10 Jurusan Kuliah Anak IPS Dengan Gaji Tinggi

Posted in: Jurusan Universitas

10 Jurusan Kuliah Anak IPS Dengan Gaji Tinggi – Saat masih di SMA, kamu diharuskan untuk memilih jurusan, baik itu IPA atau IPS. Hal tersebut nantinya akan mempermudah kamu untuk menentukan jurusan yang hendak kamu pilih di perguruan tinggi. Selain menyesuaikan dengan minat, kamu mungkin juga memberi pertimbangan lebih pada cita-cita atau prospek kerja dari jurusan yang kamu pilih tersebut. Mamikos telah merangkum 10 jurusan kuliah anak IPS dengan gaji tinggi yang mungkin bisa kamu pertimbangkan sebagai jurusan kuliah kamu setelah lulus dari sekolah nanti.

Informasi Terbaru Daftar Jurusan Kuliah Anak IPS Dengan Gaji Tinggi

unsplash.com

Tak bisa dipungkiri bahwa sering kali prospek kerja menjadi pertimbangan yang cukup berpengaruh bagi siswa SMA untuk memilih jurusan kuliah. Kamu mungkin ingin menyesuaikan pilihan jurusan dengan minat kamu, tetapi kamu juga dibuat bingung dengan fakta apakah prospek kerja jurusan pilihanmu cukup baik atau tidak. Kalau kamu sampai salah pilih jurusan, tidak hanya kamu akan kurang merasa nyaman saat belajar tetapi masa depanmu juga mungkin saja akan terdampak. Nah, berikut ini adalah beberapa pilihan jurusan kuliah anak IPS yang bisa kamu pilih yang memiliki gaji tinggi sebagai salah satu pertimbangan.

Daftar Lengkap Jurusan Kuliah Anak IPS Dengan Gaji Tinggi

Sebelum kamu memutuskan untuk memilih jurusan apa di perkuliahan nanti, ada baiknya kamu memberi pertimbangan terlebih dahulu untuk beberapa hal seperti minat, kemampuan, kampus, serta prospek kerjanya. Di antara beragam pilihan jurusan kuliah anak IPS yang tersedia di perguruan tinggi, ada beberapa jurusan yang dikenal memiliki prospek kerja yang bagus dengan gaji tinggi. Jurusan-jurusan berikut ini mungkin bisa kamu pertimbangkan sebagai pilihan jurusan saat kamu memasuki jenjang kuliah nantinya. Simak daftar lengkap 10 jurusan kuliah anak IPS dengan gaji tinggi dari Mamikos berikut ini.

1. Jurusan Hubungan Internasional

unsplash.com

Jurusan kuliah anak IPS bergaji tinggi yang pertama adalah jurusan Hubungan Internasional. Kalau kamu kuliah di jurusan ini, nanti kamu akan mempelajari berbagai hal yang berkaitan erat dengan upaya suatu negara dalam menghadapi tantangan internasional, misalnya ketidakseimbangan perdagangan dunia, isu keamanan, masalah kelingkungan global, serta masalah kemiskinan melalui kerjasama antar negara. Bukan tidak mungkin kamu akan merasakan beragam praktikum dan simulasi pertemuan tingkat nasional seperti sidang PBB. Sehingga, kemampuan bahasa asing dan berpikir kritis akan sangat dibutuhkan dan diasah dengan baik di jurusan ini.

Cakupan ilmu yang akan kamu pelajari di jurusan ini juga sangat beragam, mulai dari globalisasi, organisasi internasional, sistem politik internasional, keuangan global, gerakan sosial global, hukum internasional, hak asasi manusia, hingga konflik etnik. Jenis pekerjaan yang bisa kamu pilih setelah lulus dari jurusan kuliah anak IPS yang satu ini juga sangat beragam dan tentunya bergaji lumayan tinggi meskipun masih berada di entry level. Umumnya, lulusan Hubungan Internasional bekerja menjadi seorang Diplomat dan menempatkan diri di Kementerian Luar Negeri RI. Selain itu, masih ada banyak pilihan karir yang bisa kamu coba seperti Politisi, Eksportir, Konsultan Pendidikan, Bagian Tata Usaha Perdagangan Luar Negeri, dan beragam pilihan karir lainnya.

2. Jurusan Ilmu Hukum

unsplash.com

Berikutnya adalah jurusan Ilmu Hukum yang juga masuk ke dalam jajaran jurusan kuliah anak IPS bergaji tinggi. Sesuai dengan nama jurusannya, kamu akan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan sistem hukum dan kehidupan masyarakat hingga kegiatan bisnis yang meliputinya. Kamu juga akan mempelajari seputar perundang-undangan, termasuk hukum dasar (konstitusi, hukum perdata, hukum dagang, hukum tata negara, hukum pidana, hukum tata pidana) dan hukum internasional yang cakupannya cukup luas. Jadi, mau tidak mau kamu harus bisa mengasah kemampuan menghafal kamu karena ada banyak sekali aturan dan hukum yang harus kamu ketahui.

Pilihan karir dari jurusan Ilmu Hukum memang sangat beragam, tetapi beberapa di antaranya mengharuskan kamu untuk melanjutkan studi ke jenjang S2 maupun profesi. Seperti misalnya menjadi seorang pengacara, maka kamu harus melanjutkan studi ke jenjang Pendidikan Khusus Profesi Advokat. Usaha yang harus kamu kerahkan memang tidaklah mudah, tetapi kamu juga akan mendapat bayaran yang tidak sedikit di mana biasanya gaji lulusan Ilmu Hukum berkisar mulai Rp4.000.000. Jadi, jangan heran jika jurusan ini masuk menjadi salah satu jurusan kuliah anak IPS yang memiliki gaji tinggi.

3. Jurusan Ilmu Komunikasi

unsplash.com

Jurusan Ilmu Komunikasi juga masuk menjadi salah satu jurusan kuliah anak IPS yang bergaji tinggi. Perlu kamu ketahui bahwa komunikasi tidak bisa dilepaskan dari hampir seluruh aspek kehidupan manusia dan itu membuat lulusan Ilmu Komunikasi banyak dicari untuk urusan pekerjaan. Tidak hanya sebatas komunikasi antar manusia, kamu juga akan mempelajari seluruh tingkatan komunikasi di jurusan ini. Beberapa di antaranya seperti komunikasi individu, media, periklanan atau publisitas, komunikasi interkultural, komunikasi media sosial, hingga hal yang berkaitan dengan seni.

Karena banyak dicari, peluang karir jurusan anak IPS yang satu ini juga bisa dibilang amat sangat banyak ragamnya. Pekerjaan yang paling umum mungkin adalah menjadi seorang public relation, tetapi kamu juga bisa memilih untuk terjun ke bidang periklanan, pemasaran, hingga penyiaran. Tak tanggung-tanggung, kamu bisa mendaftar untuk menjadi pegawai di instansi pemerintah maupun swasta dan tentunya dengan gaji yang cukup kompetitif, lho! Beberapa pilihan pekerjaan yang bisa kamu pilih di antaranya video editor, penyiar, account executive, jurnalis, content writer, hingga seorang telemarketer.

4. Jurusan Ilmu Politik

unsplash.com

Nah, jurusan kuliah anak IPS yang satu ini sangat cocok dipilih jika kamu suka atau concern dengan berbagai hal yang berbau politik. Secara garis besar, bidang ilmu dari jurusan Ilmu Politik akan banyak mengkaji tentang gejala hingga fenomena sosial politik agar kamu mampu menerapkan teori ilmu politik yang kamu dapatkan sebagai solusi permasalahan sosial politik yang ada. Tidak hanya di Indonesia saja, kamu juga akan mempelajari politik secara luas, termasuk di dalamnya adalah politik luar negeri. Kemampuan kamu dalam problem solving, negosiasi, analisis, observasi, hingga komunikasi akan diasah dengan sangat baik jika kamu memilih jurusan ini.

Beragam ilmu yang akan kamu pelajari di jurusan ini di antaranya adalah demokrasi, ideologi politik, partisipasi politik, pemilihan umum, komunikasi politik dan opini publik, hingga budaya dan sosialisasi politik. Mungkin pikiran pertama kamu soal karir lulusan Ilmu Politik adalah menjadi politisi, anggota partai politik, hingga menjadi seorang anggota legislatif. Tetapi, jurusan kuliah anak IPS yang satu ini tentunya menawarkan banyak pilihan karir dengan gaji yang cukup menjanjikan, yaitu mulai dari angka Rp4.000.000. Selain pilihan pekerjaan di atas, kamu mungkin bisa memilih untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), Diplomat, Kritikus Politik, bekerja di LSM, atau menjadi seorang Jurnalis khusus bidang politik.

5. Jurusan Ekonomi Pembangunan

unsplash.com

Jurusan Ekonomi Pembangunan menjadi pilihan jurusan kuliah anak IPS bergaji tinggi yang berikutnya. Ilmu yang akan kamu pelajari jika memilih jurusan ini berpusat pada persoalan pembangunan dari sektor bisnis, keuangan, maupun perbankan. Kamu juga akan berkutat pada analisis berbagai permasalahan dan isu perekonomian serta solusinya secara kritis, kreatif, dan inovatif. Selama berkuliah di jurusan ini, kamu akan dipersiapkan untuk bisa terjun ke dalam bidang perencanaan pembangunan ekonomi, termasuk di dalamnya untuk berperan dalam pembangunan negara dan kesejahteraan bersama.

Setiap jenis usaha atau bisnis di Indonesia maupun di belahan dunia manapun tentu membutuhkan pendekatan strategis yang bisa didapatkan dari orang yang paham akan isu ekonomi pembangunan. Nah, peran dari lulusan jurusan kuliah anak IPS yang satu ini menjadi penting mengingat bahwa ahli ekonomi pembangunan pasti memiliki sudut pandang yang menjadi acuan untuk pelaku usaha memanfaatkan peluang dari pergerakan ekonomi yang ada. Jadi, bukan tidak mungkin bahwa setelah lulus kuliah kamu akan sangat dicari dan bisa jadi kamu diberi gaji yang tidak sedikit. Selain itu, beberapa pilihan karir lain yang bisa kamu coba adalah trend analyst, research and development, hingga menjadi peneliti.

6. Jurusan Kriminologi

unsplash.com

Berbeda dari Ilmu Hukum, jurusan kuliah anak IPS yang bernama jurusan Kriminologi biasanya berkutat pada ilmu yang membahas tentang aspek kejahatan. Bisa dibilang bahwa jurusan ini akan mengajarkan beragam ilmu yang sangat lengkap untuk mahasiswanya. Kamu akan mempelajari soal faktor yang menjadi pendorong timbulnya kejahatan dan faktor lain yang melingkupinya. Jadi, jangan heran jika seandainya nanti kamu akan banyak belajar soal ilmu lain seperti sosiologi, psikologi, psikiatri, ekonomi, sejarah, biologi, antropologi, politik, hukum, hingga tentang jurnalistik.

Biasanya, lulusan dari jurusan Kriminologi banyak dibutuhkan di Kepolisian, Kejaksaan, dan Pengadilan. Tapi, kamu juga memiliki beragam pilihan karir di berbagai lembaga seperti Badan Intelijen Negara (BIN), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kementerian Hukum dan HAM, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), hingga Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan). Di instansi-instansi tersebut, kamu bisa memilih bidang yang sesuai dengan minat dan kemampuan kamu, seperti misalnya kriminolog, analis data, intelijen, peneliti, atau konsultan. Tak hanya itu, pekerjaan yang sudah Mamikos jelaskan di atas tentunya bergaji tinggi, yaitu mulai dari Rp4.000.000.

7. Jurusan Manajemen

unsplash.com

Selanjutnya adalah jurusan Manajemen yang juga masuk ke dalam daftar jurusan kuliah anak IPS dengan gaji tinggi. Bidang ilmu yang satu ini biasanya mempelajari tentang kegiatan perusahaan atau korporasi dan masih ada kaitannya dengan ilmu ekonomi dan bisnis. Setelah lulus nanti, kamu akan bertugas untuk mengendalikan roda sebuah perusahaan, mulai dari kebijakan manajemen perusahaan organisasi, strategi bisnis, ketenagakerjaan, kepegawaian, manajemen produksi, hingga urusan pemasaran. Jurusan ini akan sangat mengasah kemampuan kamu dalam mengatur dan mengelola sumber daya manusia dan keuangan, kemampuan manajerial, hingga sikap kepemimpinan kamu.

Pilihan pekerjaan dan jenjang karir untuk lulusan jurusan kuliah anak IPS yang satu ini bisa dibilang sangat luas cakupannya. Gajinya juga tidak sedikit, yaitu mulai dari Rp4.000.000 untuk level seorang staf bidang tertentu di suatu perusahaan. Kamu juga memiliki beragam pilihan karir yang lain untuk kamu coba setelah lulus dari jurusan Manajemen, seperti misalnya pegawai bank, bagian operasional dan logistik, manajer produk, pegawai asuransi, hingga seorang market researcher. Semua bisa kamu pilih sesuai dengan minat, kemampuan, serta pengalaman yang kamu dapatkan selama kamu masih kuliah.

8. Jurusan Akuntansi

unsplash.com

Jurusan kuliah anak IPS bergaji tinggi selanjutnya adalah salah satu jurusan yang mungkin tidak asing lagi bagi kamu, yaitu jurusan Akuntansi. Bidang ilmu ini umumnya akan mempelajari tentang metode pencatatan dan penyusunan laporan keuangan, baik itu untuk perusahaan swasta maupun instansi pemerintah. Nah, laporan tersebut nantinya akan sangat berguna untuk membantu para pemangku kepentingan dalam proses pengambilan keputusan. Jadi, kamu akan dibekali dengan kemampuan mengelola keuangan, evaluasi anggaran, penyajian laporan keuangan, analisis, dan ketelitian menghitung.

Tidak ada bidang pekerjaan di dunia ini yang tidak membutuhkan seorang staf di bidang Akuntansi, sehingga bisa dibilang bahwa peluang karir kamu akan cukup bagus di sektor manapun. Rata-rata gaji awal seorang lulusan jurusan kuliah anak IPS yang satu ini berkisar di angka Rp4.000.000. Selain itu, kamu juga bisa bekerja di sektor lain selain industri keuangan, seperti misalnya HRD, dosen, atau bahkan bekerja di instansi pemerintahan seperti yang sudah Mamikos sebutkan di atas. Jadi, apakah kamu tertarik mendaftar ke jurusan Akuntansi?

9. Jurusan Pariwisata

unsplash.com

Jurusan kuliah anak IPS bergaji tinggi berikutnya adalah jurusan Pariwisata. Jurusan ini bisa dikatakan memiliki prospek karir yang bagus dan materi perkuliahan yang menarik, mengingat bahwa belakangan ini industri pariwisata di Indonesia sedang mengalami kemajuan pesat. Tidak hanya seputar rekreasi, kamu juga akan banyak mempelajari tentang manajemen dan strategi pariwisata yang baik serta berbagai ilmu lain yang melingkupinya seperti sejarah, budaya, ekonomi, hingga geografi. Materi lain yang juga akan menjadi pembahasan di jurusan ini di antaranya seperti sumber daya pariwisata, pembangunan kawasan pariwisata, juga manajemen perhotelan.

Kalau kamu hendak berkuliah di salah satu jurusan kuliah anak IPS ini, kamu mungkin akan memiliki prospek kerja yang baik di industri pariwisata. Kamu bisa menjajaki industri perhotelan, kuliner, tour and travel, hingga manajemen event. Kalau kamu ingin membuka lapangan kerja baru, maka kamu bisa membuka bisnis kamu sendiri dan bukan tidak mungkin kamu akan mendapat penghasilan yang tidak sedikit. Beberapa pilihan karir bagi para lulusan Pariwisata di antaranya adalah pramugari dan pramugara, staf maskapai penerbangan, pemandu wisata, hingga event planner atau event organizer.

10. Jurusan Aktuaria

unsplash.com

Jurusan kuliah anak IPS bergaji tinggi yang terakhir dan bisa kamu coba adalah jurusan Aktuaria. Meskipun masih jarang didengar, jurusan yang satu ini ternyata menawarkan berbagai ilmu yang menarik soal pengelolaan risiko keuangan di masa yang akan datang. Kamu akan mempelajari soal kombinasi ilmu probabilitas, matematika, statistik, keuangan, bahkan ilmu tentang pemrograman. Untuk bisa menjadi seorang aktuaris, kamu tentunya harus terlebih dahulu mengikuti ujian profesi aktuaris oleh Persatuan Aktuaris Indonesia.

Melalui data dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK, diketahui bahwa jumlah aktuaris di Indonesia baru mencapai 50 persen dari jumlah yang diharapkan. Jadi, bisa dikatakan bahwa kamu akan memiliki peluang kerja yang sangat baik jika memilih jurusan ini sebagai jurusan saat kamu kuliah nantinya. Nah, gaji lulusan jurusan kuliah anak IPS yang satu ini juga bisa dibilang tidak sedikit, berkisar mulai angka 4 hingga 7 juta rupiah per bulannya. Kalau kamu adalah seorang actuarial analyst yang menjadi associate dan memenuhi ujian ASAI (Associate Societies Actuary Indonesia), maka gaji kamu akan bertambah menjadi 10 hingga 25 juta rupiah per bulannya.

Demikian informasi yang bisa Mamikos sampaikan soal beberapa jurusan kuliah anak IPS dengan gaji yang tinggi. Jumlah gaji sebenarnya dikembalikan lagi kepada diri kamu sendiri, mulai dari kemauan kamu untuk berkembang hingga pilihan pekerjaan yang kamu jalani. Jika kamu mau berusaha dengan keras, bukan tidak mungkin kamu akan mendapat gaji yang tinggi juga. Semoga bermanfaat! Untuk kamu yang sedang bingung mencari tempat tinggal di dekat sekolah atau kampus idaman, kamu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.