Link Pendaftaran SNMPTN 2022/2023, Bagaimana Cara Daftar SNMPTN?

Link pendaftaran SNMPTN 2022/2023, bagaimana cara daftar SNMPTN? – Informasi pendaftaran masuk Perguruan Tinggi melalui jalur nasional sudah mulai dirilis. Para siswa-siswi sekolah menengah yang duduk di kelas 12 pun bersiap untuk mengikuti seleksi masuk Perguruan Tinggi, yaitu SNMPTN demi diterima di kampus dan program studi pilihannya.

Link Pendaftaran SNMPTN 2022 dan Cara Pendaftarannya

https://portal.ltmpt.ac.id/

Penentu keberhasilan seorang pendaftar seleksi masuk Perguruan Tinggi sangat beragam. Selain perlu mengetahu persyaratan yang diberikan pada jenis seleksi tersebut, pendaftar juga perlu mencari tahu tata cara pendaftaran beserta mekanisme seleksinya. Jika kamu mempunyai nilai rapor cukup tinggi dan ingin mencoba mendaftar masuk Perguruan Tinggi menggunakan nilai rapor, prestasi, dan portofolio pendukung lainnya, jalur SNMPTN 2022 bisa kamu pilih.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) ditujukan bagi siswa-siswi kelas 12 yang ingin meneruskan kuliah di Perguruan Tinggi Negeri dan politeknik program Diploma 4. Kesempatan mengikuti SNMPTN 2022 terbuka lebar untuk kamu yang berasal dari SMA/ MA jurusan IPA, SMA/ MA jurusan IPS, SMA/ MA jurusan bahasa, maupun siswa SMK. Agar semakin paham, pada artikel berikut Mamikos akan membahas link pendaftaran SNMPTN 2022 beserta tata cara pendaftarannya.

Informasi SNMPTN 2022

SNMPTN merupakan salah satu seleksi masuk Perguruan Tinggi yang diperuntukkan bagi siswa-siswi eligible (dinyatakan oleh sekolah). Pihak sekolah akan menjaring siswa-siswi berprestasi sesuai kuota yang diberikan oleh LTMPT berdasarkan akreditasi sekolah tersebut. Semakin baik akreditasi sekolah, semakin banyak pula jumlah siswa-siswi yang dapat diikutsertakan pada SNMPTN 2022.

Untuk mengikuti seleksi SNMPTN, nilai siswa yang terdapat di PDSS harus lengkap. Begitu pula biodata dan data lainnya yang diperlukan. Persiapkan diri dengan baik di awal tahun karena pada SNMPTN 2021, pendaftaran dibuka pada bulan Februari. Jika melihat informasi tanggal pelaksanaan seleksi tersebut, bisa saja seleksi SNMPTN di tahun 2022 akan dilakukan di bulan yang sama.

Pahami aturan dan ketentuan yang diberikan oleh LTMPT selaku lembaga resmi penyelenggara. Misalnya saja terkait pemilihan program studi SNMPTN yang disarankan agar tidak lintas minat. Sebagai contoh, kamu menempuh Jurusan IPA saat berada di sekolah menengah. Namun, pada saat SNMPTN 2022 kamu memilih program studi untuk kategori Soshum. Sebaiknya jika kamu berasal dari Jurusan IPA, program studi yang kamu pilih adalah kategori Saintek, sedangkan jika kamu berasal dari Jurusan IPS, program studi pilihanmu adalah kategori Soshum.

Jika pendaftar SNMPTN sudah mengikuti alur pendaftaran dan melengkapi semua data-data untuk proses seleksi, kamu tinggal menunggu pengumuman. Pihak LTMPT akan memberikan pengumuman di link https://pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id serta memberikan link alternatif untuk mengakses pengumuman kelulusan.

Apakah gap year bisa ikut SNMPTN 2022? Pertanyaan tersebut sering diajukan para pendaftar seleksi masuk Perguruan Tinggi. Berdasarkan syarat pendaftar SNMPTN tahun 2021 dan tahun sebelumnya, pendaftar yang diizinkan mengikuti SNMPTN adalah siswa-siswi eligible yang dipilih oleh pihak sekolah pada tahun berjalan. Sebagai contoh, hanya siswa yang duduk di kelas 12 atau akan lulus tahun 2021 yang bisa mengikuti SNMPTN 2021. Jadi, siswa yang lulus tahun 2020 tidak bisa mengikuti seleksi tersebut. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena siswa yang gap year masih bisa mengikuti seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri yang lain, seperti SBMPTN, jalur non-tes, jalur mandiri, dan sebagainya.

Link Pendaftaran SNMPTN 2022

Jangan lupa untuk mengakses link resmi pendaftaran SNMPTN 2022 jika sudah dirilis secara resmi. Adapun link yang bisa kamu kunjungi adalah https://portal.ltmpt.ac.id. Alternatif lainnya, pendaftar SNMPTN juga dapat mengunjungi link https://snmptn.ltmpt.ac.id.

Informasi terkait SNMPTN 2022 bisa kamu dapatkan dengan mengunjungi laman website LTMPT sebagai penyelenggara di https://www.ltmpt.ac.id/. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui update pengumuman melalui media sosial LTMPT. Jangan lupa untuk mencatat waktu finalisasi PDSS dan tanggal penting lainnya yang bisa berpengaruh pada status kelulusanmu melalui jalur SNMPTN 2022 nanti.

Cara Daftar SNMPTN 2022

Tata cara pendaftaran SNMPTN 2022 belum dikeluarkan secara resmi. Sebagai persiapan, Mamikos akan memberikan gambaran terkait cara pendaftaran beserta tahapan pendaftaran yang perlu dilakukan.

  1. Siswa pendaftar SNMPTN 2022 sudah melakukan login di laman LTMPT atau website pendaftaran menggunakan akun LTMPT yang sudah didaftarkan (menggunakan email aktif dan password)
  2. Pendaftar SNMPTN 2022 melengkapi data yang diperlukan pada halaman profil, yaitu “kelengkapan data orang tua”
  3. Pendaftar SNMPTN 2022 memilih program studi yang dituju pada halaman ‘pilihan’. Pastikan kamu mengisi program studi untuk SNMPTN sesuai ketentuan dan sudah berdasarkan pertimbangan matang.
  4. Pendaftar SNMPTN 2022 yang mendaftarkan diri pada program studi terkait seni dan olahgara melengkapi syarat tambahan berupa portofolio di halaman ‘portofolio’. Dokumen portofolio disesuaikan dengan ketentuan serta format dari LTMPT. Apabila program studi yang dipilih pendaftar tidak mensyaratkan portofolio, kamu tidak perlu mengisi data pada halaman tersebut.
  5. Pendaftar SNMPTN 2022 yang mempunyai prestasi di bidang tertentu bisa mengisikan data tersebut pada halaman ‘Prestasi’. Sudah terdapat tingkat prestasi beserta bidang yang disyaratkan pada masing-masing pilihan kolom. Namun, data terkait prestasi tidak wajib diisi.
  6. Pendaftar SNMPTN 2022 melakukan finalisasi data di bagian ‘Finalisasi’. Sebelumnya, kamu perlu memeriksa kembali data dan informasi yang sudah diisi karena data yang difinalisasi tidak dapat diubah dan dibatalkan dengan alasan apa pun.
  7. Kartu registrasi SNMPTN 2022 dapat diunduh pendaftar setelah finalisasi dilakukan.
  8. Pendaftar menunggu pengumuman kelulusan

Daftar Universitas untuk SNMPTN 2022

Perguruan Tinggi yang dibuka pada SNMPTN 2022 belum dirilis secara resmi. Namun, tidak ada salahnya jika kamu menjadikan referensi kampus-kampus beserta politeknik yang dibuka pada tahun 2021 sebagai referensi. Pada tahun 2021, terdapat 86 Perguruan Tinggi Negeri (program Diploma IV dan Program Sarjana) serta 39 politeknik negeri (program Diploma IV) yang membuka pendaftaran. Pada laman LTMPT, sudah terdapat informasi tambahan mengenai website Perguruan Tinggi tersebut.

Semoga informasi link pendaftaran SNMPTN 2022/2023 dan bagaimana cara daftar SNMPTN bisa memberikanmu referensi. Sekalipun tidak perlu menjalani ujian tertulis dan tes wawancara di kampus tujuan, tetap persiapkan diri dengan baik. Jangan sampai kamu gagal lulus SNMPTN 2022 karena kurang cermat dalam memilih jurusan atau program studi, melewatkan tanggal penting, dan lupa untuk mengisi data secara lengkap.

Sambil menunggu pengumuman kelulusan SNMPTN 2022, kamu bisa meluangkan waktu untuk mencari tempat tinggal kost dekat kampus menggunakan aplikasi nyari kost Mamikos yang bisa diunduh di ponsel kesayanganmu. Nantinya jika kamu diterima, kamu bisa langsung menghubungi pemilik kost dan melakukan booking kamar kost pada waktu yang ditentukan. Persiapan sebagai mahasiswa baru pun bisa dilakukan sejak sekarang hanya dari rumah. Sangat mudah dan praktis, bukan?


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta