bandung berikut Mamikos akan berikan sedikit informasi terkait universitas yang sudah membuka pendaftaran 2019/2020 atau perguruan tinggi swasta yang masih membuka pendaftaran di Kota Bandung. Untuk lebih lengkapnya lagi simak informasinya dibawah ini.

Jadwal Pendaftaran UM Universitas Swasta di Bandung
Jadwal Pendaftaran UM Universitas Swasta di Bandung

Jadwal Pendaftaran UM Universitas Swasta di Bandung

1. Universitas Kristen Maranatha

Jika kamu tertarik dengan kebudayaan Tiongkok, melanjutkan pendidiakn di kampus yang satu ini adalah pilihan tepat. Universitas Kristen Maranatha menyediakan pusat kebudayaan Tiongkok yang didukung langsung oleh Pemerintahan China. Selain itu, universitas yang berumur lebih dari 50 tahun ini juga berhasil menunjukkan keseriusannya dalam mendidik generasi muda. Terbukti, dengan adanya berbagai fasilitas pendukung di kampus, suasana belajar yang kondusif, serta program beasiswa bagi mahasiswa berprestasi. Pada awal didirikan, Universitas Kristen Maranatha hanya memiliki satu fakultas, yaitu Fakultas Kedokteran, lalu kemudian didirikanlah Fakultas Teknik dengan Program Studi Teknik Sipil dan Fakultas Psikologi serta Fakultas Sastra dengan Program Studi Sastra Inggris pada tahun-tahun berikutnya. Dan terus menerus berkembang hingga saat ini.

Umumnya ada 3 (tiga) jalur penerimaan melalui Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di Universitas Kristen Maranatha yakni jalur prestasi, jalur undangan, dan jalur reguler. Nah, untuk mendaftarkan diri di salah satu jalur tersebut kamu pun harus melengkapi beberapa persyaratan. Untuk lebih lengkapnya lagi berikut akan Mamikos rangkum untuk kamu.

  • Jalur Prestasi

Jalur Prestasi ini terbuka bagi siswa SMU/SMA/SMK kelas XII yang berprestasi prima (akademik maupun nonakademik). Keuntungan yang akan kamu dapatkan dengan memilih jalur prestasi ini adalah kamu bisa lolos tanpa Ujian Saringan Masuk (USM), tanpa biaya pendaftaran, potongan biaya kuliah hingga 75%, pilihan pembayaran bertahap sesuai periode, dan terakhir program yang satu ini tidak memiliki biaya tes khusus bagi pendaftar Fakultas Kedokteran/Fakultas Kedokteran Gigi/Fakultas Psikologi.
Berikut adalah persyaratan khusus Jalur Prestasi Akademik yang harus kamu lengkapi:

  1. Duduk di kelas XII pada tahun akademik 2018/2019
  2. Tidak pernah tinggal kelas
  3. Nilai mata pelajaran yang ditentukan untuk dapat naik kelas/penjurusan (IPA/IPS) > 80
  4. Rata-rata nilai rapor dari semua semester yang ditempuh > 80
  5. Nilai matematika, bahasa Inggris, dan bahasa Indonesia > KKM;
  6. khusus pendaftar Fakultas Kedokteran & Fakultas Kedokteran Gigi nilai biologi > 80
  7. Bagi yang memilih Fakultas Seni Rupa & Desain, wajib menyerahkan 3 karya seni rupa dalam kertas ukuran A3 (judul bebas)
  8. Bagi yang mendaftar di Fakultas Kedokteran/Fakultas Kedokteran Gigi/Fakultas Psikologi, wajib mengikuti tes khusus, tanpa biaya tambahan;
  9. Fakultas Kedokteran: Tes Bakat dan Kepribadian
  10. Fakultas Kedokteran Gigi: Tes Keterampilan
  11. Fakultas Psikologi: Tes Psikotest
  12. Menyerahkan fotokopi piagam penghargaan/sertifikat bagi yang pernah ikut perlombaan di bidang akademik
  13. Bagi siswa yang mengikuti Kelas Akselerasi agar melampirkan surat keterangan dari kepala sekolah yang menyatakan bahwa benar siswa yang bersangkutan mengikuti Kelas Akselerasi
  14. Untuk nilai akhir siswa berupa huruf (kurikulum 2013), sudah dalam bentuk konversi ke bentuk angka (sesuai dengan format yang diberikan oleh Universitas Kristen Maranatha)
  15. Berlaku bagi siswa international school yang menggunakan kurikulum Cambridge (A-level)
  16. Berlaku bagi siswa home schooling yang memiliki rapor dan ijasah nasional
  17. Tidak berlaku bagi siswa yang menggunakan paket C

Dan berikut adalah persyaratan khusus Jalur Prestasi non Akademik yang harus kamu lengkapi:

  1. Tidak berlaku untuk Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi
  2. Duduk di kelas XII pada tahun akademik 2018/2019
  3. Tidak pernah tinggal kelas
  4. Nilai mata pelajaran yang ditentukan untuk dapat naik kelas > KKM
  5. Bagi yang mendaftar di Fakultas Psikologi, wajib mengikuti tes psikologi/psikotest, tanpa biaya tambahan; Fakultas Psikologi: Tes Psikotest
  6. Mempunyai prestasi olahraga atau seni (juara I-III) untuk minimal 3 event regional/provinsi atau 2 event nasional atau 1 event internasional (dalam cabang olahraga atau seni yang sama) dalam jangka waktu 3 tahun terakhir
  7. Wajib menyerahkan fotokopi piagam penghargaan/sertifikat bagi yang pernah ikut perlombaan di bidang nonakademik
  8. Tidak berlaku untuk home schooling dan international school
  • Jalur Undangan

Jalur Undangan terbuka bagi siswa SMU/SMA/SMK kelas XII dari sekolah mitra dan lembaga gereja yang telah menjalin kerja sama dengan Universitas Kristen Maranatha. Keuntungan yang akan kamu dapatkan dengan memilih jalur undangan ini adalah kamu bisa lolos tanpa Ujian Saringan Masuk (USM), tanpa biaya pendaftaran, potongan biaya kuliah hingga 50%, pilihan pembayaran bertahap sesuai periode, dan terakhir program yang satu ini tidak memiliki biaya tes khusus bagi pendaftar Fakultas Kedokteran/Fakultas Kedokteran Gigi/Fakultas Psikologi. Berikut adalah persyaratan khusus Jalur Undangan yang harus kamu lengkapi:

  1. Duduk di kelas XII pada tahun akademik 2018/2019
  2. Tidak pernah tinggal kelas
  3. Nilai mata pelajaran yang ditentukan untuk dapat naik kelas/penjurusan (IPA/IPS) ≥ KKM
  4. Nilai rata-rata rapor dari semua semester yang ditempuh > 70
  5. Khusus Program Studi S-1 Teknik Sipil dan Teknik Elektro, nilai matematika > KKM
  6. Khusus Fakultas Sastra, nilai bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa lainnya > KKM
  7. Bagi yang memilih Fakultas Seni Rupa & Desain, wajib menyerahkan 3 karya seni rupa dalam kertas ukuran A3 (judul bebas)
  8. Untuk Jalur Undangan Gereja, harus disertai dengan surat rekomendasi dari gereja mitra tempat calon mahasiswa beribadah yang menyatakan status keanggotaan calon
  9. Bagi yang mendaftar di Fakultas Kedokteran/Fakultas Kedokteran Gigi/Fakultas Psikologi, wajib mengikuti tes khusus, tanpa biaya tambahan
  10. Fakultas Kedokteran: Tes Biologi Manusia, Tes Bakat dan Kepribadian
  11. Fakultas Kedokteran Gigi: Tes Keterampilan
  12. Fakultas Psikologi: Tes Psikotest
  • Jalur Reguler

Jalur Reguler terbuka bagi seluruh siswa kelas XII dari SMU/SMA/SMK atau sekolah lain yang sederajat. Bagi kamu yang mengikuti jalur reguler tentunya cukup berbeda dengan jalur-jalur lainnya. Kamu diwajibkan untuk mengikuti tes Ujian Saringan Masuk dan tes khusus lainnya sesuai pilihan fakultas, untuk pilihan pembayaran juga bertahap hingga 9x sesuai periode. Khusus pendaftar Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi tahun kelulusan max. 5 tahun dari kelulusan SMA/sederajat. Biaya pendaftaran untuk Fakultas Kedokteran Gigi, Psikologi, Psikologi, Teknik, Teknologi Informasi, Ekonomi, Hukum, Sastra, Seni Rupa dan Desain Rp 250.000.-, sedangkan untuk biaya pendaftaran untuk Fakultas Kedokteran sebesar Rp 400.000,-.

  • Ujian Saringan Masuk & Tes Khusus
  1. Tes Potensi Akademik (TPA)*
    Wajib diikuti pendaftar jalur reguler dari semua fakultas. Merupakan tes kemampuan dasar tentang pengetahuan pelajaran yang telah diperoleh selama mengikuti pendidikan di tingkat SMA atau sederajat, terdiri dari: pengetahuan umum, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, matematika, pengetahuan alam, teknik praktis, logika. * TPA dan Tes Biologi Manusia dilakukan dengan sistem CBT (Computer Based Test).
  2. Tes Khusus bagi Pendaftar Fakultas Kedokteran: a) Tes Biologi Manusia* (b) Tes Bakat dan Kepribadian
  3. Tes Khusus bagi Pendaftar Fakultas Kedokteran Gigi: Tes Keterampilan
  4. Tes Khusus bagi Pendaftar Fakultas Psikologi: Tes Psikologi (Psikotest)

• Jadwal Ujian Saringan Masuk

Lokasi ujian di kampus Universitas Kristen Maranatha:
(a) Ujian Saringan Masuk (USM) Harian
Dilaksanakan di Ruang CBT Bagian Admisi, Gedung Administrasi Pusat (GAP) lantai 1. Tes dapat dilakukan setiap hari selama jam kerja (Senin-Jumat) dengan memilih sesi waktu sebagai berikut: Sesi I : 08.30 – 10.30 WIB, Sesi II : 13.00 – 15.00 WIB.
(b) Ujian Saringan Masuk (USM) Bulanan
Dilaksanakan di Lab. Komputer Gedung Grha Widya Maranatha (GWM), lantai 8. Jadwal dapat dilihat pada akun masing-masing.
(c) Ujian Saringan Masuk (USM) Khusus
Untuk Fakultas Kedokteran dan Fakultas Psikologi, dilaksanakan setiap bulan dengan waktu pelaksanaan dapat dilihat pada akun masing-masing.

  • Jadwal Ujian Saringan Masuk (USM) Bulanan di Kampus Maranatha

USM BULANAN 26 – 27 JANUARI 2019
Lokasi Tes:
Kampus Universitas Kristen Maranatha
Jl. Prof. drg. Surya Sumantri, M.P.H. No. 65, Bandung, Jawa Barat
Jadwal Tes:
Sabtu, 26 Januari 2019
• 08.00 – 12.00 WIB: Psikotest (khusus pendaftar Fakultas Psikologi) di GWM Lt. 2
• 08.00 – 14.00 WIB: Tes Bakat & Kepribadian (khusus pendaftar Fakultas Kedokteran) di GWM Lt. 2
Minggu, 27 Januari 2019
• 08.00 – 09.30 WIB: Keterampilan (khusus pendaftar Fakultas Kedokteran Gigi) di GWM Lt. 2
• 10.00 – 12.00 WIB: Tes Potensi Akademik (untuk semua program studi) di GWM Lt. 8
• 12.00 – 13.00 WIB: Tes Biologi Manusia (khusus pendaftar Fakultas Kedokteran) di GWM Lt. 8

2. Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)

Universitas swasta yang satu ini termasuk baru di Bandung. Namun meski baru, UNIKOM sudah mencetak prestasi skala nasional maupun internasional. Salah satunya adalah menyabet gelar juara kontes robot tingkat internasional di Amerika Serikat pada 2013 lalu yang dilakukan oleh tim mahasiswa Robotika UNIKOM. Universitas yang satu ini sangat terkenal sebagai universitas komputer dan teknik yang paling banyak diminati masyarakat yang ada di Bandung. Selain soal prestasi, UNIKOM juga memberikan fasilitas lengkap pada mahasiswanya termasuk bangunan gedung kuliah yang nyaman dan juga tenaga pengajar yang tak main-main kualitasnya. Mahasiswa yang ada di UNIKOM akan mendapatkan segala pengetahuan tentang komputer dan teknologi pastinya, termasuk pula tentang pengetahuan software dan hardware yang menjadi mata kuliah wajib untuk semua mahasiswa.

Sejak berdirinya pada tahun 2000, setiap tahunnya UNIKOM menerima ± 2.000 mahasiswa baru. Terakhir pada tahun 2014 yang lalu diterima sebanyak 3.108 mahasiswa baru. Hingga tahun akademik 2015/2016 terdapat 6 Fakultas dan 23 Program Studi di UNIKOM dengan jumlah mahasiswa sebanyak 15.000 orang yang berasal dari berbagai pelosok tanah air dan dari luar negeri yang sedang menempuh pendidikan di UNIKOM. Kamu juga tertarik untuk menjadi salah satu mahasiswa di universitas swasta yang satu ini? Jika iya, segeralah daftarkan diri kamu karena kabarnya UNIKOM telah membuka penerimaan mahasiswa baru sejak tanggal 17 Desember 2018 lalu.

Umumnya UNIKOM memiliki 3 (tiga) gelombang penerimaan melalui Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), yakni gelombang I (17 Desember 2018 – 29 Maret 2019, test masuk: 30 Maret 2019), kemudian gelombang II (1 April 2019 – 21 Juni 2019, test masuk: 22 Juni 2019), dan gelombang III (24 Juni 2019 – 23 Agustus 2019, test masuk: 24 Agustus 2019).

3. Universitas Widyatama

Universitas Widyatama ialah perguruan tinggi swasta di Bandung yang masuk kedalam universitas populer dan terfavorit di Bandung. Universitas yang kampusnya terletak di Cikura, Bandung ini memiliki beberapa fakultas unggulan seperti Fakultas Bisnis dan Manajemen, fakultas ini disebut-sebut sebagai fakultas yang paling difavoritkan di Universitas Widyatama ini. Memang saja, di fakultas yang satu ini, mahasiswanya boleh mempelajari banyak hal termasuk tentang ilmu bisnis. Selain Fakultas Bisnis dan Manajemen, Universitas Widyatama juga terkenal akan Fakultas Ekonominya di mana banyak sarjana ekonomi kompeten yang lulus dari sini tiap tahunnya.

Umumnya ada 7 (tujuh) jalur penerimaan melalui Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di Universitas Widyatama yakni jalur prioritas, jalur unggulan, dan jalur PMDK Akademik 1, Jalur PMDK Akademik 2, jalur prestasi, jalur Ujian Saringan Masuk (USM), dan jalur beasiswa diploma. Nah, untuk mendaftarkan diri di salah satu jalur tersebut kamu pun harus melengkapi beberapa persyaratan. Untuk lebih lengkapnya lagi berikut akan Mamikos rangkum untuk kamu.

  • Jalur Prioritas

Jalur Prioritas ialah Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru yang seleksi penerimaanya didasarkan pada nilai akademik pada mata pelajaran tertentu. Jalur Prioritas sudah dibuka pendaftarannya pada tanggal 1 Oktober 2018 – 1 Desember 2018 lalu. Keunggulan dari jalur prioritas ini adalah kamu tidak perlu mengikuti ujian tes seleksi masuk yang diselenggarakan oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru, selain itu biaya kuliah juga tidak akan mengalami kenaikan selama masa studi normal, dan kamu pun akan mendapatkan beasiswa uang pembangunan sebesar 100%. Nah, berikut adalah persyaratan yang harus kamu lengkapi jika ingin mendaftarkan diri melalui jalur prioritas ini.

  1. Lulusan tahun 2019
  2. Hanya memilih 1 (satu) program studi yang paling diminati dari program studi yang tersedia di Universitas Widyatama.
  3. Memiliki nilai mata pelajaran di SMA/SMK/MA semester 1 sd semester 4 (kelas X sampai dengan kelas XI), dengan nilai rata-rata 80 pada mata pelajaran tertentu apabila sekolah menerapkan kurikulum 2013 maka nilai akan dikonversi sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Universitas Widyatama, dengan penjelasan mata pelajaran pada program studi tertentu di Universitas Widyatama.

Untuk melengkapi informasi seputar jalur prioritas ini, berikut Mamikos juga berikan kelengkapan berkas pendaftaran jalur prioritas yang harus kamu lengkapi.

  1. Formulir Pendaftaran yang didapat melalui sekolah (Guru BK) atau melalui website http://pmb.widyatama.ac.id.
  2. Fotocopy rapor SMA kelas X dan kelas XI (Semester 1 sampai dengan 4) yang telah dilegalisir
  3. Surat keterangan tidak buta warna untuk pilihan program studi Desain Grafis D4 dan Multimedia D3.
  4. Form Rekomendasi Nilai Rapor yang diunduh di http://pmb.widyatama.ac.id/download
  5. Form Pernyataan Registrasi Pembayaran yang diunduh di http://pmb.widyatama.ac.id/download
  6. Pas Foto berwarna ukuran 2×3 sebanyak 3 lembar
  7. Materai Rp. 6.000

Untuk melengkapi informasi seputar jalur prioritas ini, berikut Mamikos juga berikan cara pendaftaran jalur prioritas yang harus kamu ikuti.

  1. Mengisi formulir pendaftaran di website http://pmb.widyatama.ac.id baik secara offline maupun online atau dapat ke pihak sekolah (Guru BK)
  2. Melampirkan dokumen persyaratan: fotocopy Rapor legalisir Semester 1 s.d. 4, Form Rekomendasi Nilai Rapor yang diunduh di http://pmb.widyatama.ac.id/download, Surat Pernyataan Registrasi Pembayaran yang dapat diunduh di http://pmb.widyatama.ac.id/download, pas Foto berwarna 2×3 sebanyak 3 lembar, dan materai Rp. 6.000.
  3. Setelah semua persyaratan dokumen pendaftaran telah lengkap dapat langsung diberikan ke Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Biro Marketing Universitas Widyatama Gedung Rektorat lantai 1 atau dapat diunggah di http://pmb.widyatama.ac.id.
  4. Kartu pendaftaran didapatkan setelah semua dokumen pendaftaran telah terpenuhi, di kartu tersebut terdapat no usm/no daftar yang dapat dipergunakan untuk melakukan pengecekan hasil seleksi PMB di http://pmb.widyatama.ac.id.
  • Jalur Unggulan

Jalur Unggulan merupakan Jalur penerimaan mahasiswa baru yang seleksi penerimaannya didasarkan pada seleksi ujian tertulis. Jalur Unggulan sudah dibuka pendaftarannya pada tanggal 1 Oktober 2018 sampai dengan tanggal 16 Februari 2019 mendatang. Keunggulan dari jalur unggulan ini adalah biaya kuliah kamu tidak akan mengalami kenaikan selama masa studi normal, dan kamu pun akan mendapatkan beasiswa uang pembangunan sebesar 50%. Nah, berikut adalah persyaratan yang harus kamu lengkapi jika ingin mendaftarkan diri melalui jalur unggulan ini.

  1. Siswa SMA/K/MA angkatan 2018/2019 kelas XII
  2. Membeli formulir pendaftaran dengan ketentuan sebagai berikut :
    – 1 Program Studi Rp. 200.000
    – 2 Program Studi Rp. 250.000
    – 3 Program Studi Rp. 300.000
  3. Pas Foto 2×3 Sebanyak 3 lembar
  4. Materai Rp. 6.000
  5. Tidak buta warna untuk calon mahasiswa Fakultas Desain Komunikasi Visual (FDKV)
  6. Melampirkan Surat Pernyataan Orang Tua yang dapat diunduh di http://pmb.widyatama.ac.id/download
  7. Melampirkan Surat Pernyataan Registrasi Pembayaran yang dapat diunduh di http://pmb.widyatama.ac.id/download
  8. Mengikuti ujian seleksi tertulis sesuai jadwal yang telah ditentukan
  • Jalur PMDK Akademik 1

Jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan Akademik (PMDK Akademik) 1 ialah Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru yang seleksi penerimaanya didasarkan pada nilai akademik. Jalur PMDK Akademik 1 sudah dibuka pendaftarannya pada tanggal 1 Oktober 2018 sampai dengan tanggal 13 April 2019 mendatang. Keunggulan dari jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan Akademik (PMDK Akademik) 1 ini adalah kamu tidak perlu mengikuti ujian tes seleksi masuk yang diselenggarakan oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru, biaya kuliah kamujuga tidak akan mengalami kenaikan selama masa studi normal, dan kamu pun akan mendapatkan beasiswa uang pembangunan sebesar Rp3.000.000. Nah, berikut adalah persyaratan yang harus kamu lengkapi jika ingin mendaftarkan diri melalui jalur PMDK Akademik 1 ini.

  1. Mengisi formulir pendaftaran di website http://pmb.widyatama.ac.id baik secara offline maupun online atau dapat ke pihak sekolah (Guru BK)
  2. Melampirkan Form Rekomendasi Nilai Rapor (melalui sekolah atau dapat diunduh di http://pmb.widyatama.ac.id/download)
  3. Melampirkan Fotocopy Rapor legalisir Semester 1 s.d. 4
  4. Tidak buta warna untuk calon mahasiswa Fakultas Desain Komunikasi Visual (FDKV)
  5. Pas Foto berwarna ukuran 2×3 sebanyak 3 lembar
  6. Materai Rp. 6.000
  7. Lulusan Tahun 2019
  • Jalur PMDK Akademik

Jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan Akademik (PMDK Akademik) 2 ialah Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru yang seleksi penerimaannya didasarkan pada nilai akademik dengan nilai rata-rata 75 untuk Program Studi Manajemen S1, untuk Program Studi selain Manajemen S1 nilai rata-rata 70. Jalur PMDK Akademik 2 sudah dibuka pendaftarannya pada tanggal 1 Oktober 2018 sampai dengan tanggal 23 Agustus 2019 mendatang. Keunggulan dari jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan Akademik (PMDK Akademik) 2 ini adalah kamu tidak perlu mengikuti ujian tes seleksi masuk yang diselenggarakan oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru, biaya kuliah kamu juga tidak akan mengalami kenaikan selama masa studi normal, dan pembayaran uang pembangunan kamu dapat dilakukan sampai dengan semester 3. Nah, berikut adalah persyaratan yang harus kamu lengkapi jika ingin mendaftarkan diri melalui jalur PMDK Akademik 2 ini.

  1. Mengisi formulir pendaftaran di website http://pmb.widyatama.ac.id baik secara offline maupun online atau dapat ke pihak sekolah (Guru BK)
  2. Melampirkan Form Rekomendasi Nilai Rapor (melalui sekolah atau dapat diunduh di http://pmb.widyatama.ac.id/download)
  3. Surat Pernyataan Registrasi Pembayaran yang dapat diunduh di http://pmb.widyatama.ac.id/download
  4. Melampirkan fotocopy rapor legalisir Semester 1 s.d. 4 untuk lulusan tahun 2019
  5. Melampirkan fotocopy rapor legalisir Semester 1 s.d. 6 untuk lulusan tahun 2018 dan tahun 2017
  6. Tidak buta warna untuk calon mahasiswa Fakultas Desain Komunikasi Visual (FDKV)
  7. Pas Foto berwarna ukuran 2×3 sebanyak 3 lembar
  8. Materai Rp. 6.000
  9. Lulusan Tahun 2019, Tahun 2018 dan Tahun 2017
  • Jalur Prestasi

Jalur Prestasi ialah Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru yang seleksi penerimaanya didasarkan pada nilai non akademik, di bidang olahraga ataupun kesenian yang pernah diraih oleh calon mahasiswa ketika masih duduk di bangku SMA/SMK atau sederajat. Jalur Prestasi sudah dibuka pendaftarannya pada tanggal 1 Oktober 2018 sampai dengan tanggal 23 Agustus 2019 mendatang. Keunggulan dari jalur Prestasi ini adalah kamu tidak perlu mengikuti ujian tes seleksi masuk yang diselenggarakan oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru, biaya kuliah kamu juga tidak akan mengalami kenaikan selama masa studi normal, dan pembayaran uang pembangunan kamu dapat dilakukan sampai dengan semester 3. Nah, berikut adalah persyaratan yang harus kamu lengkapi jika ingin mendaftarkan diri melalui jalur Prestasi ini.

  1. Mengisi formulir pendaftaran di website http://pmb.widyatama.ac.id baik secara offline maupun online atau dapat ke pihak sekolah (Guru BK)
  2. Melampirkan Sertifikat atau Piagam juara seni atau olahraga minimal setingkat kota
  3. Tidak buta warna untuk calon mahasiswa Fakultas Desain Komunikasi Visual (FDKV)
  4. Surat Pernyataan Orang Tua / Wali yang dapat diunduh di http://pmb.widyatama.ac.id/download
  5. Surat Pernyataan Registrasi Pembayaran yang dapat diunduh di http://pmb.widyatama.ac.id/download
  6. Pas Foto berwarna ukuran 2×3 sebanyak 3 lembar
  7. Materai Rp. 6.000
  8. Lulusan Tahun 2019, Tahun 2018, dan Tahun 2017
  • Jalur Ujian Saringan Masuk (USM)

Jalur Ujian Saringan Masuk (USM) ialah jalur penerimaan mahasiswa baru dengan seleksi ujian tertulis. Jalur Ujian Saringan Masuk (USM) sudah dibuka pendaftarannya pada tanggal 1 Oktober 2018 sampai dengan tanggal 23 Agustus 2019 mendatang. Keunggulan dari jalur Prestasi ini adalah biaya kuliah kamu tidak akan mengalami kenaikan selama masa studi normal, dan pembayaran uang pembangunan kamu dapat dilakukan sampai dengan semester 3. Nah, berikut adalah persyaratan yang harus kamu lengkapi jika ingin mendaftarkan diri melalui jalur Ujian Saringan Masuk (USM) ini.

  1. Terbuka bagi siswa SMA/SMK atau sederajat semua jurusan
  2. Tidak buta warna untuk calon mahasiswa Fakultas Desain Komunikasi Visual (FDKV).
  3. Surat Pernyataan Orang Tua / Wali yang dapat diunduh di http://pmb.widyatama.ac.id/download
  4. Surat Pernyataan Registrasi Pembayaran yang dapat diunduh di http://pmb.widyatama.ac.id/download
  5. Mengikuti ujian seleksi tertulis sesuai jadwal yang telah ditentukan
  • Jalur Beasiswa Diploma

Jalur Beasiswa Diploma merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang seleksi penerimaannya didasarkan pada seleksi ujian tertulis. Jalur Beasiswa Diploma sudah dibuka pendaftarannya pada tanggal 18 Februari 2019 sampai dengan tanggal 23 Agustus 2019 mendatang. Keunggulan dari jalur Beasiswa Diploma ini adalah biaya kuliah kamu tidak akan mengalami kenaikan selama masa studi normal, dan beasiswa uang pembangunan sebesar 50%. Nah, berikut adalah persyaratan yang harus kamu lengkapi jika ingin mendaftarkan diri melalui jalur Beasiswa Diploma ini.

  1. Membeli formulir pendaftaran seharga Rp. 200.000
  2. Pas Foto 2×3 Sebanyak 3 lembar
  3. Materai Rp. 6.000
  4. Tidak Buta Warna untuk calon mahasiswa Fakultas Desain Komunikasi Visual (FDKV)
  5. Melampirkan Surat Pernyataan Orang Tua / Wali yang dapat diunduh di http://pmb.widyatama.ac.id/download
    6) Melampirkan Surat Pernyataan Registrasi Pembayaran yang dapat diunduh di http://pmb.widyatama.ac.id/download
    7) Mengikuti ujian Seleksi tertulis sesuai jadwal yang telah ditentukan

4. Universitas Katolik Parahyangan

Universitas Katolik Parahyangan atau dikenal dengan UNPAR dapat dibilang sebagai salah satu PTS tertua di Bandung. Karena sudah lumayan lama berdiri, UNPAR yang terkenal menjadi salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang terprestisius di Bandung, bahkan di Indonesia. Universitas yang kampusnya terletak di Jalan Ciumbuleuit, Bandung ini memiliki berbagai jurusan dan fakultas bagi mahasiswanya. Selain itu, universitas satu ini juga mempunyai cabang kampus lainnya yang ada di Jalan Merdeka dan Jalan Nias Bandung. Universitas ini juga dapat memberikan banyak jenis beasiswa kepada mahasiswanya.

Menjelang tahun ajaran baru, Universitas Katolik Parahyangan juga telah membuka penerimaan mahasiswa baru TA 2019/2020. Umumnya, Universitas Katolik Parahyangan membuka dua jalur penerimaan mahasiswa baru antara lain.

  • Jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK)

Pendaftaran sebagai peserta Seleksi Program PMDK UNPAR 2019 dilakukan secara online dengan membuka laman http://pmb.unpar.ac.id dan mengisi/melengkapi formulir isian yang tersedia sesuai dengan petunjuk. Jalur PMDK ini sudah dibuka pendaftarannya pada tanggal 20 Agustus 2018 sampai dengan tanggal 4 Oktober 2018 Pkl. 21.00. Syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh para siswa peminat seleksi program PMDK ini adalah sebagai berikut.

  1. Memiliki minat yang tinggi untuk melanjutkan studi di UNPAR dan akan mendaftarkan diri sebagai mahasiswa UNPAR apabila nanti dinyatakan lulus seleksi program PMDK dan lulus SMA;
  2. Terdaftar sebagai siswa SMA kelas XII pada tahun ajaran 2018/2019;
  3. Hanya memilih 1 (satu) program studi yang paling diminati dari daftar program studi yang tersedia di UNPAR (pendaftaran PMDK hanya dapat dilakukan satu kali);
  4. Nilai Mata Pelajaran di SMA kelas X sampai dengan kelas XI (nilai teori dan praktek) tidak kurang dari Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Jika sekolah menerapkan kurikulum 2013, nilai akan dikonversi secara otomatis sesuai dengan perhitungan dari Kemendikbud atau nilai yang diinput adalah nilai yang telah dikonversi dalam skala 100 oleh sekolah.
  5. Persyaratan Khusus Program Studi;
    – Program Studi Arsitektur : mengirimkan hasil gambar sesuai dengan petunjuk soal dan ketentuan
    – Program Studi Teknik Kimia dan Teknik Elektro : Tidak Buta Warna, dibuktikan dengan mengupload Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata
    – Program Studi Ilmu Hubungan Internasional : uraian/motivasi/testimony di tulis dalam Bahasa Inggris
  6. Kelengkapan Berkas Pendaftaran yang harus diupload meliputi:
    – Fotokopi rapor SMA kelas X dan kelas XI (semester 1 dan semester 2), yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah; legalisir raport yang diupload harus menunjukkan nilai yang sesuai dengan yang diinput oleh peserta
    – Surat keterangan Jurusan SMA (rekomendasi sekolah), yang menyatakan siswa ybs adalah benar siswa SMA ybs dan menyatakan jurusan SMA ybs. Untuk siswa yang bersekolah di sekolah Internasional, jika dinyatakan lolos, pada saat daftar ulang harus sudah memiliki penyetaraan Ijazah (setara SMA). Untuk siswa yang berijazah Paket C, jika dinyatakan lolos, pada saat daftar ulang diwajibkan menyerahkan leglisir ijazah beserta fotocopy raport kelas 1 s.d. kelas 3.
    – Uraian/Motivasi “Mengapa saya memilih UNPAR, dan alasan ingin studi pada program studi yang dipilih”, ditulis tangan maksimal 500 kata dalam bahasa Indonesia atau dalam bahasa Inggris. Untuk pilihan program studi Ilmu Hubungan Internasional ditulis dalam Bahasa Inggris.
    – Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata bagi siswa yang melamar ke program studi Teknik Kimia atau Teknik Elektro.
    – Hasil Gambar sesuai ketentuan yang diberikan (khusus pelamar program studi Arsitektur). Untuk hasil gambar dikirimkan ke; Panitia PMDK Universitas Katolik Parahyangan u.p. Admisi – Biro Administrasi Akademik / BAA (Gedung 0 lantai 3) Jl. Ciumbuleuit No. 94, Bandung 40141 selambat-lambatnya tanggal 5 Oktober 2018.
  7. Ketentuan yang berlaku bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lolos seleksi program PMDK:
    – Melunasi 100% (seratus persen) kewajiban keuangan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, dengan mengetahui bahwa dana yang telah dibayarkan tidak dapat diminta kembali dengan alasan apapun juga (sesuai dengan surat pernyataan di atas meterai).
    – Melakukan Registrasi Awal dan Pendaftaran Ulang sesuai jadwal yang telah ditetapkan,
  • Penerimaan Jalur Ujian Saringan Masuk (USM)

Ujian Saringan Masuk (USM) merupakan jalur penerimaan melalui ujian tertulis di Kampus UNPAR atau tempat lain yang sudah ditentukan sebagai penyelenggara Ujian Saringan Masuk UNPAR. Pendaftaran sebagai peserta Seleksi Program USM UNPAR dilakukan secara online dengan membuka laman http://pmb.unpar.ac.id dan mengisi/melengkapi formulir isian yang tersedia sesuai dengan petunjuk. Jalur PMDK ini sudah dibuka pendaftarannya pada tanggal 23 Oktober 2018 sampai dengan tanggal 15 Januari 2019. Ujian Saringan Masuk (USM dilaksanakan di Kampus UNPAR Bandung dan SMA Regina Pacis BOGOR) pada tanggal 20 Januari 2019. Syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh para siswa peminat seleksi Jalur USM ini adalah sebagai berikut.

  1. Memiliki minat yang tinggi untuk melanjutkan studi di UNPAR dan akan mendaftarkan diri sebagai mahasiswa UNPAR apabila nanti dinyatakan lulus seleksi program USM dan lulus SMA;
  2. Dapat memilih sampai 3 pilihan program studi (pilihan ke-3 terbatas pada program studi tertentu seperti; Ekonomi Pembangunan, Ilmu Administrasi Publik, Teknik Elektro, Matematika, Fisika, D3 Manajemen Perusahaan)
  3. Program Studi Teknik Kimia dan Teknik Elektro : Tidak Buta Warna, dibuktikan dengan melampirkan Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata
  4. Kelengkapan Berkas Pendaftaran yang harus diupload meliputi:
    – Fotocopy akte kelahiran atau paspor
    – Surat Keterangan Jurusan SMA atau Legalisir Ijazah SMA. Untuk siswa yang bersekolah di sekolah Internasional, jika dinyatakan lolos, pada saat daftar ulang harus sudah memiliki penyetaraan Ijazah (setara SMA). Untuk siswa yang berijazah Paket C, jika dinyatakan lolos, pada saat daftar ulang diwajibkan menyerahkan leglisir ijazah beserta fotocopy raport kelas 1 s.d. kelas 3.
    – Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata bagi siswa yang melamar ke program studi Teknik Kimia atau Teknik Elektro.
  5. Secara terperinci biaya pendaftaran Ujian Saringan masuk UNPAR dapat dijelaskan sebagai berikut; Program Sarjana (Rp250.000), dan Program Diploma III (Rp150.000).
  6. Ketentuan yang berlaku bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lolos seleksi program USM:
    – Melunasi 100% (seratus persen) kewajiban keuangan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, dengan mengetahui bahwa dana yang telah dibayarkan tidak dapat diminta kembali dengan alasan apapun juga (sesuai dengan surat pernyataan di atas meterai).
    – Melakukan Registrasi Awal dan Pendaftaran Ulang sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

5. Universitas Islam Bandung

Universitas Islam Bandung lahir atas gagasan para tokoh umat Islam dan tuntutan masyarakat Jawa Barat akan adanya perguruan tinggi yang bernapaskan Islam dan melahirkan intelektual muslim. Universitas Islam Bandung yang sering dikenal dengan Unisba ialah perguruan tinggi swasta Islam yang pertama ada di Bandung, sebelum punya nama Universitas Islam Bandung pada awalnya Unisba mempunyai nama Perguruan islam tinggi atau disingkat PIT yang didirikan pada tanggal 15 November 1958 di bawah naungan YPI atau Yayasan Pendidikan Islam.
Universitas Islam Bandung juga telah membuka penerimaan mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2019/2020. Penjualan dan Pengisian Formulir Online sudah dapat dilakukan mulai tanggal 07 Januari s.d. 14 Maret 2019 (gelombang I), 18 Maret s.d. 16 Mei 2019 (gelombang II), dan pada tanggal 20 Mei s.d. 01 Agustus 2019 (gelombang III). Nah, untuk mendaftarkan diri di salah satu jalur tersebut kamu pun harus melengkapi beberapa persyaratan. Untuk lebih lengkapnya lagi berikut akan Mamikos rangkum untuk kamu.

  1. Biaya Pendaftaran Rp. 300.000,- (untuk 2 pilihan),
  2. Fakultas Psikologi, Ilmu Komunikasi, Kedokteran, Program Studi Farmasi, Teknik Perencanaan Wilayah & Kota, dan Manajemen ditambah biaya psikotes Rp. 200.000,-
  3. Fakultas Kedokteran ditambah biaya open house Rp. 100.000,-
  4. Mengisi formulir online data calon peserta USM dengan lengkap dan benar.
  5. Lulusan SMA/sederajat Tahun 2017, 2018, 2019 atau sedang duduk di kelas 3 SMA/sederajat.

Itulah ulasan singkat terkait jadwal pendaftaran UM Universitas swasta di Bandung tahun ajaran 2019/2020 yang bisa Mamikos sampaikan kepada kamu. Jika kamu tertarik untuk melanjutkan kuliah di kota metropolitan yang satu ini, kamu bisa memanfaatkan daftar diatas sebagai rujukan tepat dalam mencari kampus terbaik. Untuk mendapatkan informasi mengenai universitas terbaik di kota lainnya di Indonesia serta informasi kost-kostan dan sewa apartemen di seluruh Indonesia, Anda bisa berkunjung ke situs Mamikos, dan jangan lupa pula download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih praktis lagi.

Klik dan dapatkan kost idamanmu di sini:[sg_popup id=”14679″ event=”onLoad”][/sg_popup]

Jadwal Pendaftaran UM Universitas Swasta di Bandung TA 2019/2020!

Jadwal Pendaftaran UM Universitas Swasta di Bandung TA 2019/2020!