10 Oleh Oleh Khas Surabaya di Bandara Juanda Yang Enak dan Patut Dibeli

Oleh Oleh Khas Surabaya di Bandara Juanda Yang Enak dan Patut Dibeli – Surabaya merupakan kota pahlawan yang ada di Indonesia. Julukan tersebut diberikan karena pernah terjadi momen berharga di Surabaya terkait perjuangan untuk mencapai kemerdekaan Indonesia. Kota pahlawan ini juga menjadi salah satu magnet pariwisata di Indonesia, mulai dari wisata sejarah, wisata kuliner, bahkan wisata keluarga sekalipun tersedia di Surabaya. Jika kalian sedang berkunjung ke Surabaya, maka sempatkanlah untuk membeli beberapa oleh-oleh khas daerah tersebut.

Oleh Oleh Khas Surabaya

wikipedia

Kali ini Mamikos akan berbagi rekomendasi oleh-oleh enak khas Surabaya di Bandara Juanda yang wajib kalian beli. Simak terus artikel ini, ya!

1. Almond Crispy Cheese

tribunnews.com

Almond crispy cheese ini merupakan makanan yang berbahan dasar dari almond dan keju. Bentuknya yang tipis dan renyah di mulut membuat makanan ini disukai banyak orang. Selain rasa original, almond crispy cheese ini juga tersedia dalam beragam varian rasa seperti cokelat, green tea, blueberry, strawberry, dan durian.

Satu kotak almond crispy cheese
ini dibanderol mulai dari harga 45 ribu rupiah hingga 50 ribu rupiah. Kemasan pada
makanan ini juga terlihat sangat mewah dan menawan sehingga sangat cocok
dijadikan buah tangan saat pulang berlibur nanti.

2. Kue Lapis Surabaya

kompas.com

Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan makanan khas Surabaya satu ini yaitu kue lapis. Bisa dinamakan kue lapis karena kue ini  terdiri atas beberapa lapis dengan warna yang berbeda. Selai strawberry dijadikan sebagai perekat antar lapisan sehingga menambah cita rasa manis asam pada makanan tersebut.

Tekstur yang diberikan oleh kue lapis ini sangat lah lembut dimulut. Kue lapis ini juga tersedia berbagai macam varian rasa seperti cokelat, strawberry, vanilla, dan masih banyak lagi.

Untuk harga yang ditawarkan kue
lapis ini bisa dibilang cukup mahal karena bahan-bahan yang digunakan
berkualitas tinggi sehingga rasa yang diberikan makanan ini akan setimpal dengan
harganya. Jadi, bisa dibilang ada harga ada rasa.

3. Kue Mente

superapp.id

Bagi yang masih asing mendengar
nama makanan ini, kue mente merupakan salah satu jenis kue yang berbahan dasar
dari mente atau mete. Bentuknya yang bulat dan agak pipih membuat makanan ini
sangat terlihat menggiurkan. Kue mente ini memiliki cita rasa yang unik dan
teksturnya yang lembut membuat makanan ini menjadi favorit banyak orang
termasuk warga lokal maupun wisatawan.

Jika kalian mencari produsen kue mente terbaik di Surabaya, kalian bisa mencoba kue mente yang bermerk “Wisata Rasa” dengan kemasan berwarna hijau berlogo hiu dan buaya. Merk ini juga sudah sangat dikenal masyarakat sehingga kalian dapat bertanya kepada warga lokal mengenai lokasi penjualan Kue Mente Wisata Rasa.

4.Suoklat

kimmojo.com

Dari namanya saja sudah terdengar
unik bukan. Suoklat ini merupakan olahan yang menggunakan bahan dasar dari
coklat. Nama suoklat sendiri diambil dari kebiasaan orang Surabaya yang sering
menambahkan huruf “U” pada kata. Suoklat sendiri saat ini telah tersedia di berbagai
macam varian rasa seperti milk chocolate
crispy, dark chocolate crispy, dark
kurma mete, dark chocolate cookies mete, white
chocolate crispy
, cokelat jahe, premium cokelat, bahkan cokelat kopi.

Untuk harga yang ditawarkan mulai
dari 70 ribu rupiah per box. Sangat cocok untuk dijadikan buah tangan saat
pulang dari Surabaya nanti.

5. Sambal Bu Rudy

amki.or.id

Rekomendasi oleh-oleh khas Surabaya yang wajib dibeli saat berkunjung nanti adalah sambal Bu Rudy. Banyak yang sudah mengenal sambal Bu Rudy ini sebab sambal udangnya yang memiliki cita rasa khas, pedas, dan tentunya nikmat. Saat ini, sambal Bu Rudy telah menyediakan 3 macam varian rasa sambal, di antaranya yaitu sambal udang, sambal bawang, dan sambal bajak. Ketiga varian rasa ini memiliki ciri khasnya masing-masing. Untuk harga yang diberikan yaitu mulai dari 25 ribu rupiah per kemasan. Walaupun tergolong lebih mahal dari ukuran sambal pada umunya, namun bahan yang digunakan sambal ini sangat berkualitas sehingga harga tidak akan menghianati kualitas dan rasa.

6. Keripik Buah Kane – Kane

kanefood.com

Rekomendasi oleh-oleh khas Surabaya selanjutnya adalah keripik buah kane-kane. Keripik ini terbuat dari buah-buahan segar yang digoreng menggunakan minyak kelapa. Proses penggorengan keripik buah kane-kane ini sangat unik sebab menggunakan penggorengan vakum dengan suhu kecil sehingga bisa menghasilkan kripik renyah dan sangat awet.

Keripik ini memiliki aneka rasa mulai dari keripik nangka, keripik apel, keripik nanas, keripik pepaya, keripik salak pondoh, dan keripik mangga. Baru-baru ini terdapat varian baru yang diberi nama keripik mix. Keripik mix ini terbuat dari penggabungan buah apel, salak, dan nangka sehingga menciptakan cita rasa baru.

Harga yang ditawarkan untuk
keripik kane-kane ini mulai dari 17 ribu rupiah hingga 70 ribu rupiah
tergantung ukuran kemasan dan variannya saja.

7. Siropen Telasih

tokopedia.com

Siropen telasih ini merupakan olahan sirup yang sudah ada dan terkenal sejak zaman penjajahan Belanda. Bahkan hingga saat ini, siropen telasih ini masih menjadi favorit banyak orang baik warga lokal maupun wisatawan.

Proses pembuatan siropen telasih masih mengutamakan proses secara konvensional tanpa bantuan alat-alat canggih seperti di pabrik pada umumnya. Hal tersebut bertujuan supaya cita rasa yang dihasilkan masih tetap sama seperti pada jaman dahulu kala. Mungkin yang membedakan hanya varian rasa yang makin berkembang serta kemasan yang mulai berubah menjadi lebih premium.

Varian rasanya meliputi vanili,
cocopandan, jeruk keprok, arbei, leci, melon, frambosen, dan mawar. Kedelapan rasa
ini banyak digemari oleh orang-orang bahkan restoran bintang lima sekalipun. So, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh
ini, ya!

8. Belinjo Udang

tokobogajaya.com

Belinjo atau yang biasa dikenal sebagai melinjo merupakan tanaman yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan emping. Namun kali ini, emping dijadikan varian baru menjadi belinjo udang. Belinjo udang bisa dikatakan sebagai campuran antara emping dengan udang yang diberi rempah-rempah sehingga menghasilkan cita rasa baru khas Surabaya. Belinjo udang ini cocok dijadikan oleh-oleh saat pulang berlibur dari Surabaya nanti. Jangan sampai terlewatkan, ya!

9. Bandeng Asap

depotburudy.com

Rekomendasi oleh-oleh khas Surabaya selanjutnya adalah bandeng asap. Bandeng asap tanpa duri ini cocok dijadikan buah tangan saat pulang berlibur dari Surabaya nanti. Salah satu merk bandeng asap yang terkenal dan sering dijadikan oleh-oleh yaitu bandeng asap Bu Muzanah.

10. Pohong Tata

republikwisata.com

Pohong tata menjadi salah satu
oleh-oleh khas Surabaya yang tidak boleh terlewatkan. Olahan singkong ini
memiliki tekstur yang renyah dan gurih sehingga sangat cocok dijadikan buah
tangan saat pulang nanti.

Demikian beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Surabaya yang enak dan wajib dibeli. Semoga informasi ini membantu!


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah