Mengenal Soal Bahasa Panda di UTBK Serta Contohnya

Mengenal Soal Bahasa Panda di UTBK Serta Contohnya – Tahun lalu, beberapa peserta UTBK mengutarakan keresahan mereka terkait soal bahasa panda yang mereka rasa sulit untuk dikerjakan. Lalu, apa itu soal bahasa panda dalam UTBK dan bagaimana contoh soalnya?

Informasi Tentang Soal Bahasa Panda di UTBK Serta Contohnya

unsplash.com

Keluhan tersebut kemudian ramai dan akhirnya menjadi viral. Ya, keluhan tersebut adalah soal bahasa panda yang dianggap aneh oleh para peserta UTBK. Berikut akan Mamikos jelaskan lebih lengkap agar kamu mengenal soal bahasa pada di UTBK serta beberapa contoh soalnya.

Tentang Soal Bahasa Panda Dalam UTBK

Soal bahasa panda yang disebut dalam UTBK pada aslinya adalah bahasa buatan. Bahasa buatan sendiri merupakan bahasa imajinatif atau imaginary word atau bisa juga disebut sebagai nonsense word yang memiliki pola logika pada proses pemberian artinya. Kata dalam bahasa buatan terdiri dari dua kata atau bisa juga satu kata yang diberi imbuhan.

  1. Pola 1: Kata pertama dari bahasa buatan berarti sama dengan kata pertama atau imbuhan (awalan atau akhiran) dalam bahasa Indonesia
  2. Pola 2: Kata pertama dalam bahasa buatan berarti sama dengan kata kedua atau imbuhan (awalan atau akhiran) dalam bahasa Indonesia.

Untuk memudahkanmu memahami pola dalam soal bahasa panda, kamu bisa simak contohnya di bawah ini.

Contoh Pola 1 Soal Bahasa Panda

  1. daftafoni berarti pujian, yang berasal dari kata dafta (puji) dan foni adalah akhiran -an.
  2. agnoscrenia berarti laba-laba beracun, yang berasal dari kata agnos (laba-laba) dan crenia (beracun).

Contoh Pola 2 Soal Bahasa Panda

  1. granamelke berarti pohon besar, yang berasal dari kata grana (besar) dan melke (pohon).
  2. imolokti berarti terbuai, yang berasal dari kata lokti (buai) dan imo adalah awalan ter-.

Pada umumnya, bahasa buatan, bahasa artifisial, atau bahasa terkonstruksi merupakan bahasa dengan kosakata dan atata bahasa yang dibuat oleh seseorang atau sebuah kelompok kecil. Bisa dikatakan bahwa bahasa ini bertolak belakang dengan bahasa alami dan secara alamiah berevolusi sebagai sebuah bagian dari suatu budaya. Beberapa di antara bahasa buatan dirancang untuk alat komunikasi antar manusia sementara beberapa lainnya dibuat untuk dipakai dalam karya fiksi atau eksperimen. Bahasa buatan juga bisa diciptakan dengan tujuan sebagai komunikasi rahasia atau bahkan hanya untuk keisengan orang-orang saja.

Kumpulan Contoh Soal Bahasa Panda

Dari penjelasan tentang soal bahasa panda di atas, kamu mungkin masih agak membayangkan kira-kira soal seperti apa yang akan kamu hadapi di UTBK nanti terkait soal bahasa panda. Nah, untuk membantumu latihan, kamu bisa simak beberapa contoh soal bahasa panda dari Mamikos berikut ini.

Contoh Soal Bahasa Panda 1

Seorang detektif menemukan sebuah kode bertuliskan “MMVFOHSX”, setelah dipecahkan oleh detektif, kode tersebut menjadi “UTBKSKUY”. Lalu, sang detektif menemukan sebuah kode lain yaitu “KXGVJDYS”. Apakah arti dari kode tersebut?

  1. ADAHAHA
  2. SEMANGAT
  3. SEMANGUT
  4. MENANGIS
  5. BELADIRI

Pembahasan:

Terdapat 8 huruf, masing-masing huruf ditambah berurut 8, 7, dst nya sesuai urutan. MMVFOHSX = 13, 13, 22, 6, 15, 8, 19, 24, maka ditambah dengan angka mengecil (13 + 8 +, 13 + 7, 22 + 6, dst) menjadi 21, 20, 28, 11, 19, 11, 21, 25 = UTBKSKUY. Cara yang sama digunakan untuk menyelesaikan soal.

KXGVJDYS = 11, 24, 7, 22, 10, 4, 25, 19 menjadi 11 + 8, 24 + 7, 7 + 6, dst hasilnya adalah SEMANGAT. Sehingga jawabannya adalah B.

Contoh Soal Bahasa Panda 2

Berikut adalah beberapa kata yang diterjemahkan dari bahasa buatan.

  1. morpirquat berarti rumah burung
  2. beelmorpir berarti burung biru
  3. beelclak berarti kain biru

Kata apakah yang mungkin berarti “pagar rumah”?

  1. morpirhunde
  2. beelmoki
  3. quathunde
  4. clakquat
  5. beelquat

Pembahasan:

Morpir berarti burung; quat berarti rumah; beel berarti biru; clak berarti kain. Pilihan C yang berawalan quat adalah jawaban yang paling mungkin untuk pagar rumah.

Contoh Soal Bahasa Panda 3

Berikut ini adalah beberapa kata yang diterjemahkan dari bahasa buatan.

  1. gemolinea berarti baju cerah
  2. gerimitu berarti kartu laporan
  3. gilogeri berarti laporan cuaca

Kata apakah yang mungkin berarti “cuaca cerah”?

  1. gemogila
  2. gerigeme
  3. gemomitu
  4. gerimita
  5. gemegila

Pembahasan:

Soal ini perlu memperhatikan pola 2. Gemo berarti cerah; linea berarti baju; geri berarti laporan; mito berarti kartu; dan gila berarti cuaca. Oleh karena itu, gemogila berarti cuaca cerah. Sehingga kamu bisa memilih jawaban A.

Contoh Soal Bahasa Panda 4

Berikut adalah beberapa kata yang diterjemahkan dari bahasa buatan.

  1. peslligen berarti lapangan basket
  2. ligenstrisi berarti ruang lapangan
  3. oltaganti berarti tes masuk

Kata apakah yang mungkin berarti “ruang tamu”?

  1. pesistrisi
  2. vosefstrisi
  3. gantipesi
  4. oltastrisi
  5. oltavosef

Pembahasan:

Coba perhatikan pola 2. Pesi berarti basket; ligen berarti lapangan; strisi berarti ruang; olta berarti masuk; dan ganti berarti tes. Karena strisi berarti ruang, kata tersebut harus muncul di pilihan jawaban sehingga pilihan jawaban C dan E tidak tepat. Pilihan A dan D tidak tepat karena pesi berarti basket dan olta berarti masuk. Jadi, vosefstrisi berarti ruang tamu. Sehingga, jawaban untuk soal ini adalah pilihan jawaban B.

Contoh Soal Bahasa Panda 5

Berikut adalah beberapa kata yang diterjemahkan dari bahasa buatan.

  1. dionot berarti pohon ek
  2. blyonot berarti daun ek
  3. blycrin berarti daun maple

Kata apakah yang mungkin berarti “sirup maple”?

  1. blymuth
  2. hupponot
  3. patricrin
  4. crinweel
  5. patrionot

Pembahasan:

Coba perhatikan pola 1. Dalam bahasa ini, kata sifat (adjektif) mengikuti kata benda (noun). Dari dionot dan blyonot, kamu bisa menentukan bahwa onot berarti ek. Dari blyonot dan blycrin, kamu bisa menentukan bahwa bly berarti daun. Oleh karena itu, crin berarti maple. Karena kata sifat maple hadir setelah kata benda, patricrin merupakan satu satunya jawaban yang mungkin. Sehingga, jawaban yang paling mungkin untuk soal ini adalah pilihan jawaban C.

Contoh Soal Bahasa Panda 6

Berikut adalah beberapa kata yang diterjemahkan dari bahasa buatan.

  1. jalkamofti berarti selamat ulang tahun
  2. moftihoze berarti ulang tahun pertama
  3. mentogunn berarti imbuhan

Kata apakah yang mungkin berarti “selamatan”?

  1. menthohoze
  2. moftihoze
  3. hozemento
  4. moftiparam
  5. jalkagunn

Pembahasan:

Coba perhatikan pola 1. Jalka berarti selamat; mofti berarti ulang tahun; hoze berarti pertama; mento berarti imbuh; dan gunn berarti sufiks -an. Kita ketahui bahwa jawaban harus memiliki sufiks -an, maka pilihan jawaban yang tepat adalah jalkagunn. Sehingga, jawaban yang tepat untuk soal ini adalah pilihan jawaban E.

Nah, itu tadi informasi yang bisa Mamikos sampaikan terkait soal bahasa panda di UTBK SBMPTN serta beberapa contoh soalnya. Soal bahasa panda sebenarnya tidaklah sulit jika kamu menalarnya dengan penuh hati-hati dan rajin berlatih soal sebelum menghadapi UTBK. Cobalah untuk berpikir logis dan gunakan kemampuan deduksi yang kamu miliki untuk mengerjakan soal-soal bahasa panda atau bahasa buatan tersebut. Semoga kamu beruntung! Untuk kamu yang sedang bingung mencari tempat tinggal di dekat sekolah atau kampus idaman, kamu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta