Pendaftaran, Biaya Dan Syarat Masuk Fakultas Kedokteran UNPAD 2020/2021

Pendaftaran, Biaya & Syarat Masuk fakultas Kedokteran UNPAD 2020/2021 – UNPAD atau Universitas Padjajaran adalah salah satu universitas negeri di Jawa Barat yang cukup terkenal reputasinya. Begitu banyak Fakultas keren di salah satu kampus bergengsi di Indonesia ini. Kali ini Fakultas yang akan coba Mamikos berikan informasinya ialah pendaftaran, biaya & syarat masuk Fakultas Kedokteran UNPAD 2020/2021.

Fakultas Kedokteran (FK) UNPAD awalnya didirikan atas 2 falsafah utama. Falsafah tersebut ialah kemalahatan bagi masyarakat dan kebersamaan dalam kesejawatan. Gagasan untuk mendirikan Fakultas Kedokteran pertama kali datang dari menteri kesehatan dr. Lie Kiat Teng pada Kongres IDI di Surabaya tahun 1953. Seiring dengan berdirinya Universitas Padjadjaran (Peraturan Pemerintah No. 37/1957), maka berdiri pula FK UNPAD bersama tiga Fakultas lainnya. Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Kedokteran juga lalu sekitar tahun 1979 kemudian dibuka pendidikan pascasarjana dalam bidang Kedokteran.

Daftar Masuk Fakultas Kedokteran UNPAD Beserta Syarat Dan Biayanya

Tonggak pencapaian dan perjalanan masa depan Fakultas Kedokteran UNPAD tentu saja akan senantiasa melihat pada kebutuhan masyarakat kebanyakan. Tidak semata di Jawa Barat tetapi juga kebutuhan nasional dan internasional sesuai dengan tagline Fakultas Kedokteran UNPAD yaitu Science For Society, From West Java to The World for Global Health.

Pada awal berdiri, UNPAD mendidik kurang lebih 65 orang mahasiswa dengan jumlah dosen sebanyak 26 orang. Saat ini Fakultas Kedokteran UNPAD memiliki 25 Departemen, dengan 33 Program Studi (Prodi) dengan berbagai jenjang pendidikan, mulai dari Program Studi Pendidikan Diploma sampai ke Program Studi Pendidikan Doktor dengan reputasi baik di tingkat nasional dan internasional lho. FK UNPAD juga memiliki 16 Pusat studi dan 10 Laboratorium penunjang. Untuk fasilitas Fakultas Kedokteran UNPAD juga terbilang lengkap.

Hasil gambar untuk kedokteran UNPAD"

Jadwal Pendaftaran Fakultas Kedokteran UNPAD

Untuk jadwal pendaftaran Fakultas Kedokteran UNPAD sebenarnya sudah cukup lama bisa dilakukan secara online loh. Bedanya kini pendaftaran online UNPAD sudah menjadi jauh lebih baik. Mengapa demikian? Tentu saja karena dapat diakses dengan berbagai media elektronik, tak hanya dengan komputer. Secara umum, tentu ada 4 jenis seleksi masuk perguruan tinggi di Indonesia, yaitu SNMPTN, SBMPTN, UM PTKIN dan Seleksi Masuk UNPAD Jalur Mandiri. Berikut ini penjelasannya:

1. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Pendaftaran online SBMPTN bisa kamu akses melalui http://sbmptn.ac.id/. Pendaftaran SBMPTN biasanya dimulai setiap bulan April – Mei tiap tahunnya. Seleksi melalui SBMPTN berbeda dengan SNMPTN, sebab pada seleksi SBMPTN calon mahasiswa harus mengikuti ujian tulis yang bisa ditentukan sendiri oleh calon mahasiswa yang dengan memilih PBT (Paper Based Test) atau CBT (Computer Based Test).

2. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

Pendaftaran online SNMPTN bisa langsung kamu akses melalui http://snmptn.ac.id/. Pendaftaran SNMPTN akan dibuka dan mulai bisa diikuti pada bulan Febbruari hingga Maret setiap tahunnya. Seleksi melalui SNMPTN ini hanya berdasarkan nilai rapor dari kamu selama menempuh pendidikan di tingkat MA/SMA/SMK .

Syarat Masuk Fakultas Kedokteran UNPAD

Persyaratan dan Kriteria Penilaian Jalur Mandiri

Persyaratan:

  1. Persyaratan sekolah yang siswanya berhak mengikuti seleksi ini adalah SMA/MA/SMK negeri maupun swasta.
  2. Jika kamu adalah siswa SMA/MA/SMK lulusan Tahun 2020, 2019, 2018 dan 2017.
    Pastikan kamu sudah dinyatakan lulus oleh satuan pendidikan dengan bukti ijazah SMA/MA dan SMK, kecuali bagi siswa SMA/MA/SMK lulusan tahun 2020, ijazah dapat diganti dengan Surat Keterangan Lulus (SKL) atau ijazah sementara.
  3. Peserta dapat memilih Program Studi lintas jurusan (Saintek/Soshum) saat di SMA/MA/SMK. Peserta diperkenankan memilih 2 (dua) Program Studi di setiap kelompok ujian.

Jika kamu adalah yang berasal dari keluarga tidak mampu harus memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP), KPKH (Kartu Program Keluarga Harapan), KJP (Kartu Jakarta Pintar), KKS (Kartu Keluarga Sejahtera)

Kriteria Penilaian :

  1. Seleksi nantinya akan terbagi menjadi 2 (dua) kelompok ujian, yaitu Sains dan Teknologi (Saintek) serta Sosio-Humaniora (Soshum).
  2. Terdapat dua tahapan ujian :
  • Tahap Pertama (diikuti oleh seluruh pendaftar) adalah ujian dengan sistem Mobile Assisted Testing (MAT) melalui perangkat Android. Tes ini terbagi menjadi dua ujian:
  • Tes Kompetensi Skolastik (TPS) yang akan menguji Kemampuan Penalaran Umum, Pengetahuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis.
  • Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang akan mengujikan mata pelajaran yang sesuai dengan kelompok ujian yang dipilih, seperti Matematika Saintek, Fisika, Kimia dan Biologi untuk kelompok Saintek, serta Matematika Soshum, Geografi, Sejarah, Sosiologi dan Ekonomi untuk kelompok Soshum.
  • Tahap Kedua (diikuti oleh peserta yang lolos pada Tahap Pertama, yang mana pesertanya hanya sejumlah dua kali dari daya tampung). Seleksi pada Tahap Kedua ini adalah TOEFL-like dan Tes Wawancara dengan model wawancara mini Multiple Mini Interview (MMI). Selain itu terdapat Tes Khusus yang dilakukan oleh Fakultas tertentu, yaitu tes Minessota Multiphasic Personality Inventory (MMPI) untuk Prodi Pendidikan Dokter dan Prodi Kedokteran Hewan pada Fakultas Kedokteran dan Prodi Pendidikan Dokter Gigi pada Fakultas Kedokteran Gigi.

Biaya Kuliah Kedokteran UNPAD

Poin paling penting yang biasanya langsung dicari para calon mahasiswa ialah tentang biaya kuliah kedokteran UNPAD. Di poin ini Mamikos akan jabarkan juga perihal perkiraan biaya masuk Fakultas Kedokteran UNPAD, atau rincian biaya kuliah UNPAD, hingga UKT UNPAD 2020. Jadi ini bisa menjadi bahan pertimbangan untuk kamu untuk mempersiapkan dana kuliahmu juga.

Segera simak penjelasan lebih lanjut Mamikos seperti yang tertulis di bawah ini. Semoga bisa membantu agarkamu bisa menyiapkan dana kuliah dengan lebih matang.

  1. BKT untuk Pendidikan Dokter : Rp 23.249.056
  2. UKT I: Rp 500.000
  3. UKT II: Rp 1.000.000
  4. UKT III: Rp 5.000.000
  5. UKT IV: Rp 9.000.000
  6. UKT V: Rp 13.000.000
  7. Bidik Misi: Rp 2.000.000
  8. Dana pengembangan Rp 250.000.000

Usai kamu membaca segala ulasan yang Mamikos sampaikan perihal pendaftaran, biaya & syarat masuk Fakultas Kedokteran UNPAD 2020/2021, maka Mamikos harap kamu bisa mendapatkan gambaran. Jadi jika kamu sudah pasti dan mantap untuk mendaftar ke Fakultas Kedokteran, Mamikos berharap kamu tetap bersemangat agar bisa masuk ke Fakultas Kedokteran UNPAD seperti harapanmu.

Untuk urusan hunian, serahkan saja pada Mamikos. Aplikasi cari kost Mamikos akan memastikan kamu mendapatkan hunian nyaman, dan sesuai dengan keinginanmu.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: