Lulus Kuliah: Pilih Cari Kerja Atau Mulai Usaha, Ya?

 Posted on Kamis, Juni 20th, 2019  Posted in Loker, Lowongan Kerja, Peluang usaha terbaru, Tips Loker  Mamikos

Lulus Kuliah: Pilih Cari Kerja Atau Mulai Usaha, Ya? – Satu pertanyaan yang selalu terngiang saat lulus kuliah yang sering dialami mahasiswa adalah, mau lanjut bekerja atau memulai membuka usaha sendiri? Dua pilihan tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun layak untuk dicoba. Sebelum memutuskan untuk mencari pekerjaan atau membuka usaha, pastinya akan banyak pertimbangan yang harus dipikirkan.

Dari mulai riset lapangan kerja, hingga pengalaman, dan juga riset bisnis apa yang tengah berkembang hingga seputar menyiapkan modal, banyak hal detail yang harus diperhatikan setelah lulus kuliah. Poin-poin di bawah ini bisa kamu jadikan acuan, sehingga pada akhirnya kamu bisa memutuskan akan melamar kerja di perusahaan idaman atau mau mencoba memulai usaha. Apa saja?

Lulus Kuliah: Pilih Cari Kerja Atau Mulai Usaha, Ya? Baca Uraian Berikut Ini

Bila pada awalnya kamu memilih untuk melamar pekerjaan dan bekerja di perusahaan idaman, ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan:

1. Kamu akan banyak bertemu orang hebat.

Terjun di dunia kerja akan membuka kesempatanmu untuk bisa bertemu dengan banyak orang hebat. Masuk ke dalam sebuah perusahaan sangat membuatmu untuk belajar. Nantinya kamu akan diajarkan dan diberikan petunjuk untuk menyelesaikan tugas-tugas kamu. Job desk yang diberikan kepada kamu pun juga sudah jelas dan sekarang waktunya kamu mengasah kreativitas dalam mengerjakan segala tugas. Bertemu dengan banyak orang juga secara tidak langsung memberikan pemahaman kepadamu mengenai berbagai macam manusia di dunia ini.

2. Mendapatkan pendapatan stabil setiap bulan

Menurut beberapa orang, bekerja di perusahaan dapat dikatakan stabil karena jam kerja dan pendapatan setiap bulannya sudah pasti. Walaupun memang kata stabil merupakan suatu asumsi subjektif yang standarnya pasti berbeda pada masing-masing orang.

Biasanya bekerja di perusahaan mewajibkan kamu menghabiskan waktu 8 jam setiap harinya di kantor. Hal tersebut pastinya berbanding lurus dengan kesepakatanmu dengan perusahaan mengenai pendapatan yang kamu terima setiap bulannya. Tidak hanya memberikan kenyaman tetapi juga rasa aman. Kamu dapat mengatur pengeluaran dan cicilan setiap bulannya sesuai dengan pendapatan yang diterima.

3. Bekerja sesuai passion

Sudah dari lama kamu ingin sekali bekerja di suatu perusahaan yang dari lama kamu sudah idam-idamkan. Perusahaan tersebut mungkin memiliki visi & misi yang sesuai dengan idealismemu, fasilitas yang mendukung hobimu, atau nama baik yang menjulang tinggi.

Lowongan Kerja di Mall Malang

Nah, bila kamu memilih untuk membuka usaha selepas lulus kuliah, berikut adalah keungtungan yang bisa kamu dapatkan:

1. Melatih diri untuk selalu menghasilkan ide-ide kreatif

Untuk menjadi seorang pengusaha dengan membuka usaha, hal pertama yang harus ditentukan adalah tujuan. Setelah tujuan ditentukan, raih goal-goal kecil yang mendukung tujuan. Salah satu caranya adalah dengan merealisasikan ide-ide kreatif. Dengan menjadi seorang pengusaha, secara tidak langsung kamu harus bisa mengasah otak sehingga akan selalu muncul ide-ide menarik yang baru yang bisa kamu gunakan untuk memajukan usaha.

2. Punya semangat yang tinggi

Bernd Schoner, penulis buku The Tech Entrepreneur’s Survival Guide mengatakan ada banyak alasan mengapa para fresh graduate bisa menjadi entrepreneur hebat. Salah satunya adalah semangat dan keluguan mereka dalam berbisnis. Belum banyak tahu soal wirausaha ternyata bisa menguntungan. Karena pengusaha muda tersebut jadi tidak terlalu khawatir mengenai kesuksesan bisnisnya. Ide atau inovasi yang lebih segar pun jadi bisa lebih tereksplor.

3. Kamu tetap bisa kerja sambil bangun usaha karena fleksibel

Kesempatan untuk memiliki lebih dari satu profesi memang cukup terbuka untuk para fresh graduate. Karena umumnya mereka belum berkeluarga sehingga masih punya banyak waktu luang. Selain itu, fleksibilitas ini juga bisa dimanfaatkan untuk kerja sambil belajar buka usaha. Sehingga jika kamu gagal dalam sebuah profesi, cadangan pekerjaan masih tersedia.

Dapat dilakukan di tempat kerja:

Lulus Kuliah: Pilih Cari Kerja Atau Mulai Usaha, Ya?

Lulus Kuliah: Pilih Cari Kerja Atau Mulai Usaha, Ya?