Pendaftaran Jalur Mandiri Unsrat 2022, Jadwal, Syarat, dan Biaya

Pendaftaran Jalur Mandiri Unsrat 2022, Jadwal, Syarat, dan Biaya — Unsrat atau kepanjangan Universitas Sam Ratulangi menjadi salah satu kampus yang cukup populer di Manado, Prov. Sulawesi Utara. Kampus yang ada di Bahu, Kecamatan Malalayang, Manado tersebut mempunyai motto Sitou Timou Tomou Tou.

Dalam bahasa Indonesia motto tersebut mengandung makna yang mendalam yakni Orang Hidup untuk Menghidupkan Orang Lain. Sangat filosofis sekali bukan. Namun pada kesempatan ini Mamikos juga akan membahas mengenai ulasan pendaftaran jalur Mandiri Unsrat 2022 yang mungkin sedang dicari oleh para calon pendaftar.

Simak Ulasan Pendaftaran Seleksi Mandiri Unsrat 2022 di Sini

en.wikipedia.com

Sebelum masuk lebih dalam pada pembahasan pendaftaran jalur Mandiri Unsrat tersebut, terlebih dahulu Mamikos ingin menginformasikan lebih dalam mengenai sejarah dari kampus ternama di Manado tersebut.

1. Sejarah Singkat Kampus Unsrat

Berdirinya kampus Unsrat dimulai dari sebuah gagasan masyarakat Manado untuk mendirikan sebuah perguruan tinggi di sana. Meskipun di sana sudah ada dua kampus swasta, namun masyarakat di Sulawesi khususnya di Sulawesi Utara menginginkan adanya perguruan tinggi negeri.

Tindakan nyata dari niat tersebut akhirnya berdirilah Perguruan Tinggi Manado tepat pada tanggal 1 Agustus 1958. PTM tersebut lalu sempat berganti nama menjadi Universitas Sulawesi Utara-Tengah yang disingkat UNSUT.

Nama universitas kembali berubah menjadi Universitas Sulawesi Utara dan Tengah yang dikenal UNISUT. Tepat pada 4 Juli 1961 UNISUT pun secara resmi menyandang status sebagai kampus negeri.

Kemudian di tanggal 14 September 1965 berdasarkan Surat Keputusan Presiden, Universitas Negeri tersebut disahkan sekaligus kembali berganti nama menjadi Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) seperti yang dikenal saat ini.

2. Penerimaan Mahasiswa Baru di Kampus Unsrat

Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) turut membuka penerimaan mahasiswa baru melalui Jalur Mandiri Tumou Tou (T2) di tahun akademik 2022 ini. Selain via jalur Mandiri, Unsrat juga menerima mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN.

Melalui jalur mandiri Unsrat tersebut, penilaian akan dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik, non akademik, dan/atau melalui portofolio yang dimiliki siswa yang mendaftar. Tujuannya tentu agar calon mahasiswa yang mendaftar ke Unsrat tidak perlu lagi mengerjakan soal tertulis maupun ujian berbasis komputer.

3. Langkah Melakukan Pendaftaran Online Mahasiswa Baru

Mari simak bersama langkah dan cara untuk melakukan pendaftaran online mahasiswa baru seperti informasi yang sudah Mamikos rangkum berikut ini.

  • Langkah pertama kamu perlu membuat nomor billing untuk melakukan pembuatan akun dan mendapat nomor pembayaran.
  • Kemudian kamu bisa melengkapi Data Pendaftar.

Langkah membuat nomor billing untuk pembuatan akun dan nomor pembayaran camaba

  • Buka laman resmi Regmaba di link regmaba.unsrat.ac.id, dan segera klik Daftar
  • Lengkapi form pendaftaran yang terlampir dan sesuai dengan KTP maupun Ijazah terakhir. Isi juga periode pendaftaran, jalur Masuk serta Kelompok, dan klik tombol ‘SUBMIT’.
  • Isi data pada form pendidikan terakhir sesuai ijazah terakhir camaba lalu kembali klik ‘SUBMIT’.
  • Pilih lah Program Studi yang kamu inginkan, klik tombol SUBMIT.
  • Jika sudah selesai mengisi beberapa form yang ada, maka kamu bisa mengklik tombol ‘YA, SEMUA DATA TELAH BENAR’ apabila data yang kamu isi sudah sesuai. Apabila kamu masih ingin mengecek atau memastikan, maka kamu bisa mengklik tombol ‘TIDAK, MASIH ADA DATA YANG SALAH’. Segera lengkapi semua data yang masih kurang, salah atau tidak lengkap tersebut.
  • Setelah sukses, klik tombol ‘CETAK’. Simpan hasil cetak nomor billing tersebut untuk digunakan nanti jika kamu hendak melakukan pembayaran tagihan pendaftaran dan login akun di laman regmaba.unsrat.ac.id.

4. Beberapa Persyaratan Pendaftaran Jalur Mandiri Unsrat 2022

Jika kamu hendak masuk ke suatu perguruan tinggi, tentunya ada beberapa persyaratan yang wajib untuk kamu penuhi. Kira-kira apa saja persyaratan yang sudah ditetapkan Unsrat bagi para pendaftar yang hendak masuk ke sana?

Kamu bisa temukan beberapa syarat yang berhasil Mamikos kutip dari persyaratan pendaftaran tahun 2021 lalu. Persyaratan yang ditetapkan oleh pihak Universitas Sam Ratulangi di antaranya adalah pendaftar merupakan seorang lulusan SMA atau sederajat/ Paket C di tahun 2019, 2020, 2021 dan 2022.

Untuk lulusan di tahun 2022 jika belum memiliki ijazahnya maka bisa memasukkan SKL yang berasal dari Kepala Dinas atau sekolah asal yang telah ditempelkan pas foto berukuran 4X6, dan telah dibubuhi cap Kepala dinas atau sekolahnya.

Selain itu para pendaftar juga perlu melakukan pembayaran pendaftaran sesuai yang ditetapkan oleh pihak Unsrat.

5. Jadwal Pendaftaran Seleksi Mandiri Unsrat 2022

lpm.unsrat.ac.id

Ulasan berikutnya yang Mamikos berikan dalam artikel ini adalah jadwal pendaftaran yang pasti telah dinantikan sejak tadi. Hingga saat ini, pihak Universitas Sam Ratulangi masih belum memperbarui informasi mengenai jadwal pendaftaran daring jalur Mandiri.

Biasanya, jadwal lengkap kegiatan pendaftaran jalur Mandiri di kampus Unsrat akan dirilis setelah pengumuman seleksi jalur SNMPTN maupun SBMPTN dirilis. Jadi Mamikos sarankan untuk sabar menunggu sementara waktu sampai pihak Unsrat mengupdate info jadwal pendaftaran seleksi Mandiri Unsrat di situs webnya.

6. Besaran Biaya Pendaftaran Jalur Mandiri Unsrat 2022

Pada tahun 2021 lalu, besaran biaya pendaftaran jalur Seleksi Mandiri di kampus Unsrat adalah sebesar Rp 200.000. Tidak menutup kemungkinan di tahun akademik 2022 ini, biaya pendaftarannya masih sama atau berbeda dari tahun lalu.

Pembayaran biaya pendaftaran tersebut dapat dilakukan melalui beberapa bank yang sudah bekerja sama di antaranya BTN, BRI dan BNI. Apabila di kemudian hari ada data yang tidak benar ataupun tidak memenuhi persyaratan yang diinput pendaftar, maka secara otomatis pendaftar bersangkutan dinyatakan gugur dan uang yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik dengan alasan apapun.

Info tambahan yang perlu kamu tahu lagi adalah melalui jalur mandiri Unsrat ini, tidak semua jurusan dapat dipilih oleh pendaftar dari seluruh Indonesia. Ada beberapa jurusan yang hanya menerima calon mahasiswa dari sekitaran Sulawesi Utara saja. Oleh sebab itu kamu perlu memperhatikan lagi pilihan prodi di Unsrat.

7. Penjelasan Daftar Jurusan dan Prodi Unsrat yang Dapat Dipilih

Di bawah ini penjelasan lengkap mengenai daftar jurusan sekaligus program studi di kampus Unsrat yang dapat kamu pilih atau pertimbangkan nanti.

Fakultas Kedokteran

  • Pendidikan Dokter
  • Pendidikan Dokter Gigi
  • Ilmu Keperawatan

Fakultas Teknik

  • Teknik Sipil
  • Arsitektur
  • Teknik Elektro
  • Teknik Mesin
  • Perencanaan Wilayah dan Kota
  • Informatika
  • Teknik Lingkungan

Fakultas Hukum

  • Ilmu Hukum

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

  • Ilmu Administrasi Negara
  • Ilmu Administrasi Bisnis
  • Ilmu Pemerintahan
  • Ilmu Politik
  • Ilmu Komunikasi

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

  • Farmasi

Fakultas Kesehatan Masyarakat

  • Ilmu Kesehatan Masyarakat

Semua informasi lengkap seputar Jalur Mandiri Tumou Tou (T2) Universitas Sam Ratulangi Unsrat bisa kamu dapatkan serta akses melalui laman unsrat.ac.id. Semua perubahan jadwal, pembaruan persyaratan dan biaya bisa kamu temukan di situs web resminya.

Demikian ulasan yang dapat Mamikos berikan mengenai pendaftaran jalur Mandiri Unsrat. Apabila ada info yang belum kamu pahami, maka kamu bisa menghubungi kampus terkait.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta