Passing Grade SBMPTN UNAND (Universitas Andalas) 2019

 Posted on Selasa, April 24th, 2018  Posted in Kampus, Mahasiswa Baru, Passing Grade Universitas, SBMPTN, Seputar Mahasiswa  Mamikos

Passing grade merupakan suatu ukuran standar yang didapat dari perhitungan sederhana terhadap hasil ujian SBMPTN tahun sebelumnya. Secara umum, nilai passing grade ini sebenarnya tidak dapat ditentukan secara pasti karena bergantung pada kuota (daya tampung) dan banyaknya peminat pada pilihan jurusan dalam Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tersebut pada tahun itu. Nilai passing grade sendiri biasanya ditentukan berdasarkan nilai rata-rata dari hasil test pada tahun sebelumnya.

Maka, nilai passing grade tersebut nilainya tiap tahun fluktuatif, bisa naik turun, meskipun rumusnya tetap sama. Semakin favorit Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan jurusan tersebut, maka biasanya passing gradenya akan semakin besar dan tentu persaingan untuk bisa masuk dalam Perguruan Tinggi Negeri (PTN) itu juga akan berat.

Mungkin kamu pernah mendengar diluar sana banyak orang-orang yang enggan memilih suatu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dikarenakan memiliki passing grade yang rendah. Sebenarnya pendapat seperti ini bisa dikatakan salah besar karena bagu atau tidaknya kualitas suatu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) itu tidak bisa ditentukan dari nilai persentase passing grade-nya di SBMPTN.

Kamu bisa melihat kualitas suatu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) itu secara akademik maupun non akdemik ditentukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Tentunya, banyak faktor yang dipertimbangkan oleh BAN-PT untuk bisa menyematkan suatu Perguruan Tinggin Negeri (PTN) itu berkualitas unggul. Mulai dari kurikulum yang diterapkan hingga seberapa besar mahasiswa lulusan cum laude-nya. Hitungannya rahasia dan rumit.

Passing Grade Jurusan SBMPTN UNAND 2019

Passing Grade Jurusan SBMPTN UNAND 2018
Passing Grade Jurusan SBMPTN UNAND 2018

Dalam artikel kali ini, Mamikos akan mencoba memberikan informasi sedikit kepada kalian semua terkait passing grade Jurusan SBMPTN UNAND tahun 2019. UNAND merupakan singkatan dari Universitas Andalas yang merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia tepatnya di Kota Padang, Sumatera Barat.

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang satu ini merupakan perguruan tinggi tertua di luar Pulau Jawa. Kamu bisa menemukan lima belas fakultas di UNAND ini. Gedung kampus UNAND sendiri berlokasi di Jalan Universitas Andalas, Limau Manis, Paluh, Kota Padang, Sumatera Barat.

Sebagai informasi tambahan untuk kamu, Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia pada tahun 2016 lalu telah menempatkan Universitas Andalas (UNAND) di peringkat ke-11 dalam kategori Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia dari 12 besar Perguruan Tinggi di Indonesia. Universitas Andalas (UNAND) juga menempati posisi pertama di Pulau Sumatera dan posisi kedua di luar Pulau Jawa sebagai Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia.

Hal ini secara tidak langsung telah membuktikan bahwa Universitas Andalas (UNAND) memang merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Sebagai informasi tambahan untuk kamu, Universitas Andalas (UNAND) juga merupakan satu-satunya perguruan tinggi di Sumatera yang memperoleh Akreditasi A.

Dari laporan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) tahun 2003, Universitas Andalas (UNAND) menduduki peringkat 11 (peringkat dua di luar Jawa) dari 41 perguruan tinggi negeri di Indonesia. Di awal 2011 lalu, berdasarkan hasil survei halaman situs Webometrics, Universitas Andalas (UNAND) termasuk dalam 100 perguruan tinggi terbaik di ASEAN (peringkat 26) atau peringkat 8 di Indonesia (terbaik di luar Pulau Jawa), sedangkan menurut survei per Januari 2012, Unand menduduki peringkat 38 di Indonesia

Sejak awal berdirinya hingga sekarang ini, Universitas Andalas (UNAND) memiliki lima belas fakultas dan satu program pascasarjana. Untuk jumlah program studinya sendiri, Universitas Andalas (UNAND) memiliki 44 program studi sarjana, 38 program studi magister (S2), 8 program studi doktor (S3), 12 program pendidikan dokter spesialis, 5 Profesi dan 4 program studi D3. Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui daftar lengkap passing grade jurusan SBMPTN Universitas Andalas (UNAND) berikut Mamikos berikan lebih lengkapnya.

  • Passing Grade Jurusan IPA (SAINTEK)

Program Studi Passing Grade
Passing grade Unand Pendidikan Dokter 56.85%
Passing grade Unand Kimia 29.80%
Passing grade Unand Teknik Pertanian 29.80%
Passing grade Unand Teknologi Hasil Pertanian 25.60%
Passing grade Unand Teknik Lingkungan 36.20%
Passing grade Unand Teknik Elektro 38.20%
Passing grade Unand Agribisnis 26,2%
Passing grade Unand Agroekoteknologi 24.20%
Passing grade Unand Farmasi 47.80%
Passing grade Unand Sistem Informasi 36.60%
Passing grade Unand Psikologi 40.80%
Passing grade Unand Biologi 30.80%
Passing grade Unand Matematika 29.60%
Passing grade Unand Fisika 29.30%
Passing grade Unand Sistem Komputer 38.20%
Passing grade Unand Peternakan 22.20%
Passing grade Unand Teknik Mesin 33.80%
Passing grade Unand Ilmu Keperawatan 39.60%
Passing grade Unand Ilmu Kesehatan Masyarakat 39.60%
Passing grade Unand Pendidikan Dokter Gigi 46.80%
Passing grade UnandTeknik Sipil 36.50%
Passing grade Unand Teknik Industri 37.50%
  • Passing Grade Jurusan IPS (SOSHUM)

Program Studi Passing Grade
Ilmu Politik 26.30%
Ilmu Administrasi Negara 36.30%
Sastra Indonesia 23.60%
Ekonomi Pembangunan 37.30%
Ilmu Hukum 40.50%
Manajemen 45.50%
Akuntansi 49.20%
Ilmu Sejarah 29.40%
Sosiologi 29.60%
Antropologi Sosial 27.20%

Perlu diingat, bahwa passing grade ini belum tentu menentukan kamu akan diterima atau tidak di suatu pendaftaran Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Jadi, kamu pun harus berusaha dan dituntut untuk lebih giat lagi belajar serta berdoa. Passing Grade Jurusan SBMPTN UNAND 2019 tersebut belum tentu akurat, dan dari pihak UNAND sendiri tidak mengeluarkan secara resmi, namun angka tersebut dapat digunakan dalam pembanding dalam memilih jurusan atau program studi yang kalian inginkan baik melalui SNMPTN UNAND, SBMPTN UNAND, maupun ujian mandiri.

Nah, itu tadi ulasan seputar passing grade jurusan SBMPTN Universitas Andalas (UNAND) tahun 2018. Jadikan passing grade SBMPTN ini sebagai acuan agar kamu tahu seberapa besar effort belajar yang harus kamu tempuh agar diterima. Bukan sebagai peranti penilaian kualitas Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang ingin masuk ke Universitas Andalas (UNAND) ya! Jangan lupa belajarlah dengan giat, agar nantinya kalian bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang kalian ingini.

Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke situs blog Mamikos untuk mendapatkan informasi ter-update dan informasi menarik lainnya. Dan jangan lupa pula download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih praktis lagi. Temukan pula informasi seputar lowongan kerja, kost-kostan, serta sewa apartemen hanya di Mamikos.

Passing Grade SBMPTN UNAND (Universitas Andalas) 2019

Klik dan dapatkan info yang Anda butuhkan hanya di Mamikos:

Kunjungi mamikos.com untuk mendapatkan informasi lowongan kerja terbaru di seluruh kota di Indonesia

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini