Pendaftaran Masuk AAU 2019/2020

 Mamikos | Rab, 23 Mei 2018

Pendaftaran Masuk AAU – Akademi Angkatan Udara (AAU) adalah salah satu Sekolah Tinggi Kedinasan yang berdiri di bawah naungan Kementerian Perindustrian. Menjadi seorang taruna AAU memerlukan perjuangan yang sangat keras. Namun, karir yang lebih luas dan kemudahan yang akan Anda dapatkan setelah lulus menjadi salah satu alasan AAU banyak diminati. Jika tertarik untuk mendaftar di AAU, Anda bisa mulai mencari informasi pendaftaran masuk AAU agar bisa mempersiapkan diri sejak dini.

Pendaftaran Masuk AAU 2019/2020

Informasi Seputar AAU

Akademi Angkatan Udara (AAU) merupakan sekolah pendidikan berbasis TNI Angkatan Udara yang berlokasi di Yogyakarta. Sistem pendidikan yang berlaku di AAU berdasarkan pada Tri Tunggal Terpadu yang meliputi kegiatan pengajaran, jasmani militer dan latihan, serta pengasuhan terpadu untuk bisa menghasilkan perwira pangkat Letnan Dua dengan mengimplementasikan sifat-sifat ‘Tri Sakti Wiratama’.

AAU memberikan penawaran 3 program studi yang meliputi program studi teknik aeronautika dan pertahanan, teknik manajemen industri pertahanan, dan teknik elektronika pertahanan. Setiap program studi diselenggarakan selama 4 tahun (1 tahun proram pendidikan integrative di Resimen Chandradimuka Magelang, 3 tahun di AAU).

Setelah Anda menyelesaikan studi selama 4 tahun, Anda akan dilantik menjadi seorang perwira TNI atau TNI AU agar bisa mengembangkan kemampuan sejalan dengan berkembangnya teknologi persenjataan TNI AU. Selain itu, Anda juga akan dibimbing agar bisa menjadi pemimpin dalam organisasi TNI atau TNI AU.

Selama menempuh studi di AAU, Anda akan menyandang predikat berbeda-beda sesuai lama belajar, seperti: Prajurit Karbol Tingkat I (PRAKAR) dengan masa pendidikan 4 bulan, Kopral Karbol Tingkat I (KOPKAR) dengan masa pendidikan 9 bulan, Sersan Karbol Tingkat II (SERKAR) dengan masa pendidikan 12 bulan, Sersan Mayor Dua Karbol Tingkat III (SERMADAKAR) dengan masa pendidikan 12 bulan, dan Sersan Mayor Satu Karbol Tingkat IV (SERMATUKAR) dengan masa pendidikan 12 bulan.

Program Studi AAU

Sebelum Anda mendaftar sebagai taruna di AAU, Anda perlu mengetahui program studi yang ditawarkan Akademi Angkatan Udara terlebih dahulu. Terdapat tiga program studi yang bisa Anda pilih, seperti:

  • Program Studi Teknik Elektronika Pertahanan (D4)

Program studi teknik elektronika pertahanan berada di bawah naungan departemen elektronika. Program studi ini memiliki tujuan untuk mencetak kader-kader pemimpin bangsa yang ahli di bidangnya serta berdedikasi. Program studi ini didirikan pada tahun akademik 2007/2008, sehingga masih tergolong baru. Meskipun demikian, peminat program studi teknik elektronika pertahanan AAU cukup tinggi.

  • Program Studi Teknik Aeronautika (D3)

Anda tertarik untuk mendalami bidang aeronautika? Program studi ini merupakan satu-satunya program yang mengajarkan materi bidang penerbangan di lembaga politeknik Indonesia. Lulusan yang diharapkan setelah menempuh studi diploma 3 diantaranya memiliki keahlian bidang mesin dan rangka pesawat udara, serta berwawasan luas dalam hal teknik penerbangan.

Kurikulum pada program studi teknik aeronautika didasarkan pada standar Pendidikan Nasional serta mengacu pada regulasi penerbangan yang berlaku. Setelah menyelesaikan studi diploma, Anda akan mendapatkan ijazah D3 serta sertifikat yang memungkinkan Anda untuk bisa bekerja di industri pesawat terbang (Basic Certificate A1 & A4) atau Type Certificate (Aircraft Maintenance Engineer License [AMEL]).

  • Program Studi Teknik Manajemen Industri

Program studi teknik manajemen industri AAU memiliki cukup banyak peminat. Anda bisa mempelajari banyak hal dan tidak hanya terbatas pada kegiatan industri saja tetapi juga manajemen keuangan, manajemen kualitas, manajemen inovasi, manajemen SDM, manajemen keputusan, manajemen pemasaran, serta ekonomi teknik.

Syarat Pendaftaran Masuk AAU

Anda yang tertarik untuk meneruskan studi di AAU perlu melengkapi persyaratan yang sudah ditetapkan terlebih dahulu yang meliputi persyaratan umum dan persyaratan khusus.

Persyaratan Umum

  • WNI yang sehat jasmani dan rohani
  • Tidak melampaui batas usia yang ditetapkan 17 tahun 9 bulan – 22 tahun
  • Tidak memiliki catatan kriminal yang dikeluarkan oleh POLRI
  • Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME
  • Setia kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945
  • Tidak kehilangan gak menjadi prajurit beradasarkan keputusan pengadilan

Persyaratan Khusus

  • Tidak memiliki status TNI/Polri/PNS
  • Pria atau wanita lulusan SMA/MA jurusan IPA
  • Memenuhi ketentuan SKHUN yang didukung dengan daftar nilai kolektif, jika ijazah yang didapat berasal dari negara lain harus disahkan terlebih dahulu oleh Kembuddikdasmen dan/atau Kemenristek & Dikti
  • Belum menikah dan tidak menikah selama menempuh pendidikan di AAU
  • Memenuhi syarat tinggi badan minimal 157 cm (wanita) dan 163 cm (pria) dengan berat badan ideal
  • Mendapatkan persetujuan dari orang tua/wali
  • Bersedia menjalani ikatan dinas 10 tahun pertama sejak dilantik sebagai Perwira TNI AU serta bersedia ditempatkan di berbagai wilayah NKRI

Cara Mendaftar AAU

Jika Anda sudah yakin dengan program studi yang ditawarkan AAU serta sudah memenuhi persyaratan yang diberikan, maka Anda bisa memulai pendaftaran secara online dengan urutan sebagai berikut:

  • Akses laman website au.rekrutmentni.net, kemudian buka menu pendaftaran Taruna AAU
  • Klik menu ‘daftar’ dan isi form data diri yang diberikan
  • Setelah mengeklik ikon ‘daftar’, Anda akan mendapatkan password untuk login dan melengkapi biodata
  • Buka kembali alamat au.rekrutmentni.net dan lengkapilah data diri yang diminta, kemudian cetaklah kartu pendaftaran

Setelah menyelesaikan semua urutan pendaftaran tersebut, Anda perlu melakukan daftar ulang dengan datang ke tempat pendaftaran dan membawa bukti fisik. Tentunya Anda perlu datang sendiri dan tidak diwakilkan. Seleksi tes masuk AAU dilakukan di tingkat  daerah dan tingkat pusat. Seleksi di tingkat daerah meliputi seleksi administrasi, tes kesehatan, tes jasmani, tes psikologi, dan sidang pemilihan, sedangkan seleksi di tingkat pusat meliputi tes psikologi, tes kesehatan, tes penelitian personel, tes jasmani, tes administrasi, tes jasmani, dan sidang pemilihan tingkat pusat.

Tips Masuk AAU

Persaiangan untuk bisa diterima di AAU tentu tidak mudah. Oleh karena itu, Anda bisa mencari tips masuk AAU agar peluang diterima menjadi lebih besar. Beberapa tips yang dapat mamikos berikan antara lain:

  • Pastikan untuk membaca setiap pengumuman dan update informasi dari website resmi dan sosial media AAU agar Anda tidak ketinggalan informasi pendaftaran.
  • Waktu ideal untuk mempersiapkan diri sebelum menjalani tes masuk di AAU adalah 1 tahun sebelum mendaftar, sehingga Anda dapat melatih diri untuk melakukan kegiatan fisik, meningkatkan kesehatan, dan mempelajari materi akademik agar bisa lolos tes masuk AAU
  • Bertanyalah pada alumni AAU yang sudah diterima agar Anda bisa memperkirakan kondisi studi dan semakin yakin untuk mendaftar salah satu program studi di AAU
  • Anda juga bisa mencari tahu jenjang karir setelah lulus dari AAU untuk menyamakan visi dan misi, sehingga ketika menjalani proses studi di AAU tidak akan terasa berat dan membebani

Kontak Informasi AAU

Informasi mengenai mekanismen pendaftaran AAU beserta informasi lainnya bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi alamat website resmi AAU. Selain itu, Anda juga bisa datang ke lokasi di Jalan Laksda Adisucipto KM 10 dengan nomor telepon (0274) 486922. Email AAU di [email protected] juga dapat menjadi alternatif apabila Anda berasal dari luar kota atau luar Jawa.

Sekian informasi mengenai pendaftaran masuk AAU yang dapat mamikos berikan. Jangan lupa mempersiapkan diri dengan baik dalam proses penerimaan AAU agar peluang Anda menjadi seorang Taruna bisa tercapai. Gunakan aplikasi pencari kost terbaik mamikos untuk mendapatkan tempat tinggal nyaman selama Anda berada di Jogja. Mamikos akan membantu Anda mendapatkan kost Jogja murah dekat AAU yang harga sewanya terjangkau.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan peluang untuk menyewa kamar kost dalam jangka waktu harian hingga tahunan. Saat ini, mamikos menawarkan banyak peluang lowongan kerja dan tempat jual-beli barang bekas. Jadi, segera download aplikasi gratis mamikos melalui ponsel android dan dapatkan informasi terkini dari mamikos. Selamat mencari!

Klik dan dapatkan kost yang kamu idamkan: