Jangan Salah! Berikut Ketentuan Pakaian Pelaksanaan Tes UTBK SBMPTN

Jangan Salah! Berikut Ketentuan Pakaian Pelaksanaan Tes UTBK SBMPTN – Dengan waktu pelaksanaan tes UTBK yang semakin dekat, kamu juga harus mempersiapkan diri agar semakin matang. Selain mempersiapkan diri dengan berlatih soal, kamu juga harus rajin meng-update informasi seputar UTBK agar kamu tahu jika sewaktu-waktu ada perubahan. Kamu juga harus mengetahui informasi tentang aturan yang harus kamu patuhi saat pelaksanaan tes UTBK, termasuk ketentuan pakaian pelaksanaan tes UTBK mendatang. Lantas, bagaimana ketentuan pakaian pelaksanaan tes UTBK yang harus kamu patuhi?

Informasi Terbaru Ketentuan Pakaian Pelaksanaan Tes UTBK SBMPTN

unsplash.com

Selama ini, kamu mungkin hanya tahu bahwa kamu harus berpakaian rapi dan sopan jika akan mengikuti tes UTBK. Tetapi, tidak ada ukuran pasti bagaimana kerapian dan kesopanan pakaian sehingga ukuran rapi dan sopan tiap orang akan berbeda-beda. Maka dari itu, LTMPT mengeluarkan tata tertib yang juga berisi ketentuan pakaian pelaksanaan tes UTBK untuk kamu yang bingung tentang bagaimana pakaian yang rapi dan sopan. Simak di bawah ini untuk informasi ketentuan pakaian pelaksanaan tes UTBK.

Peraturan Tata Tertib Tes UTBK SBMPTN

Pada saat pelaksanaan tes UTBK, kamu harus mematuhi seluruh prosedur dan aturan yang berlaku. Selain untuk menghindari terjadinya kecurangan, kepatuhan terhadap tata tertib tes UTBK juga berguna untuk kelancaran pengerjaan tes UTBK. Dalam tata tertib UTBK, juga disebutkan tentang ketentuan pakaian pelaksanaan tes UTBK. Untuk lebih jelas lagi, kamu bisa simak daftar lengkap tata tertib pelaksanaan tes UTBK di bawah ini.

  1. SKL (Surat Keterangan Lulus) atau Surat Keterangan Mengkuti UTBK yang ditandatangai oleh Kepala Sekolah dan terdapat stempel cap sekolah di foto siswa dengan latar belakang pas foto merah atau biru serta KTP atau Kartu Pelajar.
  2. Dilarang memakai kaos oblong dan harus baju berkerah. Diperbolehkan menggunakan lengan pendek atau panjang.
  3. Dilarang membawa kalkulator atau HP, jam tangan, dan alat hitung lainnya. Semua akan disita sementara selama proses UTBK berlangsung.
  4. Peserta UTBK sudah melakukan survei lokasi tes UTBK sehari sebelum hari-H tes UTBK.
  5. Membawa kartu peserta SBMPTN yang tidak dilaminating. Taruh kartu di atas meja saat tes berlangsung.
  6. Peserta tes UTBK harus sudah di lokasi untuk absen tanda tangan kehadiran sesuai daftar nama peserta mengikuti UTBK.
  7. Tas, HP, dan buku catatan dikumpulkan ke pengawas yang berjaga di ruangan setiap masuk ke ruangan UTBK.
  8. Segala peralatan termasuk bolpoin dan kertas kosong untuk menghitung sudah disediakan oleh panitia UTBK. Peserta hanya diperbolehkan membawa kartu peserta SBMPTN.
  9. Peserta yang terlambat masuk ruangan tidak diizinkan mengikuti UTBK dan dinyatakan GUGUR.
  10. Login untuk memulai tes UTBK menggunakan nomor peserta yang tertera di kartu peserta UTBK.

Pakaian yang Sesuai Dengan Ketentuan Pakaian Pelaksanaan Tes UTBK

Seperti tata tertib di atas, kamu tidak diperbolehkan menggunakan kaos oblong. Selain itu, peserta diharuskan menggunakan baju yang berkerah dengan lengan panjang maupun pendek. Lalu, pakaian seperti apa saja yang bisa kamu pakai saat pelaksanaan tes UTBK tanpa melanggar tata tertib? Berikut adalah contoh pakaian yang bisa kamu kenakan sesuai dengan ketentuan pakaian pelaksanaan tes UTBK.

1. Kemeja Lengan Panjang

unsplash.com

Baju berkerah yang mungkin pertama kali terlintas saat membaca ketentuan pakaian pelaksanaan tes UTBK adalah kemeja lengan panjang. Kamu bisa menggunakan kemeja polos, bergaris, maupun kotak-kotak. Tidak ada ketentuan warna kemeja yang harus kamu pakai. Asalkan rapi dan sopan, maka kamu sudah diperbolehkan mengikuti tes UTBK.

2. Kemeja Lengan Pendek

unsplash.com

Kalau kamu mudah merasa kepanasan dengan baju berlengan panjang, kamu juga diperbolehkan menggunakan kemeja berlengan pendek. Kamu tidak dianggap melanggar aturan selama kemeja tersebut memiliki kerah, rapi, dan sopan. Selain itu, tidak ada juga ketentuan warna untuk kemeja lengan pendek yang akan kamu gunakan saat tes UTBK nanti.

3. Kaos Polo

unsplash.com

Kamu ingin menggunakan pakaian yang santai tapi tetap formal saat pelaksanaan tes UTBK? Sesuai dengan ketentuan pakaian pelaksanaan tes UTBK, kamu harus memakai pakaian berkerah. Kalau kamu tidak ingin menggunakan kemeja, kamu bisa menggunakan kaos polo yang biasanya sudah memiliki kerah.

4. Celana atau Rok Kain

unsplash.com

Pada ketentuan pakaian pelaksanaan tes UTBK yang telah disebutkan di atas, tidak ada ketentuan yang menjelaskan tentang celana atau rok apa yang harus kamu gunakan. Tetapi, untuk tampilan yang formal sesuai kegiatan UTBK, kamu bisa menggunakan celana atau rok kain untuk perempuan. Bagi laki-laki, usahakan menggunakan celana panjang, ya!

5. Celana atau Rok Jeans

unsplash.com

Hingga saat ini, belum ada ketentuan pakaian pelaksanaan tes UTBK yang melarang menggunakan celana atau rok jeans. Namun, berkaca dari ketentuan tahun lalu, peserta diperbolehkan menggunakan bawahan dari bahan jeans. Celana atau rok jeans yang digunakan oleh peserta tidak boleh sobek-sobek dan harus tetap menjaga kerapian dan kesopanan.

6. Sepatu

unsplash.com

Selain penggunaan celana dan rok jeans, ketentuan pakaian pelaksanaan tes UTBK belum menjelaskan tentang ketentuan penggunaan alas kaki. Tetapi, dalam ketentuan pakaian pelaksanaan tes UTBK, peserta diharuskan memakai alas kaki yang tertutup seperti sepatu. Peserta tidak diperbolehkan menggunakan sandal atau alas kaki yang tidak menutupi kaki. Saat melaksanakan tes UTBK, kamu bisa mengacu pada peraturan tersebut yaitu menggunakan alas kaki berupa sepatu.

Prosedur Pendaftaran UTBK SBMPTN

Setelah kamu memahami bagaimana ketentuan pakaian pelaksanaan tes UTBK , kini saatnya kamu mengetahui informasi tentang prosedur pendaftarannya. Untuk bisa mengikuti tes UTBK SBMPTN, kamu diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu. Berikut rangkuman prosedur pendaftaran UTBK SBMPTN dari Mamikos.

  1. Login ke portal LTMPT.
  2. Melengkapi biodata. Biodata ada 2, ada biodata yang sudah diisikan saat registrasi akun (yang tidak bisa diubah lagi), dan biodata yang diisikan saat mendaftar UTBK.
  3. Memilih Pusat UTBK. Peserta tidak bisa memilih sesi.
  4. Lalu melanjutkan dengan membayar bagi peserta yang harus membayar. Pemegang KIP Kuliah bisa langsung melanjutkan ke tahap selanjutnya.
  5. Memilih program studi. Tidak boleh lintas poltek dan non poltek.
  6. Kalau memilih prodi seni dan olahraga berarti harus mengunggah portofolio.
  7. Konfirmasi dan simpan permanen. Cek ulang, kamu bisa kembali mulai dari pemilihan program studi.

Demikian informasi yang bisa Mamikos berikan terkait ketentuan pakaian pelaksanaan tes UTBK SBMPTN. Kalau kamu sudah mendaftar dan mendapatkan jadwal tes, kamu bisa menyiapkan pakaian terbaikmu untuk menghadapi tes UTBK sesuai dengan ketentuan pakaian pelaksanaan tes UTBK. Pakaian yang nyaman kamu pakai sedikit banyak akan menambah rasa percaya dirimu dan akan membuat pengerjaan tes UTBK menjadi lebih lancar. Untuk kamu yang sedang bingung mencari tempat tinggal di dekat kampus idaman, kamu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta