4 Jalur Pendaftaran Kuliah yang buka Januari – April 2021

Posted in: Pendaftaran Pendidikan

4 jalur pendaftaran kuliah yang buka Januari – April 2021 – Momen pendaftaran kuliah untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS) tahun 2021 paling ditunggu-tunggu. Bahkan, lulusan yang menjalani gap year pun turut menantikan momen pendaftaran kuliah tahun 2021.

Berbagai Macam Jalur Pendaftaran Kuliah Tahun 2021

unsplash.com

Untuk bisa diterima di Perguruan Tinggi tujuan, ada mekanisme yang harus ditempuh. Ada yang memberlakukan nilai rapor sebagai bentuk seleksi, tetapi ada pula yang menerapkan tes secara langsung. Perbedaan mekanisme penerimaan tersebut dipengaruhi jalur masuk pendaftaran kuliah. Apabila kamu ingin mendaftar kampus awal 2021, terdapat beberapa jalur pendaftaran kuliah yang dibuka.

1. Jalur SNMPTN

indonesia.go.id

Calon mahasiswa baru yang sudah memiliki nilai rapor semester 1 – 5 dengan nilai yang terus meningkat bisa mendapatkan peluang masuk PTN melalui jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Jalur ini adalah jalur pendaftaran kuliah yang pertama kali dibuka pada awal tahun 2021. Adapun jadwal SNMPTN 2021 berdasarkan informasi resmi dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) adalah:

• Jadwal layanan masa sanggah kuota SNMPTN: 28 Desember 2021 – 7 Februari 2021
• Jadwal registrasi akun LTMPT: 4 Januari 2021 – 1 Februari 2021
• Jadwal penetapan siswa yang eligible atau layak mendaftar SNMPTN (dilakukan pihak sekolah masing-masing): 4 Januari 2021 – 8 Februari 2021
• Jadwal pengisian data PDSS: 11 Januari 2021 – 8 Februari 2021
• Jadwal pendaftaran SNMPTN: 15 Februari 2021 – 24 Februari 2021
• Pengumuman kelulusan SNMPTN: 22 Maret 2021

Sayangnya, tidak semua siswa SLTA bisa mendaftar kuliah melalui jalur SNMPTN karena ada seleksi dari sekolah. Selain itu, kuota untuk sekolah yang bisa mendaftarkan siswa-siswinya juga ditentukan berdasarkan akreditasi. Bagi sekolah dengan akreditasi A, siswa-siswi yang bisa mendaftar SNMPTN 2021 sebanyak 40%, sedangkan sekolah dengan akreditasi B dan C masing-masing dapat mendaftarkan 25% dan 5% siswanya untuk SNMPTN 2021.

Ingin diterima jurusan tujuan melalui jalur SNMPTN? Pastikan memiliki akun-akun wajib di atas agar tetap bisa meneruskan ke tahap selanjutnya. Periksa passing grade jurusan tujuanmu dan lakukan analisis nilai rapor untuk menentukan apakah jurusan yang kamu pilih memberikan peluang tinggi untuk diterima. Pertimbangan jurusan favorit dan kurang favorit di suatu PTN pun bisa menjadi pertimbangan.

2. Jalur SBMPTN

https://ltmpt.ac.id/

Setelah SNMPTN diselenggarakan, masih ada jalur SBMPTN yang akan dibuka di awal tahun 2021. Jalur ini diperuntukkan bagi siswa-siswi yang tidak mendapatkan kesempatan masuk Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SNMPTN dan tidak diterima melalui jalur tersebut. Untuk bisa mendaftar SBMPTN 2021, pendaftar wajib memiliki skor Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2021. Jadwal pelaksanaan jalur SBMPTN tahun 2021 adalah:

• Registrasi akun LTMPT : 7 Februari 2021 – 12 Maret 2021
• Pendaftaran UTBK dan SBMPTN : 15 Maret 2021 – 1 April 2021
• Pelaksanaan UTBK gelombang 1: 12 April 2021 – 18 April 2021
• Pelaksanaan UTBK gelombang 2: 26 April 2021 – 2 Mei 2021
• Pengumuman hasil seleksi SBMPTN: 14 Juni 2021

Persaingan untuk masuk PTN melalui jalur SBMPTN terbilang ketat. Nantinya seleksi masuk PTN akan didasarkan pada skor UTBK yang dimiliki. Semakin tinggi nilai UTBK pendaftar, semakin besar pula peluang untuk bisa diterima. Namun, hal ini tetap dipengaruhi kuota jurusan dan nilai UTBK peserta lainnya. Agar peluang diterima dari jalur SBMPTN 2021 semakin besar, berusahalah mendapatkan skor UTBK tinggi.

3. Jalur SNMPN

https://snmpn.politeknik.or.id/

Berbeda dengan kedua jalur di atas yang diperuntukkan untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri, jalur SNMPN atau Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri bertujuan untuk menyeleksi calon mahasiswa mahasiswi yang akan masuk ke Politeknik. Jalur SNMPN adalah seleksi Jalur Undangan untuk calon mahasiswa Perguruan Tinggi bidang vokasi. Tidak hanya itu, pendaftar dari SLTA yang akan memilih Politeknik dan Politani Negeri pun bisa menempuh jalur SNMPN. Jadwal pendaftaran SNMPN tahun 2021 adalah sebagai berikut.

• Pendaftaran SNMPN: 11 Januari 2021 – 19 Maret 2021
• Pengisian data (oleh sekolah) dan permohonan akun atau undangan: 11 Januari 2021 – 12 Maret 2021.
• Verifikasi berkas (perhatikan ketentuan pengiriman berkas yang ditetapkan masing-masing politeknik pertama pilihan pendaftar): 18 Januari – 26 Maret 2021
• Pengumuman kelulusan SNMPN: 6 April 2021
• Pendaftaran ulang SNMPN: ditetapkan masing-masing politeknik yang bersangkutan

Penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPN hanya diperuntukkan bagi siswa yang lulus tahun 2021 saja. Sebagai informasi tambahan, tidak ada biaya yang dikenakan untuk proses pendaftaran jalur ini. Terdapat lebih dari 40 politeknik yang bisa kamu pilih ketika mendapatkan kesempatan masuk melalui SNMPN.

4. Jalur SPAN – PTKIN

https://span-ptkin.ac.id/

Pendaftaran untuk masuk kampus Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) melalui Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN – PTKIN) terbuka lebar untuk kamu yang ingin masuk UIN/IAIN/STAIN di Indonesia. Adapun jadwal pelaksanaan jalur SPAN – PTKIN tahun 2021 adalah sebagai berikut:

• Tahap Pengisian PDSS : 19 Januari – 17 Februari 2021
• Tahap Verifikasi PDSS : 19 Januari – 17 Februari 2021
• Pendaftaran siswa : 19 Februari – 15 Maret 2021
• Proses Seleksi SPAN – PTKIN I : 19 Maret – 23 Maret 2021
• Proses Seleksi SPAN – PTKIN II : 25 Maret – 29 Maret 2021
• Pengumuman Hasil Seleksi SPAN – PTKIN: 5 April 2021

Jika kamu dinyatakan diterima melalui jalur SPAN – PTKIN, proses selanjutnya yang perlu ditempuh adalah verifikasi dan atau pendaftaran ulang. Proses tersebut dilakukan di PTKIN tujuan masing-masing berdasarkan ketetapan PTKIN.

Persiapan Pendaftaran Kuliah Tahun 2021

Setelah membaca informasi di atas, pastinya kamu perlu mempersiapkan diri agar peluang diterima di kampus tujuan semakin besar. Sebab, persaingan masuk Perguruan Tinggi semakin ketat, ditambah dengan mekanisme penerimaan mahasiswa baru yang berbeda-beda di tiap kampus turut berpengaruh pada persaingan. Lalu, apa saja persiapan pendaftaran kuliah yang perlu dilakukan calon mahasiswa baru?

Terdapat berkas-berkas yang harus dikumpulkan sebagai syarat administrasi. Jika ada berkas yang belum lengkap atau kurang, pendaftar tidak bisa meneruskan ke tahap selanjutnya. Namun ada pula yang memberikan toleransi atau batas waktu untuk melengkapi kekurangan dokumen. Adapun dokumen yang biasanya dibutuhkan untuk penerimaan mahasiswa baru adalah nilai rapor, ijazah, foto, dan surat pernyataan. Jangan lupa pula untuk membuat akun pendaftaran untuk menunjang kelancaran

Demikian informasi 4 jalur pendaftaran kuliah yang buka Januari – April 2021 yang dapat kamu tempuh. Masih ada jalur lain yang akan dibuka setelah bulan April, seperti SBMPN, UM – PTKIN, dan jalur mandiri. Apakah kamu sudah menentukan jalur yang akan dipilih untuk mendaftar? Pahami persyaratan berkas dan syarat administrasi yang ditetapkan masing-masing jalur. Catat pula batas waktu setiap tahapan jalur pendaftaran kuliah agar kamu tidak tertinggal informasinya. Tidak perlu khawatir dengan tempat tinggal dekat kampus pilihanmu karena ada aplikasi pencari kost Mamikos yang dapat diunduh gratis via ponsel kesayanganmu.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta