Mengenal Jurusan DKV dan Prospek Kerjanya, Desain Komunikasi Visual

Posted in: Jurusan Universitas

Mengenal Jurusan DKV dan Prospek Kerjanya, Desain Komunikasi Visual – Salah satu jurusan perkuliahan yang saat ini mulai banyak diincar adalah jurusan DKV atau Desain Komunikasi Visual. Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang suka dengan dunia kreatif dan ingin bekerja di bidang tersebut. Lalu, seperti apa kira-kira gambaran lebih jelas soal jurusan yang satu ini? Simak informasi yang telah Mamikos rangkum berikut ini.

Informasi Terbaru Seputar Jurusan DKV dan Prospek Kerjanya

unsplash.com

Kalau kamu tertarik dengan desain atau hal lain yang berkaitan dengan menggambar, ada beragam pilihan jurusan di perkuliahan yang bisa kamu pilih. Salah satu di antaranya adalah jurusan DKV yang merupakan singkatan dari jurusan Desain Komunikasi Visual. Dahulu, jurusan ini diberi nama jurusan Desain Grafis yang banyak mempelajari desain dua dimensi saja. Nah, seiring perkembangannya, jurusan tersebut menambah ilmu modern sesuai perkembangan teknologi dan berubah menjadi jurusan dengan nama DKV.

Mengenal Lebih Jauh Seputar Jurusan DKV

Secara garis besar, ilmu yang dipelajari di jurusan DKV adalah ilmu tentang penyampaian pesan melalui elemen visual atau rupa. Jika kamu memilih untuk berkuliah di jurusan DKV, tentunya kamu akan banyak mempelajari tentang desain yang bisa mencapai tujuan tertentu. Kamu akan dituntut untuk bisa menghasilkan karya seni untuk beragam tujuan seperti mempengaruhi perilaku seseorang. Kamu juga akan mempelajari bagaimana caranya mengolah karya seni buatanmu agar menjadi karya yang informatif, komunikatif, dan juga efektif.

Selain itu, kamu juga harus bisa mengerahkan seluruh kreativitas yang kamu miliki dengan memperhatikan unsur bentuk, warna, tekstur, ruang, huruf, dan hal lainnya yang berkaitan dengan visual untuk menyampaikan sebuah pesan dengan baik. Saat berkuliah nanti, kamu akan banyak menjalankan praktikum berupa penciptaan karya desain dengan menggunakan berbagai media seperti poster, logo, ilustrasi, desain web, foto, video, animasi, dan semacamnya. Kamu juga bisa memilih peminatan yang sesuai kemauan kamu seperti peminatan grafis, multimedia, hingga periklanan.

Mata Kuliah yang Dipelajari

Seperti penjelasan Mamikos di atas, kamu akan memilih peminatan tertentu jika berkuliah di jurusan DKV. Umumnya, kamu baru akan memilih peminatan setelah memasuki semester enam setelah sebelumnya kamu menjalani berbagai mata kuliah dasar. Tidak hanya tiga peminatan (grafis, multimedia, dan periklanan), beberapa perguruan tinggi lain seperti Institut Seni Jakarta memiliki satu tambahan peminatan yaitu desain ilustrasi. Mata kuliah yang akan kamu hadapi juga berbeda-beda tergantung pada peminatan yang kamu ambil untuk jurusan tersebut.

Namun, beberapa mata kuliah dasar yang mungkin akan dijumpai oleh mahasiswa jurusan DKV di antaranya sebagai berikut.

  1. Dasar Seni Rupa dan Desain
  2. Rupa Dasar 2D
  3. Pengantar Rekayasa dan Desain
  4. Kreativita dan Humanita, Rupa Dasar 3D
  5. DKV Dasar
  6. Tipografi Dasar
  7. Ilustrasi Dasar
  8. Fotografi Dasar
  9. Desain Komunikasi Visual Dasar
  10. Tipografi Aplikatif
  11. Ilustrasi Aplikatif
  12. Fotografi Aplikatif
  13. Metode Produksi
  14. Komunikasi Visual Multimedia

Peminatan Komunikasi Grafis dan Komunikasi Visual Periklanan

Sebagai mahasiswa jurusan DKV untuk peminatan grafis dan visual periklanan, kamu sangat dituntut untuk memiliki kemampuan komunikasi, tipografi, ilustrasi, dan fotografi sebagai kemampuan dasar. Kamu juga harus bisa memainkan visual agar lebih menarik dan efisien demi mempersuasi para audiens yang melihatnya. Selain itu, lulusan jurusan ini juga harus bisa mengemas citra sebuah produk, program, maupun kampanye dengan bahasa visual yang baik agar pesan yang dimaksud bisa sampai ke tujuan yang telah ditetapkan.

Peminatan Komunikasi Multimedia

Sedikit berbeda dengan peminatan sebelumnya, peminatan multimedia biasanya lebih diarahkan untuk media dinamis yang berbasis waktu dan suara atau audio. Contoh pekerjaannya seperti animasi, desain web, media interaktif, hingga penyutradaraan film. Kamu juga akan mempelajari tentang dasar-dasar komunikasi visual yang teraplikasikan secara dinamis melalui karya multimedia dalam peminatan ini di jurusan DKV

Pengetahuan dan Keahlian

Setelah menempuh pendidikan selama 4 tahun atau 8 semester di jurusan DKV, kamu akan mendapatkan beragam pengetahuan dan keahlian yang telah terasah dengan baik. Pengetahuan dan keahlian tersebut nantinya akan sangat berguna jika kamu hendak menjajaki dunia profesional. Nah, berikut ini adalah beberapa pengetahuan dan keahlian yang akan kamu dapatkan setelah lulus kuliah.

  1. Kemampuan komunikasi verbal, visual, dan tekstual
  2. Keterampilan menggambar teknis
  3. Kemampuan mengoperasikan software gambar
  4. Kreatif dan inovatif
  5. Kemampuan melakukan analisis
  6. Kemampuan berpikir kritis

Alasan Memilih Jurusan DKV

Kamu suka menggambar, kamu bisa saja memilih masuk ke jurusan Seni Rupa dan sejenisnya. Tetapi mengapa kamu harus memilih jurusan DKV sebagai jurusan yang akan kamu pelajari di perkuliahan? Berikut beberapa alasan yang mungkin bisa kamu pertimbangkan sebelum kamu memutuskan untuk memilih jurusan apa.

  1. Kamu bisa mendalami ilmu yang lebih spesifik sesuai dengan peminatan yang ada.
  2. Kamu akan bisa menguasai ilmu desain, tidak hanya dari sudut pandang seni tetapi dari segi bisnis.
  3. Selain seni dua dimensi, kamu juga akan mempelajari soal desain dan seni tiga dimensi untuk diterapkan di media baru.
  4. Hobi menggambar kamu bisa dilakukan sekaligus memiliki nilai ekonomis di mana kamu bisa mendapatkan gaji yang tidak sedikit.
  5. Ada banyak kemampuan penguasaan software yang akan kamu miliki seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe InDesign, Adobe Premier, CorelDraw, SketchUp, dan lain sebagainya.

Perguruan Tinggi

Di indonesia, sudah banyak perguruan tinggi yang membuka jurusan DKV, baik itu perguruan tinggi negeri maupun swasta. Sebagai pertimbangan kamu, berikut adalah beberapa daftar perguruan tinggi yang memiliki jurusan DKV di Indonesia.

Perguruan Tinggi Negeri

  1. ITB (Institu Teknologi Bandung)
  2. UNS (Universitas Sebelas Maret)
  3. ISI Yogyakarta (Institut Seni Indonesia)
  4. UM (Universitas Negeri Malang)
  5. ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
  6. UPI (Universitas Pendidikan Indonesia)
  7. ISI Surakarta (Institut Seni Indonesia)
  8. UNESA (Universitas Negeri Surabaya)
  9. ISI Denpasar (Institus Seni Indonesia)
  10. UNM (Universitas Negeri Makassar
  11. ISBI Padangpanjang (Institut Seni Budaya Indonesia)
  12. ISBI Aceh (Institut Seni Budaya Indonesia)
  13. ISBI Papua (Institut Seni Budaya Indonesia)

Perguruan Tinggi Swasta

  1. Institut Kesenian Jakarta
  2. Universitas Kristen Petra
  3. Universitas Ciputra
  4. Universitas Pelita Harapan
  5. Universitas Dian Nuswantoro
  6. Universitas Multimedia Nusantara
  7. Universitas Trisakti
  8. Universitas Bina Nusantara
  9. Universitas Kristen Satya Wacana
  10. Universitas Telkom
  11. Universitas Paramadina
  12. Universitas Bunda Mulia
  13. Universitas Tarumanagara

Prospek Kerja Lulusan Jurusan DKV

Seperti yang sudah Mamikos sebutkan di atas, pilihan pekerjaan bagi lulusan jurusan DKV banyak berkutat dengan dunia desain. Perlu kamu ketahui, lulusan dari jurusan DKV justru sekarang sangat banyak dicari mengingat bahwa hampir tidak ada sektor industri yang tidak membutuhkan desain. Hal tersebut membuat peluang kerja kamu terbuka sangat lebar dan kamu bisa bebas memilih bekerja di industri apapun. Nah, berikut akan Mamikos bagikan beberapa prospek kerja seorang lulusan jurusan DKV yang bisa kamu pilih setelah lulus.

1. Ilustrator

unsplash.com

Pekerjaan sebagai seorang ilustrator merupakan salah satu jenis pekerjaan yang banyak diminati oleh lulusan jurusan DKV. Kamu akan banyak menggambar ilustrasi untuk menjelaskan atau menyampaikan pesan berupa gambar yang menarik. Selain untuk pemasaran, kamu juga bisa membuat gambar untuk novel, poster, dan lain sebagainya.

2. Web Designer

unsplash.com

Pekerjaan lainnya yang juga menjadi ranah bagi lulusan dari jurusan DKV adalah pekerjaan sebagai web designer di sebuah agensi. Untuk bisa menjajaki jenjang karir ini, kamu harus melengkapi kemampuan kamu yang lain selain kemampuan desain, salah satunya adalah kemampuan coding.

3. Video Editor

unsplash.com

Kalau kamu suka gambar bergerak alias video, pekerjaan sebagai video editor juga bisa kamu coba setelah lulus dari jurusan DKV. Kamu mungkin harus melengkapi keterampilan kamu dengan keterampilan menggunakan Adobe Premiere Pro, Pro Final Cut, dan software editing video lainnya. Kamu juga harus bisa menambahkan efek dan musik yang relevan agar video tersebut bisa menyampaikan pesannya dengan baik.

4. Graphic Designer

unsplash.com

Selanjutnya adalah pekerjaan sebagai graphic designer yang juga memiliki peluang kerja yang cukup luas saat ini. Di era digital, banyak perusahaan yang sangat membutuhkan promosi dalam bentuk gambar digital yang menarik audiens. Sehingga, kamu akan dituntun untuk mampu memadukan warna, gambar, tipografi, dan aspek lainnya jika kamu akan bekerja menjadi graphic designer setelah kuliah di jurusan DKV.

5. Art Director

unsplash.com

Pilihan karir selanjutnya untuk kamu yang hendak kuliah di jurusan DKV adalah sebagai art director di berbagai media (majalah, koran, film, televisi). Kamu akan bertanggung jawab atas desain visual dan gambar secara keseluruhan dalam satu proyek untuk media-media tersebut. Kamu juga akan dituntut untuk bisa mengarahkan orang lain dalam mengembangkan layout atau artwork yang sudah ada sebelumnya.

Nah, itu tadi informasi dari Mamikos tentang jurusan DKV serta prospek kerjanya yang bisa kamu pilih sebagai jenjang karir setelah lulus. Selain pengetahuan dan keahlian yang kamu dapatkan di kelas, kamu juga harus melengkapinya dengan berbagai pengalaman seperti magang atau pelatihan agar perusahaan mau merekrut kamu sebagai pegawai untuk urusan desain mereka. Siapkan portofolio dan CV terbaikmu sebelum melamar pekerjaan yang kamu inginkan tersebut. Untuk kamu yang sedang bingung mencari tempat tinggal di dekat sekolah atau kampus idaman, kamu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.