Penalaran Matematika SNBT 2023, Seperti Apa? Dilengkapi Contohnya [SBMPTN]

Penalaran Matematika SNBT 2023, Seperti Apa? Dilengkapi Contohnya [SBMPTN] – Soal penalaran matematika akan menjadi materi wajib yang diujikan pada SNBT 2023.

Apakah kamu sudah tahu bentuk soal penalaran matematika pada SNBT 2023?

Informasi dan Contoh-Contoh Soal Penalaran Matematika untuk SNBT 2023

https://unsplash.com/@dancristianpaduret

Perubahan bentuk seleksi yang ditetapkan pada SNBT 2023 menuntut para peserta agar bisa beradaptasi.

Meskipun sudah tidak ada soal Tes Potensi Akademik (TPA) yang diujikan, ada soal penalaran matematika yang perlu dipelajari.

Materi pada penalaran matematika perlu dipelajari sejak awal agar kamu bisa mempelajari rumus ataupun mempersiapkan diri untuk latihan soal yang berkaitan.

Pada artikel berikut, Mamikos akan memberikan informasi terkait penalaran matematika untuk SNBT 2023 beserta contoh-contohnya.

Bagaimana Soal Penalaran Matematika SNBT 2023?

Soal penalaran matematika pada SNBT 2023 merupakan soal yang akan menguji kemampuan calon mahasiswa baru dalam menyelesaikan masalah.

Peserta SNBT 2023 tidak hanya akan dituntut memasukkan rumus untuk menyelesaikan soal, tetapi juga menggunakan logika serta analisis.

Dibandingkan soal-soal tahun sebelumnya yang menuntut penggunaan rumus, soal penalaran matematika untuk SNBT 2023 juga melibatkan kemampuan berpikir logis dan sistematis peserta SNBT.

Tidak mengherankan jika calon peserta SNBT 2023 harus belajar keras untuk memahami teori pada materi matematika sekaligus mengasah kemampuan logika agar bisa menjawab soal dengan cepat dan tepat.

Contoh-Contoh Soal Penalaran Matematika untuk SNBT 2023

Contoh Soal Penalaran Matematika SNBT 1

Mama sedang membeli kue di toko untuk diberikan pada adik. Uang mama hanya bisa digunakan untuk membayar 15 kue yang mempunyai tiga pilihan rasa, yaitu rasa pisang, rasa greentea, dan rasa cokelat.

Apabila mama membeli paling sedikit 4 kue untuk masing-masing rasa, banyak komposisi kue yang dibeli oleh mama adalah…
A. 8
B. 10
C. 12
D. 15
E. 20
Jawaban: B.10

Contoh Soal Penalaran Matematika SNBT 2

Seorang penjual foto di situs internet mempunyai gambar yang bisa diunduh secara online dalam bentuk file JPG dan bentuk PNG.

Apabila penjual foto bisa mendapatkan $0,09 setiap ada yang mengunduh fotonya dalam format PNG dan mendapatkan $0,002 setiap ada yang mendownload dalam bentuk JPG.

Manakah di antara pilihan di bawah ini yang menggambarkan banyaknya pemasukan yang diperoleh oleh penjual foto dalam dollar apabila fotonya diunduh dalam bentuk PNG sebanyak y kali dan dalam bentuk JPG sebanyak z kali?

A. 0,002y + 0,09z
B. 0,002y – 0,09z
C. 0,09y + 0,002z
D. 0,09y – 0,002z

Jawaban: C. 0,09y + 0,002z

Contoh Soal Penalaran Matematika SNBT 3

Penjual baju di sebuah kios membayarkan 43% dari penghasilan yang didapatkannya per hari untuk diserahkan pada dropshipper yang memberikan stok baju untuk dijual.

Sedangkan sisa uang yang dimiliki penjual baju secara otomatis menjadi keuntungan baginya. Berapa jumlah keuntungan yang diperoleh penjual baju apabila ia berjualan selama 8 hari?

A. $51,6
B. $57
C. $68,4
D. $77

Jawaban: C.$68.4
Saat berjualan selama 8 hari, penjual akan mendapatkan pemasukan sebanyak $120. Total keuntungan yang diperoleh penjual adalah:

z = (1 – 43%)y , dengan y adalah total uang yang didapatkan penjual baju
z = 57%y
z = 0,57 x 120
z = 68,4

Materi yang Perlu Dipelajari untuk Penalaran Matematika SNBT 2023

Melihat contoh-contoh soal penalaran matematika untuk menghadapi SNBT 2023, apa saja materi yang perlu kamu persiapkan?

Barangkali kamu belum mempunyai gambaran terkait materi apa saja yang perlu dipelajari untuk menghadapi SNBT 2023.

Bagi kamu yang masih menunggu informasi resmi terkait materi ujian SNBT 2023, cobalah untuk mempelajari materi-materi penalaran matematika berikut ini.

  1. Materi bilangan matematika
  2. Materi aljabar
  3. Materi geometri dan pengukuran
  4. Materi data dan ketidakpastian
  5. Materi bangun datar
  6. Materi fungsi
  7. Materi himpunan
  8. Materi komposisi fungsi
  9. Materi limit dan turunan
  10. Materi matriks
  11. Materi peluang
  12. Materi perbandingan
  13. Materi persamaan garis
  14. Materi persamaan kuadrat
  15. Materi pertidaksamaan
  16. Materi program linier
  17. Materi segitiga dan sudut
  18. Materi sistem persamaan linier dua variabel
  19. Materi sistem persamaan linier tiga variabel
  20. Materi statistika
  21. Materi transformasi geometri
  22. Materi trigonometri

Bagaimana Cara Belajar Penalaran Matematika untuk SNBT 2023?

Sebagai calon mahasiswa baru yang akan ikut seleksi SNBT 2023, cara belajar yang tepat sangat penting dan akan menentukan peluang kelulusan.

Namun, kamu juga perlu tahu bahwa cara belajar penalaran matematika untuk menghadapi SNBT 2023 berbeda dengan cara belajar materi yang lain.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk belajar penalaran matematika SNBT 2023 agar nilaimu bagus dan bisa masuk ke jurusan impian, seperti:

  1. Mempelajari teori pada materi SNBT 2023 penalaran matematika yang akan diujikan. Jika nantinya sudah ada pengumuman resmi terkait materi yang lebih rinci, kamu bisa menentukan prioritas materi untuk dipelajari.
  2. Membuat jadwal belajar materi penalaran matematika dan konsisten untuk belajar sampai paham. Sebab, jika kamu belajar dengan tidak sistematis dan mengabaikan materi yang belum dikuasai, dikhawatirkan dasar pengetahuan yang kamu miliki tidak kuat dan kamu akan kesulitan saat SNBT 2023 tiba.
  3. Berlatih soal-soal penalaran matematika SNBT 2023. Ada banyak grup gratis yang membagikan contoh-contoh soal penalaran matematika untuk SNBT 2023, sehingga kamu bisa mencoba mengerjakannya secara bertahap.
  4. Pahami maksud soal dan jangan terburu-buru saat mengerjakan soal penalaran matematika karena sangat mungkin kamu menjawab dengan salah karena salah paham dengan soal yang dimaksud.
  5. Melakukan evaluasi mandiri setelah berusaha mengerjakan soal-soal penalaran matematika. Jika diperlukan, hitung pula waktu yang kamu perlukan untuk menjawab soal tersebut agar kamu bisa meningkatkan kecepatan apabila dihadapkan dengan soal serupa.
  6. Jangan menyerah jika membuat kesalahan saat belajar soal penalaran matematika. Percayalah bahwa kamu akan lancar mengerjakan soal SNBT 2023 jika membiasakan diri dan pastinya membekali diri dengan pengetahuan yang maksimal.

Penutup

Demikian informasi terkait penalaran matematika SNBT 2023, Seperti apa? dilengkapi contohnya [SBMPTN] yang perlu kamu ketahui.

Setelah mendapatkan gambaran materi penalaran matematika di atas, kamu sudah bisa memulai belajar dan membuat jadwal khusus agar proses belajar semakin efektif dan mendapat nilai terbaik.

Agar tidak ketinggalan informasi SNBT 2023, pantau terus website resmi dan media sosial penyelenggara SNBT.

Kamu juga bisa memperoleh informasi update dari blog Mamikos beserta info untuk calon mahasiswa baru. Semoga bermanfaat.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta