6 Masalah Yang Sering Dialami Anak Kost, Mulai Masalah Galon Hingga Antri Mandi

6 Masalah Yang Sering Dialami Anak Kost, Mulai Masalah Galon Hingga Antri Mandi – Jadi anak kost yang belajar mandiri di tanah rantau memang tidak selamanya mulus. Ada suka duka yang dialami anak kost, bahkan terkadang ada kejadian lucu yang menimpa. Karena anak kost jauh dari orang tua dan sanak keluarga, ada tuntutan untuk bisa mengatasi masalah secara mandiri.

Problematika yang Sering Dialami Anak Kost

pixabay.com

Hidup anak kost yang selalu mulus tanpa masalah mungkin menjadi idaman setiap orang. Tapi, pada kenyataannya, ada problematika anak kostan yang bahkan lebih berat daripada masalah anak rumahan. Misalnya saja masalah terkait pemilik kost, mulai dari tidak akur dengan pemilik kost, sering ribut dengan penghuni kost lain, hingga merasa tidak bebas.

Jika kamu sudah pernah ngekos sebelumnya, ada pelajaran yang dapat kamu ambil dan diterapkan di tempat kost yang baru. Tapi, untuk kamu yang masih pertama kali ngekost dan bingung dengan masalah anak kost, artikel ini bisa menjadi referensi. Selain jadi paham pada masalah khas anak kost, kamu juga jadi tahu bagaimana cara menghadapinya.

1. Kehilangan Kunci Kamar Kostan

pixabay.com

Ketika seorang anak kost sudah menyewa kamar, pemilik kemudian akan mempercayakan kunci, baik kunci kamar atau kunci pagar kost. Untuk kost bebas, kunci pagar memang sengaja diberikan agar pemilik kost tidak repot membuka dan menutup pagar malam hari. Di kost bebas ini anak kost memiliki jam malam yang bebas, sehingga adanya kunci akan memudahkan akses ke kost.

Masalah terkait kunci yang sering dialami anak kost adalah kunci yang hilang. Ketika kamu sedang jalan-jalan atau kuliah, bisa saja kamu lupa memasukkan kembali kunci kamar ke dalam tas. Atau bisa juga kunci kamar kost terjatuh tanpa kamu sadari. Jika hal tersebut terjadi dan kamu tidak punya kunci duplikat, kamu pasti akan langsung panik. Kamu pun akan langsung menelusuri setiap langkah dari awal keluar kost hingga sadar kalau kuncimu tidak ada.

Parahnya, ketika sudah ditelusuri lama, kunci kamar kost tidak juga ketemu. Beruntung apabila kamar kostmu di lantai yang tidak terlalu tinggi dan ada jendelanya. Kalau tidak ada, bersiaplah untuk memanggil tukang kunci agar bisa masuk ke dalam kamar. Kamu juga harus meminta izin pada teman-teman kost karena memanggil tukang laki-laki apabila di kostmu lawan jenis tidak boleh masuk.

Solusi

Solusinya kunci kamar anak kost yang hilang bermacam-macam. Anak kost sebenarnya bisa menduplikat kunci kamar daripada harus memanggil tukang kunci jika suatu saat mengalami kehilangan. Jika pemilik kost tidak mengizinkan karena khawatir terjadi hal tidak diinginkan, kamu perlu lebih berhati-hati.

Pasanglah gantungan kunci yang cukup panjang agar kunci tetap berada pada tempatnya dan kamu tahu jika kunci tidak ada. Selain itu, kamu bisa menjadikan satu kunci tersebut dengan kunci motor atau kunci yang penting. Jadi, kemana pun kamu pergi, akan lebih mudah memastikan kunci tersebut tetap ada.

2. Galon Air Habis Tengah Malem

pixabay.com

Untuk menghemat pengeluaran, anak kost biasanya membeli air minum galon dan menaruhnya di dalam kamar. Ada kost yang mengizinkan anak kost membawa dispenser agar anak kost bisa menikmati minuman dingin dan panas. Tapi, bagaimana kalau saat kehausan tengah malam air galonnya habis?

Solusi

Jangan khawatir kalau galon air di kamar kost habis tengah malam. Jika hubunganmu dengan teman kamar sebelah cukup baik, mintalah air secukupnya pada temanmu. Karena waktunya tengah malam, pastinya kamu tidak enak kalau harus mengetuk pintu kamar dan membangunkan tidurnya. Manfaatkan fasilitas sosial media, whatsapp atau sms untuk bertanya apakah temanmu sudah tidur atau masih terjaga. Jika dia membalas, kamu bisa melancarkan aksi untuk meminta minum satu atau dua gelas sampai pagi tiba.

Alternatif kedua kalau teman kostmu sudah tidak ada yang bangun adalah dengan memanfaatkan fasilitas antar galon. Memang sangat jarang ada tukang galon yang standby 24 jam, tapi tidak ada salahnya kamu coba.

Jika sudah kehausan dan dua langkah di atas gagal, manfaatkan dapur umum yang ada di kost untuk merebus air minum. Masaklah air secukupnya saja agar tidak menunggu terlalu lama. Tapi pastikan juga bahwa air yang direbus sudah mendidih.

Cara terakhir yang dapat ditempuh adalah dengan ke minimarket terdekat untuk membeli air mineral botolan. Sebaiknya kamu berhati-hati jika lokasi minimarket cukup jauh dan harus melewati tempat sepi. Agar tidak keluar kost, kamu bisa memanfaatkan jasa ojek online untuk mengantar barang, kok.

3. Token Listrik Habis Tengah Malem

pixabay.com

Pernah merasakan lagi seru-serunya ngobrol dengan teman kost, tiba-tiba listrik mati?. Atau lagi serius belajar, tiba-tiba kamar jadi gelap?. Atau yang lebih parah, ketika kamu sedang mandi malam, air tiba-tiba berhenti karena listrik mati?. Masalahnya bisa jadi karena gangguan listrik, sehingga perlu menunggu PLN membetulkan. Tapi, bisa juga masalahnya ada pada token listrik yang sudah habis.

Solusi

Jangan panik dulu kalau kamu kehabisan token listrik malam hari, sehingga suasana kost jadi gelap gulita. Saat ini pembelian token listrik bisa dilakukan di mana saja. Langsung buka saja market place yang menyediakan fasilitas pembelian token listrik, kemudian lakukan pembayaran. Membeli token dari fasilitas bank, seperti SMS banking, ibanking, atau mbanking pun sangat mungkin dilakukan. Tapi, tentu saja kamu harus punya saldo yang cukup agar bisa membeli token sejumlah yang dibutuhkan.

Jika tidak ada satu pun anggota kost yang memiliki fasilitas tersebut, pergilah ke minimarket terdekat untuk membeli token. Saat ini sangat mudah ditemukan minimarket 24 jam yang standby untuk penjualan token hingga pembayaran tagihan.

4. Mau Berak Masih Ada yang Mandi

pixabay.com

Jadwal berak tiap anak kost bisa jadi berbeda-beda. Ada yang rutin ke kamar mandi pagi hari, ada yang sore hari, ada juga yang malam. Tapi, ketika jadwalnya tiba, bagaiamana kalau ternyata di dalam kamar mandi ada orang yang sedang mandi?. Sekalipun sudah diketuk pintunya dan diminta mandi lebih cepat, ternyata tidak juga keluar. Di saat perut sudah sangat sakit, yang dicari pasti kamar mandi terdekat.

Solusi

Pastinya kamu sudah tidak sabar untuk segera buang hajat tapi tetap harus menunggu teman kost keluar dulu. Solusi yang paling mungkin dilakukan adalah mencari kamar mandi cadangan. Biasanya kamar mandi kost tidak hanya satu, bisa di lantai yang sama ataupun di lantai berbeda. Ketika kamar mandi kondisinya penuh semua, segeralah lari ke tempat umum terdekat yang bisa dijangkau, misalnya kamar mandi masjid atau kamar mandi pom bensin. Memang agak memalukan jika harus lari-lari dalam kondisi nahan berak, tapi daripada perut semakin sakit, rasa malu bisa diabaikan dulu.

Jika solusi di atas tidak bisa kamu terapkan padahal masalahnya sering sekali kamu hadapi, sebaiknya pindah kost saja. Di Mamikos ada kost dengan kamar mandi dalam yang akan membuatmu terbebas dari masalah antre berak dan antre mandi. Tentunya kost kamar mandi dalam tersebut fasilitasnya bisa kamu pilih, mulai dari wastafel, bathtub, shower, dan sebagainya.

5. Laundryan Ilang

pixabay.com

Kasus laundry yang hilang juga sangat sering dialami anak-anak kost, apalagi jika ruang cucinya menjadi satu dengan anak kost lainnya. Jika waktu mencuci tidak terjadwal, biasanya anak kost akan bangun lebih pagi agar bisa menggunakan mesin cuci dan ruang jemur. Tapi, masalah muncul ketika anak kost ingin mengambil jemuran yang sudah kering dari jemuran.

Solusi

Jangan langsung panik dan menduga hal macam-macam dulu jika pakaian yang kamu laundry tidak ada. Barangkali pakaian masih tertinggal di mesin cuci atau tergantung di jemuran. Kalau kamu tidak menemukannya, manfaatkan adanya grup internal kost untuk menanyakan posisi bajumu. Siapa tahu ada anak kost lain yang tidak sengaja membawanya ke dalam kamar.

Agar kasus laundry hilang tidak terulang lagi, tandai pakaianmu dengan tanda khusus. Misalnya dengan memberi nama pada pakaian menggunakan pulpen atau spidol. Kamu juga bisa menggunakan ciri khas, seperti hanya membeli pakaian bermotif tertentu, sehingga mudah dikenali. Alternatif lain adalah dengan membuat lokasi menjemur yang terpisah. Misalnya, tempatmu menjemur ada di baris pertama di depan kamar, dan sebagainya. Tapi ini berlaku jika ruang untuk menjemur cukup luas.

Kamu pun bisa mencuci pada hari libur dan langsung mengeringkannya di mesin cuci. Dengan demikian, waktu untuk menjemur agar terkena sinar matahari tidak terlalu lama. Cucian yang kamu tunggu berpotensi untuk tetap utuh jumlahnya.

6. Anak Kost Sebelah Berisik Tiap Malem

pixabay.com

Punya teman kost yang ramai memang seru. Kost tidak sunyi senyap. Tapi, kalau anak kost kamar sebelah tidak tahu waktu dan terus berisik, bahkan sampai dini hari, tentu akan sangat mengganggu.

Solusi

Kamar yang berisik memang sangat mengganggu ketenangan. Tapi, kamu tidak boleh seenaknya menyindir lewat sosmed atau malah menggibah bersama teman kost lainnya. Sebaiknya gangguan tersebut kamu atasi dengan cara yang baik.

Jika masalah berisik baru terjadi sekali atau dua kali, kamu bisa menegurnya dengan halus. Katakan saja “maaf, bisa dikecilkan suara radionya? Aku lagi belajar.” Tapi, kalau anak kost sebelah selalu berisik dan tidak mempan dengan teguranmu, kamu bisa meminta bantuan penghuni kost lainnya. Harapannya agar anak kost sebelah sadar bahwa bukan hanya kamu saja yang terganggu karena dia berisik.

Jika langkah tersebut tetap gagal, laporkan pada piihak yang lebih berwenang, seperti ibu kost. Biarkan ibu kost menegur dengan caranya, atau bisa juga kamu lapor pada Pak RT kalau anak kost sebelah sudah kelewatan.

Siap Jadi Anak Kost?

Pernah mengalami satu atau beberapa masalah anak kost di atas dan tidak betah tinggal di kost?. Kamu bisa mencari suasana baru dengan mencari kost baru menggunakan aplikasi rumah kost Mamikos. Adanya referensi kost murah dalam berbagai macam jangka sewa, mulai dari kost harian hingga kost tahunan yang terjangkau dapat dicoba. Sebagai langkah awal, kamu dapat menyewa kost dalam jangka waktu singkat terlebih dahulu. Teruskan jangka waktu sewa kamar kost apabila kamu merasa cocok dan nyaman pada kost tersebut.

Melalui Mamikos, penjelasan dan detail kost hingga penilaian dari penyewa sebelumnya dapat kamu temukan. Referensi tersebut akan membantumu dalam menentukan kost paling sesuai tanpa harus takut mengalami masalah-masalah khas anak kost. Selamat mencari!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: