Materi, Jadwal Ujian Serta Tempat Ujian Jalur Mandiri UB 2021

Materi, Jadwal Ujian Serta Tempat Ujian Jalur Mandiri UB 2021 – Jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri seperti Universitas Brawijaya (UB) sudah dibuka. Salah satu kampus favorit di Indonesia ini banyak diminati karena menyediakan banyak pilihan jurusan. Bagi kamu yang lulus dari Sekolah Menengah Atas atau sederajat, mencoba peluang sebagai mahasiswa baru di UB adalah pilihan tepat.

Informasi Ujian Jalur Mandiri Universitas Brawijaya Malang 2021

urbanasia.com

Universitas Brawijaya merupakan kampus favorit yang ada di Jawa Timur. Peminat Universitas Brawijaya bahkan senantiasa meningkat. Tidak hanya karena lulusannya yang kompeten saja, tetapi juga kualitas para pengajarnya. Untuk bisa diterima sebagai mahasiswa Universitas Brawijaya, sebenarnya ada beberapa jenis tes masuk.

Terdapat tes yang diselenggarakan secara serentak serta ujian mandiri. Adapun ujian yang dilakukan serentak adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Ada pula ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Apabila kamu belum diterima dengan dua jenis tes tersebut, masih ada peluang diterima sebagai mahasiswa Universitas Brawijaya melalui jalur mandiri.

Informasi Seputar Ujian Mandiri Universitas Brawijaya

Bagi kamu yang berencana untuk meneruskan studi di Universitas Brawijaya, manfaatkanlah peluang studi dari jalur mandiri. Seleksi masuk jalur mandiri tersebut adalah ujian yang dilakukan secara mandiri oleh Universitas Brawijaya.

Syarat Mengikuti Ujian Mandiri Universitas Brawijaya

Syarat untuk bisa mengikuti ujian mandiri di UB tidak sama dengan seleksi masuk jalur SNMPTN atau SBMPTN. Penuhilah syarat wajib berikut agar kamu dapat diterima:

1. Pendaftar adalah Warga Negara Indonesia (WNI)

2. Pendaftar ujian mandiri UB adalah lulusan SMA/ sederajat tahun 2019, 2020 dan 2021

3. Pendaftar yang lulus tahun 2020, 2019, serta paket C wajib memiliki ijazah

4. Apabila lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan lulusan paket C tahun 2021 yang belum mendapatkan ijazah wajib memiliki Surat Keterangan Lulus. Pada SKL terdapat identitas lengkap (foto terbaru dan disahkan kepala sekolah).

5. Pendaftar dari sekolah luar negeri wajib memiliki surat penyetaraan ijazah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

6. Pendaftar ujian mandiri UB dinyatakan sehat, sehingga tidak mengganggu kelancaran proses perkuliahan.

Pilihan Program Studi Ujian Mandiri Universitas Brawijaya

Pendaftar ujian mandiri di UB terbagi menjadi tiga kelompok, yaitu Kelompok Saintek, Kelompok Soshum, serta Kelompok Campuran. Pada Kelompok Campuran, materi yang diujikan adalah materi untuk Kelompok Soshum dan Kelompok Saintek. Adapun aturan yang ditetapkan bagi pendaftar terkait pilihan program studi adalah:

1. Pendaftar ujian mandiri UB bisa memilih maksimal 2 (dua) program studi dengan ketentuan:

• Apabila kedua program studi termasuk kelompok SAINTEK, peserta akan mengikuti kelompok ujian SAINTEK.
• Apabila kedua program studi termasuk kelompok SOSHUM, peserta akan mengikuti kelompok ujian SOSHUM.
• Apabila satu program studi termasuk kelompok SAINTEK dan satu program studi termasuk kelompok SOSHUM, peserta akan mengikuti kelompok ujian CAMPURAN.

2. Urutan program studi yang dipilih pendaftar menunjukkan prioritas pilihan. Apabila pendaftar tidak diterima di pilihan pertama, seleksi akan dilakukan untuk pilihan kedua.

3. Pendaftar yang memilih Program Studi Seni Rupa Murni, WAJIB mengunggah portofolio dengan ketentuan yang sudah ditetapkan.

Jadwal Ujian Mandiri Universitas Brawijaya

Ketahuilah jadwal ujian mandiri UB agar kamu bisa mempersiapkan diri dengan baik. Ujian mandiri tidak dilakukan secara serentak. Bahkan, ujian mandiri di satu kampus dengan kampus lainnya bisa berbeda pula. Inilah yang menjadikan alasan bahwa kamu perlu mencatat tanggal pendaftaran serta batas pendaftaran ujian mandiri. Jika tidak dicatat, dikhawatirkan kamu akan lupa dan melewatkannya.

Waktu pelaksanaan ujian dimulai pukul 08.00 WIB. Agar tidak terlambat, peserta diharapkan sudah ada di lokasi pada jam 07.30 WIB atau maksimal 30 menit sebelum ujian dimulai.

Lokasi Ujian Mandiri Universitas Brawijaya

Tempat ujian mandiri di Universitas Brawijaya tahun 2021 dilakukan di kampus tersebut. Terkait detail lokasi ujian mandiri di UB, peserta bisa melihatnya di kartu peserta ujian masing-masing.

Materi Ujian Mandiri Universitas Brawijaya

Persiapkan diri untuk menjalani ujian mandiri di Universitas Brawijaya. Materi tes mandiri di UB untuk kelompok saintek dan kelompok soshum tidak sama.

• Materi Ujian Mandiri Kelompok Saintek (IPA)

1. IPA dan IPA terpadu
2. Matematika IPA
3. Bahasa Inggris

• Materi Ujian Mandiri Kelompok Soshum (IPS)

1. IPS dan IPS terpadu
2. Matematika IPS
3. Bahasa Inggris

Cara Mendaftar Ujian Mandiri Universitas Brawijaya

1. Lakukan pengisian data melalui laman https://admisi.ub.ac.id

2. Jadwal pengisian data dan pembayaran pendaftaran

3. Jadwal finalisasi pendaftaran

4. Lakukan verifikasi email menggunakan email yang aktif dan valid.

5. Pilih pendaftaran ‘Seleksi Mandiri UB’

6. Pilih ‘Kelompok Ujian’

7. Lakukan permintaan ‘Kode Pembayaran’

8. Jika permintaan (request) sukses, kamu akan seger mendapatkan kode pembayaran sebanyak 13 digit. Biaya pendaftaran Ujian Mandiri UB Kelompok Saintek Rp500.000. Biaya pendaftaran Ujian Mandiri UB Kelompok Soshum Rp500.000. Biaya pendaftaran Ujian Mandiri UB Kelompok Campuran Rp750.000.

9. Pembayaran ujian mandiri UB bisa dilakukan di Bank Mandiri, Bank BNI, atau Bank BRI dengan menunjukkan kode pembayaran.

10. Lakukan konfirmasi pembayaran melalui laman https://admisi.ub.ac.id. Perbanyak struk bukti pembayaran sebagai cadangan karena akan diperlukan.

11. Setelah pembayaran terkonfirmasi, lanjutkan dengan mengisi pendaftaran ‘Seleksi Mandiri UB’.

12. Terima ‘Nomor Pendaftaran Seleksi Mandiri UB’.

13. Cetak Kartu Peserta Ujian yang memuat informasi nomor pendaftaran ujian mandiri, jadwal tes, materi, dan ruang ujian.

Dokumen yang Diperlukan untuk Ujian Mandiri Universitas Brawijaya

Pendaftar ujian mandiri Universitas Brawijaya perlu mempersiapkan scan dokumen untuk kemudian di-upload. Hasil scan wajib terbaca dengan jelas menggunakan ukuran minimal file 150 KB dan maksimal 1000 KB. Format dokumen yang di-scan adalah pdf atau jpg.

1. Dokumen untuk lulusan tahun 2021: Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) atau Surat Keterangan Lulus (SKL). Jika sudah ada, lulusan tahun 2021 mengunggah scan ijazah.

Lulusan tahun 2020 atau 2019 mengunggah scan ijazah asli.

2. Dokumen Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK).

3. Dokumen bukti 3 prestasi terbaik yang sudah didapatkan dengan ketentuan:

• Tingkat Internasional
• Tingkat Nasional
• Tingkat Regional
• Hafizh Al-Qur’an (5 juz, 10 juz, 20 juz, 30 juz).

4. Dokumen surat pernyataan keaslian dokumen yang dapat diunduh melalui website https://selma.ub.ac.id/.

Pengumuman Ujian Mandiri Universitas Brawijaya

Setelah kamu menjalani tahapan pendaftaran dan mengikuti ujian, kamu tinggal menunggu pengumuman seleksi. Hasil ujian mandiri UB akan diumumkan melalui laman www.selma.ub.ac.id.

Setelah membaca informasi seputar materi, jadwal ujian serta tempat ujian jalur mandiri UB 2021, apakah kamu sudah bersiap diri?. Rajinlah mengikuti try out online Selma UB atau dengan mengerjakan soal-soal ujian tahun sebelumnya. Selain itu, kamu juga perlu melakukan survey lokasi ujian sebelum hari-H agar kamu semakin siap. Jika tempat tinggalmu cukup jauh dari lokasi ujian, gunakan aplikasi pencari kost Mamikos untuk mendapatkan hunian kost harian. Tentunya kost dengan budget ala mahasiswa tersebut tidak akan membuat pengeluaranmu membengkak.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta