Pendaftaran IPB Jalur Ketua OSIS 2021/2022

Posted in: Pendaftaran Pendidikan

Pendaftaran IPB jalur ketua OSIS 2021/2022 – Aktif berorganisasi di sekolah ternyata membawa keuntungan. Untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri, terdapat jalur khusus untuk ketua OSIS di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Ketua OSIS di IPB

https://busp.ipb.ac.id/

Jalur ketua OSIS 2021 untuk masuk PTN banyak dicari calon mahasiswa yang aktif ketika di sekolah menengah. Di tahun 2021 ini, ada kabar baik untuk kamu yang aktif berorganisasi di tingkat sekolah menengah. Selain mendapatkan pengalaman belajar berorganisasi dan menjalin relasi dengan berbagai pihak, untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pun ada jalur khusus. Kamu bisa memanfaatkan peluang berkuliah di Institut Pertanian Bogor (IPB) melalui jalur ketua OSIS tahun 2021. Sebagai referensi, berikut informasi jalur masuk IPB untuk ketua OSIS 2021.

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru IPB Jalur Ketua OSIS 2021

Institut Pertanian Bogor (IPB) adalah salah satu kampus favorit di Indonesia. Kampus yang memiliki motto “Mencari dan Memberi yang Terbaik” membuka berbagai jalur masuk untuk menjaring mahasiswa mahasiswi berkualitas. Salah satu jalur masuk yang dibuka di tahun 2021 adalah jalur ketua OSIS.

IPB mengembangkan skema penerimaan mahasiswa baru yang diperuntukkan bagi ketua OSIS yang memenuhi persyaratan akademik. Selain menjaring ketua OSIS dengan kemampuan organisasi dan kepemimpinan yang baik, kemampuan akademiknya pun tidak diabaikan. Nantinya, mahasiswa baru akan dididik di IPB untuk menjadi calon-calon pemimpin dengan daya intelektualitas tinggi dan berjiwa kepemimpinan kuat. Harapannya setelah lulus dari IPB mahasiswa akan menjadi pemimpin di berbagai tingkatan, mulai dari daerah hingga nasional ataupun penggerak masyarakat yang menerapkan pendekatan scientific based leadership.

Syarat Pendaftaran IPB Jalur Ketua OSIS 2021

Penuhi syarat-syarat berikut jika kamu akan mendaftar program studi impian di IPB:

  1. Pernah menjadi ketua OSIS selama di SMA/MA
  2. Bukti diperkuat surat keterangan dari Kepala Sekolah bahwa pendaftar adalah siswa di sekolahnya serta pernah menjadi ketua OSIS (minimal satu periode)
  3. Menyertakan Surat Keputusan (SK) dari kepala sekolah tentang pengangkatan pendaftar sebagai ketua OSIS
  4. Pendaftar adalah lulusan tahun 2021 dari jurusan IPA
  5. Memiliki nilai rata-rata pada bidang studi: Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi selama 5 semester minimal 80
  6. Bersedia mengikuti pelatihan terkait kepemimpinan, kewirausahaan, dan pelatihan-pelatihan lainnya.

Jadwal Pendaftaran IPB Jalur Ketua OSIS 2021

Catat tanggal-tanggal penting berikut agar kamu tidak ketinggalan informasi terkait penerimaan mahasiswa baru di IPB dari jalur ketua OSIS.

• Pendaftaran IPB Jalur Ketua OSIS : 1 Feb – 14 April 2021
• Seleksi PMB IPB Jalur Ketua OSIS: awal Mei 2021
• Pengumuman PMB IPB Jalur Ketua OSIS melalui laman registrasi.admisi.ipb.ac.id: 28 Mei 2021
• Registrasi online PMB IPB Jalur Ketua OSIS: 29 Mei – 4 Juni 2021
• Unduh Tagihan Uang Kuliah Tunggal (UKT) : 7 Juni 2021
• Periode Pembayaran Uang Kuliah Tunggal UKT : 7 Juni – 13 Juni 2021
• Awal perkuliahan : 16 Agustus 2021

Tanggal penting di atas dapat mengalami perubahan dengan pemberitahuan terlebih dahulu. Kamu dapat mengakses media sosial resmi IPB atau website Penerimaan Mahasiswa Baru dari IPB. Berkas-berkas yang sudah diterima pihak IPB diverifikasi dengan waktu yang akan diumumkan kemudian.

Mekanisme Pendaftaran IPB Jalur Ketua OSIS 2021

Jika kamu sudah memenuhi kualifikasi utama, yaitu sebagai ketua OSIS dan syarat-syarat di atas, kamu sudah bisa melakukan pendaftaran dengan tahapan sebagai berikut:

  1. Membaca syarat pendaftaran penerimaan jalur ketua OSIS di IPB
  2. Membuat akun melalui laman http://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id
  3. Memeriksa email berisi informasi akun siswa dan tagihan biaya pendaftaran
  4. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000,- (dua ratus ribu rupiah) di bank yang ditunjuk: bank BNI, bank BNI Syariah, bank BRI, bank BTN, bank Mandiri, atau bank Mandiri Syariah (informasi terkait tata cara pembayaran dapat dilihat di http://admisi.ipb.ac.id/tatacarabayar/)
  5. Menyelesaikan proses pembayaran
  6. Melengkapi data pendaftaran di laman http://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id dengan mengisi data biodata pendaftar dan orangtua/wali, informasi sekolah, informasi akademik, pilihan program studi, dan data lainnya di laman. Pendaftar akan diminta memasukkan nomor pendaftaran yang sudah didapatkan.
  7. Mengunggah pas foto terbaru berwarna
  8. Mengunggah surat rekomendasi dari Kepala Sekolah (format sudah ditentukan oleh IPB)
  9. Mengunggah Surat Keputusan kepala sekolah tentang pengangkatan pendaftar sebagai ketua OSIS
  10. Melengkapi pendaftaran sampai mendapatkan kartu peserta
  11. Mengunduh kartu peserta

Proses pendaftaran jalur ketua OSIS di IPB dapat dilakukan secara online. Namun, pendaftar perlu berhati-hati karena data yang sudah diisi tidak dapat diubah kembali.

Keketatan Persaingan Pendaftaran IPB Jalur Ketua OSIS

Tingkat keketatan persaingan untuk masuk di IPB melalui jalur ketua OSIS cukup tinggi meskipun pendaftarnya hanya para ketua OSIS saja. Sedangkan pengurus lain yang bukan ketua OSIS tidak dapat mendaftar. Berdasarkan data tahun-tahun sebelumnya, kuota bagi pendaftar jalur ketua OSIS IPB tidak sampai 200 pendaftar. Bisa dibayangkan jika seluruh ketua OSIS di SMA/MA seluruh Indonesia melakukan pendaftaran, persaingan akan semakin ketat.

Tips Agar Lulus Pendaftaran IPB Jalur Ketua OSIS

Melihat peminat jalur masuk IPB yang cukup banyak, kamu tetap bisa mendapatkan peluang diterima di program studi tujuan. Apa saja tips yang dapat dilakukan oleh pendaftar jalur ketua OSIS IPB tahun 2021?

  1. Tidak melewatkan tanggal penting. Adanya tanggal-tanggal penting pendaftaran di IPB jalur ketua OSIS perlu kamu catat dengan baik, mulai dari pendaftaran hingga pengumuman. Jangan sampai kamu melewatkan salah satu tahapan penting pendaftaran karena bisa menyebabkan status pendaftaran gugur.
  2. Menguggah dokumen secara jelas. Pada penerimaan jalur OSIS di IPB, pendaftar akan diminta mengunggah dokumen penting seperti Surat Keterangan dari kepala sekolah. Scan dokumen-dokumen tersebut secara jelas agar terbaca.
  3. Melakukan pembayaran tepat waktu. Pendaftar akan diminta melakukan pembayaran di bank-bank yang sudah ditunjuk. Hindari melakukan pembayaran saat mendekati batas waktu penutupan agar tidak terburu-buru.
  4. Tidak melakukan kesalahan pengisian data. Proses pengisian data secara online rentan mengalami masalah, seperti kekeliruan penulisan. Untuk meminimalisir, periksa kembali satu hingga dua kali semua data sebelum di-submit.
  5. Memilih jurusan sesuai passion. Pertimbangan keketatan jurusan favorit memang perlu dilakukan agar peluang diterima semakin besar. Namun, hindari memilih jurusan secara asal-asalan pada saat mengisi data pilihan jurusan.

Demikian informasi pendaftaran IPB jalur ketua OSIS 2021/2022. Bagi kamu yang ingin masuk IPB dengan jalur ketua OSIS, cari tahu informasi lengkap jalur penerimaan tersebut agar peluang diterima menjadi mahasiswa IPB semakin besar. Lakukan analisis tentang kuota jalur ketua OSIS IPB 2021 dan jumlah pendaftar atau peminat tahun-tahun sebelumnya. Jangan lupa pula melakukan persiapan pencarian hunian dekat kampus IPB dengan bantuan aplikasi kost terbaik Mamikos yang bisa kamu download gratis via playstore dan appstore. Tidak ada lagi alasan untuk khawatir tinggal di perantauan karena tidak mendapatkan tempat tinggal nyaman. Segera download aplikasinya, ya!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta