13 Mata Pelajaran Penting untuk Pemeringkatan SNMPTN 2022

Mata Pelajaran Penting untuk Pemeringkatan SNMPTN 2022- SNMPTN kepanjangan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan salah satu jalur seleksi penerimaan mahasiswa untuk masuk ke perguraun tinggi negeri dan diselenggarakan secara nasional di Indonesia. Seleksi ini pertama kali diselenggarakan oleh Ditjen Dikti pada tahun 2008 yang pada awalnya terdiri dari dua jalur yaitu SNMPTN undangan dan SNMPTN tulis. Pada tahun 2013, SNMPTN tulis diubah menjadi SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan SNMPTN undangan berganti menjadi SNMPTN (tanpa undangan). Bagi siswa-siswi kelas 3 SMA/SMK/MA/MAK atau sederajat yang sebentar lagi akan menghakhiri masa sekolah dan berencana untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri, salah satu pilihan jalur seleksi yang bisa kamu pilih adalah SNMPTN.

13 Mata Pelajaran Penting untuk Pemeringkatan SNMPTN 2022

Selain SNMPTN, pemerintah telah resmi meluncurkan tiga jalur utama PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) yaitu SNMPTN, SBMPTN dan jalur mandiri masing-masing PTN. Kemendikbud pun telah merilis jadwal serta tahapan SNMPTN 2022. Tujuan SNMPTN di antaranya memberikan kesempatan kepada siswa SMA/SMK/MA/MAK di dalam dan luar negeri yang memiliki prestasi unggul untuk dapat menempuh pendidikan di perguruan tinggi negeri dan memberikan peluang kepada PTN untuk mendapatkan calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi.

Daftar Perguruan Tinggi SNMPTN

Sejak pertama kali diselenggarakan, jumlah Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung dalam SNMPTN bertambah karena adanya sejumlah perguruan tinggi baru yang dialihstatuskan dari swasta ke negeri, perguruan tinggi negeri yang baru berdiri dan perguruan tinggi Islam yang sebelumnya berada di bawah Kementerian Agama kemudian dialikan pengelolaannya kepada Kementerian Ristek dan Dikti. Adapun daftar perguruan tinggi SNMPTN 2022 saat ini antara lain:

ACEH

  1. Universitas Syiah Kuala Aceh
  2. Universitas Malikussaleh Aceh
  3. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Aceh
  4. Universitas Teuku Umar Aceh
  5. Universitas Samudra

SUMATRA UTARA

  1. Universitas Sumatera utara
  2. Universitas Negeri Medan
  3. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

RIAU

  1. Universitas Riau
  2. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim

SUMATRA BARAT

  1. Universitas Andalas
  2. Universitas Negeri Padang

JAMBI

  • Universitas Jambi

KEPULAUAN RIAU

  • Universitas Maritim Raja Ali Haji

BENGKULU

  • Universitas Bengkulu

SUMATRA SELATAN

  1. Universitas Sriwijaya Sumatra Selatan
  2. Universitas Islam Negeri Raden Fatah

LAMPUNG

  1. Universitas Lampung
  2. Institut Teknologi sumatera

KEPULAUAN BANGKA BELITUNG

  • Universitas Bangka Belitung

DKI JAKARTA

  1. Universitas Indonesia
  2. Universitas Negeri Jakarta
  3. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
  4. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

BANTEN

  • Universitas Sultan Agung Tirtayasa

JAWA BARAT

  1. Institut Pertanian Bogor
  2. Universitas Padjadjaran
  3. Universitas Pendidikan Indonesia
  4. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  5. Universitas Siliwangi
  6. Universitas Singaperbangka Karawang

JAWA TENGAH

  1. Universitas Dipenogoro
  2. Universitas Negeri Semarang
  3. Universitas Jenderal Soedirman
  4. Universitas Sebelas Maret
  5. Universitas Tidar Magelang

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

  1. Universitas Negeri Yogyakarta
  2. Universitas Gadjah Mada
  3. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  4. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta

JAWA TIMUR

  1. Universitas Airlangga
  2. Istitut Teknologi Sepuluh November
  3. Universitas Negeri Surabaya
  4. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
  5. UPN “Veteran” Surabaya
  6. Universitas Trunojoyo Madura
  7. Universitas Brawijaya
  8. Universitas Negeri Malang
  9. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
  10. Universitas Jember

BALI

  1. Universitas Udayana
  2. Universitas Pendidikan Ganesha

NUSA TENGGARA BARAT

  • Universitas Mataram

NUSA TENGGARA TIMUR

  1. Universitas Nusa Cendana
  2. Universitas Timor

KALIMANTAN BARAT

  • Universitas Tujungpura

KALIMANTAN BARAT

  • Universitas Tanjungpura

KALIMANTAN TENGAH

  • Universitas Palangka Raya

KALIMANTAN SELATAN

  • Universitas Lambung Mangkurat

KALIMANTAN TIMUR

  1. Universitas Mulawarman
  2. Institut Teknologi Kalimantan

KALIMANTAN UTARA

  • Universitas Borneo Tarakan

SULAWESI UTARA

  1. Universitas Sam Ratulangi
  2. Universitas Negeri Manado

GORONTALO

  • Universitas Negeri Gorontalo

SULAWESI TENGAH

  • Universitas Tadulako

SULAWESI TENGGARA

  1. Universitas Halu Oleo
  2. Universitas 19 November Kolaka

SULAWESI SELATAN

  1. Universitas Hasanuddin
  2. Universitas Negeri Makassar
  3. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

SULAWESI BARAT

  • Universitas Sulawesi Barat

MALUKU UTARA

  • Universitas Khairun

MALUKU

  • Universitas Pattimura

PAPUA BARAT

  • Universitas Negeri Papua

PAPUA

  1. Universitas Cenderawasih
  2. Universitas Musamus

Setelah mengetahui daftar perguruan tinggi terdaftar SNMPTN, saatnya untuk memilih perguruan tinggi idamanmu melalui seputar informasi tentang Pemeringkatan SNMPTN termasuk Mata Pelajaran untuk Pemeringkatan SNMPTN serta trik untuk memaksimalkan peluang di SNMPTN.

Memaksimalkan Peluang di SNMPTN

Proses seleksi SNMPTN bukan yang bisa dikuantifikasi karena dalam prosesnya akan menghasilkan lolos dan tidak lolos. Meskipun nilai akademikmu di sekolah terbaik, namun belum tentu baik dalam rangking nasional karena kamu akan berkompetisi dengan ribuan bahkan jutaan siswa yang terdaftar dalam SNMPTN. Untuk memaksimalkan peluang dalam SNMPTN sebaiknya ikuti saran berikut meskipun sulit untuk diukur.

A. Indikator Penilian SNMPTN

Perlu kamu tahu bahwa nilai raport bukan satu-satunya indikator yang dapat meloloskan seorang siswa masuk perguruan tinggi negeri berdasarkan hasil seleksi SNMPTN karena jika demikian KKM akan meninggi-ninggikan nilai siswanya. Jika bukan nilai rapor saja, lantas apa yang menjadi penilaian SNMPTN? Selain nilai rapor, indeks sekolah pun menjadi faktor penilaian SNMPTN yang sangat penting. Adapun kemungkinan besar yang menjadi kriteria penilaian SNMPTN berdasarkan hasil publikasi dari salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia yaitu:

  1. Faktor kualifikasi siswa: Nilai rapor (besar nilai, konsistensi, rata-rata, nilai mata pelajaran tertentu) dan prestasi siswa (tingkat internasional, nasional, provinsi, kabupaten/kota, tidak ada prestasi)
  2. Faktor Indeks Sekolah : Kategori akreditasi (A,B,C dan Tanpa Akreditasi), Jenis Kelas (Akselerasi, RSBI, Reguler), IPK dan prestasi alumni PTN yang dituju, nilai SBMPTN tahun sebelumnya di PTN yang bersangkutan, banyak di terima di SNMPTN tahun sebelumnya di PTN yang bersangkutan, track record sekolah dan prestasi sekolah dalam perlombaan tingkat daerah/nasional dan internasional.
  3. Faktor Pemerataan Daerah : Kebijakan PTN untuk memberikan kuota kepada setiap daerah yang kelak setelah lulus diharapkan mampu memajukkan dan berkontribusai untuk daerah asal.

B. Tips Memaksimalkan Peluang Diterima di SNMPTN

Setiap siswa yang mengikuti seleksi jalur SNMPTN tentu ingin diterima dan masuk perguruang tinggi yang dipilih. Namun dalam kenyataannya tidak semudah yang dibayangkan dan tidak dapat diukur. Kamu dapat memaksimalkan peluang diterima di SNMPTN dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Tentukan jurusan yang diinginkan
  2. Pelajari secara detil jurusan yang diinginkan di PTN pilihanmu pada website SNMPTN seperti informasi umum, jurusan yang dapat memilih program ini, jumlah pendaftar, jumlah diterima, jumlah siswa diterima berdasarkan jurusan, sebaran siswa diterima, jumlah siswa yang diterima berdasarkan provinsi.

Adapun kesalahan yang kerap dilakukan siswa dalam SNMPTN di antaranya salah memilih jurusan atau PTN berdasarkan passing grade, terlalu berharap pada perguruan tinggi negeri pilihan 2, tidak serius memilih jurusan, ikut-ikutan teman, ragu dengan perguruan tinggi negeri yang sepi peminat, memilih jurusan dengan passing grade yang rendah, memilih jurusan yang paling besar nilai rapornya dan terlalu membuang banyak waktu. Sebaiknya faktor-faktor ini hindari supaya peluang diterima SNMPTN semakin maksimal.

Ketentuan SNMPTN 2022

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan SNMPTN 2020 kali ini ada kebijakan baru yang ditetapkan oleh pemerintah yaitu Kebijakan “Single Sign On” dan Pemeringkatan Siswa pada PDSS. Di antara perubahan penting SNMPTN 2022 yaitu:

  1. Peserta wajib memiliki akun LTMPT untuk diketahui calon peserta SNMPTN, UTBK dan SBMPTN 2022 yang diterapkan pada kebijakan Single Sign On dengan melakukan registrasi pada web https://portal.ltmpt.ac.id.
  2. Pemeringkatan oleh sekolah. Berbeda dari tahun lalu untuk pemeringkatan siswa berbasis data pendidikan, tahun 2022 Pangkalan Data Sekolah dan Siswa dilakukan oleh sekolah karena sekolah lebih mengetahui kondisi serta kemampuan siswa. Sedangkan untuk orang tua, sekolah dan masyarakat dapat memantau pemeringkatan jika khawatir terjadi menipulasi data. Jumlah siswa yang masuk dalam pemeringkatan mengikuti ketentuan kuota akreditas sekolah yaitu Sekolah Akreditasi A sebanyak 40%, sekolah akreditasi B 25% dan sekolah akreditasi C sebanyak 5%.

Jadwal Pendaftaran SNMPTN

Cara melakukan pendaftaran SNMPTN 2022 sangat mudah dengan ketentuan, siswa yang dapat mengikuti seleksi jalur SNMPTN adalah memiliki kriteria pemeringkatan oleh LTMTP dengan menggunakan NISN serta password login ke halaman web SNMPTN. Aktifitas yang kemudian dilakukan oleh siswa adalah mengisi biodata sesuai dengan permintaan sistem terdiri dari pilihan PTN serta program studi yang diminati siswa. Para siswa diminta untuk mengunggah pasfoto resmi terbaru serta dokumen prestasi tambahan jika tersedia. Bagi siswa yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh pihak Kepala Sekolah pada web http://www.snmptn.ac.id. Langkah terakhir, semua siswa pendaftar diwajibkan untuk mencetak bukti pendaftaran peserta SNMPTN.

Mata Pelajaran Penting untuk Pemeringkatan SNMPTN

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa pemeringkatan siswa dilakukan oleh sistem Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) berdasarkan beberapa mata pelajaran penting untuk pemeringkatan SNMPTN yaitu:

  1. Jurusan IPA : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika dan Biologi
  2. Jurusan IPS : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi dan Geografi
  3. Jurusan Bahasa : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing
  4. SMK : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan)

Itulah informasi seputar Mata Pelajaran Penting untuk Pemeringkatan SNMPTN yang perlu kamu ketahui serta informasi lain yang mendukung dalam proses pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi negeri. Selamat berjuang!!!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta