Pendaftaran Jalur Mandiri ITB 2023/2024, Jadwal, Syarat, dan Biaya

Pendaftaran Jalur Mandiri ITB 2023/2024, Jadwal, Syarat, dan Biaya — Institut Teknologi Bandung merupakan salah satu kampus negeri yang memiliki jumlah peminat yang selalu tinggi setiap memasuki tahun ajaran Penerimaan Mahasiswa Baru.

Apabila kamu memerlukan ulasan terkait pendaftaran jalur Mandiri ITB 2023/2024 mulai dari rangkaian jadwal, apa saja syarat-syaratnya hingga biaya yang perlu disiapkan, maka kamu wajib membaca ulasan Mamikos pada kesempatan ini.

Info Lengkap Pendaftaran Jalur Mandiri ITB: Jadwal, Syarat, Biaya

youtube.com/Rinaldi Munir

Pada 28 Maret 2023 kemarin, pengumuman jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) telah dirilis. Diketahui Institut Teknologi Bandung (ITB) menerima sebanyak 2.093 calon mahasiswa baru program sarjana melalui jalur tersebut.

Seluruh pengumuman kelulusan jalur SNBP sudah dapat diakses mulai Selasa, 28 Maret 2023, tepat pada pukul 15.00 WIB.

Pengumuman kelulusan SNBP 2023 tersebut dapat diakses oleh peserta via laman pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id atau di link laman mirrror nya di alamat snbp.itb.ac.id.

Untuk kamu yang dinyatakan lulus dan jadi salah satu dari 2.093 siswa yang masuk ke ITB via jalur SNBP, Mamikos ucapkan selamat. Jangan lupa untuk segera melakukan daftar ulang di laman resmi kampus ITB.

Akan tetapi, jika kamu masih belum berhasil lolos, maka ada jalur PMB lain yang bisa kamu lirik apabila ingin masuk dan melanjutkan studi di ITB. Jalur pilihan lainnya yang dapat kamu pertimbangkan adalah SNBT UTBK dan seleksi Jalur Mandiri ITB.

Pada artikel ini, Mamikos akan fokus mengupas info pendaftaran jalur Mandiri ITB berikut dengan jadwal, syarat hingga besaran biaya yang mungkin perlu disiapkan.

Seleksi Jalur Mandiri ITB 2023/2024

Jalur Seleksi Mandiri ITB yang juga dikenal dengan istilah SM-ITB ini merupakan salah satu peluang bagi para siswa yang adalah lulusan SMA untuk melanjutkan studi di Institut Teknologi Bandung.

Seleksi Mandiri ITB menjadi program jalur penerimaan mahasiswa baru program sarjana yang berjalan tanpa adanya subsidi biaya.

Seluruh mahasiswa yang diterima di ITB melalui program Seleksi Mandiri ITB nantinya akan bertanggung jawab untuk membiayai secara penuh pendidikan program sarjananya selama menjalani studi di ITB.

ITB sama sekali tidak memberi subsidi biaya pendidikan bagi mahasiswa yang kemudian diterima melalui jalur Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB).

Namun khusus bagi calon peserta Seleksi Mandiri ITB yang adalah pemilik Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) serta calon mahasiswa yang berasal dari SMA/MA di wilayah 3T, ITB akan memberi kelonggaran dengan membebaskan biaya pendaftaran Seleksi Mandiri serta biaya pendidikan di ITB.

Proses penerimaan mahasiswa baru via jalur Seleksi Mandiri ITB akan berlangsung menggunakan komponen penilaian yang penjelasannya adalah sebagai berikut:

  • Hasil Ujian Seleksi (daring), Nilai UTBK, dan Nilai Rapor untuk para pendaftar yang berminat ke fakultas/sekolah selain Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD)
  • Hasil Ujian Seleksi (daring), Nilai UTBK, Nilai Rapor dan Hasil Tes Keterampilan Seni Rupa (daring), untuk yang mendaftar ke Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD)
  • Ujian Seleksi serta Tes Keterampilan Seni Rupa akan diselenggarakan secara daring.

Pemilihan Fakultas Bagi Calon Pendaftar SM ITB

Pada pelaksanaan Seleksi Mandiri ITB, seluruh peserta diperbolehkan untuk memilih seluruh Fakultas atau Sekolah yang ada di ITB, kecuali yang lokasinya ada di ITB Kampus Cirebon.

Seluruh calon mahasiswa diperbolehkan memilih paling banyak 3 pilihan Fakultas/Sekolah yang mereka minati di ITB.

Meski begitu, setidaknya ada 18 jurusan/program studi yang dapat dipilih secara langsung oleh para peserta Seleksi Mandiri ITB melalui program Seleksi Mandiri Peminatan, antara lain:

  • Fisika (FMIPA-IPA)
  • Astronomi (FMIPA-IPA)
  • Kimia (FMIPA-IPA)
  • Rekayasa Pertanian (SITH-R)
  • Rekayasa Kehutanan (SITH-R)
  • Teknologi Pascapanen (SITH-R)
  • Meteorologi (FITB-G)
  • Oseanografi (FITB-G)
  • Teknik Geofisika (FTTM-G)
  • Teknik Kimia (FTI-G)
  • Teknik Fisika (FTI-G)
  • Manajemen Rekayasa (FTI-G)
  • Teknik Pangan (FTI-J)
  • Teknik Bioenergi dan Kemurgi (FTI-J)
  • Teknik Material (FTMD)
  • Perencanaan Wilayah dan Kota (SAPPK-G)
  • Kewirausahaan (SBM)
  • Desain Komunikasi Visual – Narasi Visual Digital Kelas Jatinangor (FSRD-G)

Selain pilihan ke-18 program studi/jurusan yang sudah dijelaskan di atas, ITB juga membuka Sekolah Teknik Elektro dan Informatika – Komputasi (STEI-K) Kelas Jatinangor untuk program Seleksi Mandiri Peminatan.

Rangkaian Jadwal Pendaftaran Jalur Mandiri ITB

Setelah mengetahui ketentuan yang berlaku pada jalur Seleksi Mandiri ITB sebagaimana penjelasan di atas, maka info berikutnya yang bisa kamu baca adalah jadwal.

Di bawah ini sudah Mamikos rangkum dengan saksama rangkaian jadwal kegiatan Seleksi Mandiri ITB mulai dari pendaftaran hingga pelaksanaannya nanti.

  • Pendaftaran Peserta (secara daring) dimulai pada 31 Mei dan ditutup 30 Juni 2023
  • Ujian Seleksi (secara daring) dimulai pada 6 Juli 2023
  • Tes Kemampuan Seni Rupa (daring) dilaksanakan pada 8 Juli 2023
  • Pengumuman Hasil Seleksi dirilis oleh ITB pada 19 Juli 2023
  • Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru (secara daring) pada 24 – 29 Juli 2023
  • Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) serta Iuran Pengembangan Institusi (IPI) pada 31 Juli hingga 5 Agustus 2023

Jadwal di atas masih bersifat tentatif dan dapat berubah sewaktu-waktu. Oleh sebab itu, kamu bisa memantau perkembangan mengenai jadwal SM ITB melalui situs web resmi di alamat admission.itb.ac.id/home/sarjana/mandiri ini.

Daftar Syarat Bagi Peserta Jalur Mandiri ITB

Ada sejumlah persyaratan yang wajib dipenuhi oleh peserta yang hendak mengikuti Seleksi Mandiri ITB. Penjelasan 2023 adalah sebagai berikut:

  1. Siswa berasal dari SMA/MA jurusan IPA atau SMA/MA jurusan IPS, siswa lulusan Paket C jurusan IPA/IPS, yang memiliki ijazah tahun 2021, 2022, atau 2023.
  2. Sudah memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)
  3. Memiliki serta mengunggah nilai rapor SMA/MA/Paket C lengkap, mulai dari semester 1 sampai dengan semester 6.
  4. Memiliki nilai UTBK tahun 2023
  5. Belum pernah tercatat sebagai mahasiswa program sarjana di ITB.
  6. Belum pernah diterima sebagai calon mahasiswa ITB via jalur seleksi SNBP/SNBT atau seleksi program Sarjana Internasional ITB tahun 2023
  7. Bersedia mengikuti Ujian Seleksi Mandiri ITB secara daring
  8. Khusus bagi siswa yang jadi peminat Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), wajib untuk mengikuti Tes Kemampuan Seni Rupa secara daring.
  9. Bagi para lulusan tahun 2021 dan 2022 dapat mendaftar Seleksi Mandiri ITB 2023 dengan syarat memiliki nilai UTBK tahun 2023.
  10. Tidak buta warna, baik total maupun parsial, bagi peminat jurusan, yakni:
  • Sekolah Farmasi (SF)
  • Sekolah Ilmu dan Rekayasa Hayati (SITH)
  • Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM)
  • Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD)
  • Fakultas Teknologi Industri (FTI) – Kampus Jatinangor
  • Program Studi Kimia (FMIPA-IPA)
  • Program Studi Teknik Geologi (FITB-G)
  • Program Studi Teknik Kimia (FTI-G)

Besaran Biaya Jalur Mandiri ITB

Info terkait biaya jalur Mandiri ITB menjadi hal yang juga paling dicari oleh para calon mahasiswa baru yang berminat masuk via jalur ini.

Nominal biaya pendaftaran yang perlu dibayarkan oleh peserta Seleksi Mandiri ITB tahun 2023 adalah sebesar Rp 500.000,- (lima ratus ribu rupiah). Jumlah biaya tersebut sudah termasuk biaya pelaksanaan Ujian Seleksi serta Tes Kemampuan Seni Rupa bagi peminat yang memilih FSRD.

Seluruh pendaftar jalur Mandiri ITB diperbolehkan untuk memilih paling banyak 3 pilihan fakultas/sekolah/program studi pada pelaksanaan seleksi tersebut.

Dikhususkan bagi calon peserta Jalur Mandiri ITB yang adalah pemilik Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) serta calon peserta yang berasal dari SMA/MA di wilayah 3T, ITB akan membebaskan biaya pendaftaran Jalur Mandiri ITB serta biaya studi di ITB.

Rincian biaya pendidikan bagi mahasiswa yang diterima di ITB melalui Jalur Mandiri dalam bentuk Uang Kuliah Tunggal/UKT per semester dan Iuran Pengembangan Institusi bisa kamu cek melalui laman admission.itb.ac.id/home/sarjana/mandiri.

Informasi terkait pendaftaran jalur Mandiri ITB mulai dari jadwal, syarat dan biaya seperti yang sudah kamu baca di atas menyudahi juga apa yang bisa Mamikos sampaikan.

Semoga, info lengkap pendaftaran jalur Mandiri ITB 2023 di atas memberi manfaat dan membantu kamu untuk lebih mempersiapkan segala sesuatunya secara matang.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta