9 Oleh-Oleh Bandung Selain Kartika Sari yang Enak dan Kekinian 2021

9 Oleh-Oleh Bandung Selain Kartika Sari yang Enak dan Kekinian 2021 – Saat kamu berkunjung ke Bandung, kamu bisa mengunjungi berbagai tempat-tempat wisata atau jalan-jalannya yang unik. Namun, tidak hanya berkunjung ke tempat wisata saja tetapi Ibu kota Jawa Barat ini memiliki variasi oleh-oleh makanan yang sangat beragam. Jika dalam waktu dekat ini kamu mempunyai rencana berkunjung ke Bandung, simak rekomendasi oleh-oleh kekinian Bandung yang Mamikos bagikan berikut ini sebagai referensimu membeli buah tangan..

Rekomendasi Oleh-Oleh Bandung yang Enak dan Kekinian 2021

idntimes.com

Bandung menjadi salah satu destinasi wisata kuliner yang menjadi primadona bagi wisatawan. Berbagai pilihan kuliner di Bandung mungkin membuat merasa rindu untuk kembali lagi. Salah satu oleh-oleh yang menjadi khas Bandung adalah pisang bolen dari Kartika Sari. Perpaduan taburan cokelat yang meleleh di atasya dan isian keju di dalamnya tentu akan menjadi pilihan otentik yang disukai banyak orang.

Namun, oleh-oleh Bandung tidak hanya pisang bolen dari Kartika Sari saja. Seiring dengan perkembangan kuliner Bandung, kamu bisa menemukan berbagai jenis oleh-oleh lain yang tak kalah enaknya dan patut untuk dicoba. Berikut ini daftar rekomendasi oleh-oleh Bandung selain Kartika Sari yang harus kamu cicipi saat di Bandung nanti.

1. Surabi Khas Bandung Enhaii

travelling-qu.blogspot.com/

Surabi yang enak tidak hanya ada di Solo saja, jangan lewatkan untuk menikmati kue surabi khas Bandung yang khas dan legit. Kunjungi Surabi Enhaii yang berada di Jalan Setiabudi. Warung surabi ini pasti ramai dikunjungi wisatawan ataupun masyarakat sekitar. Khusus untuk malam hari, kamu harus bersabar menunggu pesanan kamu dimasak.

Pembuatan Surabi Enhaii masih dengan cara tradisional, yaitu dipanggang dengan kompor arang. Karena itu, keaslian rasa surabi yang smokey masih terasa. Selain itu, topping surabi juga semakin bermacam-macam, tidak hanya yang standar dengan toping gula merah, ada juga yang gurih. Contohnya seperti, rasa durian, keju, oncom, kismis, hingga rasa ayam, telur, keju, dan sosis.

2. Batagor Riri Bandung

jabar.suara.com

Batagor yang satu ini wajib kamu coba. Batagor Riri memiliki rasa yang lezat dan gurih, kamu bisa ketagihan sekali mencicipinya.Kalau ke Bandung, sempatkan membeli oleh-oleh khas Bandung ini. Lokasi tempat penjualannya berpusat di Jalan Burangrang. Kamu juga bisa membeli di beberapa cabang, seperti di Kebon Kawung, Jalan Setiabudhi, atau Dago.

Batagor ini tersedia matang atau setengah matang untuk disimpan dulu selama beberapa hari, baru digoreng supaya bisa dimakan hangat. Batagor setengah matang bisa bertahan selama empat hari kalau disimpan dalam kulkas. Harga per satuan batagor Riri mulai Rp7.000.

3. Tahu Khas Bandung

dakatour.com

Camilan tahu bukan hanya oleh-oleh khas Sumedang saja. Bandung juga mempunyai tahu yang menjadi oleh-oleh khas. Jika tahu Sumedang cenderung agak garing dan kopong, tahu Bandung justru lebih padat isinya dan lembut. Rasanya memiliki cita rasa gurih saat memakannya.

Tahu Bandung sangat cocok bagi orang yang kurang suka tahu akibat rasa asam dan/atau kulitnya jadi kenyal setelah digoreng. Ada beberapa tempat yang menjual tahu Bandung, tapi yang paling populer adalah Tahu Susu Lembang yang berada di Jalan Lembang No. 117.

4. Prima Rasa

yukmakan.com

Hampir mirip dengan Kartiksa Sari, Prima Rasa juga sebuah toko kue yang sangat terkenal di Bandung. Toko ini menjual berbagai jenis kue, bolu, pastry hingga jajanan pasar yang memiliki kualitas bagus dengan harga ekonomis. Kamu bisa mencicipi brownies khas dari Prima Rasa yang beragam, dari mulai brownies kukus sampai brownies panggang, semuanya sangat enak. Temukan gerai Prima Rasa yang asli di beberapa titik di kota Bandung, salah satunya berada di Jalan Buah Batu No.167A.

5. Toko Roti dan Kue Sidodadi

lifestyle.kompas.com

Toko Roti dan Kue Sidodadi merupakan toko roti dan kue yang sangat legendaris di Bandung. Toko ini berada di Jalan Otoiskandardinata No. 255. Ukuran di bagian dalam toko yang kecil dan bangunan yang klasik membuat toko roti Sidodadi terkesan sangat otentik dan tak lekang oleh waktu.

Karena sangat populer dan legendaris, jangan heran jika saat kamu berkunjung nanti akan dihadapkan dengan antrian yang cukup panjang. Meski bukan roti kekinian, namun roti disini miliki macam rasa yang beragam dari manis sampai asin. Tak hanya roti saja, toko ini juga menjual kue khas sunda yaitu kue carabikang.

6. Batagor H.Isan

bandungtempodulu.blogspot.com

Untuk kamu yang masih pikir ingin membeli makanan enak lain yang ekonomis, ada alternatif pas untuk pencinta batagor khas Bandung, yaitu Batagor dan Bakso H. Isan. Uniknya, batagor H.Isan sudah banyak direview oleh para food vlogger. Meski terkenal dengan cita rasanya yang enak, harga batagor di Batagor H. Isan ini cukup terjangkau yaitu 7 ribu rupiah per buahnya.

Batagor di sini kering dan garing di luar, namun begitu lembut di dalam. Di tempat ini juga menjual mie dan bakso. Cabang Batagor H. Isan tersebar di beberapa titik di kota Bandung, salah satunya yang berada di Jalan Bojongloa No. 38. Dengan harga yang ekonomis bisa menjadi pilihan oleh-oleh yang gurih.

7. Belah Doeren

bandungcity.net

Buat kamu pecinta durian wajib mencicipi dan mampir ke Belah Doeren. Pasti sudah tak asing lagi dengan toko yang menjual aneka ragam dessert dan patisserie berbahan dasar durian. Belah Doeren terletak di Jalan Progo No.3 Citarum, disana kamu dapat menemukan aneka menu yang serba serbi durian, pas sekali untuk para pencinta durian. Salah satu produk best seller mereka adalah pancake durian dan kenyal soes durian. Disana juga ada berbagai pencuci mulut seperti durian saus matcha dan masih banyak lagi.

8. Bandung Makuta

bandung.merdeka.com

Kue yang terkenal milik aktris cantik Laudya Cynthia Bella ini berhasil mencuri perhatian masyarakat Indonesia. Kue yang menjadi makanan oleh-oleh khas Bandung ini sejenis kue yang di lapisi oleh puff pastry dan atasnya diberi topping sesuai selera.

Karena dibuat dengan bahan premium dan pilihan, soal rasa tak perlu diragukan lag. Bandung Makuta sangat cocok untuk kamu pencinta dessert berbahan kue bolu. Untuk harganya Bandung Makuta ini berkisar pada Rp60 ribu sampai 100 ribu. Toko Bandung Makuta berada di Jalan Van De Venter No.2. Kue satu ini sangat cocok untuk oleh-oleh keluarga di rumah!

9. Bolu Susu Lembang

jabarekspres.com

Bolu yang diolah menggunakan susu murni khas Lembang ini memiliki tekstur dari bolunya sendiri sangat lembut dan empuk sekali. Bolu susu Lembang sudah mulai populer sejak Desember tahun 2017. Oleh-oleh ini tergolong menjadi makanan khas Bandung yang berhasil mencuri perhatian masyarakat. Untuk harganya sendiri pun cukup ekonomis yaitu dimulai dari Rp29 ribu.

Gerai bolu susu Lembang terletak diberbagai titik di Bandung, bahkan toko-toko kue biasa pun sering menyediakan bolu susu Lembang di gerai mereka. Salah satu gerai bolu susu Lembang terletak di Jl. Raya Lembang No.291.

Nah, itu tadi rekomendasi oleh-oleh makanan khas Bandung selain Kartika Sari yang wajib kamu coba. Kuliner Bandung memang sangat bervariasi sehingga diburu oleh banyak wisatawan yang berkunjung. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari referensi oleh-oleh khas Bandung yang kekinian.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah