30 Oleh-oleh Khas Bali yang Paling Murah dan Hits

 Mamikos | Kam, 12 Okt 2017

30 Oleh-oleh Khas Bali yang Paling Murah dan Hits – Oleh-oleh khas Bali selalu menjadi buruan bahkan wajib dibeli oleh para wisatawan. Oleh-oleh Khas Bali ini mulai dari jajanan, makanan, aksesoris, kaos, tas hingga souvenir khas Bali lengkap disini. Selain terkenal dengan objek wisata pantai dan budayanya, Bali juga menyuguhkan beragam Oleh-oleh Khas Bali yang tidak boleh dilewatkan sebagai buah tangan keluarga atau sendiri.

30 Oleh-oleh Khas Bali yang Paling Murah dan Hits

Daftar Isi

Nah, untuk Anda yang akan membawa Oleh-oleh Khas Bali, beberapa rekomendasi oleh-oleh berikut ini harus Anda beli lengkap dengan harga oleh-oleh khas Bali.

1. Oleh-oleh Khas Bali atau Oleh-oleh Khas Bali Kekinian, atau Oleh-oleh Bali yang Hits – Kaos Joger

Oleh-oleh khas Bali - Kaos Joger
Oleh-oleh khas Bali – Kaos Joger

Oleh-oleh yang paling terkenal dan digemari banyak kalangan di bidang fashion dari Bali yaitu Kaos Joger. Selain terkenal karena kekhasannya, Kaos merupakan oleh-oleh paling tahan lama karena bukan makanan yang memiliki masa kadaluarsa. Hampir semua wisatawan yang berkunjung ke Bali wajib memiliki Kaos Joger. Maka tak heran jika ada istilah belum lengkap berwisata ke Bali jika belum mampir ke Joger.

Tidak hanya kaos Joger yang ada disana, beberapa aksesoris termasuk sandal, gantungan kunci, hingga sovenir khas Bali tersedia lengkap. Kaos Joger memang terkenal karena kata-katanya yang unik dan kritis sehingga wisatawasan dibuay penasaran dengan beragam tulisan-tulisan yang terpampang pada kaos.

Adapun tarif yang ditawarkan sangat beragam termasuk harga kaos joger, ditentukan dengan kualitas barang mulai dari 100 ribuan. Untuk Anda yang ingin membawa Joger sepulang dari Bali bisa datang ke Jalan Raya Kuta dan Jalan Raya Denpasar – Bedugul KM 37,5. Informasi penting untuk Anda bahwa Joger asli hanya dijual di Pulau Bali dan tidak menerima pesanan online. Jadi, jangan sampai lewatkan untuk membeli produk Joger khas Bali ini.

2. Oleh-oleh Khas Bali atau Oleh-oleh Khas Bali Kekinian, atau Oleh-oleh Bali yang Hits – Pie Susu

Oleh-oleh khas Bali - Pis Susu Bali
Oleh-oleh khas Bali – Pis Susu Bali

Untuk Anda yang ingin berburu makanan sebagai oleh-oleh khas Bali jangan lewatkan makanan yang satu ini. Pie Susu Bali menjadi buruan para wisatawan yang ingin menikmati lezatnya pie yang berbentuk ceper dengan bagian pingirannya agak keras dan rasanya manis legit karena bagian tengahnya diberi fla susu yang rasanya creamy. Secara keseluruhan, tekstur makanan yang satu ini lebitu lembu dan lumer di lidah.

Pie Susu disajikan mulai dari rasa original hingga beraneka rasa dilengkapi toping seperti keju, almond, choco chips dan kismis. Perlu Anda ketahui bahwa ada banyak merek Pie Susu yang beredar di Bali dan yang paling terkenal adalah “Pie Susu Asli Enaaak”. Toko pusatnya berada di Jalan Nangka Selatan No. 163, Denpasar dan jika ingin mendapatkan langsung tanpa memesan Anda harus datang saat pagi hari untuk mengindari antrian banyak para pemburu oleh-oleh Pie susu Bali.

3. Oleh-oleh Khas Bali atau Oleh-oleh Khas Bali Kekinian, atau Oleh-oleh Bali yang Hits – Kacang Disco

Oleh-oleh khas Bali - Kacang Disco
Oleh-oleh khas Bali – Kacang Disco

Kacang disco termasuk oleh-oleh camilan khas Bali yang tahan lama dan wajib dibeli oleh wisatawan. Kacang Disco ini dibuat dari kacang tanah yang digoreng kering setelah sebelumnya dibalut dengan adonan tepung dan bumbu. Rasanya pun beragam mulai dari manis hingga rasa udang. Untuk mendapatkan Kacang Disco, Anda bisa temukan di pusat oleh-oleh khas Bali dengan banderol harga sekitar 25 ribuan.

4. Oleh-oleh Khas Bali atau Oleh-oleh Khas Bali Kekinian, atau Oleh-oleh Bali yang Hits – Pia Legong

Oleh-oleh khas Bali - Pia Legong
Oleh-oleh khas Bali – Pia Legong

Masih seputar oleh-oleh makanan khas Bali selain Pie Susu dan Kacang Disco, ada lagi Pia Legong yang terkenal tahan lama. Makanan ringan ini dibuat tanpa menggunakan mesin dan jumlah rasanya terbatas diantaranya keju, kacang hijau dan cokelat. Rasanya yang enak dan renyah membuat kue ini banyak diburu wisatawan dengan banderol harga sekitar 90 ribuan per dos (isi 8 buah). Adapun lokasi untuk mendapatkan Pia Legong berada di Jalan By Pass Ngurah Rai, Ruko Kuta Megah 15 Kuta, Bali.

5. Oleh-oleh Khas Bali atau Oleh-oleh Khas Bali Kekinian, atau Oleh-oleh Bali yang Hits – Salak Bali

Oleh-oleh khas Bali - Salak Bali
Oleh-oleh khas Bali – Salak Bali

Beranjak ke buah-buahan, tidak hanya Jogja yang terkenal dengan salah pondohnya, Bali juga terkenal dengan salak Bali yang memiliki 2 jenis rasa yaitu salak biasa yang rasanya kecut dengan tekstur isi daging buah yang tebal dan salak gula pasir yang rasanya manis, tekstur isi daging buah lebi tipis dari salah bali biasa. Sesuai dengan namany, salak gula pasir memang terasa manis meskipun ukurannya kecil.

Saat sedang musim, harga per kilogram salak sekitar 18 ribuan, tapi saat tidak musik harganya bisa mencapai 60 hingga 90 ribuan. Ada banyak tempat yang bisa Anda kunjungi untuk mendapatkan Salak Bali seperti Pasar Sindhu, Sanur, Denpasar, dll.

6. Oleh-oleh Khas Bali atau Oleh-oleh Khas Bali Kekinian, atau Oleh-oleh Bali yang Hits – Nasi Jinggo

Oleh-oleh khas Bali - Nasi Jinggo
Oleh-oleh khas Bali – Nasi Jinggo

Cari oleh oleh khas Bali murah meriah? Nasi Jinggo jawabannya. Jika di Jogja ada angkringan, begitu juga dengan Bali yang menyediakan kuliner khas murah meriah. Porsi nasi jinggo buat mirip seperti nasi kucing angkringan jogja, hanya sekepalan tangan orang dewasa dan dibungkus menggunakan daun pisang. Adapun lauk yang disajikan pada umumnya terdiri dari daging ayam suwir, mie goreng, dan tempe goreng dengan harga di banderol sekitar Rp. 3000 hingga Rp. 5000.

Jika Anda ingin membawa untuk oleh-oleh sebaiknya beli saat masih hangat dan gunakan pesawat saat pulang agar tidak cepat basi.

7. Oleh-oleh Khas Bali atau Oleh-oleh Khas Bali Kekinian, atau Oleh-oleh Bali yang Hits – Kopi Kintamani

Oleh-oleh khas Bali - Kopi Kintamani
Oleh-oleh khas Bali – Kopi Kintamani

Selain terkenal dengan Makanan yang sudaha disebutkan, Bali juga terkenal dengan minuman khasnya berupa kopi bernama Kopi Kintamani. Kopi ini memiliki rasa yang unik yang tidak bisa didapat dari kopi lain pada umumnya. Kopi Kintamani adalah oleh-oleh khas Bali yang wajib Anda beli untuk para penggemar kopi dan bisa Anda dapatkan di banyak pusat oleh-oleh khas Bali.

8. Oleh-oleh Khas Bali atau Oleh-oleh Khas Bali Kekinian, atau Oleh-oleh Bali yang Hits – Kain dan Baju Bali

Oleh-oleh khas Bali - Kain dan Baju Bali
Oleh-oleh khas Bali – Kain dan Baju Bali

Tidak hanya Kaos Joger yang bisa Anda bawa sebagai oleh-oleh khas Bali berupa pakaian, barang lain seperti Baju Bali yang mayoritas berbahan dasar katun terasa adem saat dipakai. Kain Bali biasanya dipakai saat berada di Pantai, dikenakan dengan cara dililit pada pinggang atau sebagai syal hingga selimut. Baju Bali juga tersebar di toko-toko atau pusat oleh-olhe khas Bali termasuk di pasar-pasar. Harganya pun relatif murah lho, jadi jangan sampai lewatkan untuk membeli Kain dan Baju Bali sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau sanak saudara.

9. Oleh-oleh Khas Bali atau Oleh-oleh Khas Bali Kekinian, atau Oleh-oleh Bali yang Hits – Batik Bali

Oleh-oleh khas Bali - Batik Bali
Oleh-oleh khas Bali – Batik Bali

Tidak hanya Jogja, Cirebon, Pekalongan, Solo dan daerah-daerah penghasil kain batik saja yang menyediakan oleh-oleh khas kota wisata, Bali juga memiliki Kain Batik Khas Bali yang sayang untuk dilewatkan. Jika ingin membawa buah tangan yang lebih tahan lama selain kaos, baju dan kain katun Bali, Anda juga bisa membeli Batik Bali yang dijual dalam bentuk kain lembaran.

Bagi Anda yang ingin berburu kain Batik Bali, mampir saja ke Batik Galuh Bali yang berada di Desa Batubulan Kecamatan Sukawati. Lokasi yang strategis mudah sekali untuk dijangkau.

10. Oleh-oleh Khas Bali atau Oleh-oleh Khas Bali Kekinian, atau Oleh-oleh Bali yang Hits – Kerajinan Manik-manik

Oleh-oleh khas Bali - Kerajinan Manik manik
Oleh-oleh khas Bali – Kerajinan Manik manik

Jika ingin dapatkan oleh oleh khas bali murah meriah, Anda bisa pilih hasil kerajinan tangan berupa manik-manik Bali yang bisa untuk pajangan kamar atau ruang tamu, atau juga bisa digunakan langsung. Hasil kreatifitasnya, masyarakat Bali mampu mencipatakan beragam aksesoris yang begitu manis, seperti halnya kerajinan tangan dari kota wisata lain seperti Jogja.

Anda juga bisa dapatkan pouch cantik untuk hadiah sahabat/teman di kota asal. Banyak sekali penjual oleh-oleh yang satu ini, hampir semua sudut pasar bisa Anda temukan.

11. Oleh-oleh Khas Bali atau Oleh-oleh Khas Bali Kekinian, atau Oleh-oleh Bali yang Hits – Kerajinan Perak Celuk Bali

Oleh-oleh khas Bali - Kerajinan Perak Celuk Bali
Oleh-oleh khas Bali – Kerajinan Perak Celuk Bali

Tidak hanya sebatas manik-manik saja, hasil karya tangan masyarakat Bali, kerajinan Perak Cantik dijual dengan harga yang beragam dan Anda bisa membelinya langsung. Lagi-lagi di kawasan Jogja khususnya Kotagede yang terkenal dengan pengrajin perak, Bali khususnya Desa Celuk terkenal sebagai daerah penghasil perak terbaik sejak tahun 1976 dan dikenal hingga wisatawan mancanegara.

Jika tidak ada waktu untuk datang ke Desa Celuk, Anda bisa dapatkan beragam ukiran perak di pasar seni yang terbesar di Bali seperti Pasar Wukawati dan kawasan Nusa Dua.

12. Oleh-oleh Khas Bali atau Oleh-oleh Khas Bali Kekinian, atau Oleh-oleh Bali yang Hits – Aneka Kerajinan Tangan

Oleh-oleh khas Bali - Aneka Kerajinan Tangan
Oleh-oleh khas Bali – Aneka Kerajinan Tangan

Masih banyak hasil kerajinan tangan masyarakat Bali yang perlu Anda apresiasi karena Bali terkenal sebagai gudangnya kerajinan. Belum tentu Anda bisa melakukan apa yang jadi tumpuan hidup mereka. Selain manik-manik dan hasil kerajinan perak, oleh-oleh khas Bali murah meriah lainnya seperti tempat lilin, gantungan kunci, lukisan, seni ukir, topeng dan lain-lain banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional. Biasanya disekitar objek wisata pantai Bali berjejer pedangan yang menjajakan gantungan kunci, dll.

13. Oleh-oleh Khas Bali atau Oleh-oleh Khas Bali Kekinian, atau Oleh-oleh Bali yang Hits – Mukena Bali

Oleh-oleh khas Bali - Mukena Bali
Oleh-oleh khas Bali – Mukena Bali

Meskipun mayoritas penduduk Bali beragama Hindu, tapi ternyata disini juga sebagai sentra pembuat mukena Bali yang sangat tersohor. Bahan dasar yang digunakan terbuat dari rayon halus dan adem saat dikenakan. Corak dan warnanya juga bermacam-macam, terlihat begitu cantik dan Anda yang muslimah akan terpana melihat hasilnya. Biasanya, menjelang lebaran akan lebih banyak pembeli yang berburu mukena Khas Bali.

14. Oleh-oleh Khas Bali atau Oleh-oleh Khas Bali Kekinian, atau Oleh-oleh Bali yang Hits – Bali Home Spa

Oleh-oleh khas Bali - Bali Home Spa
Oleh-oleh khas Bali – Bali Home Spa

Oleh-oleh yang satu ini sangat pas jika diberikan kepada saudara atau sahabat perempuan Anda. Selain bisa melakukan spa di rumah, hal ini bisa meminimalisir pengeluaran saat ingin melakukan perawatan di salon. Home spa Bali sangat khas dan memiliki berbagai merek sesuai dengan kebutuhan. Selain body bitter dan scrub, tersedia juga body mist dan shampo.

15. Oleh-oleh Khas Bali atau Oleh-oleh Khas Bali Kekinian, atau Oleh-oleh Bali yang Hits – Baju Barong

Oleh-oleh khas Bali - Baju Barong
Oleh-oleh khas Bali – Baju Barong

Tidak hanya Baju Batik, Joger, hingga katun, Anda juga bisa dapatkan oleh-oleh khas Bali tahan lama dengan membeli Baju Barong. Dinamakan Baju Barong karena coraknya bergambar kepala barongsai. Memberikan kesan kasual dan nyaman saat dikenakan, cocok untuk bersantai saat di rumah atau pergi ke Pantai. Jika Anda ingin dapatkan harga murah bisa beli di Pasar Sukawati atau pasar-pasar tradisional lain.

16. Oleh-oleh Khas Bali atau Oleh-oleh Khas Bali Kekinian, atau Oleh-oleh Bali yang Hits – Kacang Rahayu

Oleh-oleh khas Bali - Kacang Rahayu
Oleh-oleh khas Bali – Kacang Rahayu

Selain Kacang Disco yang terkenal dari Bali, Anda bisa dapatkan juga oleh-oleh makanan khas Bali berupa Kacang bermerk Kacang Rahayu. Kacang Rahayu ini sangat diminati oleh wisatawan yang datang. Jika ingin mendapatkan dan bingung harus mencari kemana, datang saja langsung ke Kios Kacang Rajayu di Jalan Gatot Subroto Tengah No. 59C, Denpasar Bali. Kios buka mulai pukul 08.30 – 21.00 setiap hari.

Harga yang ditawarkan beragam mulai terkecil seharga Rp. 7000 hingga paling besar seharga Rp. 100.000. Selain di Jalan Gatot Subroto, Anda juga bisa dapatkan Kacang Rahayu ini di tempat lain seperti Jalan Raya Tuban 58B.

17. Oleh-oleh Khas Bali atau Oleh-oleh Khas Bali Kekinian, atau Oleh-oleh Bali yang Hits – Kacang Matahari

Oleh-oleh khas Bali - Kacang Matahari
Oleh-oleh khas Bali – Kacang Matahari

Nah, oleh-oleh Khas Bali yang satu ini tidak kalah legendarisnya dengan kacang-kacang khas Bali lain. Kacang Matahari ukurannya lebih kecil dan rasanyapun gurih juga renyah. Bicara masalah tarif, Kacang Matahari termasuk oleh-oleh khas Bali yang murah meriah bisa dibeli dan banyak diburu para wisatawan dari berbagai kalangan. Jika Anda ingin memesan online sebagai oleh oleh khas Bali online bisa hubungi nomor 0878-6191-9287

18. Oleh-oleh Khas Bali atau Oleh-oleh Khas Bali Kekinian, atau Oleh-oleh Bali yang Hits – Pia Bintang

Oleh-oleh khas Bali - Pia Bintang
Oleh-oleh khas Bali – Pia Bintang

Lagi dan lagi, Jogja sebagai bandingannya yang memiliki aneka ragam oleh-oleh khas kota wisata. Terkenal dengan Bakpia Jogja, Bali juga tidak mau kalah. Salah satu Pia Bali yang terkenal adalah Pia Bintang Baturiti dengan dua jenis kemasan berbeda. Rasa dan harganya pun berbeda-beda. Pia Bintang Baturiti bisa Anda dapatkan di toko kue bahagia di Jalan Veteran Denpasar dan toko oleh-oleh lainnya.

19. Oleh-oleh Khas Bali atau Oleh-oleh Khas Bali Kekinian, atau Oleh-oleh Bali yang Hits – Sandal Etnik Bali

Oleh-oleh khas Bali - Sandal Etnik Bali
Oleh-oleh khas Bali – Sandal Etnik Bali

Selain pakaian yang bisa Anda kenakan sebagai oleh-oleh Khas Bali yang tahan lama, ternyata di Bali menyediakan oleh-oleh burupa sandal etnik cantik untuk keluarga atau sahabat Anda. Ketika Anda sedang jalan-jalan di pusat oleh-oleh atau pasar tradisional, Anda akan temukan banyak kerajinan khas Bali termasuk Sandal Etnik. Ciri khas dari sandal ini adalah hiasan berupa payet atau manik-manik di bagian atas sehingga terlihat cantik dan unik. Biasanya sandal dibuat flat juga wedges untuk variannya.

20. Oleh-oleh Khas Bali atau Oleh-oleh Khas Bali Kekinian, atau Oleh-oleh Bali yang Hits – Buah Lokal

Oleh-oleh khas Bali - Buah Lokal Bali
Oleh-oleh khas Bali – Buah Lokal Bali

Bukan hanya Salak Bali yang dikenal sebagai oleh-oleh khas Bali, buah-buahan lain pun bisa Anda bawa sebagai buah tangan atau oleh-oleh dari Bali. Ada banyak buah lokal yang dijajakan di pasar-pasar tradisional dengan harga bervariasi. Karena masyarakat Bali mayoritas beragam Hindu dan sering mengadakan ritual serta upacara adat yang menyajikan persembahan salah satunya buah-buahan lokal, maka tidak heran jika saat berlibur di Bali Anda temukan banyak pedagang buah-buahan.

Kualitasnya pun tidak kalah dengan buah-buahan impor, bahkan beberapa diantaranya sudah menjadi komoditas ekspor. Jadi, jangan lupa membeli buah-buahan untuk oleh-oleh dari Bali.

21. Oleh-oleh Khas Bali atau Oleh-oleh Khas Bali Kekinian, atau Oleh-oleh Bali yang Hits – Layang-layang Bali

Layang-layang khas Bali bisa jadi oleh-oleh. Selain bentuknya yang beragam, warna dan coraknya pun sangat menarik. Salah satu yang paling terkenal adalah layang-layang berbentuk kapal dan burung garuda. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan layang-layang khas Bali ini di pusat oleh-oleh maupun di toko-toko di sepanjang jalan tempat wisata.

22. Oleh-oleh Khas Bali atau Oleh-oleh Khas Bali Kekinian, atau Oleh-oleh Bali yang Hits – Kerajinan Kelapa Bali

Kerajinan batok kelapa ini juga sudah jadi produk ekspor. Walau begitu, harganya sangat murah. Paling tidak, sebuah mangkuk batok kelapa kecil bisa didapatkan dengan harga Rp 10.000,- Komoditas ini masih banyak dikerjakan secara home industry. Walau begitu, tak perlu khawatir dengan kualitasnya.

23. Oleh-oleh Khas Bali atau Oleh-oleh Khas Bali Kekinian, atau Oleh-oleh Bali yang Hits – Alat Musik Gamelan

Tentu, takl harus beli gamelan yang besar dan satu paket lengkap untuk dibawa-bawa naik kapal atau pesawat. Alat musik ini juga ada yang tersedia dalam versi mininya. Gamelan paling banyak ditemui di kawasan Ubud atau Klungkung. Kalau yang paling murah, bermodalkan Rp 40.000-an juga bisa dapat. Tapi kalau mau yang lebih oke, harganya sekitar Rp 300.000-an.

24. Oleh-oleh Khas Bali atau Oleh-oleh Khas Bali Kekinian, atau Oleh-oleh Bali yang Hits – Kerajinan Kayu Pahatan

Seperti perak, kerajinan kesenian kayu juga berpusat di kawasan Gianyar walau produknya juga bisa dengan mudah ditemukan di toko-toko kawasan kota. Kerajinan kayu pahatan ini bentuknya sangat beragam dengan ukuran yang juga bervariasi. Namun, pastikan kamu punya space yang cukup di koper atau tas untuk membawa oleh-oleh ini, ya.

25. Oleh-oleh Khas Bali atau Oleh-oleh Khas Bali Kekinian, atau Oleh-oleh Bali yang Hits -Kaos Jangkrik Bali

Sama seperti Joger, kaos yang diproduksi oleh Jangkrik ini punya banyak kalimat-kalimat lucu yang mengundang gelak tawa. Kaos yang satu ini cocok bila dijadikan oleh-oleh yang nantinya diperuntukkan untuk teman atau sahabat di rumah.

26. Oleh-oleh Khas Bali atau Oleh-oleh Khas Bali Kekinian, atau Oleh-oleh Bali yang Hits – Lukisan

Sebagai pusat kesenian terbaik di Indonesia, tentu saja Bali sangat terkenal dengan hasil lukisannya juga. Mulai dari lukisan yang bergaya realist seperti gambar pematang sawah sampai dengan lukisan bergaya abstract tersedia di kebanyakan pusat oleh-oleh. Harga lukisan di pusat oleh-oleh biasanya tidak terlalu mahal, sekitar Rp. 200.000 – 300.000-an. Kenapa bisa murah? Karena lukisan model ini biasanya dibuat secara mass produce.

27. Oleh-oleh Khas Bali atau Oleh-oleh Khas Bali Kekinian, atau Oleh-oleh Bali yang Hits – Ikat Kepala khas Bali

Seperti juga daerah-daerah lain di Indonesia, masyarakat Bali pun memiliki busana tradisional. Salah satunya adalah udeng, ikat kepala yang dikenakan kaum pria Bali. Udeng umum dikenakan oleh masyarakat dari berbagai lapisan masyarakat. Baik kalangan bangsawan maupun orang biasa, dari anak-anak hingga sesepuh, seluruh masyarakat Bali menggunakan ikat kepala ini.

Udeng terbuat dari kain dengan ukuran panjang kurang lebih sekitar setengah meter. Pembuatan udeng memerlukan keahlian tersendiri, maka dari itu umumnya udeng diproduksi di daerah-daerah tertentu. Perajin udeng dan kerajinan-kerajinan berbahan kain lainnya banyak diproduksi di daerah Karangasem. Salah satu desa yang terkenal karena kerajinan kain adalah Desa Sidemen.

28. Oleh-oleh Khas Bali atau Oleh-oleh Khas Bali Kekinian, atau Oleh-oleh Bali yang Hits – Gelang Bali

Gelang-gelang lucu juga bisa dijadikan oleh-oleh yang gampang. Yang menjual suvenir ini juga cukup banyak, kok. Kalau bujet rendah, beli saja di toko-toko yang tidak terlalu mahal. Paling tidak, kamu bisa memperolehnya mulai dari sekitar Rp 3.500 saja. Tapi, harga ini juga bergantung dari desainnya. Ada yang modelnya rajut biasa, bebatuan, dan lain-lain.

29. Oleh-oleh Khas Bali atau Oleh-oleh Khas Bali Kekinian, atau Oleh-oleh Bali yang Hits – Sarung Bali

Sarung Bali memang punya motif yang sangat khas, mulai dari bunga-bunga sampai dengan motif abstrak berwarna warni. Kain ini biasa juga disebut kain sarung pantai. Mungkin karena banyak dijual di pantai-pantai wisata di Bali.

30. Oleh-oleh Khas Bali atau Oleh-oleh Khas Bali Kekinian, atau Oleh-oleh Bali yang Hits – Tas Rotan Bali

Tas rotan bulat khas Bali jadi hits belakangan ini. Tak cuma orang Indonesia, bahkan bule-bule juga banyak yang berburu tas rotan bulat ini. Tas anyaman rotan ini sekarang juga mulah dimodif-modif dengan berbagai macam bentuk dan pernak-pernik. Selain di beberapa toko oleh-oleh khas Bali, kamu bisa coba cari di pasar tradisional seperti di Sukawati atau Ubud.