Mengapa Teks Nonfiksi Bersifat Faktual? Berikut Alasannya

Posted in: Questions & Answers
Tagged: teks nonfiksi

Nonfiksi sendiri memiliki arti kejadian-kejadian yang nyata atau fakta. Oleh sebab itu mengapa teks nonfiksi bersifat faktual, karena memiliki arti berdasarkan kenyataan dan mengandung kebenaran.

Jadi teks nonfiksi merupakan sumber tertulis yang berisi peristiwa nyata, contohnya artikel di surat kabar atau majalah. 

Unsur-Unsur Dalam Teks Nonfiksi

Berikut terdapat beberapa hal yang menyebabkan teks nonfiksi dikatakan bersifat faktual.

1. Fakta

Fakta yaitu suatu hal yang benar benar ada dan terjadi, serta pernyataan yang sudah dapat dipastikan kebenarannya. Pernyataan tentang fakta itu ditulis berdasarkan kejadian yang benar-benar terjadi pada dunia nyata.

2. Pendapat

Merupakan pandangan atau sikap seseorang atas sebuah kejadian tertentu yang juga merupakan kejadian berdasarkan fakta. Namun kebenaran dari pendapat ini bersifat relatif, sebab pendapat merupakan opini dari seseorang atau sekelompok orang.

3. Pengetahuan

Teks non fiksi merupakan jenis penulisan yang didalamnya mengandung pengetahuan. Tentu saja bahwa pengetahuan merupakan ilmu yang pasti dan berdasarkan fakta.

Bentuk Karangan Nonfiksi

Untuk menambah referensi kamu, berikut ini adalah jenis-jenis tulisan nonfiksi.

1. Biografi

Biografi adalah riwayat hidup seseorang, berisi tentang perjalanan hidupnya yang ditulis sendiri atau orang lain. Biografi biasanya berisi kisah hidup lengkap dari tokoh terkemuka yang dapat dijadikan inspirasi oleh banyak orang.

2. Esai

Pada umumnya esai membahas sebuah topik tertentu yang menarik atau belum pernah dibahas sebelumnya. Teks yang terdiri dari fakta ini dikerjakan berdasarkan jurnal-jurnal ilmiah dan riset yang tentunya ditulis berdasarkan fakta.

3. Karya tulis ilmiah

Hampir sama dengan esai, karya tulis ilmiah juga membahas tentang sesuatu yang menarik, menjadi fenomena, atau masalah di masyarakat. Karya tulis ilmiah biasanya didapatkan dari kegiatan skripsi, tesis, jurnal, artikel, penelitian dan lain sebagainya.

Karya tulis ilmiah biasanya didapatkan ketika kamu telah melakukan kegiatan penelitian, kerja lapangan, atau setelah kamu selesai mengerjakan sebuah project.

4. Catatan dokumenter

Catatan dokumenter bercerita tentang sejarah yang terjadi pada masa lalu. Sebagai contoh adalah film dokumenter G30S PKI yang ditulis berdasarkan peristiwa pemberontakan Partai Komunis Indonesia pada tahun 1965.

Dengan memahami penjelasan singkat di atas, kamu dapat mengetahui mengapa teks nonfiksi bersifat faktual. Kesimpulannya teks nonfiksi berisi tentang fakta atau kejadian yang nyata dan pernah terjadi. 


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah