Rangkuman Materi Informatika/TIK Kelas 10 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka

Rangkuman Materi Informatika/TIK Kelas 10 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka – Di zaman modern seperti sekarang ini, pemanfaatan TIK sebagai alat pembelajaran dalam dunia pendidikan tentu tidak cukup.

Mengingat kini dunia global sudah memasuki era revolusi industri generasi keempat atau Revolusi Industri 4.0 (Industrial Revolution 4.0/IR 4.0).

Revolusi industri ini menghadirkan sistem cyber-physical, dimana industri, bahkan kehidupan sehari-hari mulai bersentuhan dengan dunia virtual. Era ini secara tidak langsung juga telah menghadirkan teknologi disruptif yang menggantikan peran manusia.

Berikut Rangkuman Materi Informatika/TIK Kelas 10 Semester 1 dan 2

unsplash.com/NordWoodThemes

Guna mengikuti perkembangan tersebut, sistem pendidikan Indonesia tentu perlu memasukkan Informatika sebagai dasar-dasar pengetahuan dan kompetensi.

Hal ini dilakukan agar dapat membentuk masyarakatnya menjadi insan yang cerdas dan punya daya saing di kawasan regional maupun global.

Nah, kini Informatika menjadi salah satu disiplin ilmu yang akan kamu temui di bangku SMA kelas 10.

Mata pelajaran Informatika di kelas 10 sebagian besar merupakan kelanjutan dari materi informatika di jenjang SMP.

Berikut adalah rangkuman materi Informatika kelas 10 semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka yang Mamikos kutip dari Buku Informatika dari Kemendikbud dan bisa jadi referensi belajar di rumah.

Bab 1 Informatika dan Keterampilan Umum

Setelah mempelajari bab satu ini, siswa diharapkan mampu berkolaborasi dalam tim dan mengomunikasikan hasilnya dengan efektif dan efisien.

A. Tentang Informatika di Sekolah Menengah Atas

Informatika merupakan bidang ilmu mengenai studi, perancangan, dan pembuatan sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang menjadi dasar perancangan tersebut.

Komputasi sendiri merupakan ilmu yang berkaitan dengan pemodelan matematika dan penggunaan komputer untuk memecahkan masalah-masalah sains.

Nah, istilah informatika ini sepadan dengan istilah dalam bahasa Inggris Informatics, Computing, atau Computer Science. Informatika mencakup pemodelan dari “komputasi” dan aplikasinya dalam pengembangan sistem komputer.

Landasan berpikir untuk belajar informatika dinamakan berpikir komputasional (Computational Thinking).

Berpikir komputasional ini merupakan suatu kerangka dan proses berpikir yang mencakup perangkat keras, perangkat lunak, dan menalar (reasoning) mengenai sistem dan persoalan.

Moda berpikir (thinking mode) ini didukung dan dilengkapi dengan pengetahuan teoritis dan praktis, serta teknik untuk menganalisis, memodelkan dan memecahkan persoalan.

Siswa yang belajar informatika akan mendalami bagaimana suatu “sistem komputasional” berfungsi, baik yang mengandung komputer maupun tidak.

Saat ini manusia hidup di era digital yang sering disebut Industri 4.0. Dalam industri 4.0, banyak hal dilakukan oleh manusia dengan memanfaatkan mesin cerdas berbasis komputer dan internet.

Masyarakat sekarang ini disebut masyarakat 5.0 (society 5.0) karena hidup di dunia fisik sekaligus

di dunia siber (maya) saat melakukan kegiatan daring.

Banyak kegiatan dilakukan manusia secara fisik maupun secara daring dengan pemanfaatan teknologi komputer dan internet.

B. Keterampilan Generik

Dalam konsep kurikulum informatika, dikenal adanya 7 aspek praktik lintas bidang, di mana 2 di antaranya bersifat umum dan akan dipraktikkan di mana-mana.

Tentunya, tidak semuanya harus dipraktikkan sekaligus pada satu aktivitas. Tujuh aspek praktika informatika itu adalah:

  1. Membina dan menumbuhkan budaya kerja masyarakat digital dalam tim yang inklusif.
  2. Berkolaborasi untuk melaksanakan tugas dengan tema komputasi.
  3. Mengenali dan mendefinisikan persoalan yang pemecahannya dapat didukung dengan sistem komputasi.
  4. Mengembangkan dan menggunakan abstraksi.
  5. Mengembangkan artefak komputasi, misalnya membuat program sederhana untuk menunjang model komputasi yang dibutuhkan di pelajaran lain.
  6. Mengembangkan rencana pengujian, menguji dan mendokumentasikan hasil uji artefak komputasi.
  7. Mengkomunikasikan suatu proses, fenomena, solusi TIK dengan mempresentasikan, memvisualisasikan serta memperhatikan hak kekayaan intelektual.

Bab 2 Berpikir Komputasional

Melalui Berpikir komputasional (BK), siswa akan berlatih berpikir seperti seorang ilmuwan Informatika, bukan berpikir seperti komputer karena komputer adalah mesin.

Terdapat 4 fondasi berpikir komputasional yang dikenal dalam ilmu Informatika, yaitu Abstraksi, Algoritma, Dekomposisi, dan Pola, yang sangat mendasar.

Karakteristik Berpikir Komputasional

Mengutip laman UKWMS, berpikir komputasional mempunyai beberapa karakteristik antara lain sebagai berikut:

  • Berdasarkan konsep, bukan pemrograman, yaitu berpikir dalam komputer-sains berarti lebih dari sekedar pemrogaman komputer karena dibutuhkan berpikir pada beberapa tingkat abstraksi.
  • Mendasar, bukan menghafal karena menghafal berarti rutinitas mekanikal. Sedangkan kemampuan dasar yaitu kemampuan yang harus dimiliki setiap orang di zaman sekarang.
  • Cara manusia berpikir, bukan cara komputer berpikir. Hal ini dikarenakan manusia merupakan makhluk yang cerdas dan imajinatif. Komputer seharusnya dikendalikan oleh manusia untuk menemukan suatu pemecahan masalah, bukan sebaliknya.
  • Saling melengkapi dan mengkombinasikan antara pemikiran matematis dan pemikiran teknik.
  • Merupakan ide, bukan benda, hal ini bukan sekedar software atau hardware yang secara fisik ada dikehidupan kita. Akan tetapi lebih pada konsep-konsep komputasional yang kita gunakan untuk mendekati dan memecahkan masalah, mengatur kehidupan sehari-hari, dan interaksi dengan orang lain.

Bab 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi

Aplikasi office (aplikasi perkantoran) merupakan kumpulan aplikasi yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan perkantoran. Karena berupa aplikasi, fitur-fiturnya sudah tersedia dan dapat langsung digunakan oleh pengguna, tanpa harus membangunnya sendiri menggunakan bahasa pemrograman.

Secara umum, aplikasi perkantoran terbagi menjadi beberapa jenis menurut kegunaan dan fungsinya. Tiga di antaranya yang paling banyak digunakan ialah seperti berikut.

  1. Aplikasi pengolah kata (word processor). Aplikasi ini fitur utamanya digunakan untuk membuat dan mengolah dokumen, misalnya membuat surat, menyusun laporan, dan lain-lain. Contoh aplikasi pengolah kata ialah Microsoft Word, Open Office Word, Google Docs, dan lain-lain.
  2. Aplikasi pengolah lembar kerja (spreadsheet). Aplikasi ini fitur utamanya digunakan untuk mengelola data yang disajikan dalam bentuk lembar kerja, yaitu tabel dua dimensi yang terdiri atas kolom dan baris fitur-fitur yang tersedia dapat mempermudah perhitungan data dan mengolah data secara statistik, dan dapat menampilkannya dalam bentuk diagram. Contoh aplikasi spreadsheet ialah Microsoft Excel, OpenOffice Spreadsheet, Google Sheet, dan lain lain.
  3. Aplikasi pembuat bahan presentasi yang disebut slide. Aplikasi ini fitur utamanya digunakan untuk memudahkan kita untuk membuat slide presentasi dengan mudah dan cepat serta menghasilkan slide yang menarik. Slide presentasi adalah objek yang terdiri atas butir-butir penjelasan, dapat disertai gambar atau ilustrasi lainnya. Contoh perangkat lunak pembuat presentasi ialah Microsoft Office PowerPoint, OpenOffice Presentation, Google Slide, dan lain-lain.

Bab 4 Jaringan Komputer dan Internet

Di jenjang SMP, kamu tentunya telah mengenal perangkat keras dan perangkat lunak. Di kelas 10, kamu akan diajak untuk menjenguk lebih dalam ke dalam “mesin” komputer.

Gunanya untuk memahami komponen-komponen di dalam perangkat keras komputer secara lebih rinci, tetapi dalam bentuk abstraksi, dan bagaimana instruksi atau perintah yang ditulis sebagai program komputer dijalankan.

A. Komputer dan Komponen Penyusunnya

Secara umum, komputer adalah peralatan elektronik yang menerima masukan data, mengolah data, dan memberikan hasil keluaran dalam bentuk informasi, baik itu berupa gambar, teks, suara, maupun video.

Secara sederhana, sebuah komputer menerima masukan dari peranti masukan, memproses masukan tersebut, dan menghasilkan output.

Sistem komputer sendiri terdiri atas beberapa bagian berikut:

  • Perangkat Keras (Hardware), komponen fisik pada komputer yang dapat disentuh, dilihat atau dipindahkan. Contoh perangkat keras ialah mouse, hard disk, processor, RAM, printer, scanner dll.
  • Perangkat Lunak (Software), tidak terlihat secara fisik, tetapi berfungsi dan dapat dioperasikan oleh pengguna melalui antarmuka yang disediakan.
  • Pengguna, orang yang menggunakan atau mengoperasikan komputer.

B. Interaksi Manusia dan Komputer

Sebuah sistem komputasi terdiri atas perangkat keras dan perangkat lunak yang saling berinteraksi.

Interaksi antarmuka seringkali digunakan untuk menghubungkan perangkat satu dengan perangkat lainnya, mulai dari perangkat masukan dan keluaran yang dikendalikan oleh sistem operasi, dan kemudian dapat ditambahkan berbagai aplikasi yang dapat dipakai oleh pengguna.

Berbagai macam jenis interaksi dapat dilakukan oleh pengguna dengan sistem komputer, di antaranya seperti berikut.

  • Berbasis GUI (Graphical User Interface)
  • Antarmuka Berbasis Perintah (Command Line Interface/CLI)
  • Melalui Suara (Audio)
  • Melalui Berbagai Piranti Masukan Lainnya

C. Kolaborasi dalam Sistem Komputer

Sistem operasi pun berkolaborasi dengan aplikasi untuk berinteraksi dengan pengguna. Kolaborasi itu menghasilkan sebuah sistem komputasi yang akan bermanfaat bagi pengguna.

Pada sistem-sistem otonom, sistem komputasi tidak hanya berkomunikasi dengan manusia, tetapi juga berinteraksi dengan alam sekitarnya.

Perekam gambar, suara, dan signal lainnya akan dapat mengirimkan data ke sistem untuk diolah. Inilah dasar dari sistem IoT (Internet of Things) di mana di sekeliling manusia dipasang perangkat-perangkat yang mampu menangkap data dan mengirimkan ke komputer.

Dalam sebuah komputer, komponen-komponennya saling berhubungan. Demikian juga antara satu komputer dan komputer lainnya akan berhubungan melalui jaringan, mulai dari jaringan lokal sampai jaringan global internet.

Bahwa dalam sistem komputer, terjadi interaksi dan kolaborasi. Ini dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, seperti software yang digunakan di sebuah toko, warnet, kantor, rumah sakit, dan sebagainya.

D. Sistem Operasi

Sistem operasi (OS) adalah perangkat lunak sistem yang mengelola perangkat keras komputer, sumber daya perangkat lunak, dan menyediakan layanan umum untuk program komputer.

Sistem operasi berfungsi untuk mengendalikan, mengontrol atau memberikan koneksi antarperangkat keras komputer. Contoh dari sistem operasi ialah MS Windows, Linux, MacOS, Android, iOS, dan sebagainya.

Nah, di atas tadi merupakan rangkuman materi Informatika/TIK kelas 10 kurikulum merdeka yang bisa Mamikos bagikan.

Buat kamu yang ingin mengulik lebih banyak lagi tentang informasi tentang rangkuman materi mata pelajaran lainnya, seperti Ringkasan Materi Bahasa Indonesia Kelas 10 hingga Materi Matematika Kelas 10, kamu bisa kunjungi situs blog Mamikos dan temukan informasinya di sana.

FAQ

Apa saja yang dipelajari siswa kelas 10 tentang informatika?

Dirangkum dari buku Panduan Guru Informatika karya Wahyono dkk, di antara topik yang akan dipelajari siswa kelas 10 kurikulum merdeka adalah analisis data, algoritma dan pemrograman, berpikir komputasional, dan sistem komputer.

Apa isi pelajaran TIK?

Mata pelajaran ini sendiri Memberikan pengetahuan kepada siswa mengenai perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, perangkat-perangkat komputer, software, hardware dan tips atau trik menggunakan komputer lainnya.

Apa yang anda ketahui tentang materi TIK?

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi.

Apa perbedaan antara TIK dan informatika?

Pada tingkat Sekolah Menengah, TIK akan berfokus pada pengenalan dan juga pengaplikasian teknologi dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya adalah belajar menggunakan komputer, internet, dan perangkat lunak aplikasi. Sementara itu, informatika adalah suatu mata pelajaran yang merupakan perluasan serta pendalaman dari TIK.

TIK mencakup apa saja?

TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Istilah Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta