Hindari 5 Kesalahan Kelola Bisnis Kos Ini yang Bisa Bikin Bangkrut!

Hindari 5 Kesalahan Kelola Bisnis Kos Ini yang Bisa Bikin Bangkrut! – Walaupun memiliki segudang keuntungan yang menggiurkan, bisnis kos juga memiliki risiko yang tidak boleh diabaikan.

Agar terhindar dari risiko atau kesalahan fatal saat menjalankan bisnis kos, Anda bisa mempelajari apa saja kesalahan tersebut agar dapat mengantisipasi untuk pencegahan maupun perbaikan.

Berikut ini adalah kesalahan yang paling umum terjadi namun berpotensi risiko yang terbesar, yaitu kebangkrutan apabila tidak ditangani dengan tepat.


1. Kualitas Kos Buruk

Apabila kualitas kos Anda buruk, terutama dari segi bangunan dan fasilitas yang tersedia maka bisa menjadi faktor utama mengapa kos Anda kurang diminati.

Oleh karena itu, tingkatkan dan jaga kualitas kos dengan merancang desain kos yang nyaman, bersih, dan menyenangkan untuk dihuni.

Pastikan bangunan kos tetap kokoh, sirkulasi udara tetap bersih, tidak ada kerusakan pada dinding, genteng, atau saluran yang mampet.

Anda pun bisa menyediakan fasilitas tambahan untuk penyewa, seperti AC, laundry, water heater atau yang lainnya agar lebih berbeda dari kos yang lain.

2. Pelayanan yang Buruk

Pelayanan yang buruk kepada penghuni juga termasuk salah satu faktor yang sering menyebabkan kegagalan bisnis kos di tengah jalan, lho. 

Jika penghuni sudah merasa kecewa dengan pelayanan Anda yang kurang cepat dalam merespon keluhan atau respon Anda yang kurang baik, kemungkinan besar mereka akan pindah ke kos lain.

Jadi, Anda harus memberikan pelayanan yang baik, misalnya cekatan dalam merespon permintaan perbaikan pintu yang rusak, duplikat kunci, air keran yang mati, atau lainnya.

Hal ini penting agar kos Anda bisa mendapatkan ulasan yang positif dari penghuni dan reputasinya akan terkenal sebagai kos yang ideal.

3. Pengelolaan Kos yang Buruk

Apabila Anda memiliki kos yang lokasinya strategis, fasilitas lengkap bintang 5, perawatan yang optimal, dan harga sewa yang bersaing, namun penyusunan strategi pengelolaan dan pemasarannya kurang optimal maka Anda bisa kalah saing dengan bisnis kos di sekitar.

Untuk menghindari atau mengatasi permasalahan ini, Anda bisa menggunakan layanan Mamikos GoldPlus sebagai solusi agar pengelolaan bisnis kos secara digital lebih optimal.

Ada berbagai manfaat eksklusif yang bisa Anda dapatkan dari GoldPlus, seperti listing kos yang diprioritaskan pada hasil pencarian, fitur Promo Iklan agar pemasaran kos Anda lebih optimal, dan fitur Cek Properti Sekitar untuk  riset kompetitor terkait harga rata-rata kosan hingga nama-nama pesaing Anda agar Anda tidak kalah saing.

Dengan menggunakan layanan GoldPlus, Anda juga bisa mendapatkan MamiPoin yang bisa ditukarkan dengan beragam hadiah menarik, seperti token listrik, pulsa, atau e-wallet. Praktis dan menguntungkan sekali, bukan?

4. Tunggakan Sewa dari Penyewa

Pembayaran sewa yang menunggak merupakan masalah yang sering terjadi. Sebagai pemilik kos, Anda berhak untuk membuat peraturan tata cara pembayaran yang memuat batas maksimal waktu pembayaran sewa. 

Untuk mencegah keterlambatan yang berulang, Anda juga bisa menerapkan sistem denda.

Pasalnya, apabila masalah ini terus berlarut, bukan tidak mungkin Anda akan mengalami kerugian besar hingga gulung tikar karena modal yang tidak balik.

Agar pengelolaan pembayaran sewa lebih mudah dan praktis, melalui platform Mamikos Anda juga dapat mengatur pengingat otomatis berupa tagihan pembayaran sewa kepada penyewa. 

Sehingga, penyewa bisa membayar tepat waktu dan Anda tidak perlu khawatir apabila lupa atau tidak sempat menagih.

5. Pembukuan yang Kurang Baik

Pembukuan yang kurang baik juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kebangkrutan apabila tidak dilakukan dengan rapi dan detail.

Oleh karena itu, Anda perlu melakukan pembukuan yang baik agar bisnis kos Anda memiliki alur keuangan yang sehat, meningkatkan analisis keuangan dan manajemen, dan terhindar dari kesalahan penghitungan dan pelaporan pajak.

Nah, itulah 5 kesalahan kelola bisnis kos yang bisa bikin bangkrut.

Untuk menghindari kesalahan tersebut, Anda perlu memastikan aspek-aspek bisnis kos berjalan dengan baik dengan memantau secara intensif dan melakukan evaluasi/analisa performa setiap bulan.

Sehingga, masalah kecil akan segera terselesaikan dan tidak menumpuk menjadi masalah yang lebih besar.

Temukan banyak informasi lainnya seputar layanan terbaik Mamikos dengan mengunjungi situs Mamikos atau download dan install aplikasi Mamikos di smartphone Anda.