11 Oleh-oleh Khas Banyuwangi yang Wajib Dibawa Pulang Wisatawan

11 Oleh-oleh khas Banyuwangi yang Wajib Dibawa Pulang Wisatawan — Oleh-oleh khas Banyuwangi pasti langsung muncul di kepala ketika kamu meluangkan waktu untuk berwisata ke sana. Kira-kira apa saja yang menjadi sajian khas dan rekomendasi dari daerah yang sangat dekat dengan Pulau Bali tersebut?

Nah, dalam artikel ini, Mamikos akan memberikan beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Banyuwangi yang wajib kamu bawa pulang apabila berwisata ke sana. Apa saja rekomendasi oleh-oleh khas Banyuwangi tersebut? Simak dengan saksama daftar oleh-oleh khas Banyuwanginya berikut ini.

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Banyuwangi, Wajib Beli saat Berkunjung!

planterandforester.com

Seperti yang sudah Mamikos singgung di atas bahwa pada kesempatan ini, Mamikos akan memberikan informasi dan rekomendasi oleh-oleh khas Banyuwangi yang wajib kamu beli saat berkunjung ke sana. Jadi, apa saja rekomendasi oleh-oleh khas Banyuwangi tersebut? Langsung saja baca penjelasan oleh-oleh khas Banyuwangi tersebut di sini.

1. Sale Pisang

lazada.co.id

Sale pisang bukanlah camilan baru, kita sudah akrab dan mengenal kudapan satu ini. Namun belum banyak yang tahu bahwa kota Pisang merupakan salah satu julukan kota Banyuwangi yang tentu saja identik dengan berbagai olahan pisang, salah satunya adalah sale. Sale pisang merupakan kudapan yang berbahan dasar pisang dan diolah dengan sangat teliti.

Pisang yang hendak dibuat sale, pertama-tama harus dikeringkan terlebih dulu agar air yang terkandung di dalamnya menjadi habis dan hilang. Selain itu tujuan dari pengeringan pisang juga agar menjadi lebih tahan lama dan menciptakan rasa enak yang berbeda. Apabila musim kemarau, proses pengeringan biasanya dilakukan di luar agar bisa terkena sinar matahari. Namun saat musim hujan maka proses pengeringannya akan menggunakan mesin.

Cita rasa dari sale pisang ini cenderung manis dan gurih, makanya cocok untuk camilan pagi hari atau sore hari sambil menyesap teh. Varian sale pisang ini pun beragam bukan hanya sale goreng saja, tapi juga tersedia sale pisang basah, hingga sale pisang gulung.

2. Kue Bagiak

adira.co.id

Daftar oleh-oleh khas Banyuwangi selanjutnya yang Mamikos rekomendasikan kali ini adalah kue Bagiak. Kue satu ini adalah jajanan ringan dan khas ala Banyuwangi yang sudah terkenal sejak zaman dulu. Rata-rata para pelancong yang datang berkunjung ke Banyuwangi akan menjadikan kue bagiak sebagai buah tangan yang mereka beli untuk keluarga tercinta di rumah.

Kamu dapat mencicipi berbagai macam rasa yang ditawarkan kue bagian ini. Ada rasa vanila, pandan, kacang, hingga durian. Untuk harga kue bagiak pun sangat murah dan terjangkau. Jadi jangan khawatir sebab tidak akan menguras kantong.

3. Ladrang Sabrang

idntimes.com

Rekomendasi oleh-oleh khas Banyuwangi berikutnya adalah Ladrang Sabrang. Camilan satu ini terbuat dari ubi ungu yang memiliki tekstur super renyah dan berbentuk kecil-kecil, pipih seperti mi, dan pendek. Tentu kita sudah sama-sama tahu bahwa ubi memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh, salah satunya adalah dapat mengurangi resiko terkena kanker, diabetes, obesitas dan lain sebagainya.

Sebab ladrang sabrang ini bisa menjadi jajanan yang dikonsumsi bagi kamu yang saat ini sedang menjalankan diet sekalipun. Jajanan ini tidak mengandung banyak gula, karena dalam ubi sudah memiliki rasa manis secara alami. Ubi juga dikenal kaya akan beta karoten, kolin, dan serat. Makanya jika banyak memakan ubi, pencernaan pun jadi lancar.

4. Kerupuk Rumput Laut

bukalapak.com

Hampir sama seperti beberapa daerah yang lokasinya dekat dengan pantai, Kabupaten Banyuwangi pun memiliki berbagai macam olahan laut yang lezat dan nikmat yang diolah ke dalam berbagai macam makanan. Salah satu produk yang begitu difavoritkan oleh warga Banyuwangi adalah kerupuk rumput laut. Kudapan satu ini begitu laris dan digandrungi oleh warga setempat.

Kerupuk rumput laut khas Banyuwangi ini memiliki usia simpan cukup lama lho, meski dalam proses pembuatannya tidak menggunakan pengawet buatan sama sekali. Rasanya yang khas serta tekstur renyah dan gurih membuat kerupuk rumput laut khas Banyuwangi cukup terkenal di kalangan wisatawan.

5. Kopi Khas Banyuwangi

kabarjawatimur.com

Bukan hanya Aceh atau Lampung saja yang unggul akan kopinya, Banyuwangi pun merupakan salah satu daerah di Indonesia yang menjadi penghasil kopi terbesar lho. Berbagai jenis biji kopi bisa kamu Anda temukan di Kabupaten Banyuwangi ini. Selain itu, kualitas yang dimiliki oleh biji kopi khas Banyuwangi juga terkenal sampai ke mancanegara. Informasi menarik lainnya, biji kopi khas Banyuwangi menduduki urutan keempat sebagai biji kopi dengan kualitas terbaik di dunia. Membanggakan.

Setiap tahun, Banyuwangi memproduksi hingga 3.900 ton biji kopi yang disebar penjualannya baik di daerah Banyuwangi sendiri maupun diekspor ke luar. Beberapa biji kopi Banyuwangi yang paling populer dan menjadi unggulan warga setempat adalah kopi kemiren, kopi lanang serta juga kopi seblang. Makanya kalau kamu datang ke Banyuwangi, jangan sampai terlupakan untuk membeli kopi khas Banyuwangi tersebut.

6. Tape Buntut

tripzilla.id

Bukan hanya Bandung yang punya peuyeum atau fermentasi dari singkong tersebut. Kabupaten Banyuwangi juga mempunyai tape buntut sebagai salah satu makanan khas yang dapat kamu beli dan bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Tape Buntut khas Banyuwangi ini agak berbeda dengan tape kebanyakan yang kamu tahu. Sebab Tape Buntut khas Banyuwangi ini dibungkus menggunakan daun jati sebagai wadahnya.

Penamaan Tape Buntut pun dikarenakan bungkusan tape ini seperti memiliki ekor yang menjulang sehingga terlihat bagai buntut. Tape buntut khas Banyuwangi adalah salah satu makanan tradisional suku using Banyuwangi yang masih cukup terkenal hingga kini.

7. Pia Glenmore

restaurantguru.com

Bukan hanya Yogyakarta saja yang memiliki bakpia, di Kabupaten Banyuwangi pun ada yang namanya bakpia khas yang bernama pia glenmore. Kue khas Banyuwangi satu ini memiliki rasa yang sangat lezat namun harganya dijamin tidak akan menguras kantong alias cukup murah.

Pia Glenmore mempunyai berbagai macam rasa yang dapat kamu pilih sesuai selera. Di antaranya adalah pia glenmore rasa stroberi, nanas, kacang merah, dan banyak lagi varian rasa lainnya. Pia glenmore pun dapat menjadi salah satu oleh-oleh hangat bagi keluarga di rumah atau sahabat yang kamu sayangi.

8. Rengginang Banyuwangi

dimadiun.com

Mungkin nama rengginang sudah tidak asing lagi untuk kamu. Karena sebagai orang Indonesia, camilan satu ini pasti sudah akrab dan sudah pernah kamu temui. Apalagi jika kamu adalah masyarakat yang tinggal khususnya di Pulau Jawa. Rengginang adalah salah satu kudapan Indonesia yang berasal dari beras ketan.

Karena rengginang begitu populer, maka tak heran jika beberapa daerah di pulau Jawa memiliki banyak sekali olahan khas rengginang, termasuk dari Banyuwangi. Rengginang asli dari Banyuwangi ini memiliki cita rasa yang kental dengan cumi, udang, terasi, dan bawang putih yang khas. Tak hanya itu saja, rengginang Banyuwangi juga memiliki bentuk bundar alami dan datar. Bentuk rengginang Banyuwangi tidak dibuat dengan cetakan, melainkan masih konvensional dengan tangan.

Hal lain yang menjadi pembeda antara rengginang khas Banyuwangi adalah proses pengeringan rengginangnya yang dilakukan menggunakan oven. Jadi, sebelum rengginang tersebut digoreng, maka hasilnya pun akan jauh lebih kering dan merata serta mengembang dengan sempurna. Untuk membawa rengginang khas Banyuwangi tersebut kamu cukup membayar dengan harga berkisar Rp 15K saja peer kemasan. Cukup murah dan terjangkau bukan?! Apalagi rengginangnya bisa kamu nikmati bersama keluarga di rumah.

9. Kue Untir-Untir

idntimes.com

Rekomendasi oleh-oleh khas Banyuwangi selanjutnya yang ada dalam daftar Mamikos adalah kue Untir-untir. Kue satu ini merupakan kue khas Banyuwangi yang memiliki bentuk yang berputar seperti diuntir. Kue ini memiliki rasa yang manis, gurih, dan lezat, serta tekstur yang renyah.

Makanya tak heran jika para pelancong dan wisatawan begitu menyukai kue untir-untir dan selalu membelinya ketika berkunjung ke Banyuwangi. Bukan hanya rasanya yang enak, tapi harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau. Makanya wisatawan pun makin dibuat penasaran dengan rasa kue Untir-untir tersebut.

10. Savana Cake

kulinear.hops.id

Oleh-oleh khas Banyuwangi berikut yang ada dalam daftar ini adalah Savana Cake yang adalah kue yang namanya diambil dari padang savana yang cukup terkenal di alas purwo, Kabupaten Banyuwangi. Cake satu ini juga cocok untuk kamu pilih sebagai buah tangan ketika sedang berkesempatan melancong ke Banyuwangi.

Cake Savana ini terbuat dari bahan-bahan berkualitas dan menggunakan bahan utama pisang. Beberapa varian rasa bisa kamu temukan jika hendak membeli Savana Cake. Misalnya saja Savana Wedi Ireng, Savana Sunrise of Java, Savana Blue Fire, Savana Red Island dan Savana Green Bay. Ingin pilih Savana Cake yang mana untuk oleh-oleh keluarga di rumah?

11. Batik Banyuwangi

kabarbesuki.pikiran-rakyat.com

Selain makanan dan camilan, saat berkunjung ke Banyuwangi juga kamu dapat membeli bentuk oleh-oleh lain yakni Batik Banyuwangi. Batik adalah salah satu budaya asli Indonesia yang sudah diakui sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO dan telah mendapat pengakuan juga. Jika kamu hanya mengetahui ada batik Pekalongan, batik Madura, batik Solo, atau batik Cirebon, jangan salah Banyuwangi pun punya batik.

Corak khas Batik Banyuwangi yang paling populer adalah corak Gajah Oling. Yakni sebuah corak batik yang menyerupai belalai gajah namun sebenarnya berbentuk bunga. Bukan hanya corak Gajah Oling, corak batik lain yang ada pada batik Banyuwangi antara lain ada sembruk cacing, kangkung setingkes, gedangan, dan motif-motif lainnya.

Dari daftar oleh-oleh khas Banyuwangi yang ada dalam daftar ini, manakah yang paling membuat kamu ingin mencoba dan membawa pulang saat liburan nanti? Catat dari sekarang dan jangan lupa untuk menyebarkannya pada teman atau sahabat di media sosial kamu. Supaya mereka juga mengetahui apa saja oleh-oleh khas Banyuwangi yang direkomendasikan tersebut.

Disamping informasi mengenai oleh-oleh khas Banyuwangi, Mamikos juga memiliki informasi terbaik lainnya yang jangan sampai terlewat yakni mengenai situs dan aplikasi Mamikos yang dapat memberikan kamu info hunian terbaik dan terupdate. Dengan mengandalkan situs dan aplikasi Mamikos, kamu pun bisa mengetahui secara terkini dan lebih efisien info hunian kos yang kamu butuhkan saat ini. Unduh aplikasinya atau kunjungi situsnya sekarang juga.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah