Link dan Tata Cara Isi KRS Online Unsyiah 2021/2022

Posted in: Perkuliahan
Tagged: KRS KRS Online

Link dan tata cara isi KRS online Unsyiah 2021/2022 – Sebagai mahasiswa baru, salah satu syarat yang wajib dilakukan sebelum mengikuti kegiatan perkuliahan di Universitas Syiah Kuala adalah mengisi Kartu Rencana Studi atau KRS. Begitu pula dengan mahasiswa lama yang akan mengambil mata kuliah semester berikutnya. KRS memungkinkan mahasiswa menempuh mata kuliah yang akan dijalani mahasiswa selama satu semester ke depan.

Mekanisme KRS Unsyiah 2021

https://krsonline.unsyiah.ac.id/

Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) merupakan kampus tertua di Aceh yang berlokasi di Jalan Teuku Nyak Arief No.441, Kopelma Darussalam, Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh 23111. Setiap tahun, Unsyiah membuka pendaftaran bagi mahasiswa baru melalui berbagai jalur masuk, seperti jalur seleksi nasional dan jalur mandiri.

Setelah terdaftar sebagai mahasiswa aktif di Unsyiah, mahasiswa wajib mengisi data Kartu Rencana Studi atau KRS. Pada kartu tersebut terdapat mata kuliah yang akan diambil mahasiswa beserta jadwal perkuliahan. Cara mengisi KRS pada setiap Perguruan Tinggi tidak sama, sehingga sangat penting bagi kamu untuk mengetahui mekanisme pengisian KRS di Universitas Syiah Kuala.

Link Pengisian KRS Unsyiah 2021

Untuk mengisi KRS Unsyiah, mahasiswa bisa mengakses laman https://krsonline.unsyiah.ac.id/ melalui browser pada PC atau gadget yang sudah dibekali koneksi internet. Sistem pengisian KRS online di Unsyiah memungkinkan mahasiswa menempuh kegiatan akademik dan mengakses informasi terkait mahasiswa, rencana pengambilan mata kuliah, transkrip nilai, pembayaran SPP/ UKTB, serta mengakses menu lainnya.

Cara Mengisi KRS Unsyiah 2021

Ikuti tata cara berikut ketika jadwal KRS sudah dirilis.

  1. Masukkan laman https://krsonline.unsyiah.ac.id/
  2. Masukkan NPM
  3. Masukkan password. Jika mahasiswa lupa password, klik “lupa password” agar diarahkan ke laman Layanan Reset Password KRS Online. Apabila mahasiswa belum memiliki email domain Unsyiah, mahasiswa dapat menghubungi UPT TIK.
  4. Akan muncul tampilan beberapa menu
    • Beranda: berisi informasi semester mahasiswa
    • Profil: berisi biodata mahasiswa, update informasi nomor handphone, biaya kuliah, historis slip SPP, ubah password
    • KRS: isi KRS, ubah KRS, sajian KRS, cetak KRS, KHS, mata kuliah, upload penelitian akhir
    • Transkrip: cetak nilai hasil semester mahasiswa
    • Pesan: sarana komunikasi mahasiswa dan dosen
    • VPN: digunakan untuk mengakses jaringan dalam kampus ketika berada luar kampus
  5. Pilih menu “KRS”
  6. Pilih “Isi KRS”
  7. Akan muncul tabel “Mata Kuliah Paket Jurusan” dan “Mata Kuliah Paket MKU”
  8. Isi Mata Kuliah Paket Jurusan. Periksa kembali kode mata kuliah, nama mata kuliah, SKS (beban studi), wajib, kelas, nama pengajar, hari, pukul, ruang, dan jumlah peserta mahasiswa
  9. Beri tanda centang pada kolom “Pilih” pada mata kuliah yang akan diambil. Apabila pada satu mata kuliah memiliki dua pengajar berbeda, pilih salah satunya.
  10. Simpan data KRS dengan mengeklik “Ajukan ke Dosen Wali”
  11. Cetak KRS dengan mengeklik “Cetak PDF”

Kesalahan pada saat pengisian KRS masih dapat diperbaiki dengan menggubungi jurusan masing-masing. Proses perbaikan akan dilakuka saat jadwal Perbaikan Kartu Rencana Studi (PKRS) yang jadwalnya dapat diakses pada laman www.unsyiah.ac.id.

Istilah-Istilah Saat Mengisi KRS Unsyiah

• SKS: Satuan Kredit Semester, menunjukkan beban studi mahasiswa dalam satu semester yang dibebankan pada mata kuliah yang wajib diikuti. 1 SKS setara dengan 50 menit studi tatap muka, 50 menit tugas yang diberikan dosen, dan 50 menit belajar mandiri.
• Wajib: status mata kuliah wajib atau pilihan, ditandai dengan W atau P. Bagi mahasiswa baru, semua status mata kuliah bersifat wajib.
• Kelas: menunjukkan pilihan kelas untuk mata kuliah yang sama
• Nama pengajar: dosen yang mengajar mata kuliah tersebut
Hari, pukul ruang: menunjukkan jadwal mata kuliah tersebut berlangsung
• Jumlah peserta: jumlah mahasiswa dalam satu kelas pada mata kuliah yang akan diambil

Solusi Saat Lupa Password KRS Online Unsyiah

Kendala yang sering ditemukan mahasiswa adalah lupa password untuk login. Padahal, tanpa password tersebut mahasiswa tidak bisa mengakses menu KRS, apalagi melakukan pengisian. Jika mengalami masalah lupa password, mahasiswa tidak perlu panik. Terdapat 3 cara yang dapat dipilih mahasiswa sesuai kondisinya saat itu.

  1. Cara 1: Klik link http://pengaduan.unsyiah.ac.id/cpm/. Cara ini berlaku bagi mahasiswa yang status email Unsyiah dalam keadaan aktif.
    Masukkan NPM dan email, kemudian cek “Spam” pada email Unsyiah untuk mendapatkan perubahan password KRS.
  2. Cara 2: Mengirim email ke helpdesk.ict@unsyiah.ac.id. Mahasiwa wajib melampirkan data diri yang diperlukan, seperti nama lengkap, NPM, dan foto Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)
  3. Cara 3: Datang langsung dan kunjungi helpdesk UPT TIK di Gedung ICT Center Unsyiah

Aturan Pengisian KRS Unsyiah 2021

Terdapat aturan yang wajib dipenuhi mahasiswa aktif Unsyiah tahun 2021 bagi yang akan mengambil mata kuliah pada saat KRS online. Nantinya, akan ada sistem timer pada KRS online dan mahasiswa akan diberikan waktu 25 menit setelah login. Dalam rentang waktu tersebut, mahasiswa diharapkan sudah menyelesaikan pengisian KRS dan memilih mata kuliah yang akan diambil selama satu semesetr ke depan.

  1. Aturan bagi mahasiswa baru Unsyiah wajib mengikuti UP3AI (Unit Pengembangan Program Pendamping Mata Kuliah Agama Islam). Jadwal tes penjajakan baca Al Quran dapat dilihat melalui laman up3ai.unsyiah.ac.id atau Fan Page facebook: UP3AI Universitas Syiah Kuala
  2. Mahasiswa akan diberikan waktu 25 menit setelah login
  3. Mahasiswa hanya diizinkan login satu kali pada waktu bersamaan
  4. Mahasiwa wajib melakukan logout. Jika tidak, mahasiswa harus menunggu paling lama 25 menit untuk bisa login kembali.

Sebelum melakukan pengisian KRS, mahasiswa akan diminta untuk membayar biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) melalui bank mitra yang ditunjuk, yaitu:

  1. Bank Aceh
  2. Bank BRI Syariah
  3. Bank BTN / Unit Syariah
  4. Bank Mandiri Syariah

Mahasiswa juga dapat melakukan pembayaran UKT melalui mobile banking dengan tahapan:

  1. Login ke mandiri syariah mobile
  2. Masuk ke menu pembayaran
  3. Pilih “institusi/ akademik”
  4. Masukkan 8008-Unsyiah
  5. Masukkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM)
  6. Masukkan PIN
  7. Tunggu konfirmasi transaksi sukses

Kendala Pengisian KRS Unsyiah

Mahasiswa biasanya akan mengalami kendala ketika mengisi KRS, misalnya karena faktor koneksi internet ataupun website yang terlalu banyak diakses.Masalah yang kerap ditemui saat mengisi KRS antara lain:

  1. Nama mahasiswa tidak ditemukan di bank saat pembayaran UKTB
  2. Mata kuliah tidak muncul saat proses pengisian KRS online
  3. Status kelas penuh saat mengisi KRS online
  4. Mahasiswa lupa password pengisian KRS online dan email aktif yang digunakan

Jika mengalami masalah di atas, mahasiswa dapat menghubungi layanan pengaduan melalui telepon atau email pada jam kerja:

• 08.30 – 12.00
• 14.00 – 16.30

Mahasiswa yang mengalami keluhan serta kendala terkait evaluasi online kegiatan perkuliahan juga dapat menghubungi nomor resmi atau mengunjungi LP3M yang berlokasi di Biro Rektor.

Demikian informasi link dan tata cara isi KRS online Unsyiah 2021/2022. Ikuti alur pengisian di atas agar proses pengisian KRS-mu lancar. Jika mengalami masalah, seperti KRS online Unsyiah tidak bisa dibuka atau kendala lain saat pengisian KRS online Unsyiah 2020, hubungi nomor kontak tertera. Pengisian KRS online Unsyiah memang dapat dilakukan melalui HP, tetapi kamu perlu memastikan bahwa koneksi internet lancar dan browser tidak mengalami gangguan agar proses pengisian KRS tidak terganggu. Semoga berhasil!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta