Jadwal Pendaftaran UM Universitas Swasta di Medan TA 2019/2020!

 Mamikos | Kam, 17 Jan 2019

Jadwal Pendaftaran UM Universitas Swasta di Medan – Meneruskan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi kini telah menjadi pilihan oleh banyak siswa di tanah air, terlebih lagi sekarang dunia pekerjaan yang hampir seluruhnya telah mensyaratkan lulus sarjana dan diploma tiga sebagai salah satu kriteria pekerja yang dicari. Faktanya, daya tampung Perguruan Tinggi Negeri hanya berkisar 25 – 35 persen dan sudah melalui berbagai jalur untuk masuk ke PTN, seperti SNMPTN, SBMPTN, Mandiri dan Vokasi. Oleh karna itu, sisa dari persentasi tersebut harus melanjutkan ke Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Hingga saat ini jumlah PTS di Indonesia sudah mencapai ribuan lho!

Apabila kamu belum beruntung untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN), tak ada salahnya bukan kamu melirik sederetan Perguruan Tinggi Swasta (PTS)? Nah, jika tertarik dan ingin mencari universitas swasta yang memiliki kualitas terbaik di kota Medan berikut akan Mamikos berikan infonya! Oh iya, Mamikos juga akan memberikan sedikit informasi terkait universitas yang sudah membuka pendaftaran 2019/2020 ini untuk kamu.

Jadwal Pendaftaran UM Universitas Swasta di Medan
Jadwal Pendaftaran UM Universitas Swasta di Medan

Jadwal Pendaftaran UM Universitas Swasta di Medan

Kota Medan adalah ibukota dari Propinsi Sumatera Utara. Di Kota Medan terdapat banyak kampus yang bisa menjadi destinasi kamu dalam meneruskan pendidikan ke jenjang pendidikan tinggi. Beberapa diantaranya ada.

1. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara merupakan salah satu universitas milik Yayasan Pendidikan Muhammadiyah di Pulau Sumatera. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara mendedikasikan diri sebagai tempat untuk mencetak generasi bangsa yang agamis dan cerdas. Tak heran jika Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara ini menjadi kampus swasta favorit di Kota Medan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara menduduki peringkat ke-75 dan 5174 di dunia.

Bagi kamu yang tertarik meneruskan pendidikan di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, kabarnya universitas swasta yang satu ini sudah membuka penerimaan mahasiswa baru mulai tanggal 14 Januari 2019 hingga 28 September 2019 mendatang untuk jalur Computer Based Test dan pada tanggal 08 April 2019 hingga 18 Juni 2019 untuk jalur Paper Based Test. Umumnya, ada dua jalur tes masuk yang dilaksanakan oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara untuk penerimaan mahasiswa baru.

  • Paper Based Test (PBT)

Tes seleksi yang diselenggarakan dengan menggunakan soal tertulis dalam lembar kertas. PBT dilaksanakan dalam tiga gelombang Calon Mahasiswa dapat memilih program studi yang ada di UMSU, Calon Mahasiswa dapat mengikuti PBT sebanyak tiga kali.

– Prosedur pendaftaran PBT secara langsung:

  1. Calon mahasiswa menuju loket informasi Penmaru untuk mengisi formulir identitas pendaftar.
  2. Mengisi identitas formulir pendaftaran secara online.
  3. Persyaratan pendaftaran, yaitu :
     Membayar biaya pendaftaran IPA/IPS : Rp. 400.000 – Selama masa promosi event (s/d tanggal 26 Aproil 2018) menjadi Rp. 100.000,-
     Fotocopy Ijazah/SKHU/Raport SMA/sederajat yang sudah dilegalisir.
     Pas Foto ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar.
     Fotocopy KTP dan Kartu Keluarga.
  4. Melakukan tes kesehatan.
  5. Mencetak kartu peserta ujian/tes.
  6. Mengikuti tes PBT sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

– Prosedur Pendaftaran PBT secara Online:

  1. Melakukan pendaftaran online melalui http://penmaru.umsu.ac.id
  2. Mahasiswa mencetak bukti untuk pembayaran pendaftaran dan melakukan pembayaran melalui bank BSM dan BRI Syariah.
  3. Mahasiswa membawa kelengkapan berkas persyaratan pendaftaran selanjutnya mengisi biodata secara online.
  4. Mahasiswa melakukan tes kesehatan
  5. Mahasiswa menerima kartu peserta ujian
  6. Mahasiswa mengikuti ujian/tes tulis dan tes lisan
  7. Mahasiswa melihat pengumuman kelulusan melalui Website http://penmaru.umsu.ac.id

– Tata Cara Pendaftaran PBT secara Online:

  1. Mendaftarkan diri melalui website http://penmaru.umsu.ac.id dengan mengisikan nama lengkap, email dan program studi yang diminati. Setelah melakukan proses pendaftaran, peserta akan mendapatkan bukti pendaftaran yang berisi Nomor Pendaftaran, Pasword dan data lainnya serta jumlah biaya pendaftaran yang harus dibayarkan oleh peserta.
  2. Melakukan pembayaran pada Bank Syariah Mandiri atau BRI Syariah di seluruh wilayah Indonesia menggunakan Nomor Pendaftaran yang tertera pada bukti pendaftaran dengan jumlah yang tertera pada bukti pendaftaran tersebut. Tata cara pembayaran dapat dilihat pada menu Alur & Tata Cara
  3. Mengisi Biodata dan Kelengkapan Lain Online
     Gunakan Nomor Pendaftaran sebagai Username dan password yang tertera pada bukti pendaftaran untuk login ke laman khusus peserta.
     Melakukan proses login pada Halaman Login
     Setelah proses login berhasil anda akan otomatis di arahkan ke halaman pengisian biodata
     Mengisi biodata, data orang tua, data sekolah, data ujian nasional dan pilihan program studi
     Unggah pas foto. Syarat: jenis file JPG, 472 x 709 pixel, dan tidak lebih dari 1 Mb
     Lakukan Login Ulang pada laman khusus Calon Peserta Ujian Untuk Memastikan Anda Sudah terdaftar pada sistem Pendaftaran Online, Jika pendaftaran anda berhasil pada layar akan tampil Foto, Nama, Email dan Pilihan Program Studi Anda.
     Apabila anda mengalami kesulitan dalam pengisian data,bisa menghubungi Contact Person Aisyah, Nisa, Assyifah dan Ara No HP. 081375030997 dan 081375030998 pada pukul 08.00 WIB – 17.30 WIB atau email [email protected]
  4. Mencetak Kartu Ujian
  5. Wajib melakukan Tes Kesehatan di poliklinik UMSU sebelum pelaksanaan ujian, paling lambat 3 (tiga) hari sebelum ujian dilaksanakan. Jadwal Tes Kesehatan Untuk Non Kedokteran bertempat di Aula Kampus UMSU Jl. Kapt. Mukhtar Basri No. 3 Medan pada pukul 08.00 – 17.00 WIB. Untuk Fakultas Kedokteran jadwal tes kesehatan dapat dilihat di halaman Jadwal Pendaftaran.
  6. Anda harus ke halaman menu download laman pengisian data calon mahasiswa atau Klik Panduan Pendaftaran dan Pengisian Form Biodata PMB Online
  • Computer Based Test (CBT)

Layanan tes dengan nama one day service adalah tes penerimaan mahasiswa baru berbasis komputer. Calon mahasiswa datang mendaftar dan langsung melakukan tes yang hasilnya dapat diketahui setelah tes. Tes dilaksanakan di kampus utama Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Setiap calon mahasiswa dapat mengikuti CBT maksimal tiga kali. Pendaftaran ditutup setelah kuota terpenuhi.

– Prosedur Pendaftaran CBT:

  1. Calon mahasiswa menuju loket informasi penmaru untuk mengisi formulir pendaftaran secara online.
  2. Memenuhi syarat pembayaran :
     Membayar biaya pendaftaran IPA/IPS Rp. 400.000- Selama masa promosi event menjadi (Rp. 100.000 s/d tanggal 26 April 2018)
     Foto copy Ijazah/SKHU/Raport SMA/sederajat yang sudah dilegalisir.
     Pas Foto ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar.
     Foto copy KTP dan Kartu Keluarga.
  3. Tes Kesehatan.
  4. Mengikuti tes CBT.
  5. Menunggu hasil CBT dan Jadwal Registrasi Ulang.

– Tata Cara Pendaftaran CBT secara Online:
Layanan tes dengan nama one day service adalah tes penerimaan mahasiswa baru berbasis komputer. Calon mahasiswa datang mendaftar dan langsung melakukan tes yang hasilnya dapat diketahui setelah tes. Tes dilaksanakan di kampus utama Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Setiap calon mahasiswa dapat mengikuti CBT maksimal tiga kali. Pendaftaran ditutup setelah kuota terpenuhi.

  • Ketentuan umum untuk mengikuti jalur tes (PBT dan CBT) :
  1. Dalam formulir pendaftaran siswa dapat menentukan program studi dalam kelompok IPA atau IPS.
  2. Untuk pilihan pada program studi teknik sipil, teknik mesin, teknik elektro, pendidikan matematika, agroekoteknologi dan teknologi hasil pertanian hanya menerima siswa SMA/MA jurusan IPA atau SMK jurusan eksakta.
  3. Untuk pilihan program studi pendidikan dokter hanya menerima siswa SMA/MA jurusan IPA

2. Universitas Dian Nusantara

Meski tergolong sebagai kampus swasta, fasilitas pendidikan yang ada disini tak kalah menariknya dengan kampus – kampus yang lainnya di Kota Medan. Universitas Dian Nusantara memang bisa menjadi pilihan kalian untuk berkuliah di Kota Medan. Universitas Dian Nusantara saat ini dikelola sepenuhnya oleh Yayasan Dian Asra yang terus giat mengembangkan potensi dan kemampuan dari Universitas Dian Nusantara agar bisa menjadi universitas yang unggul dan maju. Rangking dari Universitas Dian Nusantara kini terus naik meski pelan. Universitas Dian Nusantara menduduki peringkat ke-465 di Indonesia dan 25.830 di dunia. Hingga sekarang ini, Mamikos belum mendapatkan informasi ter-update seputar penerimaan mahasiswa baru di Universitas Dian Nusantara ini. Namun, nantinya Mamikos akan terus update informasi seputar PMB di kampus swasta yang satu ini.

3. Universitas Katolik Santo Thomas

Universitas Katolik Santo Thomas merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Medan yang sudah berdiri sejak tahun 1984. Hingga sekarang ini, Universitas Katolik Santo Thomas memiliki 8 fakultas yakni Fakultas Ekonomi, Fakultas Sastra, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Filsafat, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Komputer, serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Sebagai informasi, Universitas Katolik Santo Thomas menduduki peringkat 4 sebagai universitas swasta terbaik se Sumatera Utara. Kabarnya, Universitas Katolik Santo Thomas juga telah membuka penerimaan mahasiswa baru. Untuk info lebih jelasnya berikut akan Mamikos berikan.

  1. Pendaftaran dimulai sejak tanggal 15 Maret 2018 sampai dengan 10 September 2018.
  2. Calon mahasiswa baru yang akan mendaftar diharuskan memiliki alamat email yang masih aktif dan pas photo terbaru.
  3. Untuk pendaftaran awal silahkan isi Formulir
  4.  Setelah calon mahasiswa berhasil mendaftar secara online, maka anda akan menerima pesan, yang akan dikirim ke alamat email yang digunakan pada saat mendaftar.
  5. Untuk informasi selengkapnya, silahkan menghubungi contact person 081264935370 (Helena) atau 081360229449 (Ita), atau klik Informasi Pendaftaran yang terdapat pada website ini.

Nah, itu tadi informasi yang bisa Mamikos sampaikan seputar jadwal pendaftaran UM Universitas Swasta di Medan tahun ajaran 2019/2020. Mamikos sarankan kamu untuk mencatat tanggal-tanggal tersebut ya agar nantinya kamu tidak ketinggalan untuk mendaftarkan diri di Universitas Swasta favorit kamu! Untuk mendapatkan informasi mengenai universitas terbaik di kota lainnya di Indonesia serta informasi kost-kostan dan sewa apartemen di seluruh Indonesia, Anda bisa berkunjung ke situs Mamikos, dan jangan lupa pula download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih praktis lagi.

Klik dan temukan kost idamanmu: [sg_popup id=”14679″ event=”onLoad”][/sg_popup]

Jadwal Pendaftaran UM Universitas Swasta di Medan TA 2019/2020!

Jadwal Pendaftaran UM Universitas Swasta di Medan TA 2019/2020!