Materi, Contoh Soal dan Tips Lulus UM-PTKIN 2020

 Nana | Sen, 06 Apr 2020

Materi, Contoh Soal dan Tips Lulus UM-PTKIN 2020– Dalam kesempatan ini, Mamikos hendak memberitahu kamu semua mengenai materi, contoh soal dan tips lulus UM-PTKIN 2020 yang pasti dibutuhkan oleh sebagian besar kamu semua pembaca setia blog Mamikos. Oleh karenanya, dalam artikel ini Mamikos akan membahas materi, contoh soal dan tips lulus UM-PTKIN 2020 sampai tuntas.

Jika kamu belum paham apa itu UMPTKIN, maka Mamikos akan menjelaskan sedikit. UM-PTKIN merupakan kepanjangan dari Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yaitu UIN, IAIN dan STAIN melalui jalur ujian tulis. Bisa dikatakan jika jalur UM-PTKIN mirip dengan SBMPTN secara model seleksi karena sama-sama menggunakan nilai ujian tulis dalam penilaiannya. Artinya, peluang lulus UM-PTKIN atau tidak ditentukan dari seberapa besar nilai UM-PTKIN kamu dibanding pesaing/ rival kamu yang mengambil kampus dan jurusan yang sama dengan kamu.

Materi, Contoh Soal dan Tips Lulus UM-PTKIN

https://www.iainpare.ac.id/

Informasi lain yang bisa Mamikos sampaikan terkait UMPTKIN dan materi, contoh soal dan tips lulus UM PTKIN 2020 ini adalah pendaftaran UMPTKIN 2020 yang telah dibuka. Untuk tes UMPTKIN 2020 akan dilakukan secara Sistem Seleksi Elektronik (SSE) atau komputer.

Jadwal Pelaksanaan UM-PTKIN 2020

Kegiatan Jadwal Semula Jadwal Perubahan
Pendaftaran / Pembayaran 01 Mei – 30 Juni 2020 01 Mei – 05 Juli 2020
Cetak Kartu Ujian 01 Juli – 09 Juli 2020 09 Juli – 17 Juli 2020
Pelaksanaan Ujian 15 Juli – 22 Juli 2020 03 Agustus – 10 Agustus 2020
Pengumuman 28 Juli 2020 24 Agustus 2020

*Surat edaran perubahan jadwal bisa di download di sini

Materi UM-PTKIN 2020

Kamu pasti penasaran bukan dengan apa saja materi UM-PTKIN nanti? Simak penjelasan Mamikos mengenai materi, contoh soal dan tips lulus UM-PTKIN 2020 sebagai berikut. Kumpulan soal-soal UM-PTKIN yang akan diujikan meliputi beberapa bidang ujian:

  • Tes Kemampuan Dasar TKD (VERBAL & KUANTITATIF)
  • Bahasa (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris)
  • Tes Kemampuan Bidang IPA (Matematika Dasar Fisika, Kimia, Biologi, dan Matematika)
  • Tes Kemampuan Bidang IPS (Matematika Dasar, Sosiologi, Ekonomi, Geografi, Sejarah)
  • Soal Keislaman UMPTKIN (Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam dan Akidah Akhlak)

Kesimpulannya, apabila kamu tertarik untuk masuk UIN, IAIN, dan STAIN melalui jalur UM-PTKIN 2020, maka dari sekarang kamu harus mempelajari materi, contoh soal dan tips lulus UM-PTKIN 2020. Lakukan persiapan UM-PTKIN sematang mungkin dari sekarang. Manfaatkan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya dengan belajar soal UM-PTKIN. Tidak ada hasil yang mengkhianati usaha. Jadi teruslah belajar dan simak lebih lanjut mengenai materi, contoh soal dan tips lulus UM-PTKIN 2020

Contoh Soal UM-PTKIN

Contoh Soal UM-PTKIN IPS (Sejarah)

Salah satu prosedur dalam penelitian dan penulisan sejarah adalah kritik yang ditunjukkan dalam kegiatan berikut ini:

  1. Mengumpulkan dokumen, naskah, prasasti, dan benda-benda peninggalan sejarah.
  2. Mewawancarai tokoh-tokoh sejarah atau saksi dari suatu peristiwa sejarah
  3. Menuliskan kisah sejarah sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan.
  4. Mengecek apakah dokumen yang ditemukan masih utuh atau tidak

Jawaban: A

Kritik sejarah adalah sebuah metode tafsir yang mempertimbangkan faktor historis dari suatu teks untuk dapat menggali maknanya secara lebih mendalam. Dalam ilmu sejarah, kritik dilakukan untuk mencari kebenaran suatu sumber sejarah. Terdapat dua jenis kritik sejarah:

Kritik internal (Uji kredibilitas) merupakan kritik yang membangun dari dalam sejarah, yang didasarkan pada arti sebenarnya dari suatu kesaksian.

Kritik eksternal merupakan kritik yang membangun dari luar sejarah, yang dilakukan dengan mencari kebenaran sumber sejarah melalui sejumlah pengujian terhadap berbagai aspek di luar sumber sejarah.

Contoh Soal UM-PTKIN IPA (Matematika)

Pada awal tahun 2016 sebuah stasiun TV menayangkan turnamen futsal yang melibatkan 6 klub profesional yang mengikuti kompetisi untuk memperoleh skor terbaik. Setiap tim bermain tepat satu kali dengan tiap tim yang lain. Panitia menerapkan aturan penskoran hasil pertandingan sebagai berikut:

1 Dalam setiap pertandingan, tim yang menang memperoleh skor 3, sedangkan yang kalah memperoleh skor 0.
2 Dalam pertandingan yang berakhir seri, kedua tim masing-masing memperoleh skor 1. Di akhir turnamen, diketahui bahwa total skor yang diperoleh semua tim adalah 39.

Banyak pertandingan seri yang terjadi dalam turnamen ini adalah…

  1. 4
  2. 6
  3. 8
  4. 10

Jawaban B

Contoh Soal UPMTKIN Keislaman

1. Di bawah ini adalah pengertian iman yang tepat…

  1. Kepercayaan yang teguh dan tidak tergoyahkan
  2. Meyakini dan Membenarkan dalam hati diucapkan dengan lisan dan diamalkan dalam perbuatan
  3. Meyakini atas wujud Tuhan Yang Maha Esa
  4. Penyerahan diri secara totalitas kepada Allah SWT
  5. Kepercayaan yang kuat dalam hati sanubari atas kekuasaan Allah SWT

Jawaban B

2. Hikmah Diturunkannya Al-Quran secara berangsur-angsur adalah…

  1. Mempermudah Nabi SAW untuk menuliskannya
  2. Menunjukkan Keagungan dan Kehebatan Al-Quran
  3. Menunjukkan bahwa Al-Quran bener-bener merupakan firman Allah SWT
  4. Mempermudah pelaksanaan hukum-hukum yang terkandung di dalam Al-Quran

Jawaban B

Contoh Soal UMPTKIN TPA dan Academic Attitude Pembahasan

Konotasi >< …

  1. Asumsi
  2. Sugesti
  3. Asosiasi
  4. Denotasi

Jawaban D

Konotasi: Asosiasi, implikasi, siratan, sugesti/maksa Denotasi merupakan kata yang sesuai dengan makna sebenarnya atau sesuai dengan makna kamus. Makna konotasi merupakan makna yang bukan sebenarnya dan merujuk pada hal yang lain. Makna konotasi adalah makna kiasan.

Denotasi: Makna kata atau kelompok kata yang didasarkan atas penunjukan yang lugas pada sesuatu di luar bahasa atau yang didasarkan atas konvensi tertentu dan bersifat objektif.

Tips Belajar UM-PTKIN 2020

Selain materi, contoh soal dan tips lulus UM-PTKIN 2020, Mamikos juga memberikan tips belajar UM-PTKIN yang bisa kamu lakukan sejak sekarang. Karena UM-PTKIN ini model seleksi berbasis ujian tulis (bukan rapot) maka tidak ada cara lain selain belajar materi UM-PTKIN yang bisa kamu lakukan sejak sekarang. Lantas bagaimana atau darimana kamu belajar? Ada beberapa langkah yang bisa kamu tempuh. Salah satunya adalah belajar melalui buku-buku atau contoh soal mengenai prediksi soal UM-PTKIN.

Sebab biasanya dalam buku UM-PTKN juga telah dilengkapi dengan ringkasan materi-materi UM-PTKIN yang mengacu pada kisi-kisi UM-PTKIN. Dengan begitu, kamu dapat belajar lebih efektif ditengah pelaksanaan tes hari-H yang semakin dekat. Soal-soal tahun sebelumnya juga bisa jadi bahan belajar agar kita bisa memprediksi tipe soal UM-PTKIN yang sering muncul dalam ujian nanti.

Tips Lulus UM-PTKIN

Makanya setelah mengupas materi, contoh soal dan tips lulus UM-PTKIN 2020, Mamikos ingin memberikan kamu tips lulus UM-PTKIN yang bisa kamu sontek sebagai berikut.

  • Belajar Dengan Rajin

Pesan Mamikos untuk kamu yang akan mengikuti tes apapun, sebaiknya persiapkan diri dengan belajar dengan sungguh-sungguh. Minimal selama satu bulan berturut-turut. Jangan pernah belajar secara mendadak, semisal seminggu sebelum tes baru belajar itu sangat tidak dianjurkan. Belajar secara teratur tidak akan membuat otak stres dan persiapan yang amburadul. Akan berbeda dengan belajar yang secara mendadak. Sebab sama saja kamu sudah tidak berniat lulus.

  • Istirahat Cukup

Selain belajar, kamu juga harus perbaiki kualitas istirahat kamu. Sebab manusia memiliki waktu istirahat yang berbeda-beda, makanya kamu harus istirahat yang cukup. Tidak perlu ragu mengambil tidur di malam hari setelah kamu lelah belajar. Kenali kebutuhan istirahat kamu dan lakukan istirahat yang teratur, karena dengan istirahat yang cukup bisa membuat pikiran kamu jadi lebih segar dan percayalah, kamu juga akan lebih siap menghadapi ujian apapun.

  • Kenali lokasi/ tempat Berlangsungnya Tes

Mungkin terlihat, akan tetapi ini sangat penting agar kamu semua tidak terlambat ketika datang ke tempat tes. Banyak orang yang menyepelekan tentang hal ini akibatnya banyak juga yang terlambat datang dan akhirnya mereka sendiri yang rugi. Jadi kamu harus mengenali dengan baik mengenai lokasi atau tempat diadakannya tes berlangsung agar kamu bisa datang tepat waktu. Orang yang selalu datang tepat waktu adalah orang yang menghargai dirinya sendiri.

  • Jangan Begadang Saat Kamu Akan Menghadapi Ujian

Mamikos sudah jelaskan di atas bahwa istirahat cukup dapat menambah kesiapan dalam menghadapi ujian. Namun cara agar kamu lebih siap dan penuh berkonsentrasi adalah dengan tidak begadang untuk hal percuma dan tidak berguna. Seperti maraton nonton film, main gim atau nongkrong bersama teman-teman. Padahal besok paginya kamu akan menghadapi ujian penting UM-PTKIN. Akan tiba masanya kamu bisa leluasa mencari hiburan atau refreshing setelah ujian UM-PTKIN ini selesai.

  • Jangan Segan Membawa Air Minum

Hal ini juga bisa dibilang penting. Sebab Mamikos rasa dengan membawa air minum ke dalam ruangan, kamu juga bisa lebih tenang.

Mamikos harap dengan adanya informasi materi, contoh soal dan tips lulus UM-PTKIN 2020, kamu jadi bisa lebih mempersiapkan diri dan optimis dapat mengikuti ujian dengan lancar. Di aplikasi pencari kost Mamikos, selain kamu bisa memperoleh informasi materi, contoh soal dan tips lulus UM-PTKIN 2020, kamu juga bisa mendapat info hunian kost yang kamu perlukan dengan lebih efisien dan mudah. Cukup dengan mengunduh aplikasi pencari kostnya di Appstore dan Playstore, informasi hunian kost yang kamu butuhkan bisa dengan mudah kamu dapatkan.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: