Pendaftaran Jalur Mandiri UIN Antasari Banjarmasin 2022-2023, Jadwal dan Syarat

Pendaftaran Jalur Mandiri UIN Antasari Banjarmasin 2022-2023, Jadwal dan Syarat — Universitas Islam Negeri atau yang dikenal dengan UIN menjadi salah satu perguruan tinggi yang menarik perhatian banyak calon mahasiswa yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi.

Pendidikan tinggi yang berbasis agama Islam memang menarik perhatian sebagian besar calon mahasiswa baru. Makanya jika kamu penasaran dengan info pendaftaran jalur Mandiri UIN Antasari Banjarmasin untuk tahun akademik 2022/2023 ini, maka ulasan Mamikos di sini akan sangat membantu kamu.

Info Pendaftaran Seleksi Mandiri UIN Antasari Banjarmasin 2022

uin-antasari.ac.id

Sebelum masuk pada rangkaian informasi pendaftaran jalur Mandiri UIN Antasari Banjarmasin nya, mari ketahui terlebih dahulu sedikit profil mengenai kampus yang berada di Kalimantan Selatan tersebut di sini.

1. Sejarah Singkat Kampus UIN Antasari Banjarmasin Kalsel

Universitas Islam Negeri (yang disingkat UIN) Antasari merupakan sebuah nama baru untuk kampus yang smeula bernama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Antasari. Tepat pada 3 April 2017, IAIN Antasari mengganti nama yang sudah disandangnya sejak tahun 1964 dan kemudian menjadi UIN Antasari.

Transformasi kampus tersebut ke Universitas Islam Negeri sudah secara resmi ditandatangani oleh Presiden Republik Indonesia melalui Perpres. Dibangunnya UIN Antasari Banjarmasin juga tak lepas dari tujuan utama pendiri kampus tentang perubahan masyarakat yang begitu cepat.

Belum lagi berbagai kemajuan ilmu pengetahuan yang dapat menjadi pemicu munculnya berbagai masalah baru dalam kehidupan beragama dan bermasyarakat. Kelahiran sebuah perguruan tinggi agama diharapkan dapat menghasilkan para tenaga terdidik yang mampu memecahkan masalah tersebut di masa depan.

Langkah konkrit yang kemudian dilakukan adalah dengan mengadakan sebuah Kongres Umat Islam Kalimantan di tanggal 15 hingga 19 Juli 1947 yang berlanjut dengan sebuah Kongres Serikat Muslimin Indonesia pada 17 hingga 20 Januari 1948 di Banjarmasin. Itu adalah peristiwa awal mulanya hingga UIN Antasari Banjarmasin bisa berdiri.

2. Mengenal UM Mandiri UIN Antasari Banjarmasin

Masih pada rangkaian informasi dalam artikel pendaftaran jalur Mandiri UIN Antasari Banjarmasin, mari ketahui lebih dalam mengenai apa yang dimaksud ujian masuk Mandiri UIN Antasari tersebut. Ujian Masuk (UM) Mandiri merupakan sebuah seleksi masuk ujian tertulis yang diselenggarakan secara mandiri oleh UIN Antasari Banjarmasin.

Seleksi tersebut tetap dengan mempertimbangkan fakta bahwa banyak para lulusan SMA, MA, SMK, MAK atau Pesantren Mu’adalah yang masih ingin mendaftarkan diri menjadi calon Mahasiswa Baru di perguruan tinggi, terutama di UIN Antasari Banjarmasin.

Ujian masuk Mandiri ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk mereka yang belum lolos pada pelaksanaan SPAN-PTKIN maupun UM-PTKIN. Jadi, apabila kamu bertekad untuk berkuliah di UIN Antasari Banjarmasin, maka UM Mandiri UIN Antasari Banjarmasin ini bisa kamu pertimbangkan.

Pada tahun akademik 2021 lalu, besaran biaya pendaftaran UM-Mandiri UIN Antasari Banjarmasin sebesar Rp 150.000 (Seratus lima puluh ribu rupiah). Ada kemungkinan di TA 2022/2023 ini biaya pendaftarannya mengalami perubahan.

3. Uraian Jadwal Pendaftaran Jalur Mandiri UIN Antasari Banjarmasin

Ulasan berikutnya yang tidak mungkin Mamikos lupakan dalam sebuah informasi pendaftaran jalur Masuk Mandiri adalah uraian kegiatan atau jadwal lengkapnya. Hingga kini, melalui situs web UIN Antasari Banjarmasin masih belum memperbarui informasi terkait jadwal dan uraian kegiatan pada pendaftaran SM tersebut.

Biasanya informasi mengenai jadwal pendaftaran Seleksi Mandiri dirilis usai pengumuman jalur resmi seperti SNMPTN dan SBMPTN dirilis. Oleh sebab itu kamu bisa mengecek secara berkala melalui situs web UIN Antasari di uin-antasari.ac.id.

4. Ketentuan Mengikuti Seleksi Mandiri UIN Antasari

campus.quipper.com

Info berikutnya yang perlu kamu ketahui adalah beberapa ketentuan yang perlu diketahui apabila kamu hendak mengikuti SM di UIN Antasari Banjarmasin Kalimantan Selatan. Di bawah ini beberapa ketentuannya sudah Mamikos lampirkan untuk kamu.

  • Calon mahasiswa yang hendak mendaftar lulus di tahun 2019, 2020 dan 2021 dari Sekolah Menengah Atas, MA, MAK, SMK maupun Pesantren Muadalah atau yang sederajat, dan sudah memiliki ijazah.
  • Untuk kamu lulusan tahun 2021 harus memiliki Surat Keterangan Lulus/Ijazah dari Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah yang dilengkapi dengan pas foto terbaru serta dibubuhi stempel Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah asalnya.
  • Ijazah atau Surat Keterangan Lulus akan melalui proses validasi sebelum pelaksanaan ujian mandiri.
  • Memiliki tubuh yang sehat sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran nantinya.
  • Urutan saat kamu menuliskan pilihan program studi akan menyatakan prioritas kamu.
  • Ujian mandiri tersebut hanya terdiri dari satu tipe ujian yakni Sistem Seleksi Elektronik (SSE) yang diselenggarakan menggunakan komputer.

5. Tata Cara Mengikuti Ujian SSE UM-Mandiri UIN Antasari

Ketahui juga mengenai langkah untuk mengikuti ujian Sistem Seleksi Elektronik seperti yang tertera berikut ini.

  • Peserta yang mengikuti SSE wajib menggunakan perangkat mandiri yakni smartphone, laptop, netbook/notebook maupun personal komputer yang berfungsi dengan baik kamera depannya;
  • Peserta wajib memiliki koneksi internet yang sinyalnya stabil dan tidak akan terkendala saat mengikuti ujian SSE;
  • Bersedia mengikuti uji coba Ujian UM-Mandiri sesuai sesi serta waktu yang tertera pada Kartu Peserta Ujian yang dimiliki;
  • Mengikuti Ujian UM-Mandiri sesuai dengan sesi dan waktu yang sudah terlampir pada Kartu Peserta Ujian;
  • Peserta wajib menyesuaikan waktu pada perangkat ujian dengan waktu yang tertera pada Kartu Peserta Ujian;
  • Peserta wajib untuk melakukan instalasi Aplikasi Ujian SSE UM-Mandiri UIN Antasari;

Tata Tertib Peserta Ujian SSE UM UIN Antasari

  • Peserta harus menyiapkan perangkat ujian paling lambat 20 (dua puluh) menit sebelum dimulainya tes;
  • Peserta perlu melakukan registrasi dengan melakukan login, paling lambat 10 menit sebelum ujian berlangsung;
  • Toleransi keterlambatan 15 menit setelah ujian berlangsung dan tidak akan ada tambahan waktu ujian baginya;
  • Peserta yang terlambat lebih dari 15 menit setelah ujian dilaksanakan tidak diperkenankan untuk mengikuti tes/ otomatis dianggap gugur;
  • Peserta wajib mengenakan pakaian atasan kemeja polos serta bawahan warna gelap;
  • Para peserta yang tidak mematuhi tata tertib dan tata cara mengikuti ujian SSE UM-Mandiri UIN Antasari maka otomatis akan langsung dianggap gugur.

6. Alur Pendaftaran UIN Antasari Banjarmasin

Setelah tata cara ikut ujian SSE berikut informasi tata tertib ujiannya, maka sekarang saatnya menyimak alur pendaftaran di UIN Antasari Banjarmasin.

  • Langkah pertama, para calon mahasiswa perlu mengisi biodata secara daring di link situs pmb.uin-antasari.ac.id. Nantinya akan mendapatkan nomor SIP atau Slip Instruksi Pembayaran.
  • Kamu sebagai calon peserta melakukan pembayaran di seluruh kantor cabang bank Syariah Indonesia (BSI) atau Bank BSI terdekat.
  • Kemudian, calon peserta tersebut melakukan login kembali ke situs web pendaftaran dan melanjutkan untuk mengisi biodata, memilih fakultas dan program studi yang dikehendakinya.
  • Melakukan finalisasi data serta mencetak kartu peserta.
  • Langkah terakhir adalah mengikuti ujian sesuai dengan jadwal yang terlampir pada kartu peserta yang diterima.

Demikian ulasan yang bisa Mamikos sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai pendaftaran jalur Mandiri UIN Antasari Banjarmasin yang dapat diberikan. Semoga kamu jadi bisa lebih matang dalam mempersiapkan diri apabila berencana mendaftar via jalur Mandiri ke UIN Antasari Banjarmasin tersebut.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta