13 Oleh-oleh Khas Lampung yang Terkenal dan Kekinian, Wajib Dibeli!

13 Oleh-oleh Khas Lampung yang Terkenal dan Kekinian, Wajib Dibeli! — Ketika datang ke suatu daerah, kamu pasti langsung terpikirkan apa oleh-oleh khas dari daerah tersebut bukan? Sama seperti halnya saat datang ke Lampung kamu pun akan berpikir hal yang sama. Kira-kira oleh-oleh khas Lampung apa saja, ya?

Oleh-oleh khas Lampung yang terkenal, kekinian, dan pastinya wajib dibeli pastinya menjadi salah satu topik pencarian yang kamu lakukan saat melancong ke Lampung. Dalam artikel ini Mamikos akan memberikan kamu informasi lengkap seputar oleh-oleh khas Lampung yang terkenal, kekinian, dan pastinya wajib untuk dibeli. Apa sajakah oleh-olehnya? Simak daftar lengkap oleh-oleh khas Lampung tersebut berikut ini.

Rangkaian Oleh-oleh Khas Lampung, Terkenal dan Wajib Dibawa Pulang

potretlampung.com

Kamu pasti sudah tidak sabar lagi bukan dengan daftar lengkap oleh-oleh khas Lampung yang kekinian dan wajib untuk dibawa pulang? Berikut ini adalah daftar lengkap dari oleh-oleh khas Lampung yang dapat kamu simak dan pilih untuk dibeli nanti.

1. Sambal Lampung

id.wikipedia.org

Indonesia tidak bisa makan tanpa sambal, katanya. Maka tentu saja saat kamu datang ke Lampung, salah satu oleh-oleh yang wajib untuk dibawa pulang adalah sambal Lampung nya. Apalagi Indonesia memang sudah populer dengan kuliner khas sambal yang terkenal pedas dan diidolakan banyak orang. Jadi membawa oleh-oleh khas Lampung berupa sambal Lampung pastinya akan membuat orang yang menerimanya merasa senang.

Hal yang membedakan antara Sambal Lampung dan sambal lainnya adalah karena sambal Lampung identik dengan aroma yang khas. Perpaduan cabai rawit merah dan bawang putih nya menambah kekhasan dari sambal Lampung tersebut. Oleh-oleh khas Lampung satu ini bakal menjadi teman makan yang nikmat meskipun hanya sepiring nasi hangat.

2. Kerupuk Cumi

kulinerkota.com

Oleh-oleh khas Lampung berikutnya yang Mamikos rekomendasikan adalah kerupuk cumi. Selain sambal, Indonesia juga sangat dekat dan akrab dengan kerupuk. Mulai dari kerupuk udang, kerupuk kulit, kerupuk bawang, kerupuk mie, dan lain sebagainya. Ternyata di Lampung ada kerupuk cumi yang cukup populer dan menjadi salah satu kuliner khas lho.

Jadi apabila kamu hanya mengetahui bahwa cumi hanya bisa diolah sebagai makanan atau teman lauk, di Lampung kamu akan menemukan kerupuk cumi yang memiliki cita rasa renyah, nikmat dan pastinya bikin ketagihan. Kerupuk cumi ini mempunyai kandungan gizi yang baik sebab terbuat dari cumi-cumi segar yang langsung diolah.

3. Sambal Goreng Udang

food.id

Rekomendasi oleh-oleh khas Lampung selanjutnya yang ada dalam daftar Mamikos adalah sambal goreng udang yang memang sangat digemari oleh warga Lampung. Sambal goreng udang terbuat dari udang kering atau ebi yang diberikan tambahan kentang sebagai bahan utama dan menambah juga keunikannya. Rasa pedas yang berasal dari sambal dipadukan dengan gurihnya udang dijamin akan membuat kamu ketagihan untuk terus menambah nasi. Sambal goreng udang ini cocok untuk diberikan pada keluarga kamu di rumah.

4. Lempok Durian

lazada.co.id

Lempok merupakan oleh-oleh khas Lampung yang juga terkenal dan wajib untuk dibeli. Sebenarnya Lempok merupakan makanan khas daerah Lampung yang bentuknya mirip dodol. Dalam proses membuat lempok juga bisa dibilang mirip dengan salah satu kuliner asli Garut tadi. Namun yang menjadi viral dan digemari oleh warga sekitar ataupun para pelancong yang datang adalah lempok durian.

Oleh-oleh khas dari Lampung ini memang terbuat dari buah durian asli sehingga tak heran jika mempunyai rasa durian yang sangat kuat dan terasa. Untuk kamu para pecinta durian, Mamikos rasa kamu wajib mencicipi dan membawa pulang oleh-oleh khas Lampung satu ini.

5. Pie Susu Pisang

lampung.tribunnews.com

Pie merupakan makanan yang mempunyai rasa renyah jika dilihat dari luar dan lembut dari dalam sebab biasanya diisi dengan berbagai isian. Sebelumnya kamu mungkin sudah pernah dengar dengan kuliner pie yang sudah lebih dulu populer yakni pie susu Bali.

Akan tetapi, di daerah Lampung juga mempunya pie yang tak kalah populer lho, yakni pie susu pisang. Pie susu pisang terbuat dari bahan-bahan bermutu kemudian diberi isian pisang dan dibentuk juga menyerupai pisang. Unik, cantik dan bercita rasa lezat. Buah tangan satu ini wajib kamu bawa pulang saat jalan-jalan ke Lampung.

6. Keripik Pisang

id.carousell.com

Keripik pisang menjadi oleh-oleh khas Lampung berikutnya yang Mamikos rekomendasikan. Dari namanya saja kamu pasti sudah tahu bahwa bahan utama dari keripik ini adalah pisang berkualitas yang sengaja dipilih untuk menghasilkan keripik dengan cita rasa khas dan nikmat.

Apalagi keripik pisang ini divariasikan dengan sangat unik. Penasaran kan bagaimana dengan keripik pisang rasa stroberi? Nah, pisang tapi rasanya stroberi itu seperti apa? Keunikan tersebut lah yang membuat banyak orang kemudian penasaran dan akhirnya mencoba keripik pisang tersebut. Keripik pisang khas Lampung dijual dalam kemasan yang beraneka ragam dan dapat kamu pilih sesuai keinginan.

7. Lapis Legit

ronalegit.com

Rekomendasi oleh-oleh khas Lampung selanjutnya di daftar ini adalah lapis legit. Makanan lapis memang memiliki sejarah yang menarik dan cukup panjang sebab kono sudah ada sejak zaman kolonialisme Eropa. Lapis Lampung ini menjadi salah satu kuliner yang masih mempertahankan cita rasa asli. Rasa manis serta legit dan teksturnya sudah dicintai oleh warga sekitar sejak dulu.

Lapis legit khas Lampung ini terbuat dari bahan utama tepung terigu, mentega, gula, dan bahan-bahan berkualitas lainnya. Bentuk lapis legit tersebut biasanya kotak dan memiliki lapisan yang berwarna-warni. Apalagi teksturnya yang lembut dan mudah sekali menarik perhatian pecinta kuliner.

8. Kopi Lampung

lazada.co.id

Lampung menjadi salah satu tempat atau daerah yang memproduksi kopi dan bisa dibilang terbesar di Indonesia. Tidak begitu mengherankan bukan apabila kopi khas Lampung begitu populer dan terkenal. Apalagi para petani setempat langsung memetik dan mengolahnya sehingga tercipta lah rasa yang khas dan asli.

Bagi kamu pecinta kopi, Mamikos yakin kamu akan dimanjakan dengan rasa segar dan nikmat saat meminum kopi khas Lampung ini. Untuk oleh-oleh kamu dapat membelinya dalam kemasan yang sudah jadi. Namun di beberapa tempat juga terdapat kopi siap minum yang dapat mengobati rasa penasaran kamu.

9. Bolu Tape

876fm.com

Tape menjadi salah satu kuliner Indonesia yang memiliki banyak pecinta. Siapa sangka jika tape ini bisa dibuat sebagai bolu yang menghasilkan rasa yang lezat dan enak. Kuliner hasil fermentasi dari singkong dan ketan tersebut nantinya akan diolah dengan menambahkan beberapa bahan utama lain seperti tepung, vanili, telur, dan gula.

Saat kamu mencoba sendiri bolu tape tersebut, rasa manis sekaligus legit akan langsung terasa. Selain rasa originalnya, bolu tape juga tersedia dalam rasa lainnya. Cocok untuk diberikan pada teman, tetangga atau kerabat sebagai oleh-oleh.

10. Abon Jamur

kulinerkota.com

Abon jamur merupakan oleh-oleh khas Lampung selanjutnya yang Mamikos masukkan dalam daftar ini. Sebagai orang Indonesia, kamu tentu tidak asing dengan yang namanya Abon ini bukan. Kita sudah mengenal abon mungkin sejak kita kecil, baik abon sapi maupun abon ayam.

Namun abon yang berasal dari Lampung ini sedikit berbeda. Sebab abon ini berasal dari jamur yang diolah secara khusus bersama bumbu-bumbu pilihan hingga menghasilkan sebuah abon yang khas. Abon ini cocok untuk kamu yang tidak terlalu suka abon daging atau seorang vegetarian. Cukup memakannya dengan nasi panas saja, dijamin kamu akan ketagihan untuk menambah lagi.

11. Sambal lingkung

shopee.co.id

Lampung memang kaya akan kuliner sambalnya. Setelah sambal khas Lampung dan sambal goreng udangnya, kini giliran sambal lingkung yang Mamikos perkenalkan. Sambal satu ini terbuat dari bahan-bahan berkualitas dan cocok dinikmati sebagai teman nasi. Proses pembuatan sambal satu ini masih dikerjakan manual demi menjaga keautentikan rasanya.

Bahan-bahan utama pembuatan sambal lingkung pun sebenarnya tidak begitu asing, yakni ada ikan tenggiri, daun salam, garam serta bumbu-bumbu pilihan lainnya yang diolah menjadi satu dan hadirlah sebuah sambal yang lezat dan kaya akan protein.

12. Manisan Lampung

blibli.com

Oleh-oleh khas Lampung yang wajib dibawa dan terkenal adalah manisan Lampung yang sudah populer hingga ke luar Lampung. Manisan Lampung memang memiliki rasa yang khas, karena proses pembuatannya sebagian besar masih manual demi menjaga kualitas dan rasanya. Perpaduan unik rasa pedas, manis, dan asam yang terasa di mulut langsung membuat segar.

Manisan Lampung juga biasanya memakai tempat berupa toples kaca sehingga cita rasa aslinya masih terjaga sampai ke tangan para pembeli. Manisan Lampung yang menjadi favorit dan disukai adalah manisan mangga dan buah pala. Tekstur yang lembut ditambah perpaduan rasa lain dijamin membuat ketagihan para penikmat kuliner.

13. Benjak Enjak

lagimakan.com

Di atas Mamikos sudah menginformasikan mengenai keripik pisang hingga pie pisang khas daerah Lampung. Ada lagi kuliner lain yang berasal dari pisang yang dikenal dengan nama kue Benjak Enjak. Jadi selain dibuat keripik dan pie, pisang juga dapat dibuat kue berbentuk menyerupai lemper dan dibungkus rapi menggunakan daun pisang. Bahan utama pembuatan kue Benjak Enjak adalah pisang raja dan ketan putih. Rasa yang manis alami dari pisang menjadi semakin nikmat karena diberikan tambahan gula merah.

Kue Benjak Enjak sebenarnya mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional yang ada di Lampung. Apalagi harganya yang sangat terjangkau dan usia simpannya yang tahan lama membuat kue Benjak Enjak begitu digemari. Apalagi kalau disimpan dengan aman dalam lemari es. Makanya tak heran jika ada banyak wisatawan yang tertarik untuk mencicipi dan membawa kue Benjak Enjak sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Bagaimana dengan rekomendasi oleh-oleh khas Lampung yang terkenal dan kekinian dan wajib kamu beli di atas? Menarik dan pastinya jadi semakin tidak sabar untuk dibawa pulang bukan?! Sebarkan informasi dalam artikel ini ke teman dan sahabat kamu di media sosial. Siapa tahu ada yang sedang membutuhkan informasi perihal oleh-oleh khas Lampung tersebut untuk mereka jadikan referensi saat datang ke Lampung.

Selain oleh-oleh khas Lampung di atas, dalam artikel ini juga Mamikos mempunyai informasi menarik lain yang pasti berguna untuk kamu yang sedang memerlukan hunian. Situs dan aplikasi Mamikos siap memberikan kamu beberapa rekomendasi hunian kos terbaik dan menariknya kamu dapat menyesuaikan juga dengan keinginan atau kebutuhan kamu saat ini. Akses situsnya atau bisa juga unduh aplikasinya via App Store dan Play Store sekarang untuk info lebih lanjut.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah