Panduan Memulai Bisnis Rumah Kos, dari Hitung Biaya hingga Strateginya

Panduan Memulai Bisnis Rumah Kos, dari Hitung Biaya hingga Strateginya Siapa bilang berbisnis kos rumit? Asal Anda mengikuti panduan yang tepat, maka berbisnis kos pun menjadi menyenangkan dan tentunya Anda akan berkesempatan untuk mendapatkan banyak keuntungan di masa depan. Oleh karena itu, berikut ini telah Mamikos kumpulkan panduan dalam memulai bisnis rumah kos, dari menghitung biayanya, hingga strategi apa yang harus dilakukan, khusus untuk Anda. Penasaran? Simak uraiannya di bawah ini: 

A. Cara Memulai Bisnis Kos

1. Rencanakan budget 

Budget harus dipersiapkan saat akan mulai membeli rumah kos. Sebab, setelah membeli nanti, akan juga muncul biaya renovasi dan perbaikan yang wajib dianggarkan mulai dari sekarang. Atau bila Anda ingin membangun kos dari awal, Anda pun juga harus merencanakan budget berupa harga tanah, serta harga bahan bangungan dan segala yang dibutuhkan saat pembanguan kos berlangsung.  

2. Cari lokasi yang strategis 

Selain dekat dengan fasilitas umum, usahakan rumah kos tersebut nantinya juga dekat dengan pusat-pusat pendidikan, ataupun perkantoran. Oleh karena itu, mencari lokasi yang strategis merupakan salah satu faktor penting

3. Persiapkan dengan detail proses pembangunan kos

Selain mempersiapkan bahan bangunan yang terbaik serta berkonsultasi dengan kontraktor, persiapkan pula desain rumah kos Anda. Desain rumah kos yang elegan dan modern mampu menarik minat pada penyewa kos. 

4. Pikirkan mulai dari sekarang harga yang kompetitif

Jangan terlalu mahal, pun juga jangan terlalu murah saat akan menentukan harga sewa kos nantinya. Pastikan harganya sesuai dengan fasilitas yang akan didapat oleh si penyewa kos nantinya. 

5. Sediakan fasilitas tambahan yang menarik 

Selain fasilitas yang ada di dalam kamar kos, seperti tempat tidur dan kamar mandi, fasilitas tambahan lainnya yang ada di lingkungan kos bisa diberikan agar penyewa semakin betah, di antaranya seperti tempat parkir yang luas, laundry, hingga ruang berkumpul yang nyaman. 

6. Jangan lupa untuk melakukan promosi atau iklan 

Jangan lupa untuk melakukan promosi atau mengiklankan kos Anda agar lebih cepat ditemukan oleh pencari kos. Anda dapat menggunakan layanan Mamikos GoldPlus, yakni paket layanan pengelolaan kos yang lebih mudah, praktis, serta mampu meningkatkan kualitas, yang akan membantu mengelola kos. Dengan menggunakan layanan ini, akan membantu dalam mempromosikan kos sehingga kos akan lebih cepat penuhnya.

B. Biaya dan Modal Awal Usaha Kos-kosan 

Berikut ini adalah perhitungan biaya dan modal awal usaha bisnis kos yang bisa Anda siapkan. 

Biaya Investasi

Berikut ini adalah contoh menghitung biaya investasi membuka usaha kamar kos:

1. Biaya pembuatan 6 kamar kos sebesar Rp60.000.000

2. Biaya untuk melakukan promosi usaha kos Rp1.000.000

Jadi. diperoleh estimasi total modal investasi yang dibutuhkan untuk membuka usaha sewa kamar kos yakni sebesar Rp61.000,000

Biaya Operasional per Bulan

Berikut adalah contoh biaya operasional usaha kos per bulan, yang bisa Anda simak: 

1. Biaya untuk air dan listrik per bulan sebesar Rp600.000

2. Biaya yang dikeluarkan untuk menggaji pegawai, perawatan dan kebersihan sebesar Rp700.000

Selanjutnya di dapat biaya operasional usaha kos per bulan sebesar Rp1.300.000

C. Contoh Rincian Pendapatan Usaha Bisnis Kos

Contoh perhitungan pendapatan usaha bisnis kos dapat Anda simak berikut ini: 

Apabila satu kamar kos Anda disewakan dengan harga Rp200.000 per hari maka pemasukan usaha kos-kosan sebesar Rp1.200.000 per hari untuk 6 kamar. Setelah itu, dikalikan satu bulan maka omset bisnis kos Anda untuk 6 kamar tersebut sekitar Rp36.000.000 per bulan. 

Selanjutnya, omset bisnis kos Anda dalam satu bulan tersebut dikurangi biaya operasional usaha (perawatan dan kebersihan) sebesar Rp1.300.000 maka keuntungan bersih yang didapat sebesar Rp34.700.000. Melihat keuntungan bersih perbulan dari bisnis kamar kos tersebut, maka diperkirakan balik modal atau BEP dalam waktu kurang dari tiga bulan.

D. Penyebab Bisnis Kos Bisa Rugi

1. Tidak memperhatikan budget 

Bisnis kos Anda bisa merugi apabila Anda tidak menentukan budget dengan benar. Selain budget, Anda juga harus memperhatikan  biaya tambahan untuk perbaikan dan renovasi kos bila perlu. 

2. Tidak memperhatikan lokasi 

Lokasi yang strategis adalah lokasi yang ideal untuk membangun rumah kos. Rumah kos yang dekat dengan banyak fasilitas umum, dekat dengan kampus dan perkantoran, memiliki nilai jual yang lebih tinggi, dan lebih dilirik calon penyewa kos. Bila lokasi tidak diperhatikan dengan cermat, maka bisnis kos pun bisa jadi sulit untuk berkembang di masa depan. 

3. Tidak memperhatikan harga pasar 

Anda akan merugi merugi dan tidak ada yang mau kos di tempat Anda bila harga kos Anda terlalu mahal. Oleh karena itu, Anda harus melakukan survei dan menggali banyak informasi seputar harga kos di pasaran. 

4. Tidak memperhatikan fasilitas

Tidak hanya kamar saja, sebuah rumah kos juga harus dilengkapi dengan fasilitas lainnya agar menarik penyewa sehingga pada akhirnya mereka memutuskan untuk menyewa kos Anda. Beberapa fasilitas yang bisa ditambahkan di antaranya, tempat parkir kendaraan yang luas, WiFi, dapur bersama, ruang tamu, laundry, dan lain sebagainya. 

5. Tidak mengiklankan kos

Calon penyewa kos tidak akan tahu Anda memiliki kos dengan fasilitas terbaik bila Anda tidak menyebarkannya dengan beriklan. Zaman sekarang Anda bisa mengiklankan kos secara online di internet. 

E. Tips Bisnis Kos Agar Selalu Untung 

1. Selalu promosikan kos Anda 

Bagaimana calon penghuni kos bisa tahu kalau Anda mempunyai properti kos yang bagus untuk disewa bila Anda tidak mengiklankannya? Oleh karena itu, selalu iklankan dan promosikan kos Anda secara berkala, ya! 

2. Tentukan harga kos yang tepat 

Saat menentukan harga, Anda harus benar-benar teliti dan cermat, sehingga nantinya harga yang Anda tawarkan untuk kos Anda tersebut tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah pula. Faktor yang bisa dijadikan patokan dalam menentukan harga kos di antaranya lokasi, fasilitas dan juga layanan di kos tersebut. 

3. Tambah fasilitas dan layanan kamar bila memungkinkan

Banyak sekali layanan dan fasilitas yang bisa ditambahkan bila memungkinkan, di antaranya adalah jasa disinfektan, jasa laundry, hingga kantin. Memberikan layanan dan fasilitas tambahan tersebut akan membantu menjaga penghuni kos semakin betah. 

4. Tingkatkan kebersihan, keamanan, dan kenyamanan kos

Anda bisa menggunakan jasa penjaga kos atau security, yang dapat membantu menjaga lingkungan kos, sehingga lingkungan kos menjadi lebih aman. Selain itu, bila perlu, buat jadwal seminggu sekali untuk bersama-sama bekerja bakti membersihkan kos dan lingkungan sekitar kost, bersama seluruh penghuni.

5. Gunakan bantuan pengelolaan kos 

Menggunakan bantuan pengelolaan kos bisa dilakukan agar Anda tak kerepotan lagi saat mengiklankan kos. Salah satunya yang bisa digunakan adalah dengan Mamikos GoldPlus. Mamikos GoldPlus merupakan paket layanan pengelolaan kos yang lebih mudah, praktis, serta mampu meningkatkan kualitas, yang akan membantu Anda sebagai pemilik kos. 

Mempunyai bisnis kos dan mengelolanya dengan baik memang mampu mendatangkan pundi-pundi untuk Anda. Selain itu, dengan pengelolaan yang baik, dapat membantu memaksimalkan pendapatan bisnis kos. Semoga panduan dari Mamikos di atas dapat membantu Anda memulai bisnis rumah kos dan mengembangkannya. Selamat mencoba!