Pendaftaran Jalur Mandiri ITB 2022-2023, Jadwal dan Syarat

Pendaftaran Jalur Mandiri ITB 2022-2023, Jadwal dan Syarat – Seleksi masuk mahasiswa baru telah dibuka oleh berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Tidak terkecuali salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia, Institut Teknologi Bandung atau yang disingkat ITB.

Institut Teknologi Bandung didirikan pada tahun 1959 di Jawa Barat. ITB memiliki misi “pengabdian ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan Indonesia”. Hal itu diwujudkan dengan banyaknya riset dan inovasi yang telah dihasilkan.

Ada ribuan penelitian yang telah terindeks di jurnal internasional, serta ratusan inovasi dan startup yang dihasilkan oleh ITB. Dalam QS World University Ranking 2022, ITB menempati peringkat 303.

Apakah kamu salah satu calon mahasiswa baru yang ingin masuk ITB?

Tidak heran apabila kamu ingin melanjutkan pendidikan di ITB dengan reputasi dan sederet prestasinya. Tentu saja setiap orang memiliki penilaian dan motivasi sendiri dalam memilih pendidikan tinggi.

Jika kamu ingin masuk ITB, maka kali ini kita akan membahas jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh ITB tahun 2022 ini. Apa saja ya?

Pendaftaran ITB 2022-2023

itb.ac.id

Pendaftaran ITB 2022/2023 mungkin telah ditunggu-tunggu oleh siswa kelas 12 yang berkeinginan melanjutkan kuliah di ITB. Apalagi, salah satu universitas di Jawa Barat ini sudah terkenal dengan kualitasnya pendidikannya.

Pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2022/2023 ini, ITB membuka tiga jalur masuk bagi kamu calon mahasiswa baru yang ingin menggapai cita-cita di ITB. Jalur masuk tersebut adalah SNMPTN, UTBK-SBMPTN, dan Seleksi Mandiri.

Pada seleksi tingkat nasional, seperti SNMPTN dan UTBK-SBMPTN, pelaksanaan seleksi diatur oleh LTMPT. Di sisi lain, ujian seleksi mandiri dilaksanakan dengan panitia dari perguruan tinggi sendiri untuk kamu yang tidak mengikuti atau tidak lulus pada jalur seleksi nasional.

Untuk ketentuan SNMPTN ITB 2022/2023, kamu bisa mengunjungi https://admission.itb.ac.id/home/sarjana/snmptn, sedangkan ketentuan UTBK-SBMPTN ITB 2022/2023 dapat kamu baca pada https://admission.itb.ac.id/home/sarjana/sbmptn.

Kemudian, untuk seleksi mandiri ITB 2022/2023, akan kita bahas di bawah ini.

Seleksi Mandiri ITB

sbm.itb.ac.id

Jika kamu ingin masuk ITB tapi tidak lulus jalur seleksi nasional, jangan khawatir. Karena ITB masih membuka kesempatan yang lebih luas bagi kamu untuk menjadi salah satu mahasiswa di ITB dengan Seleksi Mandiri (SM) ITB.

Pada seleksi mandiri ini, kemampuan akademik yang tinggi menjadi kriteria yang sangat penting bagi peserta. Untuk memenuhi kriteria tersebut, maka terdapat komponen nilai yang akan dilihat oleh panitia SM ITB.

Pertama, sebagai komponen nilai SM ITB, peserta akan dinilai dari hasil UTBK dan nilai rapor. Sedangkan jika kamu mendaftar ke Fakultas Seni Rupa dan Desain, maka kamu harus menunjukkan hasil kemampuan seni rupa.

Seleksi Mandiri ITB ini sebenarnya adalah program non-subsidi. Artinya, mahasiswa jalur seleksi mandiri tidak mendapatkan bantuan biaya apapun. Akan tetapi, pemegang beasiswa KIP-Kuliah juga dapat mendaftar pada seleksi mandiri ITB.

Persyaratan Peserta Seleksi Mandiri ITB

Untuk bisa menjadi peserta ujian Seleksi Mandiri ITB, tentunya ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi. Syarat peserta SM ITB bisa kamu lihat di bawah ini.

  1. Peserta merupakan lulusan SMA/MA atau Paket C jurusan IPA/IPS, dengan syarat memiliki nilai rapor selama semester 1 – 6.
  2. Peserta memiliki Nomor Induk Siswa Nasional.
  3. Peserta memiliki nilai UTBK-SBMPTN 2022.
  4. Peserta bukanlah calon mahasiswa yang sudah diterima dari jalur SNMPTN, UTBK-SBMPTN, atau Kelas Internasional di ITB tahun 2022.
  5. Peserta belum pernah menjadi mahasiswa sarjana di ITB.
  6. Apabila peserta mendaftar jurusan seni rupa dan desain, maka wajib mengikuti tes kemampuan seni rupa.
  7. Peserta lulusan tahun 2021 dan 2020 masih dapat mendaftar selama memiliki nilai UTBK-SBMPTN 2022.

Selain itu, untuk beberapa peminatan di bawah ini, peserta tidak boleh memiliki buta warna. Baik itu buta warna parsial, maupun total.

  1. Sekolah Farmasi.
  2. Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati Program Rekayasa..
  3. Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati Program Sains.
  4. Fakultas Seni Rupa dan Desain.
  5. Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan.
  6. Program Studi Teknik Geologi.
  7. Program Studi Kimia.
  8. Program Studi Teknik Kimia.
  9. Program Studi Teknik Pangan.

Jadwal Pendaftaran Seleksi Mandiri ITB

Jadwal seleksi mandiri ITB 2022 saat ini belum diterbitkan oleh pihak ITB. Laman admisi ITB masih menampilkan bahwa jadwal akan diumumkan di kemudian hari melalui laman admisi ITB.

Untuk itu, kita akan menggunakan jadwal tahun 2021 lalu sebagai referensi. Juga, jangan khawatir, Mamikos akan mengupdate info jadwal penerimaan setelah diumumkan nanti.

Jadwal SM ITB 2021

  • Periode pendaftaran SM ITB: 3 Mei – 20 Juni 2021, dimulai dari pukul 17.00 WIB.
  • Jadwal ujian keterampilan seni rupa secara online: 23 Juni 2021.
  • Jadwal pengumuman hasil SM ITB: 29 Juni 2021.

Nah, itu dia jadwal tahun 2021 kemarin. Kemudian, menurut sumber yang Mamikos kumpulkan, pengumuman jadwal daftar ulang dilaksanakan 2 -24 Juli 2021.

Jika berpedoman pada jadwal di atas, maka kamu bisa mulai menyiapkan pendaftaran SM ITB 2022. Karena jadwal pendaftaran kemungkinan tidak jauh berbeda dari tahun ke tahun, maka mungkin tahun ini juga sekitar Mei hingga Juli.

Biaya Pendaftaran Seleksi Mandiri ITB

Untuk mengikuti SM ITB, kamu perlu membayarkan biaya pendaftaran sebesar Rp200.000. Akan tetapi, apabila kamu mendaftar pada Fakultas Seni dan Desain, maka kamu perlu membayar biaya pendaftaran sebesar Rp300.000.

Perbedaan biaya pendaftaran itu karena adanya tes tambahan berupa uji keterampilan seni rupa yang khusus dilaksanakan bagi peminat jurusan seni dan desain.

Pembayaran SM ITB tersebut akan dilakukan dengan transfer melalui Virtual Account. Nomor virtual account tersebut akan diumumkan di laman masing-masing peserta ketika mendaftar.

Kemudian, apabila kamu adalah pemegang KIP-Kuliah atau ada Surat Keterangan Tidak Mampu, maka kamu tidak perlu membayar biaya pendaftaran ini. Sebagai gantinya, dokumen berupa surat keterangan atau KIP-Kuliah harus kamu unggah di laman pendaftaran SM-ITB.

Biaya Pendidikan Seleksi Mandiri ITB

Biaya pendidikan untuk mahasiswa yang masuk melalui SM ITB adalah biaya UKT per semester dan biaya Iuran Pengembangan Institusi yang dibayarkan satu kali.

Jika kamu mendaftar di Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB, maka UKT per semester kamu nanti adalah Rp25.000.000 (UKT 5). Di samping itu kamu juga perlu membayarkan iuran Rp40.000.000.

Sedangkan untuk program studi selain bisnis dan manajemen, besaran UKT juga tetap sama Rp25.000.000. Selain itu, biaya iuran kamu adalah sebesar Rp25.000.000.

Lalu bagaimana jika kamu adalah pemegang KIP-Kuliah?

Pada SM ITB dengan KIP-Kuliah akan dikenakan UKT 1, yaitu Rp0, atau dengan kata lain kamu dibebaskan dari biaya kuliah. Namun, ITB juga memberikan pilihan jumlah UKT lain di bawah UKT 5, termasuk bagi pemegang KIP-Kuliah.

Untuk UKT 2, besarannya adalah Rp1.000.000, UKT 3 adalah Rp12.500.000, dan UKT 4 adalah Rp20.000.000 per semester. Untuk memilih pilihan UKT ini, kamu harus mengajukan pilihan UKT melalui formulir di laman admisi ITB.

Selain itu, kamu juga perlu menunjukkan data-data pendukung mengenai kemampuan ekonomi keluarga.

Sekian informasi mengenai pendaftaran jalur mandiri ITB 2022/2023. Untuk informasi selengkapnya mengenai program studi, petunjuk pendaftaran, dan permohonan mencicil UKT, kamu bisa mengunjungi laman admisi ITB.

Semoga informasi ini bisa membantu kamu memahami jalur mandiri ITB. Semoga berhasil pada seleksi mandiri ITB 2022 ini!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta