Kalender Jawa 2022 dari Januari sampai Desember Lengkap, Pasaran, Wuku

Kalender Jawa 2022 dari Januari sampai Desember Lengkap, Pasaran, Wuku — Hingga kini, penanggalan Jawa atau kalender Jawa masih dipakai oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Perhitungannya pun tidak sembarangan sebab sistem perhitungan bulan yang ada dalam almanak Jawa sudah berdasarkan sistem sejak kerajaan Mataram masih berjaya.

Di artikel kali ini Mamikos akan memberikan kamu informasi menarik mengenai kalender Jawa 2022 dari Januari hingga Desember.

Mengetahui Kalender Jawa 2022, Lengkap dengan Pasarannya!

https://blogs.bl.uk/

Seperti yang sudah Mamikos sampaikan di atas bahwa pada kesempatan ini Mamikos akan menginformasikan dengan lengkap tentang kalender Jawa 2022 dari Januari hingga Desember secara lengkap, berikut dengan pasaran serta wuku dalam penanggalan tersebut.

Seperti apa penanggalannya dan apa keunikan yang terdapat di dalamnya? Semua info mengenai kalender Jawa tersebut telah Mamikos rangkum di sini.

Pengertian Kalender Jawa

Perlu diketahui bahwa sistem kalender Jawa atau almanak Jawa menggunakan penanggalan yang digunakan sejak masa kerajaan Mataram dan kerajaan-kerajaan kecil di sekitarnya.

Dalam kalender Jawa tersebut kamu akan mengenal pasaran jawa, weton hingga wuku hari.

Penanggalan ini amat penting dan lazimnya digunakan untuk mencari hari baik apabila hendak melakukan sebuah kegiatan.

Wuku sendiri merupakan bagian dari suatu siklus yang ada dalam penanggalan Jawa yang tujuannya adalah untuk menentukan hari keberuntungan atau hari baik serta hari sial nahas dan yang berkaitan erat dengan weton.

Kalender Jawa masih dipakai hingga kini oleh masyarakat Jawa sebagai panduan untuk berbagai keperluan mereka.

Selain untuk menentukan hari baik dan sebaliknya, tanggalan Jawa rupanya juga bisa dijadikan panduan untuk mengetahui watak seseorang lho.

Berikut ini adalah nama-nama bulan Jawa Islam yang mungkin sudah pernah kamu dengar.

Di antaranya adalah: Sura, Sapar, Mulud, Bakda Mulud, Jumadilawal, Jumadilakhir, Rajab, Ruwah, Poso, Sawal, Sela, dan Zulhijah.

Mengenal Sistem Kalender Masehi, Hijriyah, dan Jawa

Sistem penanggalan di Indonesia ini bukan hanya kalender Jawa saja. Tapi ada juga sistem tanggalan lain yang selama ini sudah kita gunakan yang disebut tanggalan Masehi.

Tapi bukan hanya penanggalan Masehi saja lho. Sebab masih ada juga yang memakai penanggalan Hijriyah.

Beberapa tipe penanggalan yang ada di Indonesia ini tak terlepas dari historis, adat istiadat, hingga keanekaragaman suku serta agama yang ada di Indonesia.

Pada kalender Masehi misalnya. Di sana fokus menandai hari-hari nasional yang pastinya sudah kamu kenal dan lazimnya ada di setiap rumah.

Di dalam kalender Masehi tersebut kamu akan mengetahui hari libur nasional dan keagamaan, tahun baru masehi, Imlek, Idulfitri, Iduladha, Nyepi, peringatan hari kemerdekaan Indonesia, dan lainnya.

Sementara pada penanggalan atau kalender Jawa hanya akan terdiri dari nama-nama bulan saja, seperti yang sudah Mamikos sebutkan sebelumnya.

Akan tetapi, dalam sistem penanggalan Jawa ini memiliki hari pasaran yang perlu kamu kenal, yakni diantaranya adalah legi, pahing, pon, wage, dan kliwon.

Lalu pada penanggalan Islam atau kalender Islam kita mengenalnya dengan Hijriyah yang meliputi nama-nama bulan di antaranya adalah Muharram, Safar, Rabiul Awal, Rabiul Akhir, Jumadilawal, Jumadilakhir, Rajab, Syakban, Ramadan, Syawal, Zulkaidah, dan Zulhijjah.

Kemudian ada yang namanya penanggalan wuku hari yang umumnya digunakan oleh pemeluk agama Hindu dan kejawen.

Nama-nama wuku yang berjumlah tiga puluh tersebut masing-masing berdasarkan pada suatu kisah mengenai kerajaan yang rajanya bernama Prabu Watugunung.

Sang raja memiliki seorang ratu bernama Sinta dan telah dikaruniai 27 putra. Semua nama putranya menjadi nama pada wuku.

Nama-nama putra yang menjadi wuku tersebut diantaranya adalah Medangkungan, Maktal, Wuje, Manahil, Prangbakat, Bolo, Wungu, Wayang, Kulawu, Dukut, Watugunung, Sinto, Landep, Wukir, Kurantil, Tolu, Gumbreng, Warigalit, Wariagung, Julungwangi, Sungsang, Galungan, Kuningan, Mangkir, Mondosio, Julungpujut, Pahang, Kuruwelut, Marekeh, dan Tambir.

Almanak Jawa 2022 dari Januari Hingga Desember, Komplet!

Akhirnya sampailah juga kita pada informasi utama mengenai penanggalan Jawa 2022 yang pastinya sudah kamu nantikan sejak tadi.

Nah, berikut ini Mamikos sudah rangkum dengan saksama informasi mengenai penanggalan Jawa tersebut mulai bulan Januari sampai Desember yang dapat kamu simak di sini.

1. Bulan Januari 2022 dalam Almanak Jawa

Bagi pembaca Mamikos yang sedang memiliki banyak rencana atau agenda pada bulan Januari 2022, dapat menggunakan almanak yang tertera di sini sebagai penanda waktu atau momen penting pada bulan Januari 2022.

Misalkan untuk perjalanan bisnis, pertemuan penting, dan lain sebagainya.

2. Bulan Februari 2022 dalam Almanak Jawa

Bulan kedua pada sistem penanggalan adalah Februari. Dalam kalender Jawa yang sudah Mamikos lampirkan tersebut kamu dapat mencatat berbagai agenda atau kegiatan penting

Misalnya saja kamu hendak bepergian ke suatu kota atau negara, atau agenda penting lainnya seperti lamaran, mengadakan pesta atau khitanan misalnya.

Maka kamu dapat menjadikan almanak ini penanda kegiatan penting kamu tersebut.

3. Bulan Maret 2022 dalam Almanak Jawa

Bulan ketiga dalam sistem penanggalan almanak Jawa adalah Maret. Jika kamu hendak melakukan pindah rumah atau kos di bulan Maret 2022 ini, kamu harus memastikan sudah terlebih dulu menentukan hari baik.

Jangan lupa untuk mencocokkan antara kalender Jawa dan kalender Masehinya juga supaya tidak salah menentukan hari.

Sesuai kepercayaan yang tertanam di masyarakat Jawa untuk menentukan hari baik misalnya pindah rumah kamu betul-betul harus memikirkannya.

Sebab hal tersebut akan berdampak pada rezeki hingga keselamatan para penghuni rumahnya lho.

4. Bulan April 2022 dalam Almanak Jawa

Bulan keempat pada sistem penanggalan Jawa adalah bulan April. Apabila kamu memiliki niat atau rencana untuk membeli sebuah mobil di bulan April, maka jangan lupa untuk mencatat tanggal dan hari nya.

Pastikan juga sudah sesuai dengan hari baik yang kamu hitung dengan weton lahir kamu juga.

Sebab menurut kepercayaan Jawa, supaya nantinya mobil yang hendak kamu beli di bulan April 2022 tersebut akan memberikan banyak berkah serta keselamatan tentunya.

Kemudian untuk bulan Ramadan atau bulan puasa di 2022 ini akan jatuh tepat pada bulan April.

Jadi, Mamikos sarankan untuk kamu mempersiapkan segala sesuatu dengan lebih baik saat hendak menyambut bulan puasa di tahun 2022 ini.

5. Bulan Mei 2022 dalam Almanak Jawa

Bulan kelima yakni Mei dalam penanggalan Jawa juga memprediksi peringatan hari raya Idulfitri tahun 2022 yang kemungkinan akan jatuh pada tanggal 3 sampai tanggal 5 di bulan Mei.

Jangan lupa untuk mempersiapkan segala sesuatunya saat hendak menyambut lebaran tahun 2022 ini. Seperti berbagi THR, mengirimkan parsel, hingga ucapan pada sanak saudara lainnya.

6. Bulan Juni 2022 dalam Almanak Jawa

Bulan keenam dalam sistem penanggalan adalah Juni. Apabila pada bulan ini tepatnya seusai lebaran Idulfitri kamu hendak membuat sebuah bisnis atau usaha, maka rencanakan betul dengan saksama.

Hitung weton lahir kamu juga sebelum menentukan hari. Jika sudah dihitung, apakah hasilnya cukup baik untuk kamu manfaatkan saat hendak membuka usaha atau justru sebaliknya?

7. Bulan Juli 2022 dalam Almanak Jawa

Bulan ketujuh dalam penanggalan almanak Jawa adalah Juli di mana pada bulan ini biasanya terdapat beberapa rencana yang makin matang. Jika kamu hendak memiliki keuntungan yang lebih, maka kamu juga bisa memulainya di bulan ini.

Selalu ingat bahwa memberikan sesuatu pada orang lain tidak harus selalu yang besar dan mewah.

Kamu bisa memberi apresiasi kecil untuk rekan kerja dan sahabatmu agar mereka semakin giat dan bersemangat. Tetap hitung tanggalan hari baiknya, ya.

8. Bulan Agustus 2022 dalam Almanak Jawa

Bulan kemerdekaan sangat identik dengan bulan ke-delapan dalam sistem tanggalan ini.

Sebab pada bulan Agustus tersebut dapat kamu manfaatkan untuk membuat perayaan kecil atau sedang dalam memeriahkan momen kemerdekaan RI.

Atau jika kamu hendak bepergian atau mengunjungi seseorang, selalu hitung hari dan weton lahir kamu sebelum melakukannya. Tentu saja tujuannya demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

9. Bulan September 2022 dalam Almanak Jawa

Bulan September merupakan bulan kesembilan dalam sistem penanggalan yang sudah kita kenal.

Apabila kamu memiliki rencana untuk mengadakan sebuah perayaan atau pesta, misalnya acara khitanan saudara, adik atau keponakan, maka kamu dapat melakukannya di bulan ini.

Jangan lupa untuk selalu menghitung hari baik juga. Supaya kamu selalu diberkahi dan diberikan keselamatan selama acara tersebut berlangsung.

10. Bulan Oktober 2022 dalam Almanak Jawa

Jika kamu hendak melakukan sesuatu yang spesial dan besar, maka melaksanakannya pada bulan kesepuluh pada sistem penanggalan juga menjadi sesuatu yang baik.

Contohnya saja jika kamu ingin melamar seseorang, maka kamu dapat melakukannya pada bulan Oktober 2022 tersebut.

Jangan lupa hitung weton untuk menentukan tanggal baiknya. Jadi, kamu bisa menandai mulai dari sekarang tanggal berapa kamu hendak melamar orang yang spesial kamu tersebut.

11. Bulan Nopember 2022 dalam Almanak Jawa

Kamu memiliki rencana liburan pada bulan kesebelas pada sistem penanggalan tahun ini? Kamu dapat mempersiapkannya sejak dini.

Jangan lupa untuk menandai di tanggal berapakah kamu hendak melaksanakan liburan atau aktivitas bersama keluarga tersebut.

12. Bulan Desember 2022 dalam Almanak Jawa

Di akhir tahun 2022 biasanya terjadi perenungan mendalam tentang apa saja yang terjadi sepanjang tahun tersebut.

Jika kamu hendak melakukan sesuatu yang istimewa bersama teman dan keluarga, kamu juga dapat melakukannya pada bulan kedua belas pada sistem tanggalan ini.

Dari informasi yang sudah Mamikos bagikan di atas apakah kamu jadi semakin mengenal bagaimana wujud serta pengertian dari kalender Jawa tersebut?

Ternyata bukan hal yang biasa saja sebab banyak hal yang terjadi masih mengikuti tradisi penanggalan Jawa tersebut. Seperti acara pernikahan dan acara perayaan besar lainnya.

Semoga informasi di atas dapat memberikan semacam pemahaman baru untuk kamu.

Jangan lupa untuk membagikan info menarik ini ke media sosial agar semakin banyak yang tahu info dan berita menarik di blog Mamikos.


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Murah

Kost Jakarta Murah

Kost Bandung Murah

Kost Denpasar Bali Murah

Kost Surabaya Murah

Kost Semarang Murah

Kost Malang Murah

Kost Solo Murah

Kost Bekasi Murah

Kost Medan Murah