Yuk, Kenali Seluk Beluk Pajak Kos!

Posted in: Mitra Kos
Tagged: Pajak Rumah Kos

Yuk, Kenali Seluk Beluk Pajak Kos! -Berkecimpung di dunia bisnis kos, tak hanya soal mendapatkan passive income, tapi juga mengelola sampai memenuhi kewajibannya sebagai jenis usaha, yakni membayar pajak. 

Pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan undang-undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Dalam Webinar Komunitas Mitra Mamikos yang diselenggarakan beberapa waktu lalu, Bernadus Pran Elven – Accounting & Tax Lead Mamikos, berbagi informasi terkait seluk beluk pajak kos.

Menurut Elven, ada 2 pajak terkait usaha rumah kos yaitu pajak daerah dan pajak pusat. Pajak daerah adalah kontribusi wajib kepada daerah yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan undang-undang dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan daerah bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Sedangkan pajak pusat adalah pajak yang dikelola oleh pemerintah pusat (Direktorat Jenderal Pajak) dan hasilnya dipergunakan untuk membiayai pengeluaran rutin negara dan pembangunan (APBN).

Contoh Perhitungan Pajak Pusat:

Pemilik Kos A memiliki rumah kos yang terdiri dari 9 kamar. Harga sewa kamar per bulan sebesar Rp 1.000.000. Kamar yang terisi pada 1 bulan tertentu sebanyak 8 Kamar.

Dari contoh di atas, dapat diinformasikan bahwa Pemilik Kos A memiliki kemungkinan untuk memenuhi kewajiban pajak pusat karena ada penghasilan yang diterima.

Jika Pemilik Kos A menggunakan tarif PPh Final PP 23 sebesar 0,5%, maka Pemilik Kos A wajib untuk membayar pajak sebesar
= (1.000.000 x 8) x 0,5%
= 8.000.000 x 0,5%
= 40.000

Selain pajak pusat, ada juga pajak daerah yang harus dibayar oleh pemilik kos. 

Nah, ingin tahu lebih detail seputar apa saja pajak kos yang harus dibayar pemilik kos dan bagaimana cara menghitungnya? Saksikan Webinar Komunitas Mitra Mamikos bersama Bernadus Pran Elven – Accounting & Tax Lead Mamikos lewat video berikut ini: 

Untuk membantu Mitra mengembangkan bisnis kos-kosan yang dimiliki, Mamikos rutin menyelenggarakan Webinar setiap minggunya dengan narasumber yang ahli dalam bidangnya. Jadi bagi Anda yang ingin mendapatkan tips & trik serta dukungan dari Mamikos agar pengelolaan kos Anda jadi lebih mudah, yuk, ikut bergabung menjadi Mitra Mamikos!


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah