Jalur Mandiri yang Masih Dibuka Setelah SBMPTN 2021

Jalur mandiri yang masih dibuka setelah SBMPTN 2021 – Beragamnya jalur masuk di Perguruan Tinggi merupakan solusi bagi calon mahasiswa yang belum diterima dari jalur yang diinginkannya. Selain ada jalur masuk melalui ujian tulis, ada pula jalur mandiri dengan pelaksanaan berdasarkan aturan masing-masing perguruan tinggi.

Jalur Mandiri Setelah SBMPTN 2021

https://untidar.ac.id/

Belum diterima masuk Perguruan Tinggi setelah SBMPTN diumumkan? Biasanya, calon mahasiswa baru akan merasa galau dan khawatir dengan masa depan. Namun, kamu tidak perlu terlalu lama bersedih karena peluang diterima di program studi atau jurusan yang kamu inginkan masih terbuka lebar dengan adanya jalur mandiri.

Pengumuman seleksi masuk PTN jalur SBMPTN akan dilaksanakan pada 14 Juni 2021 pukul 15.00 WIB. Apabila kamu dinyatakan diterima melaui jalur SBMPTN, artinya kamu tinggal meneruskan tahapan berikutnya, yaitu melakukan pendaftaran ulang serta mengumpulkan berkas-berkas yang diperlukan sebagai syarat. Sebaliknya, bagi kamu yang belum diterima melalui jalur SBMPTN, manfaatkan peluang masuk PTN dengan adanya jalur mandiri. Penasaran apa saja jalur mandiri yang dibuka setelah SBMPTN 2021?

1. Pendaftaran Jalur Mandiri Universitas Diponegoro (UNDIP)

Universitas Diponegoro membuka jalur mandiri berupa Ujian Masuk (UM UNDIP) bagi kamu yang belum diterima melalui jalur SBMPTN. Seleksi UM UNDIP akan dilakukan berdasarkan portofolio dan Ujian Online yang ditempuh masing-masing pendaftar. Karena batas waktu pendaftarannya tiga hari setelah pengumuman SBMPTN, kamu masih memiliki kesempatan mendaftar dan melengkapi berkas persyaratannya. Adapun jadwal pendaftaran jalur mandiri di UNDIP adalah:

• Pendaftaran online UM UNDIP: 19 April – 17 Juni 2021 (Pukul 12.00 WIB)
• Pembayaran UM UNDI : 19 April – 17 Juni 2021 (Pukul 15.00 WIB)
• Cetak Kartu Peserta Ujian UM UNDIP: 19 April – 17 Juni 2021 (Pukul 23.59 WIB)
• Ujian Online: 21 Juni – 2 Juli (sesuai yang tertera pada kartu ujian masing-masing peserta)
• Pengumuman Hasil Seleksi UM UNDIP: 7 Juli 2021

Biaya pendaftaran yang perlu dikeluarkan untuk mengikuti UM UNDIP adalah Rp 300.000. Informasi terkait biaya ujian dapat kamu peroleh dengan mengakses laman website UNDIP https://pmb.undip.ac.id/.

2. Pendaftaran Jalur Mandiri Universitas Sebelas Maret (UNS)

Masih ingin berusaha masuk salah satu PTN favorit Indonesia? Tenang, jalur mandiri di UNS dibuka hingga pengumuman SBMPTN, sehingga kamu tetap bisa berjuang agar diterima di program studi idamanmu. Pendaftaran ujian mandiri SMJU-UTUL UNS dibuka hingga 17 Juni 2021 dengan jadwal sebagai berikut:

• Pendaftaran Online SMJU-UTUL UNS: 24 Mei -17 Juni 2021
• Pembayaran Biaya Pendaftaran SMJU-UTUL UNS: 24 Mei -17 Juni 2021
• Cetak Kartu Peserta SMJU-UTUL UNS: 25 Mei – 17 Juni 2021
• Simulasi Ujian SMJU-UTUL UNS: 20, 21, dan 22 Juni 2021
• Pelaksanaan Ujian SMJU-UTUL UNS: 24, 26, dan 27 Juni 2021
• Pengumuman Hasil Seleksi SMJU-UTUL UNS: 30 Juni 2021

Biaya untuk mengikuti SMJU-UTUL UNS bagi kelompok ujian saintek atau soshum sebesar Rp. 350.000, sedangkan biaya untuk kelompok campuran Rp. 400.000. Informasi lengkap terkait penerimaan mahasiswa baru di UNS melalui jalur mandiri dapat kamu peroleh dengan membuka website https://spmb.uns.ac.id/.

3. Pendaftaran Jalur Mandiri Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED)

Perguruan Tinggi Negeri lainnya yang masih membuka pendaftaran jalur mandiri setelah pengumuman SBMPTN 2021 adalah Universitas Jenderal Soedirman. Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNSOED terbagi menjadi seleksi berdasarkan nilai UTBK dan non-UTBK dengan jadwal sebagai berikut:

Jadwal SPMB Mandiri UTBK

• Pendaftaran SPMB Mandiri UTBK UNSOED: 31 Mei – 18 Juni 2021
• Pengumuman SPMB Mandiri UTBK UNSOED: 28 Juni 2021
• Registras SPMB Mandiri UTBK UNSOED: 5 – 9 Juli 2021

Jadwal SPMB Mandiri Non – UTBK

• Pendaftaran SPMB Mandiri Non – UTBK UNSOED: 31 Mei – 2 Juli 2021
• Pengumuman SPMB Mandiri Non – UTBK UNSOED: 8 Juli 2021
• Registrasi SPMB Mandiri Non – UTBK UNSOED: 12 – 15 Juli 2021

Untuk bisa mengikuti seleksi mandiri, kamu perlu membayar biaya Rp 300.000 (kelompok saintek atau kelompok soshum) dan Rp 350.000 (kelompok campuran). Informasi lainnya yang berkaitan dengan penerimaan mahasiswa baru UNSOED dapat kamu ketahui dari media sosial atau website resminya di laman https://pendaftaran.spmb.unsoed.ac.id/.

4. Pendaftaran Jalur Mandiri Universitas Tidar (UNTIDAR)

Perguruan Tinggi Negeri di Magelang yang membuka seleksi mandiri setelah SBMPTN adalah Universitas Tidar atau UNTIDAR. Terdapat dua macam jalur yang dibuka, yaitu Seleksi Mandiri Ujian Tertulis Universitas Tidar (SMUT-UNTIDAR) serta Seleksi Mandiri Jalur Prestasi Universitas Tidar (SMJP-UNTIDAR). Pada jalur SMUT, seleksi dilakukan berdasarkan nilai ujian tulis yang diselenggarakan pihak kampus, sedangkan pada jalur SMJP seleksi akan didasarkan pada nilai rapor calon mahasiswa mulai semester 1 – 5. Adapun jadwal lengkap seleksi mandiri UNTIDAR adalah:

Jadwal SMUT UNTIDAR

• Pendaftaran Online SMUT UNTIDAR: 7 Juni – 7 Juli 2021
• Pelaksanaan Ujian SMUT UNTIDAR: 14 – 18 Juli 2021
• Pengumuman Hasil Ujian SMUT UNTIDAR: 22 Juli 2021
• Registrasi Online SMUT UNTIDAR: 26 – 30 Juli 2021

Jadwal SMJP UNTIDAR

• Pendaftaran dan Pembayaran Biaya SMJP UNTIDAR: 7 – 21 Juni 2021
• Pengumuman Hasil Seleksi SMJP UNTIDAR: 28 Juni 2021
• Registrasi Online SMJP UNTIDAR : 30 Juni – 7 Juli 2021

Biaya pendaftaran SMUT UNTIDAR kelompok saintek dan kelompok soshum sebesar Rp 200.000, sedangkan biaya kelompok campuran Rp 300.000. Sementara itu, biaya pendaftaran SMJP UNTIDAR sebesar Rp 250.000. Perlu diketahui bahwa biaya seleksi yang sudah dikeluarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun. Jika ingin mengetahui jadwal ujian dan informasi program studi pilihan jalur mandiri, kamu bisa mengakses laman resmi https://um.untidar.ac.id/.

Tips Lolos Seleksi Jalur Mandiri Setelah SBMPTN

Kegagalan diterima kuliah jalur SBMPTN di PTN impian semestinya tidak menjadi penghalang bagi kamu untuk bermimpi diterima di PTN meskipun melalui jalur mandiri. Manfaatkan kesempatan emas masuk PTN idamanmu melalui jalur yang diselenggarakan masing-masing Perguruan Tinggi tersebut. Lalu, bagaimana tips agar lolos seleksi mandiri?

  1. Catat jadwal pendaftaran agar tidak terlewat. Proses pendaftaran jalur mandiri akan dibatasi, apalagi tidak semua PTN membuka jalur seleksi mandiri setelah SBMPTN. Jangan sampai kamu melewatkan tanggal penting hanya karena lupa mencatatnya.
  2. Siapkan biaya pendaftaran seleksi jalur mandiri. Sebab, setiap Perguruan Tinggi mempunyai kebijakan berbeda terkait biaya seleksi yang akan dibebankan pada calon mahasiswa baru.
  3. Pahami jenis seleksi yang digunakan. Terdapat jalur mandiri yang dilakukan dengan mempertimbangkan nilai UTBK, nilai rapor, atau justru dengan pelaksanaan ujian mandiri secara langsung yang pelaksanaannya diatur kampus masing-masing.
  4. Cari tahu biaya studi jalur mandiri. Bagaimana pun juga, setelah diterima di PTN melalui jalur mandiri kamu akan diminta membayar biaya studi, seperti uang pangkal dan biaya pendidikan per semester.

Demikian informasi jalur mandiri yang masih dibuka setelah SBMPTN 2021. Apakah kamu berniat untuk mendaftarkan diri pada salah satu jalur tersebut? Pahami masing-masing persyaratan dan jenis seleksi yang diberikan agar kamu bisa diterima di jalur tersebut. Jangan lupa berdoa dan berharap agar mendapatkan yang terbaik. Kamu juga bisa mempertimbangkan tempat tinggal dekat kampus dengan mencari tahu hunian kost-kostan melalui aplikasi pencari kost Mamikos. Ada banyak pilihan tempat tinggal murah yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Selamat mencari!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta