Tahap Selanjutnya Setelah Dinyatakan Lolos SBMPTN 2020/2021

 Mamikos | Kam, 23 Apr 2020

Tahap Selanjutnya Setelah Dinyatakan Lolos SBMPTN 2020/2021 –  Apakah kamu pernah membayangkan kira-kira apa yang akan kamu lakukan setelah kamu dinyatakan lulus SBMPTN 2020? Tentu jawabannya adalah kamu harus melakukan banyak hal, mulai dari mempersiapkan dokumen untuk pendaftaran ulang, hingga mempersiapkan diri secara mental untuk menjadi seorang mahasiswa.

Semua hal tersebut tentu sangat penting untuk kamu lakukan agar kamu siap menghadapi dunia perguruan tinggi yang pastinya akan menjadi dunia baru dan akan lebih sulit dibanding di bangku sekolah menengah kemarin. Perlu kamu ketahui pula, mempersiapkan diri dengan segala hal itu penting.

Tahap Selanjutnya Setelah Dinyatakan Lolos SBMPTN 2020/2021

Lolos SBMPTN 2018

1. Melakukan pendaftaran ulang

Tahapan pertama setelah kamu dinyatakan lulus SBMPTN 2020 dan harus kamu lakukan adalah melakukan pendaftaran ulang dengan mempersiapkan segala dokumen yang dibutuhkan. Umumnya berikut dokumen-dokumen yang perlu kamu siapkan untuk pendaftaran ulang:

• Cetak Bukti Kelulusan

Setelah lulus, kamu harus segera cetak bukti kelulusan. Untuk daftar ulang atau masa orientasi mahasiswa baru, bukti kelulusan merupakan salah satu syarat kelengkapan.

• Siapkan Dokumen Registrasi

Setelah dinyatakan lulus SBMPTN dan kamu dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi Negeri idamanmu, hal selanjutnya yang kamu akan lakukan adalah daftar ulang. Karenanya, siapkan dokumen lengkap untuk memenuhi persyaratan saat registrasi. Ada beberapa dokumen yang harus kamu siapkan untuk dibawa saat daftar ulang. Berikut daftarnya:

a) Kartu tanda peserta SBMPTN
b) STTB asli atau STK (Surat Tanda Kelulusan) asli dan satu salinannya yang sudah dilegalisasi
c) Fotokopi Akte Kelahiran
d) Kartu keluarga
e) Pas foto terakhir
f) Surat pernyataan/perjanjian sebagai mahasiswa PTN penerima
g) Surat perjanjian orangtua (format disediakan kampus)
h) Bukti kelulusan di SBMPTN

Setiap perguruan tinggi negeri (PTN) umumnya memiliki tanggal-tanggal penting terkait pendaftaran ulang yang harus diikuti oleh para mahasiswa baru. Apabila kamu melewatkan saju saja rangkaian dari pendaftaran ulang ini, maka kamu akan merasa rugi karena pada saat pendaftaran ulang kamu akan diberikan banyak infromasi khususnya terkait jumlah biaya kuliah kamu.

Bila kamu mengikuti seluruh rangkaian pendaftaran ulang, maka kamu tidak akan menemukan kesulitan untuk memproses besaran biaya pendaftaran kamu. Di beberapa kampus, seperti Universitas Indonesia (UI), terdapat sistem bayaran yang dapat dicicil oleh pihak mahasiswanya. Sangat penting untuk kamu ketahui apakah perguruan tinggi negeri (PTN) kamu juga memiliki sistem seperti itu.

Untuk urusan pembayaran kuliah usahakan jangan sampai terlambat. Karena, di beberapa kampus, ketika kamu telat melakukan pembayaran semester pertama maka kamu akan dikenakan denda. Sudah pasti, denda itu akan menambah beban keuangan keluarga kamu. Bila kamu memang tengah mengalami kesulitan keuangan, tidak ada salahnya kamu mengurus sistem keringanan di kampus. Karena biasanya sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) akan memberikan keringanan tersendiri bagi mahasiswanya yang kurang mampu.

2. Mencari kost-kostan

Bagi kalian yang akan merantau, setelah melewati tahapan pertama yakni melakukan pendaftaran ulang, maka tahapan selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mencari kost-kostan. Dalam mencari kost Jogja murah, kost Bandung murah atau kost Jakarta murah, kost surabaya, kost malang, kost semarang tentu ada beberapa pertimbangan yang harus kamu terapkan agar dapat menemukan kost yang ideal untuk kamu beristirahat. Beberapa pertimbangakan ini antara lain mencakup:

• Jarak

Rutinitas perkuliahan tentu akan sangat melelahkan, oleh sebab itu usahakan kamu mencari kos-kosan yang jaraknya dekat dengan kampus kamu. Biasanya, kost-kostan dekat kampus lebih cepat ludes di awal semester baru. Oleh karena itu, kamu perlu sesegera mungkin mencari kost-kostan dekat kampus. Kamu akan merasakan beberapa keuntungan betapa nikmatnya memiliki kost yang dekat dengan kampus. Keuntungan ini umumnya akan kamu rasakan nantinya ketika sudah menjalani masa-masa kuliah.

• Harga sewa

Setelah mempertimbangkan jarak, selanjutnya yang perlu kamu pertimbangkan adalah persoalan harga sewa. Biasanya, kos-kosan yang berada dekat dengan kampus akan jauh lebih mahal harga sewanya dibandingkan dengan kost yang jauh dari kampus. Perlu diingat bahwa kamu harus mencari kost-kostan yang harga sewanya sesuai dengan kantong kamu. Jangan sampai, kamu memilih kost-kostan mahal yang pastinya akan menguras uang jajan kamu per bulannya. Jika kamu teliti dan sabar, kamu bisa menemukan kots-kostan yang nyaman dan memiliki fasilitas lengkap dengan harga sewa yang terjangkau.

• Akses

Kemudian, pertimbangkan pula soal akses. Biasanya, tidak semua kos-kosan terletak secara strategis. Ada saja kos-kosan yang menyempil dan jauh dari akses apapun. Oleh sebab itu, kamu sebisa mungkin mencari kos-kosan yang dekat dengan akses makanan dan tempat fotokopi atau print. Karena, kos-kosan itu akan mempermudah kamu melalui kehidupan sehari-hari. Ketika kamu ingin makan malam, kamu tidak perlu bingung mencari tempat makan dan ketika kamu butuh untuk memfotokopi bahan kuliah kamu tidak akan kerepotan.

• Keamanan

Dan yang terakhir adalah persoalan keamanan. Sudah tentu kos-kosan yang kamu pilih harus memiliki keamananan yang tergjaga. Karena, kamu tidak akan tenang bila kos-kosan kamu rawan maling. Untuk itu, sebaiknya kamu memilih kos-kosan yang memiliki petugas pengaman atau penjaganya tinggal di sana. Setidaknya, dengan begitu keamanan kosan kamu akan jauh lebih aman.

3. Mengubah pola pikir dan melatih mental

Ketika kamu sudah menjalankan masa pendaftaran ulang dan mendapatkan kost-kostan yang terbaik, tentu sebagai mahasiswa baru kamu juga harus mengubah cara berpikir kamu dalam belajar. Mengapa begitu? Karena kamu akan menemukan banyak perbedaan dalam sistem belajar mengajar di perkuliahan dengan di bangku sekolah kemarin.

Nantinya kamu tak perlu kaget jika tidak selalu mendapat sokongan penuh dari pengajar, karena di bangku perkuliahan kamu akan dituntut untuk lebih mandiri. Berbeda dengan masa-masa sekolah dimana kamu terus disuapi oleh guru tentang segala pembelajaran.

Kamu harus memiliki kesadaran penuh untuk memahami sebuah mata kuliah karena dosen tidak akan memaksa kamu mengerti ilmu yang diajarkan dan paham atau tidaknya ada di tangan kamu sendiri. Selain itu, kamu harus mempersiapkan mental kamu karena tugas-tugas di bangku kuliah akan sangat banyak sekali. Sebagian tugas itu pun harus kamu kerjakan dalam bentuk makalah. Untuk itu, kamu harus memiliki strategi belajar yang tepat agar tidak menguras tenaga dan pikiranmu.

4. Mempersiapkan untuk ospek

Sebelum kamu resmi menjadi mahasiswa dan menerima ilmu di jenjang perkuliahan, maka kamu akan dihadapkan oleh masa orientasi pengenalan kampus atau biasa dikenal dengan istilah OSPEK. Tentu saja kalian sudah sering mendengar cerita-cerita seram seputar OSPEK dan mungkin ada diantara kalian yang kadang merasa ketakutan bahkan enggan mengikutinya.

Perlu kamu ketahui, bahwa masa-masa orientasi ini tidak seseram yang kamu kira loh! Justru saat masa OSPEK itulah kamu akan memiliki kesempatan mengenal banyak teman dan bagaimana kultur perkuliahan di kampus kamu. Supaya nantinya kamu tidak terlalu paranoid dengan masa orientasi, maka kamu harus mempersiapkan fisik mental kamu sebelum mengikutinya.

5. Cari kegiatan kampus yang kira-kira kamu sukai

Setelah kamu dinyatakan lulus SBMPTN, ada baiknya kamu segera menggali informasi seputar perguruan tinggi negeri (PTN) tempat dimana kamu akan mengenyam pendidikan. Informasi yang perlu kamu gali disini tak hanya mencakup lokasi gedung kampus saja, tetapi cari tahu pula tentang kegiatan mahasiswanya. Dengan begitu, ketika kamu masuk nanti, kamu sudah mengetahui kegiatan kampus mana yang sesuai dengan minat bakatmu. Mengikuti kegiatan di luar perkuliahan cukup penting buat kamu.

Karena, kamu akan memiliki tambahan pengetahuan dan skill yang tidak akan kamu dapatkan di mata kuliahmu. Tak hanya itu, dengan aktif di kegiatan mahasiswa, kamu akan memiliki bekal lebih daripada mahasiswa biasa. Kemampuan itu nantinya akan membantu kamu setelah lulus nanti dalam mencari lowongan kerja Jakarta. Karena di era modern seperti sekarang ini, skill personal itu jauh lebih dipertimbangkan ketimbang nilai akademik yang tinggi. Meski begitu, kamu jangan sampai melupakan kuliah ya!

6. Mencari teman sebanyak mungkin

Ketika masa pendaftaran ulang serta masa orientasi, tentu kamu akan bertemu dengan orang-orang baru serta suasana dan lingkungan baru. Meski terkadang ada teman satu sekolah kamu diterima di kampus yang sama, namun usahakan jangan terjebak pada pertemanan sekolah saja.

Kamu harus mencari teman sebanyak-banyaknya. Dengan memiliki teman yang banyak, kamu bisa saling membantu, baik di perkuliahan maupun kehidupan sehari-hari.

Persiapan matang itu akan mengantarkan kamu sebagai mahasiswa yang lebih matang. Untuk kamu yang belum berhasil lolos dalam SBMPTN 2020, tak perlu sedih karena kamu masih bisa mengikuti jalur mandiri untuk dapat mengenyam pendidikan di sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN). Semoga informasi ini berguna buat kamu ya! Jika kamu masih membutuhkan rangkaian informasi lainnya, kamu bisa kunjungi situs Mamikos dan download aplikasi Mamikos di Play Store.