30 Oleh-oleh khas Surabaya yang Terkenal dan Wajib Dibawa Pulang

 Mamikos | Jum, 10 Nov 2017

Oleh-oleh khas Surabaya – Surabaya memang tak ada habisnya untuk dibahas. Mulai dari tempat wisata, kost murah Surabaya, bisnis, prdagangan, dan lain-lain hingga masalah kuliner dan oleh-oleh.

Bagi mereka yang sedang berlibur di Surabaya, tidak lengkap rasanya jika tidak membawa sederetan oleh-oleh khas Surabaya untuk keluarga tercinta maupun teman atau rekan kerja. Berikut oleh-oleh khas Surbaya yang sayang jika Anda tidak membawanya sebagai buah tangan

30 Oleh-oleh khas Surabaya yang Terkenal dan Wajib Dibawa Pulang

Daftar Isi

1. Oleh-oleh khas Surabaya atau Oleh-oleh hits Surabaya: Almond Crispy

Oleh-oleh khas Surabaya - Almond Crispy
Oleh-oleh khas Surabaya – Almond Crispy

Jajanan yang satu ini sangat hits di Surabaya dan Anda wajib membelinya sebagai oleh-oleh. Meskipun kemunculannya belum terlalu lama, namun almond crispy ini berhasil menjadi oleh-oleh laris bahkan primadona oleh-oleh khas Surbaya.

Cemilan yang terbuat dari tepung, gula, elur, susu bubuk, keju serta almond sebagai topin gmemiliki rasa yang tidak bilh diremehkan.

Terdapat tiga varian rasa yaitu original cheese, cokelat serta green tea. Bentuk almond crispy yang tipis ini sangat cocok dinikmati saat sore hari bersama dengan kopi hangat. Ada banyak penjual almond crispy seperti toko pusat oleh-oleh, atau Anda bisa mendapatkan langsung almond crispy di salah satu tempat yang populer yaitu Wisata Rasa terletak di Jalan Raya Jemursari No. 164.

Harga Almond Crispy dibandrol mulai dari 45.000 rupiah untuk satu kotaknya. Didalam kotak telah diisi makanan dengan kemasan mewah dan siap dibawa sebagai oleh-oleh Surabaya.

2. Oleh-oleh khas Surabaya atau Oleh-oleh hits Surabaya: Sambal Udang Bu Rudy

Oleh-oleh khas Surabaya - Sambal Udang Bu Rudy
Oleh-oleh khas Surabaya – Sambal Udang Bu Rudy

Bagi pecinta pedas, sambal udang Bu Rudy ini menjadi oleh-oleh yang wajib Anda bawa dari Surabaya. Menurut para pembelinya, Sambal udang Bu Rudy memiliki cita rasa yang khas dan tidak ditemukan di sambal lainnya. Silahkan berkunjung ke salah satu cabang terbesar di Surbaya tepatnya di Jalan Dharmahusada 140, Surabaya. Harga sambal per botol di bandrol mulai dari 28.000 Rupiah sesuai dengan ukurannya.

3. Oleh-oleh khas Surabaya atau Oleh-oleh hits Surabaya: Spikoe Resep Kuno

Oleh-oleh khas Surabaya - Spikoe Resep Kuno
Oleh-oleh khas Surabaya – Spikoe Resep Kuno

Kuliner Surabaya yang bisa Anda bawa pulang sebagai buah tangan adalah Spikoe Resep Kuno. Spikoe ini merupakan kue lapis yang rasanya lezat menggunakan resep kuno sehingga cita rasanya tidak berubah. Terdiri dari tiga lapis yaitu kuning-cokelat-kuning bertekstur sangat lembut, berasa makan spons sangat menikmatinya.

Makanan khas Surabaya satu ini merupakan pengembangan bisnis Keluarga Santoso pada tahun 1976 khususnya buatan Nyongya Santoso.

Namun, pada tahun 1982 sempat ditutup karena beberapa hal. Kemudian di tahun 2002, Paulus Santoso yang merupakan anak tertua dari keluarga ini kembali melanjutkan bisnis kue spiku dengan tanpa mengurangi resep terdahulu. Harga satu kotak dibandrol mulai dari 90.000 rupiah.

4. Oleh-oleh khas Surabaya atau Oleh-oleh hits Surabaya: Kerupuk Ikan Kenjeran

Oleh-oleh khas Surabaya - Kerupuk Ikan Kenjeran
Oleh-oleh khas Surabaya – Kerupuk Ikan Kenjeran

Pantai Kenjeran selalu memberikan hasil laut yang melimpah. Karenanya, masyarakatpun berpikir bagaimana memanfaatkan hasil laut supaya menjadi sebuah karya yang bisa dinikmati bersama.

Salah satu hasil kreatifitasnya adalah pembuatan aneka kerupuk berbahan seafood. Saat Anda melewati Jl. Sukolilo atau Pantai Kenjeran, dari jarak jauh sudah tercium aroma khas kerupuk yang dijual di sini.

Kerupuk dijual dalam keadaan siap santap dan juga mentah. Terdiri dari berbagai jenis warna sesuai dengan bahan utama seperti hitam untuk kerupuk cumi, cokelat untuk kerupuk udang, dan hijau untuk kerupuk rumput laut. Ada banyak penjual kerupuk ikan ini dan Anda tinggal memilih sesuai kemasan. Untuk kerupuk ikan dibandrol mulai harga 15.000 rupiah.

5. Oleh-oleh khas Surabaya atau Oleh-oleh hits Surabaya: Guna-guna Snack

Oleh-oleh khas Surabaya - Guna-guna Snack
Oleh-oleh khas Surabaya – Guna-guna Snack

Makanan yang satu ini bukan berarti hasil mantra ya, melainkan keripik berbahan dasar singkong dan kentang dengan berbagai varian rasa yang kekinian dan disukai anak muda dan wajib Anda bawa sebagai oleh-oleh Surabaya.

Ada beberapa varian rasa yang bisa Anda nikmati mulai dari rasa manis, balado, kentang pedas, spemprit keju, dan lain-lain. Harga snack satu ini dibandrol mulai dari 20.000 rupiah.

6. Oleh-oleh khas Surabaya atau Oleh-oleh hits Surabaya: Siropen Telasih

Oleh-oleh khas Surabaya - Siropen Telasih
Oleh-oleh khas Surabaya – Siropen Telasih

Oleh-oleh khas Surabaya berikutnya yang bisa Anda cicipi ialah Siropen Telasih yang memiliki rasa khas menyegarkan. Minuman ini telah berdiri sejak tahun 1923 serta dikelola oleh perusahaan milih Belanda hingga ahirnya jatuh ke tangan Indonesia setelah mengalami beberapa pergantian pemilik.

Salah satu keistimewaan Siropen Telasih ini adalah tidak menggunakan pemanis buatan dan bahkan pada masanya, minuman yang satu ini merupakan minuman bangsawan yang hanya bisa dinikmati oleh segelintir kalangan.

Terdapat beberapa varian rasa seperti mawar, cocopandan, drambosen, vanila hingga jeruk keprok. Harga per botol dibandrol mulai dari 23.000 rupiah.

7. Oleh-oleh khas Surabaya atau Oleh-oleh hits Surabaya: Bunarendang

Oleh-oleh khas Surabaya - Bunarendang
Oleh-oleh khas Surabaya – Bunarendang

Selanjutnya ada Bunarendang yang mengisi daftar oleh-oleh khas Surabaya yang perlu Anda cicipi. Banurendang merupakan singkatan dari Burger Nasi Rendang. Penasaran dengan bentuk dan rasanya? makanan ini merupakan cepat saji dengan lauk rendang khas Padang disertai nasi dan bentuk menyerupai burger.

Yang perlu Anda ketahui, Banurendang merupakan hasil kreasi sekelompok mahasiswa ITS (Institut Sepuluh Nopember) yang terinspirasi dari pamor rendang masuk dalam jajaran 50 kuliner lezat di dunia versi CNN.

Anda dapat temukan makanan khas Surabaya ini di beberapa titik seperti Swalayan Sakinah ITS, Manyar, dan lain-lain. Harga yang dibandrol cukup terjangkau mulai dari 10.000 rupiah.

8. Oleh-oleh khas Surabaya atau Oleh-oleh hits Surabaya: Jenang dan Sirup Mangrove

Oleh-oleh khas Surabaya - Jenang dan Sirup Mangrove
Oleh-oleh khas Surabaya – Jenang dan Sirup Mangrove

Oleh-oleh khas Surabaya lainnya yaitu Jenang dan Sirup Mangrove. Mangrove biasanya Anda temukan hanya pohonnya saja di beberapa kota wisata sebagai objek wisata menarik dan asri.

Kali ini, Anda bisa menikmati hasil olahan menjadi jenang dan sirup. Keduanya diciptakan dari hasil tangan kreatif petani mangrove di Jalan Sonnetaria, Rungkut.

Jenang mangrove ini berwarna cokelat dengan tekstur kenyal serta rasanya yang legit begitu nagih. Untuk sirupnya sendiri, memiliki rasa cenderung asam manis dan lebih segar jika disajikan saat dingin. Sirup ini dipercaya mengandung vitamin A dan C serta yodium dan antioksidan yang baik untuk tubuh.

9. Oleh-oleh khas Surabaya atau Oleh-oleh hits Surabaya: Kaos Cak Cuk

Oleh-oleh khas Surabaya - Kaos Cak Cuk
Oleh-oleh khas Surabaya – Kaos Cak Cuk

Tidak hanya Bali dengan Kaos Joger dan Dagadu dari Yogyakarta, Surabaya juga memiliki oleh-oleh khas Surabaya yang lebih tahan lama. beli lah kaos khas arek-arek Suroboyo Cak Cuk.

Cak Cuk merupakan sebuah distro yang berdiri sejak tahu 2005 dan menawarkan desain kreatif serta tulisan khas anak muda.

Produk Cak Cuk sendiri bukan hanya kaos saja melainkan ada gantungan kucni, mug, pin, dan juga tas. Untuk lebih jelasnya, datanglah langsung ke gerainya yang tersebar di beberapa titik dan salah satunya berada di Jl. Dharmawangsa 35, Surabaya.

10. Oleh-oleh khas Surabaya atau Oleh-oleh hits Surabaya: Abon Sapi Padmosusastro

Oleh-oleh khas Surabaya - Abon Sapi Padmosusastro
Oleh-oleh khas Surabaya – Abon Sapi Padmosusastro

Bicara mengenai kuliner Surabaya memang tidak ada habisnya, khususnya untuk dijadikan oleh-oleh saat pulang kampung.

Anda bisa membawa Abon Sapi Padmosusastro khususnya bagi para pecinta abon. Rasa abon akan lebih nikmat jika dikonsumsi dengan nasi hangat. Cobalah langsung datang ke Jl. Padmosusastro, di sana akan ditemukan deretan penjual abon sapi lezat.

Abon ini menawarkan dua varian rasa yaitu manis dan pedas dalam kemasan berbagai ukuran. Anda pun bisa menyaksikan langsung proses pembuatan abon sapi di sini.

11. Oleh-oleh khas Surabaya atau Oleh-oleh hits Surabaya: Bandang Asap

Nama Bandeng asap ini sendiri memang sangat terkenal, dan memiliki cita rasa yang nikmat dan enak. Jika kita mencicipinya sekali saja, maka dijamin akan ketagihan dan ingin mencicipinya lagi. Selama ini kita hanya mengenal berbagai olahan bandeng seperti Bandeng yang di goreng, di sayur atau di presto.

12. Oleh-oleh khas Surabaya atau Oleh-oleh hits Surabaya: Sambal Cuk

Sambal Cuk Surabaya dengan taglinenya “Sambal Anak Negeri, Kebanggaan Jawa Timur untuk Indonesia” ini menawarkan belasan varian sambal. Diantaranya sambal bawang, korek bebek Madura, ijo teri Medan, udang ebi, ikan asin klotok, original cabai, bajak, bawang pete, klotok pete, roa asap, rica tuna asap, dan matah Bali. Harga tiap sambal berkisar antara Rp 22.000-27.000, bergantung pada variannya.

13. Oleh-oleh khas Surabaya atau Oleh-oleh hits Surabaya: Keripik Buah Kane

Adalah sebuah keripik buah dengan varian yang banyak dari buah nangka, apel, strawberry, salak, dan masih banyak lagi. Keripik buah Kane ini cocok dijadikan oleh-oleh.

14. Oleh-oleh khas Surabaya atau Oleh-oleh hits Surabaya: Pohong Tata

Sekarang ini banyak toko makanan di Surabaya yang menjual Pohong Tata dengan kualitas rasa yang berkelas. Harganya relatif terjangkau, sekitar Rp 20 ribu per kotak. Pengunjung bisa menemukan banyak penjual Pohong Tata di sekitar daerah Mulyorejo, Surabaya.

15. Oleh-oleh khas Surabaya atau Oleh-oleh hits Surabaya: Suoklat

Suoklat merupakan nama produk yang sebenarnya adalah singkatan dari ‘Suroboyo Cokelat’. Produk satu ini bisa menjadi pilihan oleh-oleh khas Surabaya yang menarik untuk dicoba dan dibawa pulang untuk kerabat di rumah.

16. Oleh-oleh khas Surabaya atau Oleh-oleh hits Surabaya: Kue Lapis Surabaya

Nama awal kue lapis diambil dari bahasa Belanda yaitu Spekkoek. Sejarah kue lapis ini tidak bisa dipisahkan dari penguasaan kolonialisme Belanda pada jaman penjajahan. Ciri khas bolu dengan tekstur yang lembut menjadikan bolu lapis Surabaya kerap kali dijadikan sebagai bingkisan di hari spesial

17. Oleh-oleh khas Surabaya atau Oleh-oleh hits Surabaya: Vallens Cake

Vallens Cake lokasinya ada di Jalan Dharmahusadar No.172, Surabaya. Spesialnya dari Vallens Cake ini , terdapat dua varian terbaru yang hanya di Surabaya, yakni cokelat keju, dan tiramisu. Vallens Cake awalnya dibuka di tanah kelahiran Presiden Joko Widodo, Solo. Satu dibandrol sekitar Rp 50 ribu.

18. Oleh-oleh khas Surabaya atau Oleh-oleh hits Surabaya: Oseng Tuna Asap

Oseng Tuna Asap Surabaya menjadi oleh-oleh khas Surabaya berikutnya yang siap dibawa pulang untuk keluarga di rumah. Sesuai namanya, bahan utama pembuatnya adalah ikan tuna segar yang diasapi, kemudian dibuang durinya, serta dikemas dan siap untuk dikonsumsi. Biasanya ada dua varian rasa Oseng Tuna Asap yang menjadi favorit wisatawan, yaitu rasa pedas, dan rasa original. Harganya relatif terjangkau kok, sekitar Rp 55 ribu untuk 1 buah Oseng Tuna Asap dengan berat 500 gram.

19. Oleh-oleh khas Surabaya atau Oleh-oleh hits Surabaya: Kopi Bandrek Sreg

Kopi yang satu ini berasal dari Surabaya. terbuat dari gula putih, gula palm, kopi, krim nabati, jahe, dan ramuan, rempah-rempah tradisional.

20. Oleh-oleh khas Surabaya atau Oleh-oleh hits Surabaya: Kerupuk Udang Lobster

Kerupuk udang lobster juga merupakan salah stau oleh-oleh dari Surabaya yang sayang dilewatkan. Kerupuk ini dibuat dari udang asli tanpa campuran tanpa MSG, tanpa pengawet, hingga tanpa pewarna.

21. Oleh-oleh khas Surabaya atau Oleh-oleh hits Surabaya: Bebek Djangkep

Bebek Djangkep asal Surabaya ini dibuat dengan rempah-rempah sehingga cita rasanya tak perlu diragukan lagi. Tak hanya itu, kemasannya yang praktis, membuat bebek djangkep ini cocok dijadikan oleh-oleh.

22. Oleh-oleh khas Surabaya atau Oleh-oleh hits Surabaya: Sepatu Khas Wedoro

Wedoro adalah sebuah desa di Kecamatan Waru, Sidoarjo, di daerah perbatasan Surabaya. Desa ini telah berkembang menjadi pusat Industri kerajinan Sandal dan Sepatu sejak Kemerdekaan Indonesia. Wedoro terkenal dengan industry sepatunya, dan ada banyak pembeli setia yang selalu datang dan membeli di sini. Jumlah outlet telah mencapai lebih dari 210 toko.

23. Oleh-oleh khas Surabaya atau Oleh-oleh hits Surabaya: Batik Surabaya

Batik Surabaya berbeda dengan batik lainnya, dimana batik Surabaya sulit ditelusuri sejarah perkembangannya, hal itu disebabkan karena surabaya dulunya merupakan daerah transit perdagangan. Tapi pada umumnya batik Surabaya tidak mempunyai perbedaan yang yang jauh dengan batik lainnya seperti batik Kenongoyang bersal dari Sidoarjo maupun batik Madura.

24. Oleh-oleh khas Surabaya atau Oleh-oleh hits Surabaya: Kue Mente

‘Wisata Rasa’ merupakan salah satu toko yang menyediakan Kue Mente berkualitas terbaik. Harga per toples dari kue ini biasanya dibanderol sekitar Rp 30 ribu sampai Rp 60 ribu.

25. Oleh-oleh khas Surabaya atau Oleh-oleh hits Surabaya: Belinjo Udang Surabaya

Belinjo Udang merupakan oleh-oleh khas Surabaya yang terbuat dari melinjo yang dicampur dengan udang dan rempah-rempah. Rasanya gurih dan nikmat, cocok dijadikan sebagai camilan maupun lauk makan. Camilan ini bisa menemukan banyak toko makanan yang menjual Belinjo Udang di Surabaya. Camilan dengan citarasa yang nikmat dan unik ini bisa dibeli dengan harga sekitar Rp 20 ribu sampai Rp 50 ribu per kemasannya.

26. Oleh-oleh khas Surabaya atau Oleh-oleh hits Surabaya: Kue Bikang Peneleh

Kue bikang yang terkenal tentunya hanya ada di Peneleh, Surabaya. Bisa dibilang, kue bikang ini merupakan kue bikang terlama dan masih menjadi favorite bagi sebagian besar warga Surabaya maupun mereka yang berasal dari luar kota.

27. Oleh-oleh khas Surabaya atau Oleh-oleh hits Surabaya: Surabaya Patata

Kakak beradik Oki Setiana Dewi dan Ria Ricis turut meramaikan bisnis kue kekinian. Menggunakan kue berbahan dasar kentang, lahirlah sebuah toko kue bernama Surabaya Pattata. Terdapat lima macam rasa, yakni nutella, keju, matcha, coklat, kacang dan pisang. Kamu bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp 65 ribu.

28. Oleh-oleh khas Surabaya atau Oleh-oleh hits Surabaya: Snow Cake

Mengawali bisnis kue kekinian di Surabaya, Zaskia Sungkar menghadirkan spiku kekinian di Surabaya. Kue spiku ala Snow Cake ini memiliki 3 lapisan roti yang sangat empuk dan lembut. Dibandrol mulai Rp 69 ribu, Snow Cake menghadirkan beragam rasa seperti cokelat, keju, oreo, dan masih banyak lagi yang lainnya.

29. Oleh-oleh khas Surabaya atau Oleh-oleh hits Surabaya: Inul Cakes and Pastry

Inul Daratista memiliki toko yang bernama “Inul Cakes and Pastry”. Kuenya memiliki dua lapis dengan filling cream dengan berbagai rasa dan topping. Kue hasil resep Inul Daratista ini berkisar antara Rp 69-92 ribu. Nama menunya juga sangat unik, misalnya Bu Risma (bolu rasa istimewa telur asin) dan Cak Adam (cake abon daging ayam).

30. Oleh-oleh khas Surabaya atau Oleh-oleh hits Surabaya: Bolu Joeang

Kue ini menghadirkan menu bolu gulung dengan aneka rasa, seperti red velvet. keju, mangga, matcha, dan, coklat. Harganya mulai dari Rp 60 ribu. Bolu Joeang ini adalah milik Ariel Tatum dan Dion Wiyoko

Itulah informasi seputar 30 Oleh-oleh khas Surabaya yang Terkenal dan Wajib Dibawa Pulang. Temukan informasi menarik seputar oleh-oleh dari kota lain dilengkapi info kost melalui Aplikasi Mamikos.

Oleh-oleh khas Surabaya

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kunjungi mamikos.com untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di IndonesiaCari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost