Passing Grade IPB Institut Pertanian Bogor 2019

 Posted on Selasa, April 24th, 2018  Posted in Passing Grade Universitas  Mamikos

Passing Grade Jurusan SBMPTN IPB 2019 – Sebagai salah satu siswa yang akan berjuang di Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 nanti, tentu kalian sudah cukup familiar bukan mendegar kata passing grade? Ya, passing grade ini merupakan suatu ukuran standar yang didapat dari perhitungan sederhana terhadap hasil ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun sebelumnya.

Umumnya, passing grade ini sebenarnya tidak dapat ditentukan secara pasti karena bergantung pada kuota (daya tampung) dan banyaknya peminat pada pilihan jurusan dalam Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tersebut pada tahun itu. Passing grade biasanya dinyatakan dalam bentuk persen, biasanya berkisar 40% – 50% persen pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia

Nilai passing grade ini sendiri biasanya ditentukan berdasarkan nilai rata-rata dari hasil test pada tahun sebelumnya. Maka, nilai passing grade tersebut nilainya tiap tahun fluktuatif, bisa naik turun, meskipun rumusnya tetap sama. Semakin favorit Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan jurusan tersebut, maka biasanya passing gradenya akan semakin besar dan tentu persaingan untuk bisa masuk dalam Perguruan Tinggi Negeri (PTN) itu juga akan berat.

Mungkin kamu pernah mendengar diluar sana banyak orang-orang yang enggan memilih suatu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dikarenakan memiliki passing grade yang rendah. Sebenarnya pendapat seperti ini bisa dikatakan salah besar karena bagu atau tidaknya kualitas suatu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) itu tidak bisa ditentukan dari nilai persentase passing grade-nya di SBMPTN.

Kamu bisa melihat kualitas suatu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) itu secara akademik maupun non akdemik ditentukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Tentunya, banyak faktor yang dipertimbangkan oleh BAN-PT untuk bisa menyematkan suatu Perguruan Tinggin Negeri (PTN) itu berkualitas unggul. Mulai dari kurikulum yang diterapkan hingga seberapa besar mahasiswa lulusan cum laude-nya. Hitungannya rahasia dan rumit.

Passing Grade Jurusan SBMPTN IPB 2019

Passing Grade Jurusan SBMPTN IPB 2018
Passing Grade Jurusan SBMPTN IPB 2018

Dalam artikel kali ini, Mamikos akan mencoba memberikan informasi sedikit kepada kalian semua terkait passing grade Jurusan SBMPTN IPB tahun 2019. Institut Pertanian Bogor atau yang biasa disingkat IPB ini merupakan sebuah perguruan tinggi pertanian negeri yang ada di Kota Bogor.

Sebelum resmi berdiri sendiri, dulunya Institut Pertanian Bogor (IPB) hanyalah sebuah fakutas pertanian yang ada di Universitas Indonesia. Namun, semenjak tahun 1963 kampus yang satu ini sudah berhasil berdiri sendiri dan menjadi sebuah perguruan tinggi mandiri.

Sebagai salah satu perguruan tinggi terfavorit di Indonesia Institut Pertanian Bogor cukup memiliki banyak peminatnya. Walaupun begitu IPB jauh dari apa yang belakangan disebut sebagai komersialisasi pendidikan. Padahal untuk hal tersebut IPB tentu saja sangat mudah untuk melakukannya.

Hal ini terbukti dengan adanya biaya kuliah yang kisarannya hanya sebesar nol rupiah alias gratis bagi orang yang tidak mampu. Selain itu besaran uang kuliah per semester setiap mahasiswa juga dapat mengikuti kemapuan penghasilan orang tuanya.

Karenanya kredibilitas IPB sebagai perguruan tinggi sangat dapat dipercaya. Selain keberpihakannya pada ilmu pengetahuan dan bukan pada komersialisasi atau industri pendidikan, IPB juga sudah dikenal sebagai kampus yang banyak mencetak lulusan yang berkualitas. Salah satu contoh yang dapat diambil adalah betapa diantara banyak perguruan tinggi di Indonesia, presiden Susilo Bambang Yudhono memilih untuk melanjutkan jenjang pendidikannya di IPB.

Selain itu tidak ada lagi perguruan tinggi yang memang berfokus pada bidang pertanian seperti IPB. Dengan kampus yang luas dan berbagai laboraturium yang lengkap maka IPB bisa dibilang merupakan salah satu pilar kemajuan pertanian Indonesia. Tanpa IPB maka mustahil Indonesia dapat mengolah juga mengembangkan sektor pertanian juga perkebunannya sendiri.

Untuk itu tidak ada lasan lain mengapa IPB atau Institut Pertanian Bogor tidak menjadi salah satu perguruan tinggi yang favorit di Indonesia. Keberpihakannya pada ilmu pengetahuan, lulusannya yang berkualitas, dan tujuannya yang mulia sudah cukup menjadikannya salah satu perguruan terbaik yang kita miliki bersama. Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui daftar lengkap passing grade jurusan SBMPTN IPB berikut Mamikos berikan lebih lengkapnya.

  • Passing Grade Jurusan IPA (SAINTEK)
Program Studi Passing Grade
Passing grade IPB Statistika  41,53%
Passing grade IPB Ilmu Komputer 40,47%
Passing grade IPB Matematika 40,40%
Passing grade IPB Kimia  40,33%
Passing grade IPB Biologi 36,63%
Passing grade IPB Fisika  29,30%
Passing grade IPB Biokimia 35,23%
Passing grade IPB Meteorologi Terapan 28,20%
Passing grade IPB Kedokteran Hewan 35,40%
Passing grade IPB Arsitektur Lansekap 32,77%
Passing grade IPB Proteksi Tanaman 30,63%
Passing grade IPB Agribisnis 30,07%
Passing grade IPB Agronomi dan Hortikultura  28,10%
Passing grade IPB Ilmu Gizi 34,60%
Passing grade IPB Ilmu Keluarga dan Konsumen 22,89%
Passing grade IPB Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat  29,27%
Passing grade IPB Teknik Mesin Dan Biosistem 37,20%
Passing grade IPB Teknik Sipil Dan Lingkungan 36,63%
Passing grade IPB Teknologi Industri Pertanian  32,90%
Passing grade IPB Teknologi Pangan 40,13%
Passing grade IPB Teknologi & Manajemen Perikanan Budidaya 31,37%
Passing grade IPB Ilmu Dan Teknologi Kelautan  29,00%
Passing grade IPB Teknologi & Manajemen Perikanan Tangkap  28,33%
Passing grade IPB Teknologi Hasil Perairan 30,13%
Passing grade IPB Manajemen Sumberdaya Perairan 29,63%
Passing grade IPB Teknologi Hasil Hutan 24,67%
Passing grade IPB Silvikultur 23,50%
Passing grade IPB Manajemen Hutan 34,87%
Passing grade IPB Konservasi Sumberdaya Hutan& Ekowisata 34,07%
Passing grade IPB Nutrisi dan Teknologi Pakan 29,73%
Passing grade IPB Teknologi Produksi Ternak 25,00%
  • Passing Grade Jurusan IPS (SOSHUM)

Program Studi Passing Grade
Manajemen 33,80%
Manajemen Sumberdaya Lahan 33,50%
Ekonomi Dan Studi Pembangunan  32,83%
Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan  29,07%
Ekonomi Syariah 26,67%

Nah, itu tadi ulasan seputar passing grade jurusan SBMPTN Institut Pertanian Bogor (IPB) tahun 2019. Jadikan passing grade SBMPTN ini sebagai acuan agar kamu tahu seberapa besar effort belajar yang harus kamu tempuh agar diterima. Bukan sebagai peranti penilaian kualitas Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang ingin masuk ke Institut Pertanian Bogor (IPB) ya! Jangan lupa belajarlah dengan giat, agar nantinya kalian bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang kalian ingini.

Klik dan dapatkan info yang Anda butuhkan hanya di Mamikos:

Kunjungi mamikos.com untuk mendapatkan informasi lowongan kerja terbaru di seluruh kota di Indonesia

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

[sg_popup id=”8″ event=”onload”][/sg_popup]