Pendaftaran Jalur Mandiri UPN Jakarta 2022-2023, Jadwal dan Syarat

Pendaftaran Jalur Mandiri UPN Jakarta 2022-2023, Jadwal dan Syarat – Buat kamu yang sedang bingung mencari rekomendasi kampus terbaik yang ada di Jakarta, UPN bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebentar lagi juga sudah memasuki masa pendaftaran, maka kamu bisa memulai untuk mencari informasi mengenai pendaftaran jalur mandiri UPN Jakarta 2022-2023.

Kampus satu ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan kualitas pengajar serta pendidikan yang diberikan tidak kalah dengan yang lainnya. Oleh karena itu, cukup banyak siswa SMA yang memilih kampus satu ini sebagai tujuan mereka untuk menuntut ilmu lebih tinggi.

Jenis Seleksi dengan Jalur Mandiri UPN Jakarta

kompas.com

Sebelum kamu mengikuti pendaftaran jalur mandiri UPN Jakarta 2022-2023, pahami dulu alur yang ada. Terutama berkaitan dengan jalur seleksi mandiri yang terdiri dari dua jenis seleksi. Kedua jalur tersebut yaitu terdiri dari jalur akademik dan jalur prestasi.

Ketentuan  yang dimiliki oleh setiap jalur tentunya berbeda, maka dari itu penting untuk memahaminya dengan baik. Kamu bisa memilih nantinya ingin mengikuti jalur mana yang lebih sesuai dengan kesempatan besar untuk lulus yang kamu miliki.

1. Jalur Akademik

Jenis pendaftaran jalur mandiri UPN Jakarta 2022-2023 pertama yaitu melalui akademik. Pada jenis jalur mandiri satu ini, seleksi dilaksanakan dengan hasil nilai UTBK yang ada.

Ketentuan mengenai jalur satu ini yang perlu untuk kamu perhatikan dengan baik diantaranya:

  1. Peserta merupakan pendaftar yang merupakan peserta SBMPTN pada tahun 2022 dan tidak diterima pada jalur yang sama.
  2. Peserta siapa saja bisa mengikuti jalur mandiri UPN Jakarta tanpa harus memilihnya saat pelaksanaan SBMPTN tahun 2022.
  3. Peserta memilih kelompok ujian sesuai dengan yang dipilih saat pelaksanaan SBMPTN 2022. Jika memilih Saintek, maka ujian mandiri UPN Jakarta juga menggunakan kelompok Saintek. Begitu pula untuk yang memilih Soshum.
  4. Peserta wajib untuk membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 275.000,00 menggunakan BNI. Biaya yang sudah dibayarkan nantinya tidak bisa dikembalikan untuk alasan apapun yang ada. Informasi lebih lanjut mengenai panduan pembayaran ini bisa diakses di sini.
  5. Peserta hanya bisa maksimal memilih sebanyak dua program studi yang tersedia di UPN Jakarta.

2. Jalur Prestasi

Jenis pendaftaran jalur mandiri UPN Jakarta 2022-2023 yang kedua yaitu terdapat jalur prestasi. Pada jalur ini, kamu akan menggunakan gabungan dari nilai UTBK dan prestasi yang didapatkan untuk dijadikan sebagai pertimbangan seleksi.

Ketentuan mengenai jalur prestasi yang penting untuk kamu pahami terlebih dahulu diantaranya:

  1. Cakupan bidang yang termasuk ke dalam prestasi yaitu olimpiade sains maupun olahraga dan seni. Peringkat yang didapatkan minimal juara 3 pada kabupaten/kota. Selain itu, Hafiz Al-Quran dengan hafalan minimal 5 juz, pernah menjabat sebagai ketua OSIS setidaknya satu periode, serta Content Creator di YouTube dengan minimal sebanyak 10.000 subscribers.
  2. Pembagian kursi untuk kuota jalur ini yaitu 10 persen dari keseluruhan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri.
  3. Peserta bisa memilih keseluruhan dari program studi yang ada, kecuali untuk Kedokteran dan Farmasi.

Hingga saat ini, pihak dari UPN Jakarta masih belum memberikan informasi mengenai jadwal pelaksanaan seleksi pada jalur mandiri. Maka dari itu, masih belum bisa dipastikan dengan benar mengenai pelaksanaan untuk tahun 2022 ini sendiri.

Maka dari itu, penting untuk selalu mengecek informasi terbaru mengenai pelaksanaan jalur mandiri yang diselenggarakan oleh UPN Jakarta ini. Tentunya kamu tidak ingin sampai ketinggalan informasi yang ada, apalagi jika menginginkan untuk masuk ke kampus satu ini.

Jika kamu ingin melihat seperti apa pelaksanaan seleksi pada jalur mandiri untuk UPN Jakarta saat tahun 2021 lalu, kamu bisa membacanya di sini. Situs tersebut juga bisa digunakan agar kamu lebih update dengan informasi terbaru yang ada.

Di dalam situs tersebut juga sudah dijelaskan dengan baik mengenai tata cara untuk kamu bisa mengikuti pendaftaran yang ada dengan benar. Kamu hanya perlu untuk mengikuti arahan yang diberikan di dalam situs sampai proses pendaftaran nantinya benar-benar selesai dengan baik.

Nama Fakultas dan Program Studi di UPN Jakarta

Pembahasan mengenai pendaftaran jalur mandiri UPN Jakarta 2022-2023 akan lebih lengkap jika juga mengetahui apa saja program studi yang ada di dalamnya. Hal ini agar semakin membantu kamu untuk menentukan tujuan dari kampus yang diinginkan dan sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Mengetahui apa saja program studi bisa membantu untuk mengetahui apakah kampus tersebut cocok untuk kamu jadikan sebagai pilihan atau tidak. Nantinya dari sini kamu bisa menentukan dengan lebih tepat dan mencari tahu lebih jauh terkait dengan fasilitas yang diberikan oleh jurusan itu sendiri.

Berikut ini merupakan daftar dari fakultas dan program studi yang ada di UPN Jakarta secara lengkap.

A. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Berikut ini program studi yang ada di dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis diantaranya:

  1. Program Studi Akuntansi
  2. Program Studi Perbankan dan Keuangan
  3. Program Studi Akuntansi
  4. Program Studi Ekonomi Pembangunan
  5. Program Studi Ekonomi Syariah
  6. Program Studi Manajemen

B. Fakultas Kedokteran

Berikut ini program studi yang ada di dalam Fakultas Kedokteran diantaranya:

  1. Program Studi Kedokteran
  2. Program Studi Farmasi

C. Fakultas Teknik

Berikut ini program studi yang ada di dalam Fakultas Teknik diantaranya:

  1. Program Studi Teknik Elektro
  2. Program Studi Teknik Industri
  3. Program Studi Teknik Mesin
  4. Program Studi Teknik Perkapalan

D. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Berikut ini program studi yang ada di dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik diantaranya:

  1. Program Studi Ilmu Komunikasi
  2. Program Studi Ilmu Politik
  3. Program Studi Hubungan Internasional

E. Fakultas Ilmu Komputer

Berikut ini program studi yang ada di dalam Fakultas Ilmu Komputer diantaranya:

  1. Program Studi Sistem Informasi
  2. Program Studi Informatika
  3. Program Studi Sistem Informasi

F. Fakultas Hukum

Berikut ini program studi yang ada di dalam Fakultas Hukum diantaranya:

  1. Program Studi Hukum

G. Fakultas Ilmu Kesehatan

Berikut ini program studi yang ada di dalam Fakultas Ilmu Kesehatan diantaranya:

  1. Program Studi Keperawatan
  2. Program Studi Fisioterapi
  3. Program Studi Keperawatan
  4. Program Studi Kesehatan Masyarakat
  5. Program Studi Gizi

Di atas merupakan penjelasan mengenai informasi seputar pendaftaran jalur mandiri UPN Jakarta 2022-2023 yang mungkin sedang kamu perlukan. Pastikan pula bahwa keperluan untuk persyaratan dan dokumen yang diperlukan nanti sudah lengkap dan siap untuk kamu gunakan dalam proses pendaftaran.

Semoga nantinya kamu bisa mendapatkan kursi dan diterima di kampus yang sudah kamu dambakan selama ini sehingga semangat kuliah bisa semakin membara. Agar kamu tidak bingung mobilitas ke kampus, kamu bisa mencari kost yang dekat dengan UPN Jakarta menggunakan aplikasi Mamikos.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta