Pendaftaran Jalur Transfer D3 UNDIP 2021/2022

Pendaftaran Jalur Transfer D3 UNDIP 2021/2022 – Pada tahun akademik 2021/2022, Universitas Diponegoro (UNDIP) yang terletak di Kota Semarang membuka peluang bagi lulusan dari jenjang D3 tertentu untuk melanjutkan ke jenjang S1. Banyak lulusan D3 yang diharuskan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi karena tuntutan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan atau juga alasan tertentu lainnya. Jalur transfer dari jenjang pendidikan D3 ke jenjang yang lebih tinggi juga biasa disebut dengan alih jenjang atau ekstensi. Bagi kamu yang ingin melanjutkan ke S1 di UNDIP, informasi berikut ini dapat membantu untuk memberikan pemahaman terkait prosedur yang perlu untuk dilakukan.

Jalur Transfer di UNDIP 2021

nasional.tempo.co

Pada pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun akademik 2021/2022, UNDIP tidak hanya membuka peluang bagi lulusan SMA//MA/SMK saja untuk dapat melanjutkan studi mereka. UNDIP juga membuka jalur seleksi atau juga disebut dengan ujian mandiri bagi kamu yang ingin melakukan transfer ke jenjang S1 di universitas ini. Program lanjutan ini biasa dikenal dengan istilah Program Ekstensi atau juga Alih Jalur. Untuk program transfer yang dilakukan di UNDIP, jalur pendaftaran hanya dibuka menggunakan sistem Ujian Mandiri.

UNDIP menyelenggarakan Program Transfer D3 dengan menggunakan sistem pendaftaran yang sudah terpadu. Program ini dikelola langsung oleh Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2MP) yang dimiliki oleh Universitas Diponegoro. Sama seperti seleksi lainnya, terdapat berbagai persyaratan yang perlu untuk dipenuhi oleh peserta untuk dapat mendaftarkan diri. 

Ketika ingin melakukan Jalur Transfer, ada beberapa hal yang perlu untuk dijadikan fokus perhatian. Misalnya seperti apa program studi D3 yang sedang dijalankan dan program studi S1 apa yang ingin dijadikan sebagai tujuan. Pada beberapa universitas, mereka memperbolehkan peserta untuk mengambil program studi S1 yang berbeda dengan apa yang sebelumnya diambil. Oleh karena itu, perlu untuk kamu memahami terlebih dahulu seperti apa persyaratan yang diberikan oleh UNDIP sendiri.

Sejauh ini, untuk program Jalur Transfer D3 di UNDIP hanya diperuntukkan bagi yang berasal dari program studi tertentu. Program studi tersebut diantaranya yaitu D3 Kesehatan Lingkungan, Keperawatan, Gizi, serta Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Peserta juga merupakan yang lolos dari tahapan Tugas Belajar Kemenkes atau merupakan penerima dari program Beasiswa RSUP dr. Kariadi.

Persyaratan untuk Melakukan Transfer Program Studi di UNDIP

Sebelum peserta dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti Jalur Transfer D3 di UNDIP, perlu untuk mengetahui apa saja persyaratan yang dibutuhkan. Hal ini menyangkut dengan program studi asal dan juga program studi apa yang nantinya dapat diambil di universitas ini. 

Persyaratan bagi peserta program Jalur Transfer D3 UNDIP diantaranya:

  1. Bagi peserta yang mendaftarkan diri pada Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat, peserta harus merupakan mahasiswa dari program studi asal yaitu D3 Kesehatan Lingkungan, Gizi, serta Keselamatan dan Kesehatan Kerja.
  2. Bagi peserta yang mendaftarkan diri pada Program Studi S1 Keperawatan, maka dirinya harus merupakan mahasiswa yang berasal dari Program Studi D3 Keperawatan.
  3. Peserta merupakan mahasiswa yang berasal dari program studi yang sudah memiliki akreditasi minimal B.
  4. Peserta melengkapi seluruh persyaratan dokumen yang sesuai dengan ketentuan dari Tugas Belajar Kemenkes atau dapat dari Beasiswa RSUP dr. Kariadi.

Proses Pendaftaran Transfer Program Studi UNDIP

Setelah seluruh persyaratan telah dipenuhi dan dipersiapkan dengan baik, langkah selanjutnya yaitu menyelesaikan proses pendaftaran. Saat ini, pendaftaran sudah terintegrasi dengan baik dan dilakukan secara online melalui website resmi dari UNDIP.

Berikut cara untuk mendaftarkan diri pada program Jalur Transfer D3 di UNDIP diantaranya:

  1. Peserta membuat akun pendaftaran terlebih dahulu melalui laman website pendaftaran.undip.ac.id. Isi segala kolom yang telah disediakan dengan data yang benar hingga akun selesai dibuat.
  2. Login pada website yang sama menggunakan email dan password yang telah dibuat tadi. Isi keseluruhan biodata diri dengan benar dan ikuti sesuai dengan langkah yang ada pada website. 
  3. Pada bagian kolom pendaftaran, pilih pada menu UM TRANSFER D3.
  4. Lakukan pembayaran sebagai syarat pendaftaran dengan melalui beberapa bank yang telah ditunjuk oleh UNDIP. Bank tersebut diantaranya Bank BNI, BRI, BTN, dan Mandiri. Pembayaran dapat dilakukan dengan melalui fitur internet banking, ATM, atau teller bank secara langsung.
  5. Lakukan upload seluruh file dokumen yang sesuai dengan persyaratan yang ada. File ini diunggah menggunakan format pdf.
  6. Simpan dan cetak kartu ujian untuk keperluan ujian dan registrasi pendaftaran ulang nantinya.
  7. Peserta menunggu hingga waktu ujian tiba. Ujian ini dilakukan secara daring.

Biaya pendaftaran yang perlu untuk dibayarkan oleh peserta yaitu sebesar Rp 350.000,00. Biaya ini sifatnya mutlak dan tidak dapat dilakukan penarikan kembali oleh peserta dikarenakan alasan apapun.

Materi yang Diujikan untuk Peserta Program Transfer DIII UNDIP

Peserta dari program Jalur Transfer D3 di UNDIP perlu untuk melewati ujian sebagai proses seleksi masuk. Ujian ini akan dilaksanakan secara daring dan dilakukan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Berbeda dengan ujian menggunakan jalur lainnya, peserta program Jalur Transfer D3 UNDIP akan melewati dua jenis tes. Pertama, yaitu Tes Potensi Akademik (TPA) yang sesuai dengan program studi yang dituju. TPA biasanya berdasarkan tes akademik seperti matematika dan sejenisnya. Kemudian, tes kedua yaitu menggunakan Tes Substansi Keilmuan. Tes satu ini biasanya berupa wawancara yang akan dilakukan secara daring.

Dalam mengikuti tes, hal utama yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan diri dengan baik. Mengingat pula bahwa tes dilakukan secara online, maka perlu untuk memastikan bahwa koneksi internet yang dipakai cukup stabil. Selain itu, pastikan pula perangkat laptop atau komputer yang digunakan untuk mengerjakan tes juga bekerja dengan baik. Hal ini untuk menghindari terjadinya permasalahan saat sedang mengerjakan dan untuk memastikan bahwa tes dilakukan dalam keadaan yang nyaman.

Jadwal Pendaftaran Program Transfer D3 UNDIP

Bagi peserta yang mengikuti program Transfer D3 di UNDIP, perlu untuk mencatat kalender pendaftaran terkait dengan setiap tahapannya. Hal ini guna menghindari terjadinya ketertinggalan atas tahapan yang sedang dilakukan. Jika perlu, pasang pengingat pada telepon yang digunakan agar tahapan dapat diselesaikan secara tepat waktu.

Jadwal pendaftaran untuk Program Transfer D3 UNDIP diantaranya:

  1. Pendaftaran dilakukan secara online melalui website resmi pada tanggal 7 April – 1 Juli 2021 pukul 12.00 WIB.
  2. Ujian seleksi dilaksanakan pada tanggal 8 Juli 2021 mulai pukul 09.00 WIB.
  3. Pengumuman lolos seleksi secara akademik dilakukan pada tanggal 13 Juli 2021 melalui website resmi UNDIP.

Program seleksi bagi yang berminat untuk melakukan ekstensi dari jenjang D3 ke S1 dapat dilakukan di Universitas Diponegoro. Namun, program ini hanya tersedia untuk peserta dengan latar belakang jenjang D3 dari program studi tertentu. Pastikan segala bentuk persiapan telah dilakukan dan peserta memenuhi persyaratan yang diminta oleh UNDIP agar proses pendaftaran dapat berjalan dengan lancar. Jika nanti diterima di UNDIP pada program studi yang dituju, gunakan aplikasi Mamikos untuk mencari informasi terkait dengan tempat tinggal kost yang nyaman.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta