Mahasiswa dari 26 Universitas Ini Berkesempatan Magang di BUMN

 Mamikos | Sen, 10 Sep 2018

Mahasiswa dari 26 Universitas Ini Berkesempatan Magang di BUMN – Pengalaman magang di tempat yang spesial tentu akan menjadi hal yang tidak terlupakan. Banyak mahasiswa yang berlomba-lomba untuk mengajukan proposal agar bisa diterima di perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Keuntungan yang didapatkan dari lokasi magang BUMN menjadi salah satu daya tarik. Selain itu, magang di BUMN juga bisa menambah banyak relasi apabila kamu adalah orang yang suka dengan hal-hal baru. Manfaatkan peluang kesempatan magang di BUMN yang terbuka lebar apabila kamu berasal dari 26 Perguruan Tinggi di bawah. Lalu, sebenarnya apa saja keuntungan magang di BUMN?

Mahasiswa dari 26 Universitas Ini Berkesempatan Magang di BUMN

Keuntungan Magang di BUMN

Perusahaan BUMN yang menerima magang sebenarnya cukup banyak, namun tentu saja diantara perusahaan yang mau menerima mahasiswa tersebut ada pula yang tidak bisa digunakan sebagai lokasi magang. Oleh karena itu, kamu perlu pandai-pandai dalam mencari lokasi magang yang tepat. Selain bisa membuatmu mendapatkan banyak pengetahuan baru, lokasi magang yang sesuai dengan passion akan membuatmu tidak bosan dalam belajar. Tidak hanya itu, masih ada beberapa keuntungan yang akan kamu peroleh jika berkesempatan magang di BUMN, diantaranya:

  • Menambah Pengalaman untuk belajar di BUMN

Kemudahan untuk melakukan magang di BUMN sebenarnya menjadi nilai lebih. Kamu hanya perlu melengkapi prosedur yang ditetapkan, seperti membuat surat resmi terkait rekomendasi hingga mengirimkan proposal. Jangan lupa pula untuk menyiapkan CV agar perusahaan yang kamu tuju bisa menilai motivasi serta latar belakangmu. Penuhi pula batas usia yang ditetapkan oleh perusahaan. Biasanya, pihak BUMN akan memberikan bimbingan pada mahasiswa, apalagi jika kegiatan magang memang dilakukan karena tuntutan akademik. Posisi tempat magang pun bebas dipilih mahasiswa asalkan linier dengan program studi yang diambil ketika kuliah. Ada pula perusahaan yang tidak memberikan syarat posisi sesuai jurusan agar mahasiswa yang magang dapat mengembangkan skill selain dari jurusan kuliah.

  • Membuka kesempatan berkarir yang lebih luas

Jika kamu masih bingung untuk melangkah setelah lulus nanti, maka kegiatan magang di BUMN bisa menjadi salah satu batu loncatan. Gunakan kesempatan magang di BUMN sebagai cara untuk belajar sekaligus membangun relasi dengan orang lain. Kamu yang merasa nyaman dengan lokasi magang tentu harus berusaha sebaik mungkin dalam melakukan pekerjaan. Siapa tahu selepas menjalani magang kamu justru diminta untuk menjadi bagian dari perusahaan BUMN tersebut.

  • Mendapatkan Ilmu baru

Bisa magang di BUMN akan menjadi nilai plus. Tentu ada banyak hal yang hanya bisa kamu dapatkan di BUMN dan bukan di tempat lain. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mempersiapkan diri sejak dini dan membuat daftar hal-hal yang harus dikerjakan. Tidak perlu sungkan untuk bertanya pada senior di lokasi BUMN karena ilmu tersebut bisa kamu terapkan selepas menyelesaikan kegiatan magang nanti.

  • Mendapatkan sertifikat magang

Salah satu keuntungan magang di BUMN yang dibahas di artikel Mahasiswa dari 26 Universitas Ini Berkesempatan Magang di BUMN adalah adanya sertifikat karena tidak semua lokasi magang memberikan sertifikat bagi mahasiswanya yang sudah menyelesaikan magang. Apabila kamu menginginkan sertifikat magang, kamu pun bisa meminta langsung dengan mengajukan surat terlebih dahulu.

Universitas yang Menawarkan Peluang Magang bagi Mahasiswa di BUMN

Program magang yang ditawarkan pada perguruan tinggi tertentu sebenarnya akan memberikan keuntungan. Daftar magang BUMN 2018 menjadi salah satu informasi yang banyak dicari para mahasiswa dari berbagai macam universitas. Penasaran universitas yang menawarkan peluang magang bagi mahasiswanya untuk merasakan pengalaman magang di BUMN? Ini daftarnya.

  1. Universitas Katolik Parahyangan (Unpar)
  2. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
  3. Universitas Trisaksi
  4. Universitas Mercu Buana
  5. Universitas Bina Nusantara (BINUS)
  6. Universitas Telkom
  7. Universitas Riau
  8. Universitas Brawijaya (Unibraw)
  9. Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS)
  10. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  11. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  12. Universitas Gadjah Mada (UGM)
  13. Universitas Airlangga (UNAIR)
  14. Universitas Pamulang
  15. Universitas Islam “45” Bekasi
  16. Universitas Kristen Indonesia
  17. Universitas Padjadjaran (UNPAD)
  18. Universitas Dharma Persada
  19. Universitas Indonesia (Program Pendidikan Vokasi)
  20. Institut Pertanian Bogor (IPB)
  21. Sekolah Vokasi IPB
  22. Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri
  23. Akademi Sekretaris Widya Mandala Suravaya
  24. Akademi Sekretaris dan Manajemen Bina Insani Bekasi
  25. Akademi Perbanka Yayasan UKI
  26. Stikes Widyagama Husada

Peluang magang di BUMN ternyata tidak hanya terbatas dari kampus favorit saja. Apabila kamu berasal dari Perguruan Tinggi Swasta atau Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Nasional, peluangmu untuk bisa menjalani magang di BUMN pun tetap terbuka lebar. Sebaiknya kamu senantiasa memantau informasi yang terdapat di website resmi universitas atau di tempat magang yang dituju. Jika magang memang menjadi salah satu syarat untuk bisa lulus kuliah, persiapkanlah diri sejak jauh-jauh hari dengan mengumpulkan persyaratan magang. Apa saja yang diperlukan mahasiswa sebagai syarat magang yang dibahas di artikel Mahasiswa dari 26 Universitas Ini Berkesempatan Magang di BUMN, cek di bawah ini?

  • Berbagai macam keperluan surat-menyurat yang dimasukkan dalam sebuah amplop. Persiapan magang tidak hanya terbatas pada keinginan dan niat mendaftar di BUMN saja. Kamu juga perlu menyiapkan persyaratan sebagai seorang mahasiswa seperti surat pengantar yang biasanya disediakan oleh program studi atau jurusan, transkrip nilai dari semester terakhir (sudah memberikan data IPK), fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), Kartu Tanda Penduduk (KTP), Curriculum Vitae (CV), proposal magang, serta surat permohonan untuk bisa magang di BUMN yang dituju.
  • Pakaian magang, baik pakaian yang formal maupun semi formal. Beberapa tempat magang memang mensyaratkan mahasiswa untuk menggunakan atasan berwarna putih dan bawahan hitam, namun ada pula lokasi magang yang membebaskan mahasiswa magangnya berpakaian asalkan masih sopan. Jadi, kamu bisa menggunakan pakaian batik, blouse, atau kemeja sebagai alternatif.
  • Persyaratan pokok untuk bisa diterima magang. Setiap BUMN memiliki kriteria sendiri untuk menjaring mahasiswa magang agar tetap bisa berbaur dengan karyawan lama serta tidak terlalu sulit mengikuti kegiatan magang. Syarat yang ditetapkan tersebut biasanya adalah: Warga Negara Indonesia (WNI), IPK tidak kurang dari 2,5 atau 3,0, Berusia antara 17 tahun hingga 25 tahun, sehat jasmani dan rohani, bebas tindakan hukum dan NARKOBA.

Tertarik magang di BUMN? Jangan lewatkan informasi penting pendaftaran magang BUMN 2018 dan jangan lupa untuk mempelajari artikel Mahasiswa dari 26 Universitas Ini Berkesempatan Magang di BUMN ini. Buatlah daftar perusahaan yang menerima mahasiswa, terutama yang berasal dari kampusmu. Sebagai persiapan, gunakan aplikasi kost Mamikos untuk bisa mendapatkan informasi kost atau hunian sementara bagi mahasiswa yang sesuai budget. Aplikasi tersebut menampilkan informasi kost terbaru yang dapat kamu filter berdasarkan fasilitas, jangka waktu sewa, serta kriteria lainnya. Jika baru pertama kali datang ke lokasi magang dan hanya berencana tinggal semalam saja, kamu bisa mencari informasi sewa kost harian agar pengeluaran tidak membengkak.

Selain bisa mendapatkan informasi magang dari BUMN, kamu juga bisa mencari tahu lowongan magang mahasiswa 2018 apabila universitas tempat kuliah tidak termasuk dalam daftar kampus yang berkesempatan magang di BUMN. Tenang saja, masih banyak tempat belajar yang bisa kamu datangi untuk digunakan sebagai lokasi mengembangkan diri. Cobalah mendaftar di perusahaan swasta atau magang di perusahaan start up yang sesuai dengan passionmu seperti yang telah dicantumkan di artikel Mahasiswa dari 26 Universitas Ini Berkesempatan Magang di BUMN di atas. Jadi, jangan putus asa mencari tempat magang ya!

Bisa dilihat juga lowongan kerja di :

Mahasiswa dari 26 Universitas Ini Berkesempatan Magang di BUMN

Mahasiswa dari 26 Universitas Ini Berkesempatan Magang di BUMN