Pendaftaran Lowongan Kerja Pertamina, Maksimal 17 Maret! Cek Di Sini!

 Mamikos | Sab, 16 Mar 2019

Pendaftaran Lowongan Kerja Pertamina, Maksimal 17 Maret! Cek Di Sini! – Pertamina (dahulu bernama Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara) atau nama resminya PT. PERTAMINA (Persero) adalah sebuah BUMN yang bertugas mengelola penambangan minyak dan gas bumi di Indonesia. Pertamina masuk urutan ke 122 dalam Fortune Global 500 pada tahun 2013.

Pertamina pernah mempunyai monopoli pendirian SPBU di Indonesia, namun monopoli tersebut telah dihapuskan pemerintah pada tahun 2001. Perusahaan ini juga mengoperasikan 7 kilang minyak dengan kapasitas total 1.051,7 MBSD, pabrik petrokimia dengan kapasitas total 1.507.950 ton per tahun dan pabrik LPG dengan kapasitas total 102,3 juta ton per tahun.

Pertamina adalah hasil gabungan dari perusahaan Pertamin dengan Permina yang didirikan pada tanggal 10 Desember 1957. Penggabungan ini terjadi pada 1968. Direktur utama (Dirut) yang menjabat dari 2009 hingga 2014 adalah Karen Agustiawan yang dilantik oleh Menneg BUMN Syofan Djalil pada 5 Februari 2009 menggantikan Dirut yang lama Ari Hernanto Soemarno. Pelantikan Karen Agustiawan ini mencatat sejarah penting karena ia menjadi wanita pertama yang berhasil menduduki posisi puncak di perusahaan BUMN terbesar milik Indonesia itu. Karen Agustiawan mengundurkan diri sebagai Dirut pada 1 Oktober 2014 dan menjadi dosen guru besar di Harvard University, Boston, Amerika Serikat. Selanjutnya pada 28 November 2014, Presiden Joko Widodo memilih Dwi Soetjipto sebagai Direktur Utama PT Pertamina (Persero). Ia menggantikan Karen Agustiawan yang mengundurkan diri.

Kegiatan Pertamina dalam menyelenggarakan usaha di bidang energi dan petrokimia, terbagi ke dalam sektor Hulu dan Hilir, serta ditunjang oleh kegiatan anak-anak perusahaan dan perusahaan patungan. Pada tahun 2013, Pertamina menempati peringkat 122 dari 500 perusahaan terbaik dunia versi Fortune Global.

Pendaftaran Lowongan Kerja Pertamina, Maksimal 17 Maret! Cek Di Sini!

Kabarnya Kementerian Badan Usaha Milik Negara atau BUMN mengadakan perekrutan bersama BUMN se-Indonesia, termasuk PT Pertamina. Pendaftaran lowongan PT Pertamina tersisa 3 hari, dibuka hingga tanggal 17 Maret 2019. Lowongan PT Pertamina ini tebuka untuk lulusan SLTA/SMA/SMK, Vokasi S1 – S2, talenta disabilitas hingga rekrut khusus putra-putri dari Kawasan Indonesia Timur.

Kementerian BUMN bekerja sama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) dalam program rekrutmen bersama ini. Program rekrutmen bersama BUMN yang baru dilaksanakan tahun ini terbuka untuk 11.000 posisi di 110 perusahaan BUMN. 11.000 posisi tersebut terbuka untuk semua lulusan, dari SLTA/SMK, vokasi, S1, hingga S2.

Dalam rekrutmen bersama kali ini, 11.000 posisi yang dibuka terbagi atas 9.000 posisi untuk rekrutmen umum, 1.000 posisi rekrutmen khusus disabilitas, dan 1.000 rekrutmen lain khusus kawasan timur Indonesia.

Proses perencanaan rekrutmen ini sudah dilakukan sejak lebih dari satu tahun lalu, dimulai dari identifikasi kebutuhan setiap BUMN, kemudian kebutuhan industri, hingga kompetensi serta lokasi kerja.

Berikut alur pendaftaran Rekrutmen Bersama 2019 yang Tribunnews.com rangkum dari laman rekrutbersama.fhcibumn.com.

  • Tahap 1 – Pendaftaran dan Seleksi Awal
  1. Para peserta dapat membuat akun pendaftaran, memasukkan biodata pribadi, dan mengunggah sejumlah dokumen pendukung pada laman https://rekrutbersama.fhcibumn.com .
  2. Setelah melakukan pendaftaran, peserta akan diarahkan ke halaman kartu peserta dan melakukan tes Seleksi Awal.
  • Tahap 2 – Seleksi Kemampuan Dasar
  1. Sebelum melakukan psikotes, peserta harus memilih 3 posisi/BUMN.
  2. Pilih Bank BNI dan posisi yang diinginkan dan sesuai kemampuan!
  3. Tentukan prioritas dan lakukan pertimbangan yang matang!
  4. Setelah lolos dari proses pendaftaran dan seleksi awal, peserta akan melakukan tes kemampuan dasar/VNS Test (Verbal, Numerical & Spatial), atau lebih dikenal dengan nama Psikotes Kognitif dan dilakukan secara online.
  • Tahap 3 – Seleksi BUMN

Setelah melewati Seleksi Kemampuan Dasar, para peserta akan diseleksi oleh BUMN masing-masing. Minimal ada 3 subtahapan seleksi BUMN:

  1. Tes kemampuan sesuai posisi pilihan
  2. Interview manajemen
  3. Tes kesehatan

Setiap hasil test yang dilakukan di setiap tahapan akan diumumkan melalui website https://rekrutbersama.fhcibumn.com dan dikirimkan ke e-mail yang telah didaftarkan.

Program Rekrutmen Bersama BUMN 2019 ini terdiri dari tiga kategori, yakni:

  • Program Perekrutan Bersama BUMN 2019 Kategori Reguler
  1. FHCI Bersinergi dengan seluruh BUMN membuka peluang bagi putera-puteri Indonesia lulusan SMA/SMK setara, Diploma, dan Sarjana untuk menjadi bagian dari BUMN.
  2. BUMN sebagai “agent of development” mengundang putra putri terbaik Indonesia untuk bergabung menjadi insan yang memberikan kontribusi.
  3. Juga kreatifitas, inovasi, dan secara real dapat menjadi agent of change.
  4. Tentunya dengan menyediakan berbagai posisi yang terdapat di seluruh BUMN dalam berbagai sektor industri.
  • Program Perekrutan Bersama BUMN Kategori Disabilitas
  1. Untuk mewujudkan kesamaan hak dan kesempatan yang sama bagi disabilitas, Kementerian BUMN membuka peluang untuk berkarya dan memberikan kontribusi nyata dalam keluarga besar BUMN.
  2. Kesempatan berkarir di BUMN terbuka bagi disabilitas dengan pendidikan SMA/SMK setara.
  3. Juga ada Diploma, dan Sarjana dengan posisi di berbagai sektor bisnis BUMN di seluruh Indonesia.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Pendaftaran Lowongan Kerja Pertamina, Maksimal 17 Maret! Cek Di Sini!

Pendaftaran Lowongan Kerja Pertamina, Maksimal 17 Maret! Cek Di Sini!