Link Pengumuman Hasil Pantukhir Capra IPDN 28 September 2020

Tagged: IPDN

Link Pengumuman Hasil Pantukhir Capra IPDN 28 September 2020 – Seleksi Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) sudah selesai dilaksanakan. Para peserta yang mengikuti seleksi tinggal menunggu pengumuman kelulusan. Perjuangan untuk menjadi seorang calon Praja (Capra) IPDN memang tidak mudah. Terdapat serangkaian seleksi yang perlu ditempuh sebelum akhirnya dinyatakan resmi menyandang predikat Calon Praja IPDN.

Link Pengumuman Capra IPDN 2020

Seleksi Capra IPDN tahun 2020 bertujuan untuk menyeleksi calon-calon Praja IPDN yang memiliki kualitas. Sebagai salah satu sekolah kedinasan, sangat penting bagi calon Praja untuk memiliki dasar pengetahuan dan keterampilan yang memadai. Disamping itu, untuk menunjang keberhasilan selama studi, diperlukan kesehatan yang prima dan kemampuan psikologis yang dapat berkembang secara potensial.

Syarat lain yang ditetapkan bagi calon Praja adalah wajib memiliki integritas dan kejujuran diri yang terpercaya dan mampu berkomunikasi secara efektif. Calon Praja pun perlu siap bekerja apabila ditempatkan di seluruh wilayah NKRI. Sudah tidak sabar mengetahui hasil seleksi Capra IPDN tahun 2020? Mamikos akan memberikan informasi beserta link pengumumannya.

Informasi Penerimaan Calon Praja (SPCP) IPDN 2020

Proses dan tahapan yang perlu ditempuh sebelum bisa menjadi calon Praja IPDN terbilang sulit. Calon peserta wajib mematuhi aturan dan mengikuti seluruh tahapan tes yang diujikan. Jika para peserta gagal atau gugur pada salah satu tes, maka peserta tidak akan lulus seleksi. Sebab, sistem seleksi IPDN pada Seleksi Penerimaan Calon Praja (SPCP) menggunakan sistem gugur. Adapun jenis tes yang dijalankan antara lain.

  1. Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD): dilakukan menggunakan sistem CAT (Computer Assesment Test) oleh BKN.
  2. Tes Kesehatan Tahap I: dilakukan di Rumah Sakit Bhayangkara/Biddokkes POLDA.
  3. Tes Psikologi Integritas dan Kejujuran: dilakukan Biro SDM Polda.
  4. Pantukhir: verifikasi faktual dokumen persyaratan administrasi pendaftaran, tes kesehatan tahap II, dan tes kesamaptaan dan pemeriksaan penampilan

Syarat untuk mendaftarkan diri sebagai Calon Praja IPDN 2020 bisa dipenuhi para Warga Negara Indonesia (WNI) dengan minimal usia 16 (enam belas) tahun serta maksimal 21 (dua puluh satu) tahun tertanggal 31 Desember 2020. Namun, ada tambahan syarat bagi pendaftar pria, tinggi badan minimal adalah 160 cm sedangkan untuk tinggi badan wanita minimal adalah 155 cm.

Setelah memenuhi persyaratan umum, pendaftar juga akan diminta memenuhi persyaratan administrasi. Terdapat dokumen-dokumen yang wajib dicantumkan dan data lainnya dalam bentuk cetak. Untuk memudahkan pengisian, terdapat video tutorial pada Website SPCP IPDN yang bisa kamu lihat. Adapun persyaratan khusus bagi pendaftar juga wajib dipenuhi. Persyaratan tersebut meliputi syarat sebelum menjadi Calon Praja dan syarat setelah diterima menjadi Calon Praja hingga lulus studi.

Persaingan Seleksi Calon Praja IPDN 2020

Persaingan untuk bisa diterima di sekolah kedinasan tidak mudah. Selain perlu menjalani seleksi ketat, pihak sekolah kedinasan juga membatasi kuota masuk. Begitu pula dengan IPDN. Misalnya saja kuota Calon Praja IPDN tahun 2020 dari Papua Barat dibatasi 31 orang saja, sedangkan untuk Provinsi Papua mencapai 63. Namun, kuota untuk provinsi lainnya di Indonesia, jumlah totalnya bisa mencapai 1200 orang. Penjelasan lebih rinci mengenai kuota masing-masing provinsi dapat dilihat pada website resmi IPDN. Gambaran kuota tersebut bisa menjadi motivasimu untuk semakin giat berjuang.

Jadwal Seleksi Penerimaan Calon Praja IPDN 2020

Agar tidak tertinggal informasi, berikut ini adalah jadwal seleksi lengkap penerimaan calon Praja IPDN tahun 2020.

• 8 – 23 Juni 2020: Pendaftaran calon peserta secara online atau daring melalui portal SSCASN BKN pada laman https://dikdin.bkn.go.id/
• 8 – 23 Juni 2020: Pembuatan akun SSCASN Sekolah Kedinasan Tahun 2020 pada laman https://dikdin.bkn.go.id/
• 8 – 23 Juni 2020: log in ke SSCASN Sekolah Kedinasan menggunakan NIK dan Password yang telah didaftarkan pada laman https://dikdin.bkn.go.id/
• 8 – 23 Juni 2020: Pemilihan sekolah kedinasan yang dituju, misalnya IPDN. Dilanjutkan dengan mengisi biodata dan mengunggah dokumen persyaratan administrasi SPCP IPDN. Kemudian menyelesaikan proses pendaftaran dengan memeriksa resume serta mencetak bukti pendaftaran.
• 8 – 25 Juni 2020: Verifikasi dokumen persyaratan administrasi pendaftaran yang telah diupload melalui laman https://dikdin.bkn.go.id/
• 26 Juni 2020: Pengumuman verifikasi dokumen persyaratan administrasi pendaftaran melalui laman https://dikdin.bkn.go.id/.
• Juli 2020: Pembayaran PNBP Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) (sesuai kode billing) bagi pelamar yang memenuhi syarat verifikasi dokumen persyaratan administrasi.
• Juli 2020: Pencetakan kartu ujian dari akun masing-masing pada website SSCASN BKN di laman https://dikdin.bkn.go.id/.
• Juli 2020: Pengumuman peserta SKD melalui laman https://dikdin.bkn.go.id/ dan https://spcp.ipdn.ac.id
• 23 Juli – 27 Agustus 2020: Pelaksanaan SKD pada lokasi yang ditunjuk panitia SPCP IPDN
• 4 September 2020: Pengumuman hasil SKD melalui laman https://dikdin.bkn.go.id dan https://spcp.ipdn.ac.id.
• 8 – 9 September 2020: Pelaksanaan Tes Kesehatan Tahap I di Rumah Sakit Bhayangkara/Biddokkes POLDA
• 11 September 2020: Pengumuman hasil Tes Kesehatan Tahap I melalui laman https://spcp.ipdn.ac.id
• 15 – 16 September 2020: Pelaksanaan tes psikologi, integritas dan kejujuran dilakukan oleh Biro SDM POLDA
• 18 September 2020: Pengumuman hasil tes psikologi, integritas dan kejujuran melalui laman https://spcp.ipdn.ac.id
• 21 – 25 September 2020: Pantukhir (verifikasi faktual dokumen persyaratan administrasi pendaftaran, tes kesehatan tahap II, tes kesamaptaan dan pemeriksaan penampilan) di Rumah Sakit Bhayangkara/Biddokes POLDA/Stadion Olahraga
• 28 September 2020: Pengumuman hasil pantukhir melalui laman https://dikdin.bkn.go.id dan https://spcp.ipdn.ac.id
• 5 -7 Oktober 2020: registrasi penerimaan Calon Praja di Kampus IPDN Jatinangor

Link Resmi Pengumuman Hasil Pantukhir Capra IPDN

Untuk mengakses pengumuman Capra IPDN tahun 2020, penyelenggara sudah memberikan link atau tautan khusus. Alamat yang bisa dituju agar tahu pengumuman kelulusan seleksi IPDN adalah https://dikdin.bkn.go.id dan laman https://spcp.ipdn.ac.id. Tahap selanjutnya setelah dinyatakan lulus seleksi Calon Praja adalah melakukan daftar ulang di kampus IPDN. Semua hasil seleksi dan pengumuman penting dapat kamu akses melalui laman https://spcp.ipdn.ac.id/.

Demikian informasi link pengumuman hasil pantukhir Capra IPDN 28 September 2020 beserta informasi penting lainnya. Apakah kamu termasuk salah satu yang diterima? Jika sudah lulus, terus pantau update informasi penerimaan Capra IPDN melalui website resmi maupun media sosial terkait. Bertanyalah pada contact person yang tertera jika menemukan informasi yang belum jelas. Apabila kamu belum berkesempatan menjadi Capra IPDN, masih ada kesempatan lain untuk mencoba. Tetap semangat, ya!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta